Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Literatur Review/ Tinjauan Pustaka Mulyadi, S.Kom, M.S.I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Literatur Review/ Tinjauan Pustaka Mulyadi, S.Kom, M.S.I."— Transcript presentasi:

1

2 Literatur Review/ Tinjauan Pustaka Mulyadi, S.Kom, M.S.I

3  Secara umum 50 % kegiatan dalam seluruh proses penelitian adalah membaca

4  Mengemukakan kaidah-kaidah keilmuan, dalil-dalil, ketentuan, konsep-konsep yang dijadikan dasar acuan dalam menyelesaikan masalah atau menciptakan karya teknologi.  Landasan teori diperoleh dari kajian pustaka dengan cara memilih-milih, membanding- bandingkan dan membahasnya secara kritis, bukan sekadar soal “kutip-mengutip”. Cantumkan referensi yang digunakan.

5  Landasan teori diangkat (disarikan) dari tin- jauan pustaka tentang kerangka teori yang melatarbelakangi (menjadi landasan) bagi permasalahan yang diteliti.  Landasan teori merupakan satu set teori yang dipilih oleh peneliti sebagai tuntunan untuk mengerjakan penelitian lebih lanjut dan juga termasuk untuk menulis hipotesis.  Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif, model matematis, atau persamaan- persamaan.

6  Tinjauan pustaka mempunyai arti : penin- jauan kembali pustaka-pustaka yang ter-kait (review of related literature).  Sesuai dengan artinya tersebut, suatu tin- jauan pustaka berfungsi sebagai peninjau-an kembali (review) pustaka (laporan penelitian, dsb) tentang masalah yang ber-kait.

7  Literatur review merupakan suatu cara untuk menemukan, mencari artikel-artikel, buku- buku dan sumber-sumber lain seperti tesis, disertasi, prosiding, yang relevan pada suatu isu tertentu atau teori atau riset yang menjadi interest kita.  Tinjauan pustaka diakhiri dengan kesim- pulan atau ringkasan yang menjelaskan tentang “apa arti semua tinjauan pustaka tersebut (what does it all mean ?)”.

8  Teori yang didapatkan merupakan langkah awal agar peneliti dapat lebih memahami permasalahan yang sedang diteliti dengan benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah  untuk mendapatkan landasan teori yang bisa mendukung pemecahan masalah yang sedang diteliti  untuk mendapatkan gambaran yang berkenaan dengan apa yang sudah pernah dikerjakan orang lain sebelumnya

9  Menggali teori-teori dasar, konsep, pemikiran dan hasil-hasil penelitian yang dikemukakan para ahli terdahulu  Membantu untuk menentukan arah perkembangan tema penelitian terkini sesuai bidang keahlian  Menyediakan informasi dan wawasan ilmiah lebih luas tentang tema dan topik yang dipilih  Dominan dimanfaatkan untuk melengkapi data sekunder  Mengarahkan penyusunan buah pikiran yang lebih sistematis, terarah, logis, saling terkait, kritis dan ekonomis dan tidak menyimpang dari kaidah ilmiah  Mencegah duplikasi karya penelitian

10  HASIL PENELITIAN TERDAHULU  JURNAL ILMIAH  BUKU REFERENSI  INTERNET  SEMUA SUMBER DATA PRIMER DAN SEKUNDER

11 Sumber bacaan terdiri dari 2 jenis: 1. Bacaan umum: untuk menemukan teori atau konsep yang sifatnya umum (Textbook, Ensiklopedi, dll) 2. Bacaan khusus: untuk menemukan ha- hal bersifat khusus (Jurnal, Buletin, Skripsi, Tesis, Disertasi)

12  Paper yang dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional baik dari pihak pemerintah, perguruan tinggi maupun swasta.  Tesis merupakan penulisan ilmiah yang sifatnya mendalam dan mengungkapkan suatu pengetahuan baru yang diperoleh melalui penelitian. Tesis biasanya ditulis oleh mahasiswa pasacasarjana (S2) yang ingin mengambil gelar master.

13  Disertasi merupakan penulisan ilmiah tingkat tinggi yang biasanya ditulis untuk mendapatkan gelar doktor falasafah (Ph.D). disertasi berisi fakta berupa penemuan dari penulis itu sendiri berdasarkan metode dan analisis yang dapat dipertahankan kebenerannya.  Jurnal maupun hasil-hasil konferensi. Jurnal biasanya digunakan sebagai bahan sitiran utama dalam penelitian karena jurnal memuat suatu informasi baru yang bersifat spesifik dan terfokus pada pemecahan masalah pada suatu topik penelitian.

14  Majalah, famflet, kliping. Majalah ilmiah merupakan sumber publikasi yang biasanya berupa teori, penemuan baru, maupun berupa materi-materi yang sedang populer dibicarakan dan diteliti. Biasanya materi yang disajikan dalam makalah tidak terdapat dalam buku. Contohnya majalah trubus, majalah ecommerce, dan lain sebagainya. Majalah merupakan literatur yang disenangi para peneliti untuk dijadikan sitiran karena frekuensi terbitnya teratur dan cepat sehingga artikel yang dimuatnya cukup mutakhir.

15  Abstrak hasil penelitian  Prosiding bisa dijadikan sebagai bahan literatur karena prosiding ditulis oleh seorang profesor dan telah dipublikasikan. Pengambilan prosiding sebagai bahan literatur bisa memudahkan peneliti karena adanya kolaborasi antara peneliti dengan penulis prosiding yang mungkin berada pada satu institusi yang sama.  Web site yang memuat ilmu komputer, misalnya

16 1. Kemuktahiran (Recency) : semakin baru sumber yang diperoleh, semakin muktahir teori dan hasil penelitian yang digunakan 2. Relevansi / Relevancy (Relevance) : bacaan haruslah mempunyai relevansi dengan masalah yang dibahas. Bacaan perlu dicari sebanyak mungkin agar bisa dibandingkan satu dengan yang lain. Pada studi pustaka peneliti harus melihat kembali semua penelitian yang pernah dilakukan sebelum ataupun yang sedang dilakukan, yang memiliki hubungan dengan penelitian yang akan dilakukan. 3. Kelengkapan: semakin banyak sumber bacaan semakin lengkap penjelasan dapat diuraikan dalam tinjauan pustaka.

17 1.Survei Pustaka: melakukan identifikasi berbagai macam bahan pustaka (tidak diterbitkan / diterbitkan). mencari akses untuk memperoleh bahan tersebut. 2.Mengumpulkan bahan/informasi ke perpustakaan atau sumber on-line. 3.Menulis / mencatat tinjauan pustaka.

18  Mencari kesamaan (Compare)  Mencari ketidaksamaan (Contrast)  Memberikan pandangan (Criticize)  Membandingkan (Synthesize)  Meringkas (Summarize)

19  Sesuai dengan sumber pustaka yang dikutip  Ikuti aturan format panduan  Taati asas  Sistem nomor vs nama-tahun sesuai urutan abjad

20


Download ppt "Literatur Review/ Tinjauan Pustaka Mulyadi, S.Kom, M.S.I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google