KELOMPOK-KELOMPOK DENGAN IDEOLOGI MURNI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lisnawati, M.Psi. KURIKULUM...  Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yg digunakan sebagai pedoman.
Advertisements

PENGEMBANGAN KURIKULUM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Isyu-isyu penting dalam teori Kepribadian.
PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR
MODEL-MODEL KURIKULUM
FILSAFAT PENDIDIKAN ALIRAN REALISME
HAKEKAT MANUSIA Pandangan tentang hakikat manusia adalah bagian dari filsafat antropologi manusia yang merupakan karya Tuhan yang paling sempurna/istimewa.
Langkah-Langkah Dalam Proses Penelitian
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
METODE DAN PENDEKATAN DALAM STUDI FILSAFAT POLITIK
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
M01 KEPEMIMPINAN Oleh: Drs. H. Husain Jusuf, M. Pd CV.
II. NILAI DAN ETIKA DALAM PEKERJAAN SOSIAL
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika
والله أخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا وجعل لكم السمع والأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan.
PENDAHULUAN purwati.
GURU Guru : pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta.
PERENCANAAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
Kurikulum PKN dan Agama
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
PERTEMUAN KE-6 PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Program sistematik seorang pemimpin untuk mengadakan perubahan yang direncanakan dalam suatu organisasi : 1. Analisa faktor-faktor penyebab perubahan.
Pendapat Tentang Sarjana
2.1.A ANALISIS DOKUMEN: SKL, KI-KD, SILABUS, DAN TEMATIK TERPADU
Sistem Pers.
BAB III PENERAPAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DARI SUDUT GURU DAN SISWA
PENDAHULUAN Prinsip tersebut dihubungkan dalam lingkup intelektual dengan suatu pemikiran tertentu yang dinamakan dengan formalism dalam ilmu-ilmu sosial.
Teori Belajar Humanistik
1. Mengenal karakteristik peserta didik
Teori Organisasi.
Konsep CBSA.
M01 KEPEMIMPINAN Oleh: Drs. H. Husain Jusuf, M. Pd CV.
FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME
FILSAFAT MANUSIA THOMAS HOBBES.
By: Desayu Ekla Surya, S.Sos., M.Si
PENGERTIAN DAN HAKIKAT IPS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
PERILAKU KELOMPOK DALAM ORGANISASI
Tipe-tipe kurikulum Integrated curriculum
ANALISIS KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
Pendekatan dalam melakukan apresiasi
MENGGUGAT EQUALITAS PELAKSANAAN KURIKULUM SLB
SEJARAH MANAJEMEN Perspektif sejarah atas manajemen menunjukkanperspektif atau lingkungan untuk mengintepretasikan peluang dan masalah yang ada. Ada 3.
Filsafat Pendidikan Perenialisme
ETIKA FILSAFAT DZIKRINA HIRONI, S.Psi HP /
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
Teori Kurikulum Pertemuan ke 3.
Pemikiran tentang Pendidikan
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB ESSENSIALISME
FILSAFAT PENDIDIKAN IDEALISME
FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME
KOMUNIKASI DALAM PRESPEKTIF AKSIOLOGY
Choirudin, M.Pd.
LANDAS AN PSIKOLOGIS DALAM PENGEM BANGAN KURIKULUM
KURIKULUM PERENIALISME
Pendekatan seni budaya
TEORI BELAJAR DAN MOTIVASI
CHAPTER 1 PENGENALAN TEORI AKUNTANSI KELOMPOK 1 1.SUKMA OKTAVIANINGSARI NIKEN SUSANTI
PENGGUNAAN ALAT PERAGA CHART DAN ABACUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS III SDN 353 PATALA BUNGA.
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
3. Reka Bentuk Kurikulum Konsep Reka Bentuk Kurikulum
BEBERAPA PENGERTIAN DALAM ETIKA PROFESI
FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME
Teori Belajar Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki.
Pendidikan Multikultur
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
Transcript presentasi:

KELOMPOK-KELOMPOK DENGAN IDEOLOGI MURNI Oleh Muhammad Ilman N. Dwi Purnomo

Penganut Paham Humanis Kuno Para Pendidik Progesif Pemisahan Ideologi Relativitas Penganut Paham Absolut Penganut Paham Humanisme Kuno sebagai Pemisah Penganut Paham Relatif Penganut Paham Humanisme Matematika Kuno Tujuan-tujuan Matematika dan Ideologi dari Penganut Paham Humanis Kuno. Kritik terhadap Pandangan Penganut Paham Humanisme Kuno Para Pendidik Progesif Ideologi Relativitas Absolut terhubung Tradisi Progresif sebagai Absolutisme Relativistik Terhubung  Tradisi Progresif dalam Pendidikan Matematika Ideologi Bidang Pendidikan dari Pendidik Matematika yang Progresif Suatu Kritik Tujuan Pendidik yang Progresif

Penganut Paham Humanis Kuno Ilmu pengetahuan murni bermanfaat untuk kebenaran dirinya sendiri. Matematika kuno memandang matematika pada hakikatnya bernilai, unsur pusat dari kebudayaan Matematika merupakan pencapaian tertinggi dari umat manusia sebagai, “ratu dari ilmu pengetahuan”, suatu kesempurnaan, dan kebenaran absolut Matematika merupakan produk dari orang-orang terkemuka, sekumpulan kecil dari orang jenius Tujuan dari pendidikan matematika adalah komunikasi matematika untuk kepentingan sendiri

A. Pemisahan Ideologi Relativitas Penganut Paham Absolut Pandangan absolut berkaitan dengan Pusat-konvesional dan Tingkatan berprinsip dalam Teori Kohlberg tentang perkembangan moral. (Kohlberg, 1981) Keputusan moral dibangun dari kebenaran, nilai dari prinsip-prinsip yang disetujui untuk semua individu menggubah atau menciptakan suatu masyarakat yang dirancang untuk keadilan dan kebiasaan yang bermanfaat. Gilligan (1982): nilai merupakan bagian dari definisi kebudayaan dari kekuasaan. Ini memberi kebanggaan dari wewenang ke absolut, standar rasional dan alasan sejati, dan memimpin penolakan dari manusia dan menghubungkan elemen keputusan sebagai pengurangan dari keadilan dan kebersamaan.

Pemisahan Ideologi Relativitas Penganut Paham Absolut Epistemolgi: Pengetahuan terlihat sebagai obyektif dan kebebasan manusia dan nilai sosial dan perhatian. Filsafat Matematika: matematika terlihat sebagai tubuh dari pengetahuan obyektif yang murni, berdasarkan alasan dan logika, bukan otoritas Teori Kemasyarakatan: berkaitan dengan budaya elit murni dari tingkat pendidikan menengah ke atas Teori Anak-anak: watak anak dapat dijinakkan melalui pembangunan karakter dan dididik dengan membuka budaya tradisional Tujuan Pendidikan: menghasilkan orang-orang berpendidikan yang bebas

B. Penganut Paham Humanisme Kuno sebagai Pemisah Penganut Paham Relatif Williams (1961) mengidentifikasi “penganut humanisme kuno”, yang menilai belajar humanistik untuk kepentingannya sendiri. Boethius (500 AD) mempengaruhi isi dari “pendidikan bebas/liberal”, dimana dia memutuskan untuk memasukkan trivium (trivium = kurikulum pengantar (Jaman pertengahan) Erasmus (c.1466–1536), percaya pada kekuatan intelektual manusia dan nilai belajar dari pekerjaan orang besar..” Kelompok ini menilai “pendidikan liberal” untuk kepentingannya sendiri, karena kontribusinya kepada pendidikan atau kebudayaan orang; dan menolak atau memegang harga diri terendah dalam pengetahuan teknik dan praktis

Raynor (1972) menggambarkan ideologi aristrokatis dari pendidikan, yang melihat pendidikan sebagai cara memper-siapkan orang muda untuk peranan sosialnya sebagai seorang pemimpin. Pandangan penganut humanisme kuno juga mencocokkan dengan baik dengan pandangan “klasikal’ terhadap kurikulum, yang menekankan pada struktur dan rasionalitas, dan diatas semua keunggulan dan budaya. Penganut humanisme kuno “memperdebatkan bahwa kesehatan spiritual manusia bergantung pada macam pendidikan yang lebih dari pelatihan untuk beberapa pekerjaan khusus, dengan berbagai cara menggambarkan seperti “liberal”, “ramah”, “berbudaya”.

C. Penganut Paham Humanisme Matematika Kuno Matematika, di klaim berasal dari masyarakat yang memisahkan pekerjaan dari tangan dan otak (Restivo, 1985) Mendampingkan kurikulum matematika dari aritmetika, geometri, musik dan astronomi ke kurikulum pengantar pada inti kurikulum liberal. Boethius mempengaruhi pendidikan Inggris untuk mengikuti milenium, melalui buku pelajarannya (Howson, 1982). Anggapan superior dari ingatan akan hal-hal penemuan matematika mengklaim bahwa matematika adalah satu pemikir-an yang mulia dan murni, bahwa berasal dari pikiran yang murni dan ada sentimen yang tidak terucapkan bahwa ada sesuatu yang buruk tentang aplikasinya/ terapan. (Davis and Hersh, 1980, halaman 85)

Pengaruh paham humanisme matematika kuno,dan nilai-nilai mereka, telah terbukti dalam sejumlah laporan-laporan resmi pendidikan (Spens : 1938) Tidak ada mata pelajaran sekolah, kecuali mungkin sastra klasik, telah menderita lebih dari matematika dari tujuan sekunder daripada tujuan primer, dan untuk menekankan hal yang asing daripada nilai-nilai instrinsik Cooper (1985): matematikawan universitas berkolaborasi dengan guru sekolah umum elit yang berhasil selama 1960-an dalam membawa kurikulum matematika dekat dengan universitas matematika modern meskipun teknologi pragmatis juga berhasil dalam mengenalkan lebih banyak aplikasi dan terapan kedalamnya.

D. Tujuan Matematika dan Ideologi dari Penganut Paham Humanis Kuno Tujuan Pendidikan Matematika Menyalurkan matematika murni dengan menekankan pada struktur, tingkatan konseptual dan kekakuan/ketelitian dari subyek. Mengajarkan matematika untuk nilai-nilai instrinsik, sebagai bagian utama dari warisan manusia, kebudayaan dan prestasi intelektual. Menjadikan siswa agar menghargai nilai keindahan dan dimensi estetika dari matematika murni, melalui penyerapan dalam belajar Pendidikan untuk matematika murni di masa depan yang mengenalkan unsur-unsur dari paham elit.

Teori Pengetahuan Matematika Sekolah: Sekolah matematika dapat dipahami, seperti disiplin ilmu itu sendiri, kemurnian, struktur secara hirarki substansi tubuh dari pengetahuan obyektif. Teori Belajar Matematika:Siswa diharapkan untuk menggunakan pendekatan dan metode yang berbeda, dalam mengaplikasikan pengetahuan ini, menurut talenta dan kepintaran mereka. Teori Pengajaran Matematika:Mengajar memerlukan hubungan guru-siswa yang ramah; guru, pemilik pengetahuan, mentransfernya ke siswa, seefektif mungkin

Teori Sumber Daya dalam Matematika: Model, bantuan visual dan sumber-sumber dapat digunakan oleh guru untuk memotivasi atau memfasilitasi pemahaman. Teori Kecakapan/Kemampuan Matematika:bakat dan jenius matematika adalah warisan, dan kemampuan matematika dapat diidentifikasi dengan intelejensi murni. Mengajar membantu siswa untuk menyadari potensi bawaan, dan “ingatan matematika” akan memancar

Teori Assesmen Pembelajaran Matematika: assesmen formatif pembelajaran matematika mungkin membutuhkan penyusunan metode, tetapi assesmen sumatif meminta ujian eksternal Teori Perbedaan Sosial pada Pendidikan Matematika: Matematika dipandang sebagai kemurnian dan tidak berkaitan dengan isu sosial, Matematika adalah obyektif, dan usaha untuk memanusiakan matematika untuk tujuan pendidikan, betapapun bermaksud baik, menyetujuinya adalah sifat dasar dan kemurnian (Ernest, 1986, 1988b).

E. Kritik terhadap Pandangan Penganut Humanisme Kuno Kritik terhadap pandangan: (1) orang-orang yang mempertahankan kebenaran terhadap matematika yang menyangkal hubungan matematika murni dan aplikasinya (2) matematika mempunyai sembarang keterlibatan didalamnya, atau tanggung jawab yang lebih luas terhadap isu-isu sosial (3) terdapat asumsi yang tidak tepat untuk perbaikan pandangan dari kemampuan manusia, berhubungan dengan tingkatan dan pandangan kaum elit masyarakat dan kealamiahan manusia

Outcome Pendidikan yang Negatif (1) terdapat masalah menghalang dari pandangan “atas” kurikulum matematika. Ini kelihatan fungsi primer dari level matematika “A” untuk menyiapkan siswa matematika di universitas. (2) kurikulum tidak didesain dengan kebutuhan atau minat dalam pikiran. Hanya penjelasan rasional bahwa pendidikan melayani keinginan penganut paham humanisme kuno, pada keinginan masyarakat secara umum. (3) matematika yang disajikan untuk siswa seperti obyektifitas, eksternal, dingin, kaku dan jauh (4) asumsi bahwa kemampuan matematika ditetapkan oleh warisan, yang merusak untuk mereka yang tidak berlabel bakat matematika.

Terima Kasih

Para Pendidik Progesif Ideologi Relativitas Absolut terhubung Tradisi Progresif sebagai Absolutisme Relativistik Terhubung  Tradisi Progresif dalam Pendidikan Matematika Ideologi Bidang Pendidikan dari Pendidik Matematika yang Progresif Suatu Kritik Tujuan Pendidik yang Progresif