Dasar Animasi Pertemuan 8 unsada-adam-2012
Global vs Local Coordinat Global coordinat : posisi sumbu koordinat tidak dipengaruhi perubahan posisi objek Local coordinat : posisi sumbu koordinat mengikuti perubahan objek Animasi 3D
Keyframing dengan timeline Urutan gambar yang bergerak secara simultan Masukkan keyframe dalam setiap gerakan Animasi 3D
Automatic Keyframe Gunakan automatic keyframe bila ingin membuat animasi secara cepat. Setiap gerakan akan di”rekam” sebagai keyframe sehingga tidak harus ketik I untuk masukkan frame Animasi 3D
Dopsheet Timeline untuk menampilkan frame, tetapi kurang presisi untuk editing Gunakan dopsheet untuk editing Select doopsheet → RMB G → move keyframe X → hapus keyframe A → pilih semua keyframe Animasi 3D
Dopsheet Klik kanan untuk pilih keyframe Kuning bila dipilih Klik panah segitiga → expand Klik logo mata → channel off Klik gembong → tidak dapat digembok Animasi 3D
Parenting Menggabungkan objek lain dengan objek yang telah di ”animasi” kan Buat objek lain selain yang telah di animasi kan Select ke dua objek ctrl+P → set Parent to → objek Animasi 3D
GraphEditor Untuk editing animasi, lebih detail Animasi 3D
Pivot Point-Center of rotation
Transform Lock Pembatasan transform atau gerakan berdasarkan sumbu koordinat Animasi 3D
Path Animation Path = jalur Animation= animasi Jadi path animation adalah gerakan animasi berdasarkan jalur yang telah ditentukan Animasi 3D
Tahapan path animation 1. buatlah model yang akan di animasikan 2. buatlah curve → path sebagai jalur animasi 3. proses editing 3. parental → follow path 4. tentukan keyframe 4. mainkan :-p Animasi 3D
Latihan 1. buatlah objek sederhana dan animasi kan 2. buatlah objek orbit planet 3. buatlah lintasan peluru kendali yang terbang mengikuti jalur yang telah di tentukan Animasi 3D