Tokoh-tokoh Pembaharuan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah
Advertisements

Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Masa kebangkitan kembali hukum islam
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
Perkembangan Pemikiran Islam
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Sejarah Hukum Islam II (Masa Pembinaan, Pengembangan, dan Pembukuan)
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
SEJARAH & PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam
SEJARAH USHUL FIQIH.
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
TEORI POLITIK AL-MAWARDI
Pertemuan ke-3.
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
Gerakan Pembaharuan Dalam Islam
TOKOH-TOKOH DAN AJARANNYA KELAS 12 BAB III
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Perkembangan Dunia Islam
TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH
Kerangka Dasar Agama dan Ajaran Islam
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
The Moghul Empire 1526 – 1858 M 332 Tahun.
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
Perkembangan Peradaban Islam pada Masa Kejayaan
Pembaharuan dalam Islam
Madzhab Fiqh Oleh: M. Anas Danussana Kamal
CREATED BY: MARETTA DANIATY
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
Pendekatan Sejarah Studi Islam
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
Islam Abad Pertengahan
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PETA PEMIKIRAN ISLAM INDONESIA
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
Kerangka Dasar Agama dan Ajaran Islam
Pengertian Ulumul Quran & Sejarah Perkembangannya
Makna ilmu hadits Prof. Dr. Hasbi al-Siddiqi, sebagaimana dikutib Syuhudi Ismail dan Nur Sulaiman, mengartikan ilmu Hadits sebagai segala pengetahuan.
Pemikiran Politik (siyasah)
By: Rizqi Rahmawati Sau-pee Kuechi Trisna Ulfa Mayukha
MAYA INDAH .S IKHWANUL MUSLIMIN.
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
TOKOH-TOKOH MUFASIR DAN KITAB-KITAB TAFSIR
Bismillaah
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
IUS 4183 PEMIKIRAN ISLAM SEMASA TAJUK: SAYYID JAMALUDDIN AL-AFGHANI
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
IMAM ABU HANIFAH R.A. IMAM ABU HANIFAH R.A RIWAYAT HIDUP NAMA: Nukman bin Thabit KELAHIRAN: 80H/699 M di Kufah GELARAN:Abu Hanifah kerana anaknya bernama.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
BAB 6 : SEBAB KEJATUHAN UMAT ISLAM DAN GERAKAN REFORMASI
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

Tokoh-tokoh Pembaharuan Bab II Tokoh-tokoh Pembaharuan Di Dunia Islam

Tokoh Pembaharu Pada Periode Klasik Sampai Modern 1. Ibnu Taimiyah (1263-1328) a. Kelahiran Nama Lengkap : Taqiyuddin Abu Abbas Lahir : Harran, Turki, 22 Januari 1263. Meninggal : 27 September 1328. Ayah dan kakeknya adalah seorang tokoh ulama ahli hadis bermazhab Hambali. b. Pendidikan Sejak usia 10 tahun ia telah mempelajari kitab-kitab hadis utama, hafal al-Qur’an, belajar ilmu hitung, ilmu kalam, filsafat yang kemudian menjadi bidang kajiannya

c. Corak pemikiran Ibnu Taimiyah Pemikiran Ibnu Taimiyah bersifat empiris sekaligus rasionalis. Empiris artinya mengakui kebenaran dalam kontek kenyataan bukan dalam pemikiran. Rasionalis artinya, tidak mempertentangkan antara akal dan yang jelas dan naql (Qur’an – Sunnah Shahihah) d. Ide pembaharuan 1. Pemurnian Ajaran Tauhid. Aqidah yang benar adalah bersumber dari Qur’an dan Assunah Shahihah bukan berdasar akal. Ia menolak Takwil, menetapkan sifat Tuhan tanpa Tamsil dan Tanzih.

2.Menggalakkan umat Islam agar bergairah kembali menggali ajaran-ajaran al-Qur’an dan Hadis, serta ber-ijtihad dalam menafsirkan ajaran-ajaran agama. 3. Syarat ar-ruju’ ila qur’an wa sunnah adalah dengan ijtihad tanpa taqlid. 4. Agar murni dalam berijtihad, maka tidak boleh terikat pada mazhab atau imam. 5. Dalam konteks hukum, tidak mendasarkan pada illat, tetapi kepada hikmah.

2. Muhammad Ibn Abdul Wahhab (1115-1206) a 2. Muhammad Ibn Abdul Wahhab (1115-1206) a. Riwayat Hidup Muhammad Ibnu Abdul Wahhab lahir di Uyainah di daerah Najed pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H. dalam kitab sirah al-imam as-syaikh Muhammad Abdul Wahab oleh Amin Said, bahwa ayahnya adalah seorang fakih dan ulama terkenal pada masanya ia bernama Sulaiman bin Ali. Pada usia 9 tahun Muhammad Ibn Abdul Wahhab sudah hafal al-Qur’an, kemudian oleh ayahnya diajakan tertang fiqih ibnu bin Hambal dll. Setelah dewasa dikirim ayahnya ke Medinah belajar agama dengan Syaikh Sulaiman al-Kurdi, Muhammad Hayat al-Sindi.

b. Ide pembaharuan Upaya pembaharuan yang dilakukan oleh Muhammad bin Abdul Wahab bertolak dari upaya untuk mengembalikan kehidupan umat sesuai dengan kehidupan Nabi Muhammad saw dan para sahabat yang salih. Usaha yang dilancarkan adalah : Penghancuran kultus terhadap orang-orang yang dianggap suci, pengagungan terhadap kuburan, benda-benda yang dikeramatkan dll.

c. Karya-karya 1. Kitab al-Tauhid 2 c. Karya-karya 1. Kitab al-Tauhid 2. Al-Usul al-Salasah wa al-Qawaid al-Arba’ah 3. Surah al-Shalat qa Arkanuha 4. Ushul al-Imam 5. Fazl al-Islam 6. Kitab al-Khabais 7. Tafsir Kalimat at-Tauhid 8. Kitab al-Mustafid fi Hukm al-Tauhid 9. Tafsir Ba’dli Suwar al-Qur’an

Gerakan Wahabi (muwahhidun) memiliki nilai pembaharuan Sisi keagamaan : taklid ditinggalkan Sisi akhlak : menjauhkan diri dari sikap kemewah-mewahan, pemborosan dan kemaksiatan serta kemalasan Sisi sosial : Kesatuan masyarakat menjauhkan konflik sosial, Sisi sosial ekonomi : menciptakan semangat kerja dan percaya diri serta tidak tergantung kepada orang lain.

3. Jamaluddin al-Afghani (1838-1897) a 3. Jamaluddin al-Afghani (1838-1897) a. Riwayat Hidup Lahir di Asadabad Afghanistan pada tahun 1838/1839. Ia berasal dari keluarga Syiah Iran, namun tidak ada bukti dia seorang Syiah. Pendidikan dasar di tempuh di tanah kelahirannya, kemudian melanjutkan di daerah-daerah lainnya kepada beberapa guru, seperti Ibnu Sina, At-Tusi dll. Perjalanan hidupnya banyak banyak dipenuhi lika-liku sebagai seorang politikus. Pada umur 22 tahun menjadi pembantu Pangeran Dos Muhammad Khan di Afganistan. Pada tahun 1864 menjadi penasehat Sher Ali Khan, dan diangkat menjadi Perdana Menteri oleh Muhammad Azam Khan beberapa tahun kemudian.

b. Gerakan Pembaharuan Jamaluddin Al-Afghani pindah dan menetap di Mesir dari 1871 hingga 1879. Di Mesir dihabiskan untuk mengajar dan memperkenalkan penafsiran filsafat Islam. Ketika Mesir berada pada krisis ekonomi dan politik 1870, ia memerintahkan murid-muridnya untuk menerbitkan majalah dan memimpin gerakan bawah tanah. Bersama para pengikutnya seperti Muhammad Abduh, Abdullah Annadim dll, mendirikan sebuah parpol bernama Hisbul Wathani dan berhasil menggulingkan Raja Mesir Khedewi Ismail. Meskipun diusir penguasa baru Tawfik.

Setelah diusir dari Mesir, Jamaluddin pergi ke Paris bersama-sama dengan muridnya Muhammad Abduh dan menerbitkan Majalah al-Urwa al-Wustqa. Pada tahun 1884 pergi ke Inggris untuk berunding dengan Sir Henry Drummond Wolff tentang masalah Mesir. Dua Tahun kemudian ia pergi ke Iran ikut menyelesaikan krisis Iran – Rusia. Akhirnya diusir dari Iran oleh Syah Nashir al-Din karena berbeda faham. Selanjutnya ia pindah ke Istambul Turki atas undangan Ottoman Abdul Hamid II untuk membantu pelaksanaan politik Islam, namun karena pengaruh Jamaluddin cukup besar mengalahkan Sultan Ottoman, maka Sultan membatasi pengaruh politiknya, dan di kota ini – Istambul pada tahun 1897 Jamaluddin al-Afghani tutup usia karena Kangker.

c. Ide Pembaharuan. Dunia Islam jauh tertinggal dengan dunia Barat c. Ide Pembaharuan. Dunia Islam jauh tertinggal dengan dunia Barat. Hal ini dipengaruhi sikap taqlid, statis, dan fatalis al-Islam mahjubun bi al-muslim. Umat Islam terbelakang karena umat Islam meninggalkan ajaran Islamnya. Langkah-langkah mengatasinya : 1. Pentingnya kepercayaan akal dan hukum 2. Melancarkan gerakan Pan-Islam sebagai anti-imperialisme dan mempertahankan kemerdekaan. 3. Perlu persamaan jender (pria dan wanita) dalam beberapa hal. Seperti menuntut ilmu, bekerja di luar rumah, berfikir maju dll.

4. Muhammad Abduh 5. Muhammad Rasyid Ridha Dua-duanya menempuh pembaharuan lewat jalur pendidikan. PT Al-Azhar Kairo Mesir Caranya : Memasukkan mata kuliah Filsafat dalam seluruh struktur kurikulum. Filsafat dipandang sangat efektif untuk memasukkan ide-ide pembaharuan (inti filsafat adalah pemikiran)

Abduh dan Rasyid Ridha Mengarang sebuah tafsir yang sangat terkenal dan menjadi rujukan para mufassir modern : “KITAB TAFSIR AL-MANAR”