ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X
Advertisements

KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
YTTTTNYQWYWTTTTNQWYTTTTTTTPVYTTTNTTY
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
Pendidikan Agama Islam
BAB XI SIROH SAHABAT.
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Pendidikan Agama Islam
KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Dakwah Rasulullah di Madinah
KETELADANAN RASULULLAH PERIODE MADINAH
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
hijrah nabi muhammad Saw ke madinah dan piagam madinah
KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
BAB II IMAN DAN TAQWA.
SIKAP IKHLAS, SABAR, DAN PEMAAF
SMA NEGERI I WURYANTORO
Maulid Nabi Muhammad SAW
KETELADANAN RASULULLAH SAW
DAKWAH RASULULLAH PERIODE MADINAH
Bab 8 SISTEM POLITIK Bab 8 ISLAM Sistem politik Islam.
DAKWAH NABI PERIODE MADINAH
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
PERJANJIAN AQABAH.
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
Assalammu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
Islam dan Perkembangannya di Indonesia
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
SEJARAH ARAB MASA NABI MUHAMMAD SAW.
Cinta yang membawa ke surga
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
POLITIK, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
A. PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW Faktor pendorong Rasulullah saw. hijrah ke Madinah : 1.Penduduk Madinah yang berikrar memeluk Islam di Bukit Aqaba.
Cinta yang membawa ke surga
MODUL SIRAH NABAWIYAH.
RASMUL QURAN Tajuk-tajuk perbincangan:- Ilmu Rasmul Quran
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
Sebuah Kisah yang Membanggakan
Cinta yang membawa ke surga
BAB 2 : RASULULLAH S.A.W. BERHIJRAH KE MADINAH
Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw di Mekah
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
Perjuangan Nabi di Kota Mekah dalam Menegakan Agama Islam Oleh : Felita Ulfa Fauziyyah Robiatul Adhawiyah.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Kelompok 2 : Dakwah Nabi Muhammad saw. Periode Madinah Hasdar Mizi Nasution Eva Santi Lubis
Transcript presentasi:

ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH Kelompok : 4 Anggota : Ari Junaedi Havid Sudarsono Mutiara Adhilia Puteri Beta M Y Safira Aurellia

1. Arti HIjrah dan Tujuan Rasulullah SAW dan Umat Islam Berhijrah Arti Hijrah disini ada dua. Pertama, hjrah berarti meninggalkan semua perbuatan yang dilarang dan dimurkai Allah SWT untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik yang disuruh Allah SWT dan diridai-NYA. Arti hijrah dalam pengertian pertama ini wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam.

Kedua, hijrah ialah berpindah dari suatu negeri kafir (non-islam) karena di negeri itu umat Islam selalu mendapat tekanan ancaman dan kekerasan sehingga tidak memiliki kebebasan dalam berdakwah dan beribadah. Arti hijrah kedua inilah yang dilakukan Rasulullah SAW bersama umatnya ketika ereka berhijrah dari Mekah ke Yatsrib pada anggal 12 Rabiul Awal tahun pertama hijrah, bertepatan dengan tanggal 28 Juni 622 M.

2. Tujuan hijrah Rasulullah ini adalah: Menyelamatkan diri dan umat Islam dari tekanan, ancaman dan kekerasan kaum kafir Quraisy. Bahkan pada waktu Rasulullah SAW meninggalkan rumahnya di Mekah untuk berhijrah ke Yatsrib (Madinah, rumah beliau sudah dikepung oleh kaum kafir Quraisy dengan maksud unuk membunuhnya. Agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta beribadah, sehingga dapat meningkatkan usaha-usahanya dalam berjihad di jalan Allah SWT untuk menegakkan dan meninggikan agamanya agama-Nya (Islam).

Nama-Nama Ulama Madinah Dari Zaman Nabi Sampai Sekarang adalah sebagai Berikut: Abu Bakar Ash-Shidiq (Sahabat) Umar bin Khattab (Sahabat) Utsman bin Affan (Sahabat) Ali bin Abi Thalib (Sahabat) Abu Hurairah (Sahabat) Abdullah bin Umar (Sahabat) Abi Said al-Khudri (Sahabat) 9/6/2018

Zaid bin Sabit (Sahabat) Sa’id bin al-Musayyab (Tabi’in) Urwah bin Zubair (Tabi’in) Ibnu Syihab Al-Zuhri (Tabi’in) Malik bin Anas (Tabi’ut Tabi’in) Ibnu Taimiyah (Kholaf) Abdullah bin Baz (Kholaf) Syaikh Al-Utsaimin (Kholaf) 9/6/2018

2. Dakwah RASULULLAH SAW Periode Madinah Pada hari Jum’at, 12 Rabiul awal tahun 1 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 24 September tahun 622 Masehi, Rasulullah, Abu Bakar, dan Ali bin Abi Thalib memasuki kota Yastrib dan mendapat sambutan hangat, penuh kerinduan dan rasa hormat dari penduduknya. Pada hari itu juga Rasulullah mengadakan salat Jum’at yang pertama kali dalam sejarah Islam dan beliau pun berkhotbah di hadapan kaum muslim. Sejak saat itu juga Yastrib berubah menjadi MADINATUN NABI, yang artinya ‘Kota Nabi’ dan selanjutnya disebut Madinah .

Dakwah Rasulullah SAW periode Madinah berlangsung selama 10 tahun, yaitu dari tanggal 12 Rabiul Awal tahun pertama hijrah sampai dengan wafatnya Rasulullah SAW, tanggal 13 Rabiul Awal tahun ke-11 hijrah. Objek dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah ini adalah orang yang sudah masuk Islam dari kalangan Muhajirin dan Ansar. Juga orang-orang yang belum masuk Islam seperti kaum yahudi, penduduk di luar kota Madinah yang termasuk bangsa Arab dan yang bukan bangsa Arab.

Rasulullah SAW diutus Allah SWT bukan hanya unutuk bangsa Arab, tetapi untuk seluruh umat manusia di dunia, Allah SWT berfirman :   وَمَا إِلَّا أَرْسَلْنَاكَ رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ Artinya : “Dan tidaklah Kami mengutus kamu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi alam semesta.” (Q.S. Al-Anbiya’, 21: 107)

TUJUAN DAKWAH BAGI ORANG YANG SUDAH MASUK ISLAM d TUJUAN DAKWAH BAGI ORANG YANG BELUM MASUK ISLAM d

Berdakwah itu hukumnya wajib bagi Rasulullah SAW dan umatnya Berdakwah itu hukumnya wajib bagi Rasulullah SAW dan umatnya. Dalil wajibnya: Q.S. Ali-Imran, 3 : 104 dan Hadis Rasulullah SAW :    Artinya: “Sampaikanlah, apa yang berasal dariku (tentang Islam), walaupun hanya satu ayat.” (H.R. Bukhari) Berdakwah dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT semata, bukan dengan niat untuk memperoleh popularitas atau “RIA”. Masyarakat Islam adalah masyarakat yang menerapkan ajaran Islam pada seluruh aspek kehidupan, sehingga terwujud kehidupan bermasyarakat yang baldatun tayyibatun wa rabbun gafur, yaitu masyarakat yang baik, damai, adil dan makmur di bawah naungan Ridho Allah SWT dan ampunan-Nya.

c. Berdakwah itu hukumnya wajib bagi Rasulullah SAW dan umatnya. d. Berdakwah dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT semata, bukan dengan niat untuk memperoleh popularitas atau “RIA”. Masyarakat Islam adalah masyarakat yang menerapkan ajaran Islam pada seluruh aspek kehidupan, sehingga terwujud kehidupan bermasyarakat yang baldatun tayyibatun wa rabbun gafur, yaitu masyarakat yang baik, damai, adil dan makmur di bawah naungan Ridho Allah SWT dan ampunan-Nya.

Strategi Dakwah RASULULLAH SAW Periode Madinah Pokok-pokok pikiran yang dijadikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah adalah : a. Berdakwah dimulai dari diri sendiri, maksudnya sebelum mengajak orang lain meyakini kebenaran Islan dan mengamalkan ajarannya, maka terlebih dahulu orang yang berdakwah itu harus meyakini kebenaran Islam dan mengamalkan ajarannya. B. Cara (metode) melaksanakan dakwah sesuai dengan petunjuk Allah SWT dalam Surah An-Nahl,16 : 125)  ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ Artinya:“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik serta bantahlah mereka dengan cara yang  baik.  Sesungguhnya Tuhanmu Dialah  yang lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. An-Nahl, 16 : 125 ) 9/6/2018

Usaha Rasulullah SAW dalam mewujudkan masyarakat Islam seperti itu, adalah sebagai berikut : Membangun Masjid Mempersaudarakan Antara Kaum Muhajirin dan Kaum Ansar Membangun Budaya Baca dan Mencintai Ilmu Membangun Masyarakat Madani Meletakkan Dasar-dasar Politik, Ekonomi, dan Sosial yang Islami Demi Terwujudnya Masyarakat Madani

4. Piagam Madinah Piagam Madinah ialah Piagam yang dibuat oleh Rasulullah dan disetujui bersama oleh para penduduk Yastrib dan sekitarnya. Piagam ini dibuat sebelum terjadinya perang Badar (2 H/624 M) dan dapat dijumpai dalam Sirah Rasul Allah karya Ibn Ishaq.

Tujuan Piagam Madinah : Menghadapi mayarakat mejmuk Madinah Membentuk peraturan yang dipatuhi bersama oleh semua penduduk. Ingin menyatukan masyarakat berbagai kaum Mewujudkan perdamaian dan melenyapkan permusuhan Mewujudkan keamanan di Madinah Menentukan hak-hak dan kewajiban Nabi Muhammad dan penduduk setempat Membentuk Kesatuan Politik dalam mempertahankan Madinah

Dari 17 butir Pigam Madinah, terdapat beberapa asas yang dianut, diantaranya adalah: Asas kebebasan beragama. Negara mengakui dan melindungi setiap kelompok untuk beribadah menurut agama masing-masing. Asas persamaan. Semua orang mempunyai kedudukan yang sama sebagai anggota masyarakat, wajib saling membantu dan tidak boleh seorangpun diperlakukan secara buruk, bahkan orang yang lemah harus dilindungi dan dibantu. Asas kebersamaan. Semua anggota masyarakat memilki hak dan kewajiban yang sama terhadap negara. Asas keadilan. Setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama dihadapan hukum. Hukum harus ditegakkan dan siapapun yang melanggarnya harus terkena hukuman. Hak individu juga mendapat pengakuan. Asas kedamaian yang berkeadilan. Asas musyawarah

Wassalamu’alaikum wr.wb Ada yang ingin bertanya?