Da’wah Sahabiyah dalam Mengemban Risalah

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Berteduh di taman hati Rifka Juwita.
Advertisements

E-dakwah Pertemuan ke-4 12 September ”Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang.
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
HADITS KEDUAPULUH DUA.
Motivasi Dakwah.
MENUTUP AURAT ITU WAJIB
HADITS KEtigapuluh sembilan
Bagaimana Tinjauan keterlibatan Muslimah dalam Politik ?
Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat
BAB III SYARAT DAN RUKUN PERKAWINAN YANG SYAH
Amal Jama’I (Gerakan bersama)
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
KEPERAWATAN ISLAM Islam mengandung ajaran yang mencakup
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
BAB 1 MENGENAL LEBIH DEKAT RASULULLAH SAW
ISLAM SEBAGAI Way of Life
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
Macam-Macam Wanita Di Dalam Al Qur’an
IMAN KEPADA RASUL.
SIKAP IKHLAS, SABAR, DAN PEMAAF
HADITS KEDUAPULUH SATU
HUKUM SYARA’ (1).
Perkara yang akan dipelajari:
Free Powerpoint Templates
ISLAM SEBAGAI Way of Life
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً
KHutbah Jumat & Prinsip dakwah
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Amalan Setelah Melahirkan
SEPUTAR MAULID NABI  MUHAMMAD IDRUS RAMLI.
Spiritualitas Islam dalam Ekonomi & Harta
Fiqih Nikah.
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN
Karakteristik Dakwah Kampus
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Hukum Islam Rabu, 21 Maret 2012 FHUI, Depok
Menemani Rasulullah di Surga
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
MENUTUP AURAT ITU WAJIB
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BUKU PANDUAN BUDI PEKERTI
Cinta yang membawa ke surga
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Hukum Mengiring jenazah
KELOMPOK 10 M. Yusuf Fahmi S NPM Desi Rahmawatie NPM Dian Viona NPM Annisa Febrianti NPM Fauziah Nurul Laksmi NPM.
Wahyu Rizki Nur Syamsi ( )
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Cinta yang membawa ke surga
MODUL SIRAH NABAWIYAH.
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Firman Allah SWT: Surah Luqman [31:17] “Wahai anak kesayanganku, dirikanlah solat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan serta laranglah (manusia) daripada.
Cinta yang membawa ke surga
DAKWAH: Saling menasihati dan Berbuat Baik (Ihsan)
RIWAYAT HIDUP RASULULLAH S.A.W..
AL QUR’AN SOLUSI SEMUA PROBLEMA
  Nikmat Allah  “Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir?” (Q.s. 90: 8-9)  Sarana.
ZAKAT FITRAH DILAKSANA ASNAF DIBELA
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
Transcript presentasi:

Da’wah Sahabiyah dalam Mengemban Risalah Moch. Fahru Rizal

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain, mereka menyuruh mengerjakan yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya, Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana“ QS At Taubah : 71

"Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabbmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah menciptakan isterinnya; dan dari keduanya Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (An-Nisa': 1)

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mu'min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang jujur, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki danperempuan yang khusyu ', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatanrya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (Al Ahzab: 35)

"Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keaanan beriman, maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (An-Nahl: 97) "Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal shalih, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun." (An-Nisa': 124)

Persamaan Hak dalam Al-Qur’an Karakter kemanusiaan secara umum Kesamaan taklifi, beban & tanggung jawab Kewajiban ibadah Balasan baik maupun buruk

Sahabiyah Khadijah binti Khuwailid ra Saudah binti Zam’ah ra Ummu Habibah (Ramlah binti Abu Sufyan) ra Ummu Salamah ra Ummu Sulaim binti Milhan ra Maimunah binti al-Harits ra Hafshah binti Umar ra

Khadijah binti Khuwailid ra putri dari Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab al-Qurasyiyah al-Asadiyah, dilahirkan +- 15 tahun sebelum tahun fiil Julukannya ath-Thahirah yakni yang bersih dan suci Sebelum menikah dengan Rasulullah, telah menikah dengan Abu Halah bin Zurarah at-Tamimi dan Atiq bin 'A'id bin Abdullah al-Makhzumi Dari suami sebelumnya memiliki 2 anak, Halah dan Hindun. Sedangkan dari Rasululllah; al-Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqqayah, Ummi Kalsum dan Fatimah

Khadijah binti Khuwailid ra Khadijah adalah seorang yang pertama kali beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan yang pertama kali masuk Islam Ibnu Sa’d berkata, “semua rekan kami sepakat bahwa ahli kiblat yang pertama kali memenuhi seruan Rasulullah adalah Khadijah binti Khuwailid” (At-Thabary, Tarikhul Rusul wal Muluk) Ibnu al ‘atsir berkata, “menurut ‘ijma’ kaum muslimin, khadijah adalah orang pertama yang masuk Islam, yang tidak pernah didahului oleh seorangpun selainnya dari laki2 maupun wanita” (Al Kamil fil tarikh) Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik wanita adalah Maryam binti Imran, sebaik-baik wanita adalah Khadijah binti Khuwailid".

Khadijah binti Khuwailid ra Khadijah telah mengetahui adanya nubuwwah mengenai Rasul terakhir dari berita2 yang dibicarakan oleh orang2 Yahudi & Nasrani (Sirah Nabawiyah ibnu Hisyam) Tsaqafah yang baik, komunikasi dengan masyarakat, kepedulian terhadap permasalahan yang ada, kesadaran mengenai pilihan Ketenangan dan ketegaran Khadijah saat Rasulullah menerima wahyu boleh jadi disebabkan karena Allah telah menyiapkannya, sebagaimana Allah mempersiapkan Rasulullah untuk menerima wahyu maka Allah juga menyiapkan Khadijah untuk menerima Muhammad setelah bi’tsah (Husain al Muannis, dirasat fi sirah nabawiyah)

Sahabiyah yang pertama kali beriman Ummu Habibah (putri abu sufyan) Ummu Fadhl, Lubabah binti al harits (istri al Abbas) Zainab binti Rasulullah Fathimah binti al-Khaththab (saudara Umar) Ummu Kultsum binti Uqbah (berhijrah sendiri) Sumayyah (syahidah pertama dalam Islam)Ibnu Hajar, Fathul Bari’ Aminah binti Khalaf Asma’ binti Umais Fathimah binti al-Mujallil Ramlah binti ‘Auf Fathimah binti Shafwan Aminah binti Qais etc Riwayat al baihaqy mengenai Khadijah, Jibril dan Rasulullah

Sahabiyah yang Pertama kali Beriman Dari perempuan merdeka kurang lebih 20 sahabiyah Dari budak dan hamba sahaya sekitar 8 sahabiyah Dari 63 sahabat dan sahabiyah yang pertama kali masuk Islam, hanya 13 yang berasal dari fuqara dan lemah

Tawazun Ibnu hazm berkata,”karena rasulullah diutus kepada kaum laki-laki dan perempuan dengan pengutusan secara setara, seruan Allah dan seruan Nabi-Nya merupakan seruan yang sama, maka sedikitpun dari seruan itu tidak boleh dikhususkan hanya bagi laki-laki tanpa perempuan, kecuali jika didukung oleh nash atau ijma’, karena yang demikian itu merupakan pengkhususan bagi yang zhahir dan hal itu tidak diperbolehkan. Pendapat ini disepakati oleh al-Juwainy, Imamul haramain, Al Burhan fi Ushulil Fiqhi Penafsiran yang membedakan posisi perempuan dan laki2 ibnu katsir saat menafsirkan annisa:5

Jazakumullah Khairan