Curves dan NURBS Mail merge.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Menggambar dengan Macromedia Flash
Header Footer Header adalah teks yang muncul pada halaman atas
Dasar 3 Dimensi Spesifikasi Koordinat 3D
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
MENGETIK DOKUMEN SEDERHANA
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
DIANA KUSUMA WIDYASTUTIK FKIP Sejarah
SORTIR dan TABEL. MEMBUAT/ MENYISIPKAN TABEL Ada beberapa cara membuat/ menyisipkan tabel dalam Word for Windows : Pulldown menu Table, klik Insert Table.
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
Pengantar Komputer Dan Teknologi Informasi 1C
MAILMERGE. Tidak jarang sebuah surat yang isinya sama dikirim ke banyak orang, misalnya surat undangan, surat edaran, surat pemberitahuan, dan lain-lain.
Macromedia Flash.
Pengenalan Geogebra.
1 MAILMERGE Winda Widya A Barka Satya. Apl Mnjmn Pkntran A M4 2 Tidak jarang sebuah surat yang isinya sama dikirim ke banyak orang, misalnya surat undangan,
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Cara menggambar melengkung
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
Iconic Modeling Matakuliah: U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun: 2010.
Sekilas Impress Open Office.org.
4 th meeting Work out with Rules, Text Area, Scroll bars, Status bar, and understanding Document Views in MW 2007.
Teknologi Dan Rekayasa
Dasar Rigging dengan Bone (tulang) pada Obyek 3D
Oleh: Mohammad Zikky, M.T
MAILMERGE PENDAHULUAN
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Produksi 3D untuk Desainer
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
Drawing tools Dan aplikasinya
Digitasi peta TM_3.
Membuat Obyek Garis Command : LINE
PERANGKAT BANTU GAMBAR
Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
MELAKUKAN EDITING GAMBAR
3D Elisabeth, S.kom.
Animasi 3D dengan Blender
MAILMERGE Winda Widya A Apl Mnjmn Pkntran A M4.
EFEK-EFEK INTERACTIVE
Macromedia Flash.
MODELING Mail merge.
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Membuat poster dengan menggunakan corel draw
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
Membuat Dokumen Mail Merge
Node Editor Pada Blender
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Animasi 3D Nurbs dan Curve Adam arif B –unsada
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Macromedia Flash.
GARIS EKUIPOTENSIAL.
Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates
Mencetak Dokumen Buka Menu File
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
AGRIBISNIS POLIWANGI.
Animasi 3D Bone/tulang Adam ab Free Powerpoint Templates.
MAILMERGE Winda Widya A Apl Mnjmn Pkntran A M4.
Macromedia Flash.
Alika shauma fardanty. SETELAH KITA MASUK KE MICROSOFT WORLD, AKAN TAMPAK LEMBAR KERJA KOSONG. PASTIKAN MENU RULER DIAKTIFKAN. JIKA BELUM KLIK VIEW.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
1 HELLO! Angga Firman Setiawan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Jember
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
NoNamaPenjelasan 1 Header Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render dan Help 2 Viewport tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek.
KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI A
Transcript presentasi:

Curves dan NURBS Mail merge

Spin editing: Digunakan untuk pemodelan bentuk melingkar/bundar. Metaballs/meta objects: Digunakan untuk memodelkan objek zat cair seperti lumpur Curves/Kurva: Digunakan untuk memodelkan kawat, khususnya obyek-obyek yang bisa ditekuk/digulung. Spin editing: Digunakan untuk pemodelan bentuk melingkar/bundar. NURBS (Nonuniform Rational Basis Spline): Digunakan untuk pemodelan yang akurat pada permukaan yang melengkung. Mail merge

metaballs Metaballs (meta benda) seperti membuat bentuk primitif, tapi dengan kemampuan khusus contohnya dengan lumpur yaitu pemampatan satu sama lain dalam rangka untuk membuat bentuk baru. Jadi teknik modeling metaball hampir mirip dengan ketika kita bermain dengan tanah liat atau lilin mainan (clay). Caranya: 1. Mulailah file baru, pilih kubus default, dan tekan X untuk menghapusnya. 2. Tambahkan metaball melalui Shift + A ➤ Metaball ➤ Meta Ball. 3. lingkup baru terlihat cukup biasa sejauh ini, kecuali bahwa ia memiliki cincin tambahan di sekitarnya. Sementara Anda berada dalam mode objek, menduplikasi metaball dengan Shift + D. 4. Tarik metaball baru jauh dari yang pertama. Mail merge

Duplikasi obyek dengan menekan shift+D, maka akan nampak seperti gambar berikut ini: Mail merge

Percobaan dengan menunjukan objek meta berinteraksi satu sama lain. tersedia jenis: Meta Tube, Meta Plane, Meta Cube, and Meta Ellipsoid Pastikan untuk mengubah (skala, memutar, dan memindahkan) bentuk untuk mengamati efek. Mail merge

Meta Object Properties Meta benda memiliki sifat khusus yang dapat diakses melalui tab Object Data. Berikut ini adalah pilihan standar pada tab Object Data untuk objek meta: • Resolusi: ini mempengaruhi kelancaran meta objek. Perhatikan bahwa ada yang berbeda pengaturan resolusi untuk tampilan 3D. Resolusi yang resolusi tinggi untuk hasil yang sangat halus pada final render. • Threshold: Ini berimbas pada keseluruhan meta obyek. Meta obyek diciptakan seolah-olah adalah volume cairan yang di dalamnya ada medan gaya yang menarik mereka ke bentuk akhir. Jika treshold diatur ke 0 atau melebihi daerah medan kekuatan, maka metaobyek akan menjadi batal/tidak akan terlihat Mail merge

Pilihan Edit Mode Berikut pilihan objek meta hanya tersedia dalam mode edit: • Jenis : Meta objek yang dipertukarkan. Jika Anda memilih Meta bola tapi benar-benar ingin Meta Kubus, opsi Type memungkinkan Anda untuk mengubahnya. • Kekakuan: Pengaturan ini mempengaruhi ukuran meta objek. • Negatif : mengaktifkan properti Negatif dan mengubah meta objek ke dalam kekosongan. Mail merge

Benda : memungkinkan mereka untuk ditarik dalam arah yang berbeda. • Hide: Pengaturan ini membuat meta benda tak terlihat, dan menyebabkan mereka kehilangan pengaruh mereka pada objek meta lainnya. • Ukuran: Opsi ini tidak berlaku untuk bentuk Meta Ball, tetapi berlaku untuk semua meta lainnya Benda : memungkinkan mereka untuk ditarik dalam arah yang berbeda. Mail merge

Curves Merupakan Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points. Anda dapat menambahkan kurva dengan menekan Shift + A dan mengakses menu Curve. Ada tiga jenis kurva, sebagai berikut: • Bezier (kurva dan lingkaran) • NURBS (kurva dan lingkaran) • Path / Jalur Mail merge

Mereka dapat menghasilkan beberapa efek organik tampak mengagumkan, seperti tumbuh merambat atau tentakel. Pada awalnya kurva ini terlihat sangat mirip, tetapi ada yang berbeda, perbedaan dalam cara mereka bekerja. Bila Anda memasukkan mode edit, perbedaan mereka menjadi jelas.

Bukti Kasus Kurva Mail merge

Bezier (Curve dan Circle) Lingkaran dan Kurva Bezier dikontrol sebagaimana proses editing lainnya pada software vector art seperti Corel, Adobe Illustrator, dlsb. Titik kontrol yang seperti garis jungkit bisa dipindah, diputar, atau diperbesar/perkecil yang mempengaruhi posisi dan kelengkungan kurva. Mail merge

contoh yang dapat dibuat dengan Bezier melengkung contoh yang dapat dibuat dengan Bezier melengkung. (Kabel ini dibuat dengan kurva Bezier) Mail merge

NURBS (Curve and Circle) Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur. Bahasa sederhananya pemodelan NURBS adalah seperti pemodelan dengan magnet. Efeknya adalah kemudahan untuk melihat permukaan dengan NURBS daripada kurva tunggal. Mail merge

Path Untuk path, kontroler menjadi satu dengan garis, dengan objek yang mengalir melalui lekukan garis; posisi objek dipengaruhi sebagai rata-rata nilai dari titik kontrol. Dengan mengubah pengaturan tertentu (misalnya, Endpoint: opsi U, yang mendefinisikan apakah kurva harus meregang untuk titik kontrol akhir), Anda dapat membuat default objek jalan terlihat sangat banyak seperti kurva standar NURBS. Mail merge

Kontrol Kurva E (Extrude)  Untuk menambah point/titik W  untuk melakukan subdevide edge kurva, ganti arah, smoothing, bobot, dan mengeset radius. X  Menghapus titik Mail merge

SPIN Cara ini digunakan untuk membuat objek yang dipilih dan membentuknya seperti pipa dengan cara memutar disekitar kursor 3D. Untuk melihat bagaimana SPIN bekerja, lakukan hal berikut: Ganti preview pada Main Window (numpad 7) Tambahkan objek ganti ke edit mode dan select semuanya (tekan A) Pada Mesh Tools, klik SPIN didalam bagian Add Mail merge

Properti SPIN Steps: Nomer dimana objek digandakan/diciptakan ditiap langkahnya Degrees: pilihan spesifik seberapa jauh sekitar lingkaran objek terakhir dari jejak awal (dalam derajat). Jika dipilih 360 maka ujung akhirnya kembali ke jejak awal (berputar penuh). Dupli: Jika Dupli dipilih, maka spin akan menciptakan lingkaran bentuk yang terpisah. Jika posisi off, spin akan terisi diantara edge terhadap bentuk pembulunya. Mail merge