Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTRODUCTION TO TECHNOLOGY MANAGEMENT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTRODUCTION TO TECHNOLOGY MANAGEMENT"— Transcript presentasi:

1 INTRODUCTION TO TECHNOLOGY MANAGEMENT
Program S2 MMT-ITS INTRODUCTION TO TECHNOLOGY MANAGEMENT Riau, Januari 2005 Dr.Udisubakti Ciptomulyono.M.Eng.Sc TEKNIK INDUSTRI-ITS

2 DEFINISI TEKNOLOGI Technology will mean the tools, techniques, and procedues used to accomplish some desire human purpose Technology provides the technical knowledge for goods and services that a firms produces TEKNOLOGI Hardware Software

3 DEFINISI TEKNOLOGI Webster’s International Dictionaries
The Science of the application of knowledge to practical purposes The totality of the means employed by people to provide itself with the objects of material culture The oxford English Dictionary The scientific study of the practical and industrial arts Raindo House Dictionary of the English Language The branch of the knowledge that deals with industrial arts, applied science, engineering, etc The sum of the ways in which a social group provide themselves with material objects of their civilization

4 4 Pilar utama (komponen) teknologi
Khalil Tarek Technology is the way we do thing Technology is the practical implementation of knowledge 4 Pilar utama (komponen) teknologi Hardware : The physical structure and logical layout of the equipment or machinery that is to be used to carry out the required task Software : The knowledge of how to use the hard ware in order to carry out the required task Brainware : The reason for using the technology in a particular way (Know-Why) Know-how : The learned or acquired knowledge of or technical skill regarding how to do things well

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15 Technology is : Product Knowledge Tools Processes Methods
yang dipergunakan untuk menciptakan produk atau jasa

16 Knowledge VS Technology
Information fenomena alam Information Temuan Buatan Knowledge is all that has been perceived or grasped by the mind from the range of information available Information Technology Kesejahteraan Kehancuran

17

18

19 Klasifikasi Teknologi
New Technology : teknologi baru yang diintroduksi dan diimplementasikan pada perusahaan Emerging Technology : teknologi yang belum dikomersialisasikan High Technology : teknologi canggih/sophisticated Low Techology : teknologi yang umumj dipakai masyarakat Medium Technology : teknologi antara high dan low technology Apropriate Technology : teknologi tepat guna (teknologi dan sumberdaya yang digunakan secara optimal Codified Technology : teknologi yang dapat dikodifikasi Tacit Technology : non articulated knowledge

20

21 Management Science Approach
Analisis Sistem Implentasi Formulasi Problem Analisis Model Pengembangan Model

22 Management Science dan Integrated Approach
Proses optimasi dan pendekatan sistematik terintegrasi dalam menyelesaikan permasalahan Keterbatasan sumber daya (limited resources) Penggunaan Model Matematika dan Statistik untuk penyelesaian problem dalam memperoleh solusi keputusan Alat bantu pengambilan keputusan

23 BERBAGAI DEFINISI MOT:
Bidang kajian interdisipliner yang mengintegrasikan Iptek dan pengetahuan/ teori manajemen dan prakteknya untuk menciptakan kesejahteraan (wealth creation) Pendekatan interdisipliner yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan dan implementasi kemampuan teknologi untuk mencapai objektif operasiona/strategis organisasi (level--mikro) Bidang pengetahuan yang berkaitan dengan penetapan dan implementasi kebijakan pengembangan teknologi dan penggunaannya, dampak teknologi terhadap masyarakat, organisasi, individu dan alam dengan tujuan untuk mensimulasikan inovasi, penciptaan pertumbuhan ekonomi dan menjaga teknologi untuk kesejahteraan umat manusia (level-makro)

24 Manfaat MOT: Bagaimana teknologi diciptakan Bagaimana eksploitasinya untuk menciptakan bisnis Bagaimana integrasinya strategi tek vs bisnis Bagaimana penggunaannya : kompetivitas advantage Bagaimana bisa menciptakan fleksibilitas sistem/manft. Bagaimana menstrukturkan organisasinya Kapan dan bilamana menerapakan/memutuskannya

25 Pentingnya MOT bagi industri
Perkembangan yang terjadi : * Era Globalisasi * Era Persaingan Bebas * Era Industrialisasi Apa sikap Manajemen ?

26 FOKUS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MESIN PERTUMBUHAN EKONOMI
Kebutuhan Sosial Kebutuhan Pasar Teknologi Konversi Penciptaan dan pengu- saan teknologi Produksi Pelanggan Standar hidup, isu sosial lingkungan FOKUS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MESIN PERTUMBUHAN EKONOMI

27 MENGAPA MOT DIPERLUKAN SEKARANG
Dunia Pasca PD II * Negara maju mendominasi teknologi dan ekonomi *Teknologi mengalami perubahan yang stabil: “as business as usual* *Teori Manajemen dan praktis didisain dalam lingkungan yang stabil * Persaingan global tidak terlalu significant

28 MENGAPA MOT DIPERLUKAN SEKARANG
Dunia Saat ini (Abad XXI) Percepatan perubahan teknologi :variasi dan skope-nya Persaingan global sebagai suatu yang baru, persaingan antar bangsa Lahirnya tata dunia baru (new word order) Perubahan kompetisi antar negara: masuknya negar baru Pembentukan blok perdagangan baru: EU, AFTA, NAFTA pengaruh GATT

29 Teknologi NEW PARADIGM Economical Change Technological Progress
* Competitively * Global market * Computer/Information * Automation Industrial System * Diversification * Customer satisfaction Reactivity Adaptability Flexibility Teknologi

30 Technological Development
1780 1880 1980

31 SKALA EKONOMIS, SCOPE DAN INTEGRASI Karekteristik Skala (volume)
Scope (Variasi) Integrasi Proses Continues Flow, mesin-2 yang spesifik Batch (jumbled), mesin general purpose Continus flow, software spesifik ,CIM Product Barang/komiditas Standart Customized dan multi product Costumized Commidity Facility Tersentralisasi Desentralisasi Setengah desentralisasi Tingkat otomisasi Besar (in size) dan rendah (sulit diotomisasi) Kecil (in size) dan tingkat otomisasi tinggi Medium (In sized) dan tinggi (flexible otomisasi) Total flexibility Rendah Tinggi Tertinggi Unit cost relatif: Fixed/Variable Unit Cost Rendah/Tinggi Unit Cost: Tinggi/Rendah Tertinggi dan Terendah Kurva belajar Not too flat (datar) Flat (sangat datar) Sangat datar dan rendah Organisasi Orientasi Proses Orientasi product Pemasaran Beaya rendah, ketergantungan tinggi Flexibility, inovasi product Beaya rendah, flexibilitas dan dependebale inovation

32 Abad-Abad Perubahan (Kresnayana Yahya, 2000)
Agricultural Age Industrial Age Information Age food & things knowledge Wealth Definition food partners People work as slaves/serfs employees People work in hierarchies organization bureaucracies organization teamnets/networks organization mass-customization mfg-system Production system one-piece customization mass-production mfg system Scarcity of resources Abundance of information

33 Shift of economic growth centers in the 21 st Century The challenge for Asian countries

34 Technology dan Pertumbuhan Yang Berkelanjutan
Kapabilitas Tehnologi Economic System Trade Competitive Entreprise Sustainable Economic Growth

35 Peran management Labor Technology Public Policy Market Capital

36 The Role of Technology in Creation
of Wealth

37 (Functional & Economical) Transformation Process
Value Added (Functional & Economical) Proses Produksi Industri . Material . Human . Machines/ Equipment . Information . Energy Finished Goods Products Waste, Defects, etc Transformation Process (Fisik & Non-Fisik):Teknologi,Management

38 FAMILY TREE PRODUK TEMBAGA
House Applaines Industri Automobil Industri Cupper Rod Transformator Kebutuhan ; 1989: ton/ th Telephone Industri Industri Elektromotor Industri Elektronik Bijih tembaga Copper cathode Cooper Bar dan Section Industri Automobil Copper sheet dan Industri House Strip Appliance Accessories Manufacturer Cooper tube dan pipe ( produksi lebih kecil , dari ton/ tahun )

39 PENGOLAH KELAPA SAWIT DI DALAM NEGERI
PERKEBUNAN BAHAN PEMBANTU PENGEMAS IKLAN LAIN - LAIN Minyak kulit sawit Sabun Galvanisir Minyak goreng Margarin ekspor Kelapa Soap stock Asam lemak Sawit Gliserol Kosmetik Parmasi Minyak inti sawit Makanan ternak Bungkil Arang tempurung Arang aktif ekspor Asap cair Industri makanan Industri karet

40 FAMILY TREE INDUSTRI BESI
Baja Tuang TORFINGS BIJIH BESI/PASIR BESI PALET BESI PEG BESI SPON INGOT FOUNDRY Besi Tuang White Cast Iron Naileable Cast Iron Ductile Cast Iron Alloy Cast Iron Gray Cast Iron BILLETS SLABS BACONS SKALF PIPE & TUBE ROD BARS FLAKE SHEET & COILS STRUTUFAL RALIS Galvanited Sheet Tin Flake Pin, Nults, Bolts Springs Wire Wire Net Barbed Wire Nesh Stranded Wire Wire Rope

41 FAMILY TREE PRODUK TEMBAGA
House Applaines Industri Automobil Industri Transformator Cupper Rod Telephone Industri Industri Elektromotor Industri Elektronik Bijih tembaga Copper cathode Cooper Bar dan Section Industri Automobil Copper sheet dan Strip Industri House Appliance Accessories Manufacturer Cooper tube dan pipe (produksi lebih kecil, dari ton/tahun)

42

43 EVOLUTION BY AGE OF TECHNOLOGY
Biotech. Age Information Space Electronic Nuclear Electricity Steam Iron Bronze Stone

44 Inovasi Teknologi Yang Penting

45 Evolusi Teknologi Produksi

46 Technology And National Economy
Wealth is created on the basis of technology, production and smart works One can not to continue to improve economic condition on the basis of paper transaction on money exchanges in bank, savings and loan association or board room

47 Share Product Hightech

48 Country GDP,1994 ($,billion) GDP Growth Rate (%) GDP-1998 ($, billion) Real GDP Growth 1998(%) United State 6,648.0 2.5 8,508.9 3.9 Japan 4,590.9 1.2 3,786.2 -2.84 Germany 2,045.9 1.1 2,118.3 2.80 France 1,330.3 0.8 1,418.7 3.80 U.K 1,071.3 5.7 1,377.8 2.50 China 522.2 12.9 960.9 9.06 Korea 376.5 6.6 301.6 -4.26 Australia 331.9 3.4 359.8 4.00 India 293.6 3.8 345.8 5.89 Taiwan 234.0 6.5 261.4 4.83 Indonesia 174.6 7.8 53.3 -14.50 Thailand 143.2 8.2 107.6 -7.80 Malaysia 70.6 8.4 71.3 -4.79 Hungary 41.3 -2.0 47.1 5.00

49 The Critical Factors in
Managing Technology

50 Faktor Kreatifitas Teknologi adalah sarana kreativitas manusia Mengelola teknologi perlu penciptaan, pengembangan dan pemasaran yang continus Pengelolaan teknologi perlu investasi, R&D yang ber resiko Penciptaan teknologi memerlukan “chain of event” dimulai dari invensi dan berakhir di pasar

51 Penemuan (invensi) Penciptaan konsep atau teknologi baru terjadi secara kebetulan atau dengan “trial error” untuk memenuhi suatu objektif Inovasi Penciptaan produks,jasa dan proses merupakan sesuatu yang baru bagi organisasi (tahap introduksi dalam pasar) Proses yang meliputi integrasi teknologi dengan penemuan untuk menciptakan produks, jasa sistem atau proses yang baru atau termodifikasi

52 Keterkaitan Antara Science dan Teknologi
Science berkaitan dengan pemahaman hukum alam yang menjadi tumpuan pengetahuan dasar Science bersifat netral Sebelum abad XIX, science dan technology tumbuh secara terpisah, sekarang saling “interseksi” Science = scientific discovery, technology = inovasi teknologi Pasar terkadang mengabaikan/membeli inovasi

53 The initiation of the technical idea, the acquisitionof the
Inovasi Teknologi: The initiation of the technical idea, the acquisitionof the necessary knowledge, its transformation into usable hardware or procedure and its introduction into society and its diffusion and adoption to the point where its impact is significant Event Scientifique Jarang Proses Idea komersialisasi Orientasi ke pasar Invention Inovasi

54 Mungkin tidak dikembangkan untuk dipasarkan
Invensi Tidak Memiliki Nilai Komersiel Penemuan Iptek Inovasi Adaptasi Invensi Pasar Siklus Inovasi Adopsi/Abaikan Inovasi

55 Macam Inovasi Inovasi bisa mempengaruhi kepada produk, proses, jasa atau Sistemnya Untuk bisa diterima di pasar, inovasi harus memberi kontribusi pada penciptaan nilai (value creation) Inovasi Radical Inovation Terobosan baru yang berbasis invensi, menciptakan industri baru Incremental/Evolutionary Inovation Proses “continues improvement”, perbaikan sedikit untuk bisa mempertahankan keberadaanya Routine Inovation Introduksi sesuatu yahng baru bagi perusahaan tetapi hampir sama dengan apa yang dilakukan dimasa lalu.

56 Creativity dan Inovasi
Innovation = creation of value Value = satisfaction of a customer need Creation = mesin inovasi, combining two or more ideas to arrive at an entirely new one Creativity = a sense of dissatisfaction with existing practise Lingkungan konduksif untuk kreatif : kebebasan bekerja, mendukung jejaring, memperbolehkan resiko, mentolereir kegagalan/cacat, pemberian penghargaan dan pengakuan. Contoh : Inovasi di Jepang Henri Ford (industri mobil)

57 Creative People dan Inovasi ( Barron, 1969)
Conceptual fluency Kemampuan mengahasilkan banyak idea secara cepat Kemampuan menghasilkan ide yang orisinal dan tidak umum Kemampuan memisahkan antara sumber dan isi dalam mengevalusi informasi Kemampuan mempertahanlam idea dan membedakan dengan ide lain Ketertarikan pada problem dalam satu facet Ketekunan/kekerasan hati untuk selalu mengikuti problem yang dihadapi Mudah menunda judgment dan tidak gampang membuat komitment secara terburu-buru Kemauan untuk menganalisis, dan eksplorasi secara kuat dan konsistent Cara padang yang genius terhadap suatu permasalahan kognitif/intelektual

58 Technology Price Relationship
Know ledge Own knowledge Gap Costumer Knowledge Technology Gap Time or Diffusion

59 Leader Vs Follower Perusahaan yang menempati keunggulan pasar/inovasi
Perusahaan/organisasi yang ketinggalan dalam kapitalisasi teknologi dan menyadari dampak teknologi pada bisnis Laggard Perusahaan yang mampu merealisir potensialnya untuk mendapat kan profitnya, survive-nya tergantung pada adopsi teknologi baru

60 The Timing Factor Waktu yang tepat untuk menciptakan dan meng-introdusir Teknologi kedalam pasar Ketepatan waktu untuk meng-introdusir teknologi inovatif/baru yang memiliki kinerja yang lebih baik Perbaikan produck (continues Improvement) dan kapabilitas produksi teknologi menjadi penting penting mempertahankan keberadaan perusahaan “ Action must be taken at the right time if an enterprise is to succeed in a competitive market place”

61 The Vision to change Strategy
Disaat teknologi baru mengancam yang lama, lebih baik mengambil resiko investasi tekmologi yang baru, tugas manajemen adalah menga lahkan pesaing dan memproteksi diri pada “core” business Manajemen harus selalu mengawasi munculnya “emerging” teknologi yang bisa menjadi pesaing/partner Perusahaan tidak perlu melakukan investasi technlogu baru/inovasi, tetapi perlu menjalankan dan merubah strategi untuk mengakuisisinya Bilamana teknologi dikembangkan di perusahaan lain atau tidak diproteksi sangat sulit mempertahankan posisi (Kasus Pengembangan PC di IBM)

62 Managing Change Di-era 1970-an (era produksi), manajemen hanya berkonsentrasi pada perbaikan produkstivitas melalui perbaikan efisiensi operasional yang memungkinkan menurunkan beaya dan menaikan keuntungan (Fokus mengelola sumber-2 daya yang ada) Pendekatan sekarang, lebih komprehensif, lingkungan berubah cepat mengelola lingkungan yang dinamis dan turbulent Ide-ide baru yang muncul Produks baru Pengendalian produksi Kompetitor yang tumbuh Kebutuhan costumer Solusi : manajemen menciptakan flexibilitas, responsiveness, costumer satisfaction/demand driver

63 Productivity,Efectiveness and Competitiveness
Produktivitas : (to do thing rights) Ratio output dibagi input, ukuran yang baik dari efisiensi Level Perusahaan Level Nasional : GDP/Total populasi Produktivitas terkait dengan teknologi, kontribusi teknologi 80% pada output AS. Efektivitas : Kemampuan untuk mencapai goal yang diinginkan, suatu tingkat sampai sejauh mana organisasi mencapai objektifnya ( Doing the right thing) Competitiveness: Menunjukkan keunggulan posisi suatu perusahaan/negara dibandingkan kelompoknya yang lain

64 Kelebihan Versus Kelemahan Leaders
Pengakuan “citra” :brand image Porsi beaya R&D yang dibelanjakan; pengujian, testingm prototyping Posisi pasar : market share lebih baik Leader harus selalu mempertahankan posisi leader : beaya updating Kesempatan sebagai trend setter/penentu standart Beaya investasi awal untuk design, tooling Perintis dalam “curve learning process” Ketidak pastian dengan introduksi teknologi baru Proteksi dengan menciptakan barier teknologi Leader akan selalu dijadikan sorotan dan target bagi pesaingnya Profitabilitas yang tinggi, menciptakan “technology gap” Mempertahankan loyalitas pelanggan Dukungan dan sponsorship yang luas

65 Mempertahankan Posisi Leaders
Poisisi Leader Investasi R & D untuk tetap mengembangkan teknologi baru Membangun sumber teknologi dan kompetensi baru yang unggul Menyebarkan teknologi sambil mencegah pesaingnya masuk dalam pasar Posisi Follower Memiliki kesempatan keunggulan seperti follower ( proses, disain, teknologi) Memantau produksi leader dan mengambil kelemahan yang ada di pesaingnya Memiliki biaya investasi R & D yang lebih murah untuk mendapatkan pengem bangan produks yang diperlukan Posisi Laggard Memiliki kesempatan terkecil dalam berkompetensi untuk memperebutkan kemampuan teknologi Melakukan aliansi strategis yang menaikkan posisi persaingan teknologinya yang lebih baik.

66 IMITATOR- INNOVATOR FOLLOWER win Lose Pilkinton (Float Glass)
G.D Searle (NutraSweet) Du Pont (Teflon) IBM (PC) Matsushita Seiko (Q uart) win RC Cola (Diet Cola) Bowmar (Calculator) EMI (Scanner) Xerox (“Start”) Du Pont (Teflon) DeHavilland (Comet) Kodak (Instant photography) Northup (F20) DEC (PC)) Lose

67 Peran MOT Untuk Bisnis Penciptaan Nilai
Nilai tambag berdasar tanggung jawab sosial (sustainable corporate) Kualitas Hygiene factor : untuk meningkatkan kompetivitas Responsibilitas Mengelola perubahan dan tanggap terhadap perubahan eksternal Agility Produksi yang fleksibel : variasi produks, komunikasi/prosedur Inovasi Peningkatan inovasi untuk bisa kompetitif Integrasi Integrasi asset teknologi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif Pembentukan team Membentuk kemampuan bekerja dalam team work/interdisiplinier Keterbukaan Equity dalam distribusi kesejahteraan untuk mengurangi konflik

68 Definisi Inovasi ( Bordogna, 1997) : A concurrent, interactive, and nonlinear activity. It includes not only science, engineering, and technology, but social, political and economic interactions as weel and the public pulicy that either enables or mutes the whole wealth creation process

69 Definisi Inovasi ( Bordogna, 1997) : A concurrent, interactive, and nonlinear activity. It includes not only science, engineering, and technology, but social, political and economic interactions as weel and the public pulicy that either enables or mutes the whole wealth creation process

70 Technology Life Cycles

71 Physical Limit Embryonic Growth Maturity Aging Time
Technology Improvement Period Mature Technology Period Technology performance parameter New invention Period Embryonic Growth Maturity Aging Time

72 Physical Limit B Physical Limit A A’ A B
Technology performance parameter A A’ B

73 Technology Live Cycles and market Growth
B C D E F Market Volume Time Technology development D. Mature technology Application launch E. Technology Substitution Application growth F. Technology obsolescence

74 Product and market live cycle
B C D E F Market Volume Time Concept Design Prototype D. Mature Stage Product launch E. Substitution Product Product growth F. Product obsolescence

75 Technology can be consisted of several sub technology
(Personal Computer, Automobile) Physical Limit Technology Live Cycles Sub Technology Live Cycles 3 Technology performance parameter Sub Technology Live Cycles 1 Sub Technology Live Cycles 2

76 Progress of Technology in relation to product and Process innovation
live cycle Product Innovation Process Innovation Technological Discontinuity (turbulence) Dominant Design Aging Technology (discontinuity)

77 Limit of performance of S1
S1>S2 Technology 2 S2 Technology performance parameter S1 Technology 1

78

79

80

81

82

83

84

85

86

87

88

89

90 A Structural Aproach to Corporate Technology

91

92 The need for structured thinking about technology
Conducting internal research and Development (R&D) activities Directly investing in new equipment or people Divesting or acquiring assets (company) Licensing to or licensing from another company or organization Actively patenting in a technical area to attack or defend for the future Controlling R&D externally with other research organization or universities Utilizing the results of public sector Engaging in joint venture both for product of production process as well for the necessary R&D for entering a new area Re-training and re-directing existing resources and capabilities

93 The “Assets” Process 2 1 4 3 5 6 Specify Technology Strategy
Competitive Position Specify Technology Strategy 2 Application Targets Company Strength Organizational Systems Returns & Impact Market need Approach Criteria Asses Current Situation 1 Execute Technology Investment 4 Select Technology portfolio 3 Transfer results for deployment 5 Plan Project Results Concept Adjustments 6 Operational Assets Secure Long-Term Position Business environment trend External Environment

94 1. Asses Current Situation
Internal Situation Company Goals Strategies Capabilities performance External Situation Business Environment Technical Environment Future Business Environment Customer Suppliers Competitors Demand for product

95 2. Specify Technology Strategy
Four main strategies Customers Competitive approach Investment Organizational culture What technologies to develop or buy Whether to seek technology leadership How to protect property right How to capture economic return ?

96 STRATEGI TEKNOLOGI ANTAR PESAING
POSISI TEKNOLOGI POSISI TEKNOLOGI Kuat Cukup Bertahan Kuat Cukup Bertahan Inovator Inovator Follower Kuat Inovator Follower Aquisisi Kuat Follower POSISI PESAINGAN Proteksi Cukup Inovator Aquisisi ? Rasio nalisasi POSISI PESAINGAN Cukup Proteksi Proteksi Rasio nalisasi Joint Venture Rasio nalisasi Joint Venture Liquidasi Bertahan Bertahan Industri di fase Awal pertumbuhan Industri di fase akhir pertumbuhan dan awal kematangan

97 Uraian Rekomendasi PEMILIHAN STRATEGI -TEKNOLOGI-POTENSI-PASAR
Karekteristik Tipe Akivitas Uraian Rekomendasi 1. Potensi (kuat) + Posisi Pasar (kuat) + Keung- gulan Teknologi (kuat) Pertahankan posisinya di pasar Dukungan pengembangan Konsilidasi keungulan teknologi Stars 2.Potensi (lemah) + Posisi Pasar (lemah) + Keung- gulan Teknologi (lemah) Tarik posisinya dari pasar, keuali ada return yang bisa menurunkan biaya dan tanpa investasi yang berlebihan Kematian 3.Potensi (lemah + Posisi Pasar (kuat) + Keung- gulan Teknologi (kuat) Tarik semaksimal mungkin likuiditas dengan investasi yang minimal Eksploitasi kompentensi teknologinya dan aplikasi/tranferst untuk potensi yang paling berkembang Cash Cows 4.Potensi (kuat) + Posisi Pasar (lemah) + Keung- gulan Teknologi (lemah ) Dilema (2 risk/ pasar dan teknologi) Investasikan semaksimal mungkin untuk posisi yang terbaik (komersil dan reknologi) Tarik aktivitas jika ada potensi lain yang lebih baik (komersial/teknologinya)

98 PEMILIHAN STRATEGI -TEKNOLOGI-POTENSI-PASAR (lanjt;)
Karekteristik Tipe Akivitas Uraian Rekomendasi 5. Potensi (kuat) + Posisi Pasar (lemah) + Keung- gulan Teknologi (kuat) Dilema partial (resiko komersial) Kerjasama untuk mendaptakan profit dengan pertukaran teknologi yang dikuasai dan posisi pasar Jual kemampuan teknologinya 6. Potensi (kuat) + Posisi Pasar (kuat) + Keung- gulan Teknologi ((lemah) Dilema partial (resiko teknologi) Kuasai secapat mungki kompotensi teknologi (exteriur) : lisensi, brevet, akuisisi perusahaan untuk mzmperoleh keuunggulan komersial 7. Potensi (lemah + Posisi Pasar (kuat) + Keung- gulan Teknologi ((lemah) Turunkan investasi dan hasilkan likuiditas semaksimalkan mungkin Tingkatkan kompetensi teknologi dan percepat aktivitas yang menghasilkan Cash Cows 8. Potensi (lemah) + Posisi Pasar ((lemah) + Keung- gulan Teknologi (kuat) Tinggalkan sedikit demi sedikit sambil men- ciptakan likuitditas Cari kompetensi teknologi unggulannya dan eksploitasi semaksimal mungkin : aplikasikan pada aktivitas lain atau transfer keluar Kematian Sumber : Allouche and Smith (1996) : Le Outils de La Decision Strategiqye

99

100

101

102 Project Achievement Indicator

103

104

105

106 Greek Engineering BC: Golden Age of Greece ( Art, Philosophy, Science, Literature, and Government ) 440 BC : Pericle Built Temple on the Acropolis 350 BC : Demetrius Produced the Most Fearsome War Machine ( Belfry Had 9 Stories, 75 Feet Square at the Base, Stood 150 Feet Tall, Weighed 180 Tons, Pushed by 3400 Soldiers) 270 BC : Ktesibios Designed Water Clock in Alexandria Aristoteles: Mechanika Is the First Engineering Text Plato: Natural Law Archimedes: Archimedes Principle

107 Greek Engineering BC: Golden Age of Greece ( Art, Philosophy, Science, Literature, and Government ) 440 BC : Pericle Built Temple on the Acropolis 350 BC : Demetrius Produced the Most Fearsome War Machine ( Belfry Had 9 Stories, 75 Feet Square at the Base, Stood 150 Feet Tall, Weighed 180 Tons, Pushed by 3400 Soldiers) 270 BC : Ktesibios Designed Water Clock in Alexandria Aristoteles: Mechanika Is the First Engineering Text Plato: Natural Law Archimedes: Archimedes Principle

108 COMPETITIVENESS Competitiveness is the process by which one entity strives to outperform another. Entity : Person Country Company Goals To Win

109 To be Competitive Ability Desire to Win Commitment
Availability of the resources

110 Competitiveness of the nations
Standard or quality of living of their citizens Guru Besar High Standard Of Living S3 & Calon S3 Trade Productivity Investment In Productive Facilities

111 Xerox Experiences Invention : Chester Carlson (Astoria NY).
Adanya pemikiran untuk menggandakan dokumen dengan cepat dan mudah Scientific and Technological progress Materials & Physical Phenomenon Electrostatic charging & Photoconductivity Invention Electro photography XEROGRAHPY XEROS=Dry GRAPEIN = Writing or drawing

112 Xerox Machine Development
Improvement Commercialization Th 1959, Xerox 914 Fully Automatic Th1970, Xerox 9200 high speed Prototype Th 1949, Xerox 914 Research 1944 Idea 1944

113

114 COMPETITIVENESS Competitiveness is the process by which one entity strives to outperform another. Entity : Person Country Company Goals To Win

115 To be Competitive Ability Desire to Win Commitment
Availability of the resources

116 Stage of Technological Innovation
1. Basic Research 2. Applied Research 3. Technological Development 4. Technological Implementation 5. Production 6. Marketing 7. Proliferation 8. Technology Enhancement

117 Process of Technologial Inovation
Idea Generation Recognition of need Alternative ways to meet the need Analysis of alternative Solution Section of best solution and criteria for selection Proposal for implementation Technical Analysis Concept Definition Apropval Market Analysis Business Plan Disposal Development Full Production and Commercialization Test Market

118 Innovation Chain Equation
Scientific Invention Engineering Development Entre- preunership Management Recognized Social need Supportive Environment + + + + + Commercially Successful Innovation =

119 IMITATOR- INNOVATOR FOLLOWER win Lose Pilkinton (Float Glass)
G.D Searle (NutraSweet) Du Pont (Teflon) IBM (PC) Matsushita Seiko (Q uart) win RC Cola (Diet Cola) Bowmar (Calculator) EMI (Scanner) Xerox (“Start”) Du Pont (Teflon) DeHavilland (Comet) Kodak (Instant photography) Northup (F20) DEC (PC)) Lose

120

121 Perkembangan Teknologi
Perbaikan Teknologi Goal Awal

122 Transformasi Energi Sumber Daya & Energi Informatik Sumber Daya
Elektrik Sumber Daya & Energi Mekanik Sumber Daya & Energi Alamaiah

123 EVOLUTION OF PRODUCTION TECHNOLOGY
1980 Technology revolution Management of Technology 1970 Control Theory Large-Scale System Total System Design Social Systems Cybermetics Behavioral theory Personal Computers 1960 Automation System Design Teleprocessing Information Systems Decision Theory Simulation Systems’ Eng. Optimazation Theory 1950 Computeriza-tion Reliability Oper. Research Statistical Analysis Network Techniques 1940 Tool Design Productivity Eng. Economy Inventory Theory Human Factors Materials Handling Layout 1920 Production control Queueing Wage Incentive Inventory Models Mngt. Planning SQC 1900 Organizational Concepts Motion Study Piecework 1880 Scientific Management Time Studies Division of Labor Standardization Mass Production Labor Unions 1880 Slow Progress in science and technology Agricultural society The industrial Revolution

124 IMPORTANT TECHNOLOGICAL INNOVATIONS
1970 Microprocessor Recombinant DNA Laser Printer MRI Scanner Space Shuttle Scanning Tunneling Microscope Sputnik I (USSR) NASA Integrated Circuit Operable Laser First Man in Space Telstar Satelite Keviar Fiber Optics Apollo XI Color TV Manhattan Project General Purpose, Electronic, Digital Computer Supersonic Flight Transistor Instant Camera Jet Airliner Air Conditioner First Flight (Wnght Bros.) Model T (Ford) Liquid-fueled Rockets FM Radio Jet Engine Xerography Helicopter Telegraph (Morse) Improved plow (Deere) Vulcanized Rubber Safety Elevator (Otis) Internal Combustion Engine Telephone (Bell) Phonograph (Edison) Radio (Marconi) Cotton gin (Whitney) Practical Steamboat (Fulton) Steam powered locomotive for passengers and freight

125 Evolution of manufacturing systems

126

127 Dampak Perkembangan Teknologi informasi pada Sistem Produksi
Manajemen persediaan Penjabaran Kebutuhan Bahan Perhitungan Kebutahan Bahan yang didasarkan pada struktur produk (BOM, OPC) : MRP Perhitungan Kebutahan Bahan yang didasarkan pada struktur produk (BOM, OPC) dengan memperhitungan penyesuaian secara langsung (Closed-loop MRP) Awal th 1960 th th 1965 th th 1970 th th 1980 Just in Time, Kanban, dan Optimized Production Technique (OPT) Perencanaan Kebutuhan Sumber secara terpadu (MRP II) Sejak awal 1980 Dampak Perkembangan Teknologi informasi pada Sistem Produksi

128 Perkembangan Teknologi manufakturing
FMS Mekanik Elektro mekanik CNC CIM

129

130

131 Technology Life Cycles

132 Physical Limit Embryonic Growth Maturity Aging Time
Technology Improvement Period Mature Technology Period Technology performance parameter New invention Period Embryonic Growth Maturity Aging Time

133 Physical Limit B Physical Limit A A’ A B
Technology performance parameter A A’ B

134 Technology Live Cycles and market Growth
B C D E F Market Volume Time Technology development D. Mature technology Application launch E. Technology Substitution Application growth F. Technology obsolescence

135 Product and market live cycle
B C D E F Market Volume Time Concept Design Prototype D. Mature Stage Product launch E. Substitution Product Product growth F. Product obsolescence

136

137 Technology Planning

138 Technology Planning Frame Work
Forecast the technology Analyze and forecast the environment Analyze and forecast the market/user Analyze the organization Develop the mission Design organizational actions Put the plan into the operation

139 Forecasting Technology
Present Future Time

140

141

142 Limit of performance of S1
S1>S2 Technology 2 S2 Technology performance parameter S1 Technology 1

143

144

145 Roman Engineering 1200 BC : Central Indirect Housing Heating in Beycesultan, Turkey 312 BC : Appian Way( Roma - Capera) First Major Surfaced Roa in Europe 40 AD : Claudius Built a Tunnel to Drain Lake Fucius for Irrigation 100 AD : Alexandria Produced Engineering Manuscripts Entitled: Mechanics, Pneumatics, Siegecraft, Automation-making, The Surveyor’s Transit, and Measurement and Mirrors AD : Frontinus Built Roman Aqueduct

146 Oriental Engineering 1. China 2. India • Great Wall
400 BC : Invented Escapement Mechanisms for Clock 105 AD : Paper Was Made in China 1200 AD : Magnetic Needle Was Made 2. India • Ironwork • Jundishapur Was World Science Capital • 700 AD: Indian System of Numbers Was Informed to Western Civilization

147 European Engineering 1286 : Eyeglasses Invented in Europe 14 Century
Cannon Was Invented in Germany 15 Century Renaissance 1474 Republic of Venice Developed the First Formal Patent Law 1483 Leonardo Da Vinci Was One the Great Geniuses Moved to Milan 1514 Michelangelo Was Selected in Completing St Peter’s Cathedral` 1594 Galileo Was Issued a Patent on a Device for Lifting Water

148 Oriental Engineering 1. China 2. India • Great Wall
400 BC : Invented Escapement Mechanisms for Clock 105 AD : Paper Was Made in China 1200 AD : Magnetic Needle Was Made 2. India Ironwork Jundishapur Was World Science Capital 700 AD: Indian System of Numbers Was Informed to Western Civilization

149 Modern Engineering Era
Big Five Engineering Newer Engineering Civil Mechanical Electrical Industrial Engineering Nuclear Computer Bioengineering Chemical Environmenta Etc.

150 Big 5 Disciplines • Civil Engineering • Mechanical Engineering
• Military Engineering • Civil Engineering • Mechanical Engineering Mathematics + Physics Mechanical Principle Steam Engine • Electrical Engineering Mathematics + Physics Electrical Science Telegraph: Samuel Morse Carbon filament lamp: Thomas Edison • Chemical Engineering Mathematics + Physics + Chemistry Synthetic Material • Industrial Engineering

151

152

153 The need for structured thinking about technology
Conducting internal research and Development (R&D) activities Directly investing in new equipment or people Divesting or acquiring assets (company) Licensing to or licensing from another company or organization Actively patenting in a technical area to attack or defend for the future Controlling R&D externally with other research organization or universities Utilizing the results of public sector Engaging in joint venture both for product of production process as well for the necessary R&D for entering a new area Re-training and re-directing existing resources and capabilities

154 Performance Criteria Biaya Inventori Total ( Ot) Ot = Ob + Op + Os
Ot = biaya inventori total Ob = biaya pembelian Op = biaya pemesanan Os = biaya penyimpanan

155

156 The “Assets” Process 2 1 4 3 5 6 Specify Technology Strategy
Competitive Position Specify Technology Strategy 2 Application Targets Company Strength Organizational Systems Returns & Impact Market need Approach Criteria Asses Current Situation 1 Execute Technology Investment 4 Select Technology portfolio 3 Transfer results for deployment 5 Plan Project Results Concept Adjustments 6 Operational Assets Secure Long-Term Position Business environment trend External Environment

157 1. Asses Current Situation
Internal Situation Company Goals Strategies Capabilities performance External Situation Business Environment Technical Environment Future Business Environment Customer Suppliers Competitors Demand for product

158

159 2. Specify Technology Strategy
Four main strategies Customers Competitive approach Investment Organizational culture What technologies to develop or buy Whether to seek technology leadership How to protect property right How to capture economic return ?

160 Market Competence : What value to offer to customer
“product differentiation”, “low Cost producer” Market Scope : Which market boundaries to target “ Larges market shares”, “Specialized market share” Market Timing : When to introduce Innovation “ First Mover”, “Wait to improve ”

161 3. Select Technology Portfolio
Identify suitable candidate : Scanning literature Observing technical environment Monitoring competitor Forecast the emergence technology Monitoring supplier Criteria : Payback-cost benefit ratio, marker or spin-off potential, Business sector priority, etc

162 4. Execute Technology investment
Organizing the work team Staffing the work activities Directing and leading the effort Controlling the activities to ensure compliance with plan and need Project management

163 4. Execute Technology investment
Organizing the work team Staffing the work activities Directing and leading the effort Controlling the activities to ensure compliance with plan and need Project management

164 5. Transfer Results for Deployment
Prototype development Scale up Production-purchase Distribution or installation

165 6. Secure Long Term Position
Monitoring

166 Methods of Acquisition and Exploitation of Technology
Using internal R &D Participating in a joint venture Contracting out for R&D Licensing in technology Buying the technology

167 1. Asses Current Situation
Internal Situation Company Goals Strategies Capabilities performance External Situation Business Environment Technical Environment Future Business Environment Customer Suppliers Competitors Demand for product

168

169 2. Specify Technology Strategy
Four main strategies Customers Competitive approach Investment Organizational culture What technologies to develop or buy Whether to seek technology leadership How to protect property right How to capture economic return ?

170

171 Market Competence : What value to offer to customer
“product differentiation”, “low Cost producer” Market Scope : Which market boundaries to target “ Larges market shares”, “Specialized market share” Market Timing : When to introduce Innovation “ First Mover”, “Wait to improve ”

172 3. Select Technology Portfolio
Identify suitable candidate : Scanning literature Observing technical environment Monitoring competitor Forecast the emergence technology Monitoring supplier Criteria : Payback-cost benefit ratio, marker or spin-off potential, Business sector priority, etc

173 4. Execute Technology investment
Organizing the work team Staffing the work activities Directing and leading the effort Controlling the activities to ensure compliance with plan and need Project management

174 5. Transfer Results for Deployment
Prototype development Scale up Production-purchase Distribution or installation

175 6. Secure Long Term Position
Monitoring

176 Methods of Acquisition and Exploitation of Technology
Using internal R &D Participating in a joint venture Contracting out for R&D Licensing in technology Buying the technology

177 Acquisition method Company’s relative standing Urgency of acquisition Commitment/investment involve Technology life cycle position Categories of technology R&D High Lowest Highest Earliest Most distinctive Joint venture Lower Early Distinctive or basic Contracted out R&D Low License Later Basic Buying No commitment All stages

178 BERBAGAI DEFINISI MOT:
Bidang kajian interdisipliner yang mengintegrasikan Iptek dan pengetahuan/ teori manajemen dan prakteknya untuk menciptakan kesejahteraan (wealth creation) Pendekatan interdisipliner yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan dan implementasi kemampuan teknologi untuk mencapai objektif operasiona/strategis organisasi (level--mikro) Bidang pengetahuan yang berkaitan dengan penetapan dan implementasi kebijakan pengembangan teknologi dan penggunaannya, dampak teknologi terhadap masyarakat, organisasi, individu dan alam dengan tujuan untuk mensimulasikan inovasi, penciptaan pertumbuhan ekonomi dan menjaga teknologi untuk kesejahteraan umat manusia (level-makro) Manfaat MOT: * Bagaimana teknologi diciptakan * Bagaimana eksploitasinya untuk menciptakan bisnis * Bagaimana integrasinya strategi tek vs bisnis * Bagaimana penggunaannya : kompetivitas advantage * Bagaimana bisa menciptakan fleksibilitas sistem/manft. * Bagaimana menstrukturkan organisasinya * Kapan dan bilamana menerapakan/memutuskannya

179 Technology Creation trough R&D
Basic Research Applied Research Development Technology enhancement

180 Technology Hierarchy Research Embryonic
Embryonic or emerging technology New generation of technology New application of technology Growth Product and process improvement Technology transfer Maturity Maintenance

181 Linear Process for Radical Inovation
Non Proprietary With Patent Proprietary Technology Engineering Science Functional Application Prototype Volume Production of Product Manufacturing Prototype Discovery & Understanding Invention Scientific Feasibility Engineering Prototype Pilot Production Process Technical Feasibility Prototype Basic Research Applied Research Developmental Research

182

183 Technology Transfer

184

185 Technology transfer Technology transfer is a process that permits the flow technology from a source to a receiver Source Receiver

186

187 Source of Technology International Technology Transfer
Regional Technology Transfer Regional Technology Transfer Cross Industry or cross sector Technology Transfer Inter-firm Technology Transfer Intra-firm Technology Transfer

188

189 Channel of Technology Flows
General Channel : educating, training, publication, etc Reverse Engineering Channel : Planned Channel : Licensing Franchise Joint venture Turkey Project Foreign Direct Investment (FDI) Technical Consortium and Joint Venture of R& D

190

191

192 Technology Hierarchy Research Embryonic
Embryonic or emerging technology New generation of technology New application of technology Growth Product and process improvement Technology transfer Maturity Maintenance

193 FOKUS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MESIN PERTUMBUHAN EKONOMI
Kebutuhan Sosial Kebutuhan Pasar Teknologi Konversi Penciptaan dan pengu- saan teknologi Produksi Pelanggan Standar hidup, isu sosial lingkungan FOKUS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MESIN PERTUMBUHAN EKONOMI

194 BERBAGAI DEFINISI MOT:
Bidang kajian interdisipliner yang mengintegrasikan Iptek dan pengetahuan/ teori manajemen dan prakteknya untuk menciptakan kesejahteraan (wealth creation) Pendekatan interdisipliner yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan dan implementasi kemampuan teknologi untuk mencapai objektif operasiona/strategis organisasi (level--mikro) Bidang pengetahuan yang berkaitan dengan penetapan dan implementasi kebijakan pengembangan teknologi dan penggunaannya, dampak teknologi terhadap masyarakat, organisasi, individu dan alam dengan tujuan untuk mensimulasikan inovasi, penciptaan pertumbuhan ekonomi dan menjaga teknologi untuk kesejahteraan umat manusia (level-makro) Manfaat MOT: * Bagaimana teknologi diciptakan * Bagaimana eksploitasinya untuk menciptakan bisnis * Bagaimana integrasinya strategi tek vs bisnis * Bagaimana penggunaannya : kompetivitas advantage * Bagaimana bisa menciptakan fleksibilitas sistem/manft. * Bagaimana menstrukturkan organisasinya * Kapan dan bilamana menerapakan/memutuskannya

195 Proses Inovasi Teknologi
Serangkait aktivitas kompleks untuk melakukan transformasi ide/iptek menjadi realitas fisik dan aplikasi nyata Proses transformai dari pengetahuan menjadi produk dan jasa yang memiliki dampak sosial ekonomis Tahapan Proses Inovasi Teknologi 1. Riset Dasar (baasic Research) Pemahaman fenomena alam, hukum alam Output pengetahuan bukan terapan 2 . Riset Terapan (Applied Research) Riset unruk “problem solving” Memperkokoh sistimatis teori lebih kokoh Pengembangan teknologi dan implementasinya 3. Pengembangan Teknologi (Techology Dev.) Aktivitas mengubah pength/ide menjadi tool ( (sofware, hard ware), produks dan jasa Feassibiity Study, pengujian konsep/rancang bangun, pembangunan dan uji prototye

196 4. Implementasi Teknologi
Pengenalan produks di pasar Penjajagan dan pengukuran komersialisasi produks 5 Produksi Konversi konsep disain,ide menjadi produk/jasa : manufacturing, control prod., logistik dan distribusi 6.Pemasaran/Marketing Memastikan konsumen menjadi user teknologi: evaluasi pasar, distribusi, promosi dan monitoring 7. Proliferasi Strategi penguasaan pasar, jangkauan dan dominasi Tergantung teknologi dan cara strategi pemasaran 8. Peningkatan Kapasitas Teknologi Maintenance kemutakhiran teknologi sebagai faktor keunggulan kompetitif: kualitas, biaya, kostumisasi

197 Definisi Inovasi ( Bordogna, 1997) : A concurrent, interactive, and nonlinear activity. It includes not only science, engineering, and technology, but social, political and economic interactions as weel and the public pulicy that either enables or mutes the whole wealth creation process

198 DAUR HIDUP (LIFE CYCLES) TEKNOLOGI
KURVA -S KEMAJUAN TEKNOLOGI: Suatu pola peningkatan performance dari teknologi mengikuti kurva S : performance (sumbu Y) : kepadatan; kecepatan, (atribut teknologi) waktu (sumbu X) : Keterbatasan Fisis Periode Penemuan Baru Periode Perbaikann Teknologi Periode Pendewasaan Teknoogi Periode Obselet Parameter Performance Teknologi Embrio Pertumbuhann Kedewasaan Kema- tian W a k t u Kata kunci : When a technology reaches its natural limits it becomes a mature technology vulnerable to subtitutions or obselescence.

199

200

201 4. Implementasi Teknologi
Pengenalan produks di pasar Penjajagan dan pengukuran komersialisasi produks 5 Produksi Konversi konsep disain,ide menjadi produk/jasa : manufacturing, control prod., logistik dan distribusi 6.Pemasaran/Marketing Memastikan konsumen menjadi user teknologi: evaluasi pasar, distribusi, promosi dan monitoring 7. Proliferasi Strategi penguasaan pasar, jangkauan dan dominasi Tergantung teknologi dan cara strategi pemasaran 8. Peningkatan Kapasitas Teknologi Maintenance kemutakhiran teknologi sebagai faktor keunggulan kompetitif: kualitas, biaya, kostumisasi

202

203 Definisi Inovasi ( Bordogna, 1997) : A concurrent, interactive, and nonlinear activity. It includes not only science, engineering, and technology, but social, political and economic interactions as weel and the public pulicy that either enables or mutes the whole wealth creation process

204

205

206 Tingkat Keyakinan diinginkan (%)
Beberapa Nilai z Tingkat Keyakinan diinginkan (%) Nilai z 90.11 1.65 95.00 1.96 95.45 2.00 99.11 2.58 99.73 3.00

207 Rumus-rumus Studi Waktu
Faktor Kelonggaran = Waktu tidak bekerja Waktu total Rata2 Waktu Elemen =  Waktu Elemen Jumlah Siklus

208

209

210

211

212

213

214

215

216

217 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "INTRODUCTION TO TECHNOLOGY MANAGEMENT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google