STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Advertisements

Iman Kepada Rasul Allah SWT
Aliran Sesat Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesat diartikan “tidak melalui jalan yang benar; salah jalan; berbuat tidak senonoh; menyimpang dari kebenaran”.
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
PENYESUAIAN DAN PEMBINAAN PENDAPAT YANG BERBEDA
Berinteraksi dengan sunnah
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Dua puluh Fenomena Kekufuran Yang Membatalkan Syahadatain
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
SUMBER HUKUM ISLAM & METODE BERIJTIHAD
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
Oleh : Drs. H. Mughni Labib, MSI
MEMBANGUN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Perspektif Sosiologis
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
GURU ADALAH PEMIMPIN YANG MAMPU MENGUBAH VISI MENJADI KENYATAAN
Maulid Nabi Muhammad SAW
UPAYA PEMBINAAN DAN MENCEGAH PAHAM RADIKALISME
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
SUMBER HUKUM ISLAM OLEH : MISWAN. S.Ag.,S.Kom.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Disusun Oleh:Laila Latifatun Nisa
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
PENANGANAN AJARAN SESAT DAN MENYIMPANG
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
SUMBER HUKUM ISLAM.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
SYIAH ZAIDIYAH & SYIAH GHULATH
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
Kelompok 4 hadis sosial definisi dan karakteristik atau tipologi serta hadis yang berkaitan dengan hubungan antar manusia Nama kelompok : Lutfiatus.
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
SYI’AH DAN MURJI’AH
AQIDAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
BAB 2 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA FIRAQ
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
BAB 5 : BERIMAN DENGAN KITAB-KITAB ALLAH
BAB 4 : PERKARA-PERKARA YANG MEMBATALKAN ISLAM DAN IMAN
Pengertian Agama Islam
KEMUNCULAN TAMADUN ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA DI MAKKAH
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Transcript presentasi:

STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi BAHAYA SYIAH BAGI NKRI STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi

A. Syiah dan Konflik Peradaban Peristiwa pada tahun 317H, dimana orang-orang Syi’ah Qaramithah dibawah kepemimpinan Abu Thahir Sulaman bin Abu Said Al-Janabi telah mencuri hajar aswat dari Baitullah, yang diiringi dengan pembantaian kaum muslimin didepan Ka’bah dan membuang jenazah para korban di sumur zamzam, pintu Ka’bah dicopot dan Kiswahnya di robek-robek. Merekapun mengambil hajar aswat dan membawanya pergi ke negara mereka, selama 20tahun hingga akhirnya berhasil di kembalikan pada tahu 339H. Konflik timur tengah saat ini, juga tak luput dari peran Syi’ah dalam menciptakan konflik Sunni-Syi’i.

B. Problem Idiologi Syiah Syi’ah memiliki ideologi yang ekstrim dan radikal, yang berbeda dengan Sunni (ahlusunnah). Perbedaaan tersebut berasal dari pemahaman yang ghuluw (ekstrim) dari Syiah dalam konsep imamah, taqiyyah, dan takfir (mengkafirkan sahabat dan Sunni). Syiah meyakini bahwa para sahabat ialah manusia biasa yang tidak memiliki keistimewaan apapun. Sikap Syiah terhadap Al-Qur’an, bahwa Al-Qur’an tidak lengkap dan banyak terjadi penyelewengan, karena ada beberapa surat dan ayat yang dihilangkan dan akan dibawa oleh Al-Mahdi pada saat dia muncul dari persembunyiannya.

B. Problem Idiologi Syiah Keyakinan Syiah pada imamah, bahwa khilafah adalah ditangan Ali dan keturunannya dari garis Husein. Syiah juga mengimani adanya Al-raj’ah. Syiah menggunakan metode Taqiyyah (nifaq). Dalam konsep bernegara, Syiah beranggapan bahwa seluruh pemerintahan, selain pemerintahan imam mereka yang jumlahnya 12, dianggap tidak sah dan batal.

C. Syiah Membahayakan NKRI Perkembangan pesat Syiah di Indonesia terjadi pasca revolusi Iran, kemudian diiringi dengan pengiriman Intelektual Indonesia yang belajar di Iran. Keberadaan Iranian Corner di berbagai kampus di Indonesia, khususnya kampus Islam, telah banyak mensosialisasikan ajaran Syiah dan revolusi Khomeini. Kebencian Syiah terpada Sunni yang senantiasa menebar permusuhan dan konflik yang tak pernah ada akhirnya, hal ini akan mengancam kebinekaan bangsa Indonesia yang majemuk. Idiologi Takfir (pengkafiran) pada golongan diluar Syiah ini juga menjadi penyebab munculnya radikalisme.

Keputusan Fatwa MUI kota Bogor Tentang Kesesatan Aqidah dan Ajaran Syiah Pedoman identifikasi aliran sesat yang ditetapkan oleh MUI dikatakan bahwa suatu faham atau aliran keagamaan dinyatakan sesat apabila memenuhi salah satu dari 10 kriteria berikut: Mengingkari salah satu rukun dari rukun iman yang 6; Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Al- qur’an dan As-Sunnah; Meyakini turunnya wahyu setelah Al-Qur’an; Mengingkari kebenaran isi Al-Qur’an; Melakukan penafsiran Al-Qur’an yang tidak berdasarkan kaidah- kaidah tafsir;

Keputusan Fatwa MUI kota Bogor Tentang Kesesatan Aqidah dan Ajaran Syiah Mengingkari kedudukan Hadist Nabi SAW sebagai sumber ajaran Islam; Menghina, melecehkan, dan atau merendahkan para Nabi dan Rasul; Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul yang terakhir; Merubah, menambah, dan atau mengurangi pokok pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh Syariah; Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i.

Keputusan Fatwa MUI kota Bogor Tentang Kesesatan Aqidah dan Ajaran Syiah Setelah para Komisi Fatwa dan Hukum MUI kota Bogor bersama Komisi Pengkajian Aliran dan Faham Sesat telah menelaah dan mengkaji tentang Syiah yang bertentangan dengan ajaran Islam berdasarkan Al- Qur’an dan Hadist, para Komisi telah memutuskan dan menetapkan bahwa: Aqidah dan ajaran Syiah yang marak berkembang di Indonesia merupakan faham yang sesat dan menyesatkan. Para ahli agama untuk menyerukan kepada masyarakat tentang kesesaran aqidah dan ajaran Syi’ah. Menyerukan kepada umat Islam untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pengrauh faham sesat Syiah. Menghimbau kepada MUI pusat untuk menerbitkan fatwa tentang kesesatan faham Syiah dengan ruang lingkup Nasional.