Wahyuni Endah Maulidia (D )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEMBACA FATIHAH dan AYAT / SURAH
Advertisements

PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
SENI DALAM PANDANGAN ISLAM
Shahih al-Bukhari Karya Imam al-Bukhari Penulis
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 9/13
TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH
BAB XI SIROH SAHABAT.
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 12/13
Menentukan Awal dan Akhir Ramadhan
HADITS KEDUAPULUH DUA.
Adalah suatu kondisi yang mana seorang hamba diberi taufiq oleh Allah Ta’ala sebelum datangnya kematian untuk meninggalkan segala macam perbuatan yang.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
THAHARAH Ismail, S.Pd.I, M.Pd..
LARANGAN PERKAWINAN DALAM ISLAM
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
Tajhiz Mayit (Merawat Janazah)
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
HUKUM WAKAF.
THAHARAH KELOMPOK 5 : ADIT ISTIQOMAH RIFDA KAMILA SILVIA PUJI LESTARI.
والعق في اللغة: القطع، ومنه عق الوالدين؛ أي قطع صلتهما
وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً
ASSALAMUALAIKUM.
TA’RIF (DEFINISI) TARBIYAH ISLAMIYAH Tarbiyah Islamiyah adalah: “Cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa.
Dipresentasikan oleh Ahmad Rifai
TALAQQI MADAH Hak Ibu.
KHutbah Jumat & Prinsip dakwah
Universitas Indonesia
Muthia ulfah A Nurul hidayah A
KHUTBAH DAN DAKWAH BAB II.
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Amalan Setelah Melahirkan
Tugas Mandiri Perbandingan Mazhab Dosen Pembimbing Drs. H
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir.
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Menemani Rasulullah di Surga
SEJARAH BENDAHARAWAN HADIS MASA SHAHABAT
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
BAGIAN II HADATS DAN NAJIS
MACAM-MACAM NAJIS Saat ini, banyak ummat Islam yang tidak mengerti dan tidak tahu akan ajaran agamanya. Bayangkan bagaimana jadinya generasi Islam beberapa.
Menghormati ulama dan majelis ilmu
Hadist-hadist kisah rasulullah saw dan siti aisyah
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
WANITA BERTANYA ISLAM MENJAWAB
MENJELASKAN KETENTUAN – KETENTUAN SHALAT JUMAT
Cinta yang membawa ke surga
Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
Wahyu Rizki Nur Syamsi ( )
HIDUP TERASA LEBIH INDAH JIKA KITA BERSYUKUR
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Cinta yang membawa ke surga
TUNTUNAN SYIYAM Pengertian Syiyam
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
Menentukan Awal dan Akhir Ramadhan
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
HUKUM WAKAF.
SEMINAR SEHAT DENGAN SUNNAH
Cinta yang membawa ke surga
AL QUR’AN SOLUSI SEMUA PROBLEMA
TUNTUNAN SHALAT TAHAJUD Mari Berilmu Sebelum Beramal dan Bersemangat untuk Beramal di atas Ilmu.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
Transcript presentasi:

Wahyuni Endah Maulidia (D91214104) Studi Hadist 2 Kelompok 8 Fitri Hidayati (D71214039) Wahyuni Endah Maulidia (D91214104)

مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ HADIST مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ "Barang siapa memandikan mayat maka hendaklah ia mandi, dan barang siapa mengusungnya maka hendaklah ia berwudhu.“ (Ahmad Bin Hambal-9485)

صَالِحٍ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ Ahmad – 9485 رَسُولَ اللَّهِ حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ صَالِحٍ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ أَبِي هُرَيْرَةَ صَالِحٍ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ حَجَّاجٌ احمد

Biografi Perawi Nama Lengkap : Abdur Rahman bin Shakhr Kalangan : Shahabat Kuniyah : Abu Hurairah Negeri semasa hidup : Madinah Wafat : 57 Guru : Nabi Muhammad SAW Abi Bin Ka’ab Usamah bin Zaid Basroh bin Abi Basrah Murid : Ibrahim bin Ismail Ibrahim bin Abdullah bin Khanin Ishaq bin Abdullah Sholih Maula At-Tau’amah Komentar Ulama Ibnu Hajar al 'Asqalani Shahabat

Nama Lengkap : "Shalih bin Nabhan,maula At Taw'amah" Kalangan : Tabi'in kalangan biasa Kuniyah : Abu Muhammad Negeri semasa hidup : Madinah Wafat : 125 H Guru : Abu Dardar Abu Qatadah AL-Anshar Abu Hurairah Aisyah Ummul Mukminin Murid : Ahmad bin Hazim As’ad bin Abi As’ad Khalid bin Ilyas Muhammad bin 'Abdur Rahman bin Al Mughirah bin Al Harits bin Abi Dzi’b KOMENTAR ULAMA Ahmad bin Hambal : shalihul hadits Yahya bin Ma'in :tsiqah Hujjah Al 'Ajli : Tsiqah Ibnu 'Adi : la ba`sa bih Malik bin Anas : dla'if Yahya bin Sa'id : lam yakun bi tsiqah Ibnu Hajar Al Atsqalani : Shaduuq

Ahmad bin Hambal :Tsiqah Yahya bin Ma'in : Tsiqah An Nasa'i : Tsiqah Nama Lengkap : Muhammad bin 'Abdur Rahman bin Al Mughirah bin Al Harits bin Abi Dzi`b Kalangan : Tabi'in kalangan biasa Kuniyah : Abu Al Harits Negeri semasa hidup : Madinah Wafat : 158 H Guru : Ishaq Bin Yazid Aswad Bin ‘Ula Bin Asid Bin Abi Asid Abdurrahman Bin Mughirah Murid : Ahmad Bin Abdullah Adam Bin Abi Ilyas Ishaq Bin Sulaiman Ar- Razi Hajjaj Bin Muhammad ULAMA KOMENTAR Ahmad bin Hambal :Tsiqah Yahya bin Ma'in : Tsiqah An Nasa'i : Tsiqah Ibnu Hajar al 'Asqalani : "tsiqah,faqih" Adz Dzahabi : Tsiqah

Ibnu Hibban : disebutkan dalam 'ats tsiqaat Adz Dzahabi : Alhafidz Nama Lengkap : Hajjaj bin Muhammad Kalangan : Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa Kuniyah : Abu Muhammad Negeri semasa hidup : Syam Wafat : 206 H Guru : Jabir Bin Abi Sholeh Harist Bin Abdurrahman Hasan Bin Yazid Hakim Bin Muslim Murid: Sa’ad Bin Ibrahim Yufyan At-Tsauri Subabah Bin Suwar Syueb Bin Ishaq Komentar Ulama An Nasa'i : Tsiqah Ibnu Madini : Tsiqah Ibnu Hibban : disebutkan dalam 'ats tsiqaat Adz Dzahabi : Alhafidz

Nama : Ahmad bin Muhamad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin 'Auf bin Qasithi bin Marin bin Syaiban bin Dzuhl bin Tsa'labah Kuniyahnya : Abu Abdillah Negeri Semasa Hidup : Baghdad Wafat : hari jum’at tanggal 12 Rabi'ul Awwal tahun 241 Guru : Husyaim bin Basyir Sufyan bin Uyainah Ibrahim bin Sa'ad Hajjaj bin Muhammad Murid : Ali bin Al Madini Yahya bin Ma'in Dahim Asy Syami

يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ Ahmad – 7442 رَسُولَ اللَّهِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ رَجُلٍ يُقَالُ لَهُ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَبُو إِسْحَاقَ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ مَعْمَرٌ عَبْدُ الرَّزَّاقِ احمد

رَسُولَ اللَّهِ Ahmad – 7443 أَبِي هُرَيْرَةَ حَدَّثَنَا يُونُسُ حَدَّثَنَا أَبَانُ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي لَيْثٍ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ أَبُو إِسْحَاقَ رَجُلٍ مِنْ بَنِي لَيْثٍ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ أَبَانُ يُونُسُ احمد

صَالِحٌ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ Ahmad – 9229 رَسُولَ اللَّهِ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ قَالَ حَدَّثَنِي صَالِحٌ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ أَبِي هُرَيْرَةَ صَالِحٌ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ يَحْيَى احمد

مُحَمَّدَ بْنَ عَمْرِو كَثِيرٍ مِنْ عُلَمَائِنَا Ahmad – 17444 رَسُولَ اللَّهِ الْمُغِيرَةِ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ حَدَّثَنَا أَبِي عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ قَالَ وَقَدْ كُنْتُ حَفِظْتُ مِنْ كَثِيرٍ مِنْ عُلَمَائِنَا بِالْمَدِينَةِ أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ كَانَ يَرْوِي عَنِ الْمُغِيرَةِ أَحَادِيثَ مِنْهَا أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ مُحَمَّدَ بْنَ عَمْرِو كَثِيرٍ مِنْ عُلَمَائِنَا إِسْحَاقَ أَبِي يَعْقُوبُ احمد

أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَال Ibnu Majah - 1452 رَسُولَ اللَّهِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي الشَّوَارِبِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ الْمُخْتَارِ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَال قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِل أَبِي هُرَيْرَةَ أَبِيهِ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ الْمُخْتَارِ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ ابن مجه

الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ ABUDAUD – 2749 رَسُولَ اللَّهِ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ غَسَّلَ الْمَيِّتَ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأ حَدَّثَنَا حَامِدُ بْنُ يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ إِسْحَقَ مَوْلَى زَائِدَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَعْنَاهُ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا مَنْسُوخٌ و سَمِعْت أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ وَسُئِلَ عَنْ الْغُسْلِ مِنْ غَسْلِ الْمَيِّتِ فَقَالَ يُجْزِيهِ الْوُضُوءُ قَالَ أَبُو دَاوُد أَدْخَلَ أَبُو صَالِحٍ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَبِي هُرَيْرَةَ فِي هَذَا الْحَدِيثِ يَعْنِي إِسْحَقَ مَوْلَى زَائِدَةَ قَالَ وَحَدِيثُ مُصْعَبٍ ضَعِيفٌ فِيهِ خِصَالٌ لَيْسَ الْعَمَلُ عَلَيْهِ أَبِي هُرَيْرَةَ عَمْرِو بْنِ عُمَيْرٍ الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ ابو دود

رَسُولَ اللَّهِ الْمُغِيرَةِ أَبِي هُرَيْرَةَ عَمْرِو بْنِ عُمَيْرٍ مُحَمَّدَ بْنَ عَمْرِو عَمْرِو بْنِ عُمَيْرٍ أَبِيهِ إِسْحَاقَ صَالِحٍ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ كَثِيرٍ مِنْ عُلَمَائِنَا الْقَاسِمِ سُهَيْلِ رَجُلٍ مِنْ بَنِي لَيْثٍ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ إِسْحَاقَ ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَبْدُ الْعَزِيزِ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ مَعْمَرٌ يَحْيَى حَجَّاجٌ أَبِي ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ أَبَانُ عَبْدُ الرَّزَّاقِ يَعْقُوبُ أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ يُونُسُ عَبْدُ الرَّزَّاقِ ابن مجه ابو دود احمد

Dari segi Kuantitasnya Termasuk Hadist Ahad Aziz karena sudah memenuhi syarat akan tetapi belum mencapai tingkat kemutawatiran. Selanjutnya dilihat dari segi kualitasnya termasuk shohih karena perawinya tsiqoh, dan ada beberapa yang hafidz. Dari ketersambungan perawinya termasuk mutthasil karena antara rowi yang satu dengan yang lainnya merupakan hubungan guru dan murid. Hidup sezaman dan pernah bertemu. Analisa

Kritik Matan Ahmad – 9485 مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ Ahmad – 7442 مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ Ahmad – 7443 Ahmad – 9229 Ahmad – 17444 Ibnu Majah - 1452 مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِل ABUDAUD – 2749 مَنْ غَسَّلَ الْمَيِّتَ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأ

Hadist مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأ “Siapa yang memandikan jenazah, maka hendaklah ia mandi, dan barang siapa yang telah mengangkatnya hendaklah ia berwudhu. (Ahmad dan Abu Daud )” dari beberapa sumber yang ada hanyalah sampai pada مَنْ غَسَّلَ مَيِّتًا فَلْيَغْتَسِلْ “Siapa yang memandikan jenazah, maka hendaklah ia mandi (Ahmad, Ibnu Majah).” Untuk kalimat وَمَنْ حَمَلَهُ فَلْيَتَوَضَّأ pada sumber yang ada merupakan tambahan dari Abu Hurairah selaku Sahabat Nabi, jadi termasuk Idraj. Dan disebut hadist mudraj.

Al-Qur’an (Ayat Al-Qur’an yang mendukung ) إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri. (QS. Al-Baqarah: 222)  يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ (١) قُمْ فَأَنْذِرْ (٢) وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ (٣) وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (٤) Hai orang-orang yang berselimut. Bangunlah,lalu berilah peringatan! Dan Tuhanmu Agungkanlah ! Dan pakaianmu bersihkanlah! (QS. Al-Mudatsir 1-4)

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى Lanjutan وَاللَّهَ َيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ Dan sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersih (At-Taubah: 108) قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى Sesungguhnya mendapat kemenanganlah orang yang membersihkan diirnya (QS. Al-A’laa: 14)

Lanjutan يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (Al Maidah ayat 6)

Kebersihan adalah sebagian dari iman . (HR. Muslim dan Ahmad) Hadist Yang Mendukung Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari Bapaknya, dari Rasulullah Saw: Sesungguhnya Allah Swt itu menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu (HR. Tirmidzi) Kebersihan adalah sebagian dari iman . (HR. Muslim dan Ahmad) Sesungguhnya Allah Swt itu Indah, Dia menyukai keindahan, Allah itu baik, Dia Menyukai kebaikan, Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Karena itu bersihkanlah teras rumah kalian janganlah kalian seperti orang-orang yahudi (HR. Tirmidzi) Kebersihan itu mengantarkan kepada keimanan dan keimanan itu menyertai pemiliknya di surga (HR. Ath-Thabrani) Sesungguhnya Islam itu bersih, hendaklah kamu mewujudkan kebersihan karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih (HR. Khatib)

Pendapat Ulama Pendapat ini dipegang oleh Ibrahim An-Nakhai, Ahmad dan Ishaq. Ahmad bin Hambal berkata : “Barang siapa yang memandkan mayat, aku berpendpat bahwa ia tidakwajib mandi, namunn paling minimya adlah berwudhu”. Ishaq berkata “ia wajib berwudhu (setelah memandikan mayat)” (Jami At-Tirmidzi 2/493) 1. Disyariatkan Wudhu

Pendapat ini dipegang oleh Ali bin Abi Thalib, Abu Hurairah, Said bin Al Musayid, Ibnu Sirin dan Az-Zuhri. Malik bin Annas berkata “aku menyukai jika orang yang memandikan mayat untuk mandi, namun aku Berpendapat hal itu tidak wajib”(Jamii At-Tirmidzi, 2/493) Dalil pendapat pertama dan kedua adalah hadist Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda “Barang siapa yang memandikan mayat, hendaklah ia mandi dan barangsiapa yang membawanya, hendaklah ia berwudhu” (HR. Ahmad 2/433), At-Tirmidzi no. 993) Hadist ini dihasankan oleh At-Tirmidzi dan di sahihkan oleh Albanani dalam Sahih At Tirmidzi no. 993 dan Sahih Ibnu Majah no. 1463 2. Disyariatkan Mandi

3. Tidak disyariatkan mandi, tidak pula berwudhu, pendapat ini dipegang oleh Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Hasan Al-Basri, Ibrahim An-Nakhai, Asy-Syafi’I, Ishaq dan Abu Tsaur. (Al-Majmuu Syarh Al Muhadzab, 5/186_ Abdullah bin Mubarok berkata “tidak perlu mandi maupun berwudhu setelah memandikan mayat” (Al Jami, 2/493) Ibnu Abbas berkata “tidak ada kewajiban mandi bagi kalian apabila kalian memandikan orang yang meninggal diantara kalian, karena mayat tidaklah najis. Cukup bagi kalian mencuci tangan-tangan kalian. (Ahkam al-Jana’iz 71-72). Atsar dari Ibnu Umar, ia mengatakan “kami dulunya memandikan mayat, diantara kami ada yang mandi dan ada yang tidak mandi. (Ahkam al-Jana’iz 72). Al-Imam Asy-Syaukani berkata “yang berpendapat wajibnya mandi ini adalah Abu Hurairah, Al-Imamiyah dan satu riwayat dari An-Nashir. Adapun Jumhur Ulama berpendapat mustahab (sunnah). Mereka mengatakan: “perintah yang disebutkan dalam hadist yang terdahulu-terdahulu dipalingkan dari hukum wajib (kepada hukum sunnah). Dan juga fatwa sahabat kepada Asma’ bintu Umais, istri Abu Bakar, ketika selesai memandikan jenazah suaminya. Ia berkata pada para sahabat: ‘Hari ini sangat dingin dan aku sedang puasa. Apakah aku wajib mandi?’ mereka menjawab ‘tidak’. (Diriwayatkan Imam Malik dalam Al-Muwatha’ )

Ash-Shan’ani RA berkata : Membawa Jenazah Ibnu Qudamah Raberkata “kami tidak mengetahui ada seorang ulama pun yang berpendapat disyariatkan berwudhu bagi orang yang memabawa jenazah.” (Al-Mughni, 1/279) Ash-Shan’ani RA berkata : “aku tidak mengetahui seorang ulama pun yang menyatakan kewajiban atau disunnahkan berwudhu bagi orang yang membawa jenazah” (Subulussalam, 1/144)

Dari Ali Ra berkata “ ketika Abu Thalib Wafat, aku datang kepada Nabi Saw dan berkata, “sesungguhnya pamanmu yaitu orang tua yang sesat sungguh telah mati maka siapa yang akan pergi menguburkannya?”. Beliau bersabda “pergi dan kuburkanlah lalu janganlah engkau berkata sesuatu pun hingga engkau mendatangiku. Ali berkata, “sesungguhnya ia telah mati dalam keadaan musyrik”. Beliau bersabda “pergi dan kuburkanlah”. Ali berkata “kemudian aku pun menguburkannya lalu datang mendatanginya”. Beliau bersabda, “pergi dan mandilah lalu janganlah engkau berkata sesuatu pun hingga engkau mendatangiku.” Ali berkata “lalu akupun mandi kemudian mendatanginya.” Ali berkata “maka beliau mendoakan kebaikan kepadaku dengan beberapa doa yang membuatku bahagia seakan aku memiliki unta merah dan hitamnya. Ia (yaitu Abdurrahman as-Silmiy) berakata “Ali biasanya mandi apabila memandikan mayat.” (HR. AbU Daud, Ahmad, Nasai, Al-Baihaqi. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: sanadnya sahih). Hadist diatas menunjukkan yang wajib mandi adalah ketika memandikan mayat/jenazah orang kafir. Hadist Titik Temu

Kesimpulan Kesimpulan dari Hadist yang dibahas bahwasanya tidak ada kewajiban dalam mandi setelah memandikan jenazah ataupun wudhu setelah menggotongnya, dikarenakan tidak adanya dalil Al-Qur’an yang menyatakan secara sah. Meskipun ditemukan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang secara kualitasnya sahih namun hal itu tidak serta merta menjadikan mandi setelah memandikan jenazah ataupun wudhu setelah menggotongnya adalah sebuah kewajiban dikarenakan pula adanya pendapat ulama yang mengatakan hal itu tidak wajib. Maka hadist ini menurut kelompok kami bukanlah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh kaum muslim, karena sesungguhnya mayit bukanlah sesuatu yang najis. Tetapi hadist ini menjadi mubah bahkan sunnah hukumnya apabila dilakukan, karena dalam pemaparan diatas dijelaskan bahwasanya Allah menyukai kebersihan dan keindahan. Dilihat dari aktivitas memandikan jenazah tentulah perawatan jenazah juga diperlukan, dan hal itu bisa saja mengotori pakaian yang memandikan dan sebagainya. oleh karena itu maka apabila kaum muslim hendak melakukan hal diatas tentulah boleh-boleh saja, dan apabila memungkinkan untuk mandi maka mandilah dan apabila tidak memungkinkan berwudhu sudah lebih dari cukup. dan semoga Allah memberi pahala.