TEKNIK MEWARNAI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BIO OPTIK KELOMPOK 10 Indah Suci Anzarkusuma Indah Puji Lestari
Advertisements

Sketsa Muchlis arif, S.Sn,. M,S.n.
Teknik Pencahayaan pada fotografi
CAHAYA Oleh : Teguh.S.
BAHAN AJAR IPA KELAS V SEMESTER II
Menggambar Bentuk.
pelindung orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. (QS 2:257)
DASAR-DASAR SENI RUPA.
PEMANTULAN CAHAYA Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
PEMBIASAN PADA LENSA CEMBUNG
OPTIK GEOMETRI.
BAB II BERKARYA SENI RUPA
CERMIN.
OPTIK GEOMETRI.
OPTIKA GEOMETRI.
Defi Purwantiana A. PGSD UKSW 2012 Pembiasan Cahaya.
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA.
PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd
CAHAYA & ALAT OPTIK.
KELOMPOK X OPTIKA GEOMETRI GUNAWAN ( D )
P E N S I L  Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut.
Gaya Listrik Aliran elektron Perlu kamu sediakan: balon udara
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Tugas Mandiri 5 (P08) Perorangan
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
GELOMBANG CAHAYA PERTEMUAN 04-05
CAHAYA.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
ALAT, BAHAN, DAN TEKNIK DALAM BERKARYA SENI RUPA
PEMANTULAN CAHAYA Peserta didik dapat: 1.Memahami jenis pemantulan 2.Menyebutkan hukum pemantulan cahaya 3.Melukiskan peristiwa pemantulan cahaya 4.Contoh.
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
MEDIA SENI RUPA Deskripsi Mata Kuliah
GAMBAR BENTUK TEAM DKV UPJ.
Basic Design Principles
CAHAYA PERTEMUAN 8 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Teknologi Dan Rekayasa
Tugas Mandiri 3 (P04) Kelompok
GAMBAR STANDARD PERTEMUAN KETIGA 21 SEPT 2007.
Penulis: Tuti Purwoningsih, S.Pd., M.Sc.
CAHAYA Fandi Susanto.
n1 2 Modul 13 Fisika Dasar II I. Pembiasan dan Pemantulan
MEMOTRET SUBJEK DENGAN TEKNIK PEMOTRETAN
BENDA DAN SIFATNYA SIFAT BENDA BERDASARKAN WUJUDNYA
ZAT DAN WUJUDNYA.
ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Ilustrasi.
Media Pembelajaran Interaktif
Penerapan Konsep Energi Gerak
CAHAYA PERTEMUAN 8 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
SIFAT-SIFAT CAHAYA SECARA GEOMETRI
SELAMAT DATANG DI PRESENTASI NURUL MAULIDA
OPTIK Standar Kompetensi
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
ALAT, BAHAN, DAN TEKNIK DALAM BERKARYA SENI RUPA
Seni rupa 2 dimensi.
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Interferensi lapisan tipis dan cincin newton
Pertemuan 11 Rendering untuk gambar arsitektur 1
PEMANTULAN CAHAYA By : Fitriani Wati.
OLEH : Siti umi khumaeroh
LENSA CEKUNG.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Optik Geometri Pemantulan.
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
Unversitas Esa Unggul CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK PERTEMUAN KE - VIII
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Assalamu’alaikum wr. wb MATERI FISIKA TENTANG “LENSA CEKUNG” OLEH KELOMPOK 03 Lensa Cekung: Pengertian, Sifat, Jenis, Sinar Istimewa, Pembentukan Bayangan,
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
MENGGAMBAR POSTER. KONSEP MENGGAMBAR POSTER BAHAN DAN TEKNIK MENGGAMBAR POSTER KOMPOSISI GAMBAR POSTER GAMBAR HURUF PROSEDUR MENGGAMBAR POSTER.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

TEKNIK MEWARNAI

MEDIA UNTUK MEWARNAI Kertas Jenias-jenis kertas : kertas hvs, kertas BC, kertas concrode, kertas aquarel, kertas fabiano, dll Kanvas Kayu Kaca Batu

ALAT MEWARNAI 1. CRAYON Krayon adalah sebuah alat untuk mewarnai gambar yang terbuat dari campuran lilin warna, air dan juga kapur.

2. Spidol illustrator Spidol adalah alat mewarnai gambar yang terbuat dari campuran tinta khusus warna yang ditambahkan alkohol kemudian disimpan dalam sebuah wadah berbentuk busa dan dibungkus dengan plastik keras dan di bagian ujung-nya diberi busa padat sebagai tempat keluarnya tinta tersebut.  Biasanya digunakan untuk mewarnai manga,komik, kartun. Spidol ini ada yang memilki dua sisi, sisi atas berbentuk persegi, sisi bawah berbentuk tajam.

TEKNIK COLOURING DENGAN SPIDOL WARNA 1. BLOCKING Membuat warna dengan memblock area yang akan diwarnai, dengan arah yang sejajar

2.Patern

3. Gradasi Pencampuran warna gelap menuju warna terang

3. pensil warna. Pensil adalah sebuah alat tulis yang terbuat dari campuran grafit dan tanah liat yang dibungkus dengan kayu atau plastik, agar berwarna maka campuran-nya ditambah dengan pigmen warna. 

5 Teknik Dasar Arsiran Pensil Warna

Stippling - Stipling membuat titik sampai gambar penuh dengan warna yg diinginkan. Teknik ini berbeda dengan teknik pointless Hatching - Hatching dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai arsiran. Jadi hatching adalah arsiran, membuat garis-garis paralel untuk membentuk sebuah warna atau bayangan. Garis-garis dalam arsiran seperti ini haruslah searah. Cross-hatching - Cross-hatching merupakan teknik yang mirip dengan hatching. Jika dengan teknik hatching hanya perlu membuat garis-garis paralel searah, dalam cross-hatching harus menimpa garis itu dengan garis paralel lainnya agar saling berpotongan (crossing).

Back & forth stroke - Teknik ini mungkin adalah yang paling umum dari semua teknik pensil warna. Tangan hanya bergerak bolak-balik ketika mewarnai. Cara ini adalah cara yang paling baik untuk memberikan warna yang solid. Scumbling - Sama seperti back & forth stroke, scumbling adalah teknik lain yang mungkin digunakan oleh anak-anak TK. hanya perlu menggerakkan pensil melingkar tanpa mengangkatnya. Cara ini juga adalah cara yang paling baik untuk memberikan warna yang solid

4. Cat air Cat air terbuat dari campuran pigmen serbuk warna, gum arab dan gliserin atau madu dan pada saat akan digunakan dicampur dengan air sebagai media pelarutnya. Kelebihan menggunakan cat air selain memiliki banyak sekali variasi warna adalah sangat cepat digunakan untuk mewarnai sebuah bidang gambar yang luas dan cepat sekali mengering. 

5. Cat minyak cat yang terdiri atas partikel-partikel pigmen warna yang diikat (direkat) dengan media minyak pengikat pigmen warna.

TEKNIK SHADING PADA GAMBAR Pencahayaan dan bayangan pada sebuah obyek gambar itu adalah faktor penting agar membuat gambar suatu obyek nampak bervolume dan lebih hidup

1. Letak Pencahayaan dan Bayangan pada Objek

2. Gradasi antara Pencahayaan dan Bayangan.

1. Light source : arah datangnya cahaya. 2 1. Light source : arah datangnya cahaya. 2. Hightlight : Ini adalah bagian yang paling terang atau bisa dibilang mengkilap. Lebih baik biarkan kertas pada bagian ini tidak diberi arsiran, sehingga akan terlihat mengkilap . Tapi jangan terlalu luas membiarkan  bagian kertas kamu tidak di arsir, berikan arsiran yang tipis disekitar highligt agar tidak terlalu cepat ke arah yang lebih hitam. Lebih banyak gradasi akan lebih hidup. 3.  Midtones : Ini adalah bagian dimana gradasi mulai berpaling dari sumber cahaya. Midtones ini adalah pertengahan gradasi di antara bagian terang dan bagian yang gelap.

4. Shadow : Ini adalah bagian yang paling dekat dengan bagian yang paling gelap dari obyek nya. Ini adalah bagian yang sepenuhnya berpaling dari cahaya dan pastinya lebih gelap dari midtones. 5. Reflection : Bagian ini adalah pantulan cahaya dari dasar/tanah atau dari benda yang dekat dengan obyek. Cahaya seringkali memantul dan kembali lagi pada obyek yang kamu gambar. Menambahkan sedikit cahaya yang memantul pada obyek yang kamu gambar akan menambah nilai jual karya kamu. Hal ini membuatnya tampak lebih treatrikal. 6. Cast shadow : Bagian ini adalah bayangan setiap objek yang  berada di bawah obyek yang terkena sumber cahaya langsung. Bayangan ini akan sangat terlihat jika suatu obyek terletak di sebuah ruangan dan terkena satu sumber cahaya yang kuat.