Sunardi Puput Daniyarti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN CATUR Puput Daniyarti Sunardi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Hasil belajar IPS sebanyak 53% siswa dibawah KKM (60) PENDAHULUAN Latar Belakang Hasil belajar IPS sebanyak 53% siswa dibawah KKM (60) Observasi Faktor yang mempengaruhi (Slameto, 2003 : 54) Faktor internal Faktor eksternal
PENDAHULUAN Kurang penggunaan media pembelajaran FAKTOR INTERNAL FAKTOR EKSTERNAL Kurang penggunaan media pembelajaran Kurang variasi pembelajaran menggunakan model kooperatif
Kajian Pustaka IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Susanto, (2013: 137). Michaelis (Widiarto, 2009: 1). B. Team Game Tournament (TGT) Slavin (2005: 13) Isjoni (2011: 84)
Langkah Team Game Tournament (TGT) (Slavin, 2005:166) Presentasi kelas 2. Tim
3. Game 4. Turnamen 5. Rekognisi Tim
Permainan Papan Catur Ismail (2006 : 119). Bruner (Bannett, 2005: 18) Hasil Belajar Bloom (Suprijono, 2009: 5) Anitah, (2008: 219).
Teknik Pengumpulan data METODE PENELITIAN Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Pingit Temanggung sebanyak 17 siswa. Instrumen Penelitian Soal evaluasi siklus I dan II Lembar observasi pengajar Lembar observasi siswa Dokumentasi Teknik Pengumpulan data Tes Nontes
METODE PENELITIAN Teknik Analisa Data Analisis uji ketuntasan 2. Analisis deskriptif komparatif
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif tiap siklus
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Persentase ketuntasan hasil belajar afektif
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor
KESIMPULAN Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament(TGT) dapat meningkat pada kompetensi dasar mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya di kelas IV SDN 3 Pingit.