PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Shooting Editing Sadino, S.Kom..
Advertisements

KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Referensi Cepat Lync 2013 RAHASIA. Distribusi Hanya untuk Mitra Di Bawah Perjanjian Kerahasiaan. Microsoft tidak memberikan jaminan, baik tersurat maupun.
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
ANDREW WUISAN ARLEY PAKAYA ARTHUR TOLIU CHRISTIAN TOTOPANDEY JONATHAN TASYAM JONATHAN TOMPODUNG KORINUS GEFILEM.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Pengenalan Visual Studio 2008
Pengenalan Visual Basic
Mobile Programming Intro Android.
Referensi Cepat untuk Video
Mengelola Desain Tabel
Louis Bertrand Secondra
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Konsep Teknologi Informasi a
C. Manajemen File dengan Windows Explorer
MENGELOLA DESAIN TABEL
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Content Provider pada Android
Profil pribadi Network discovery adalah pendeteksian jaringan Jika network discovery aktif maka komputer kita bisa melihat dan terlihat oleh komputer.
Pemrograman Perangkat Mobile
Mengelola Desain Tabel
Pemrograman Mobile Android # 4
pendaftaran PEMBUATAN SOAL PENGELOLAAN CLASS FOLDER ATAU KELAS
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
INSTALASI VLCPlayer dan WINAMP
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Mobile Media API (MMAPI)
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
BAB 4 Manajemen File dengan Windows Explorer
BAB 4 Manajemen File dengan Windows Explorer
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Pemrograman Mobile Android Multimedia.
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Android database mysql dan webservice
Android Location Based Services
MENGELOLA DESAIN TABEL
Pemrograman GUI dengan Java
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Aplikasi Komputer Pertemuan 5 Mengenal Aplikasi Power Point
Pengenalan Dasar Fungsi SD Card dan Penggunaan Melalui Aplikasi
Penggunaan Kartu SD PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Procedure dan Function
Penggunaan kartu SD dalam Aplikasi Mobile
External storage Kelompok 4 RPS 2.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Pokok Bahasan Registrasi Pengguna MDN Pelaporan Verifikasi.
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2 1. Ikmam Nur Fauzi (15.11.0016) 2. Bagas Pratikto (15.11.0019) 3. Suprayitno (15.11.0032) 4. Yusuf Budiaji (15.11.0037) 5. Upit Liana Sari (15.11.0042) 6. Edi Susanto (15.11.0046) 7. Adimas Dwi Nur H. (15.11.0062)

Bahan diskusi Android Multimedia (Musik, Video, Gambar)

Perangkat genggam memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengkonsumsi sejumlah besar konten multimedia. Android menyediakan berbagai kelas multimedia mulai dari audio, gambar dan video. Media yang ditambahkan bisa berasal dari : Application’s resource (raw resource) File di dalam sistem file Data streaming melalui koneksi internet

Class yang digunakan Kelas – kelas yang digunakan untuk memutar suara dan video dalam android : Media Player Merupakan API utama untuk menggunakan suara dan video Audio Manager Merupakan kelas untuk mengelola sumber audio dan output audio pada perangkat android

Manifest declaration Sebelum memulai pengembangan aplikasi Anda menggunakan MediaPlayer, pastikan manifes Anda memiliki deklarasi yang sesuai untuk memungkinkan penggunaan fitur terkait. Izin Internet - Jika Anda menggunakan MediaPlayer untuk streaming konten berbasis jaringan, aplikasi Anda harus meminta akses jaringan. <using-permission android: name = "android.permission.INTERNET" /> Izin Kunci Bangun - Jika aplikasi pemutar Anda perlu agar layar tidak redup atau prosesor tidak tertidur, atau gunakan metode MediaPlayer.setScreenOnWhilePlaying () atau MediaPlayer.setWakeMode (), Anda harus meminta izin ini. <using-permission android: name = "android.permission.WAKE_LOCK" />

Pembuatan Aplikasi Multimedia di android Buat projek dengan nama Multimedia Pada multimedia.xml, buat tampilan dengan 3 tombol yaitu tombol video, Kamera dan Rekaman.

Pada file “MultimediaActivity Pada file “MultimediaActivity.java” ketiga tombol tersebut diberi fungsi “Intent” yaitu fungi untuk memanggil halaman/file lain. Tombol Video akan memanggil halaman/file “DaftarVideoActivity.java”, Tombol Kamera akan memanggil halaman/file “KameraActivity.java” Tombol Rekaman akan memanggil halaman/file “RekamanActivity.java”.

3. Buatlah emulator dengan memberikan ruang pada Internal Storage dan SD Card supaya file video atau music dapat dimasukkan ke emulator untuk uji coba. Untuk langkah-langkah memasukkan file video dan music ke dalam sdcard emulator adalah klik menu Window -> Show View -> Other -> pilih Folder Android -> klik dua kali pada File Explorer. Setelah File Explorer terbuka, klik pada folder mnt -> sdcard, lalu klik pada gambar “Handphone dengan arah panah”. Dan pilih file video dan music yang diinginkan, maka secara otomatis file akan terunggah pada emulator.

4. Buat file “daftarvideo 4. Buat file “daftarvideo.xml” untuk tampilan yang memuat daftar video dan music yang diambil dari sdcard emulator (atau memory internal pada smartphone android).

Lalu buat file “DaftarVideoActivity Lalu buat file “DaftarVideoActivity.java” untuk membuat fungsi menampilkan file video dan music dari sdcard emulator.

Pada method OnCreate() dilakukan proses menampilkan file video dan music yang telah diperoleh. Dengan atribut listView tampilan pada file “daftarvideo.xml” akan terisi dengan daftar file video dan music. Dan pada atribut listView ini pula dilakukan proses “Intent” atau pemanggilan halaman/file “VideoActivity.java”. Pada pemanggilan halaman/file “VideoActivity.java” dikirimkan pula letak file video dan music yang dipilih dalam bentuk variabel “tempat”. Sedangkan method getVideo(), dilakukan proses pengambilan letak dari  file video dan music pada sdcard emulator. Pada method ini pula dilakukan proses filtering file yaitu hanya mengambil file-file yang memiliki format file sesuai dengan yang telah ditentukan.

5. Membuat file “video.xml” untuk tampilan pemutaran video atau music yang telah dipilh. Pada file ini hanya memiliki atribut VideoView. 

Lalu membuat file “VideoActivity Lalu membuat file “VideoActivity.java” untuk memutar file video atau music yang dipilih pada file “video.xml”. Pada source code file “VideoActivity.java” dapat dilihat bahwa file ini menerima data tempat file video atau music yang dikirimkan dari file “DaftarVideoActivity.java” melalui fungsi “Intent”. Dan menampung data yang telah diterima tersebut pada variabel “tempat”. Kemudian memutar video atau music melalui atribut “videoView”.

6. Membuat file “kamera. xml” untuk tampilan saat menggunakan kamera 6. Membuat file “kamera.xml” untuk tampilan saat menggunakan kamera. File ini hanya memiliki atribut “textView”, “Button” untuk mengaktifkan kamera smartphone dan “ImageView” untuk menampilkan hasil foto.

Kemudian membuat file “KameraActivity Kemudian membuat file “KameraActivity.java” untuk membuat fungsi mengaktifkan kamera smartphone dan menyimpan hasil foto.

Dapat dilihat pada source code “KameraActivity Dapat dilihat pada source code “KameraActivity.java”, proses mengaktifkan kamera smartphone, proses menyimpan hasil foto dan menampilkannya, semua berada pada satu method yaitu fungsi “ambilFoto()”. Dengan menggunakan fungsi “Intent” yang memanggil “android.media.action.IMAGE_CAPTURE”, maka kamera smartphone akan aktif. Hasil foto akan disimpan pada sdcard emulator (atau pada memory internal smartphone) dengan nama “hasilFoto.jpg”. Hasil foto juga ditampilkan pada atribut ImageView. 7. Membuat file “rekam.xml” untuk tampilan dari perekam suara. Pada tampilan perekam suara terdapat text view untuk keterangan dan empat tombol yaitu “Mulai Rekam”, “Stop Rekam”, “Putar” dan “Stop”. Lalu membuat file “RekamanActivity.java” untuk memberikan aksi dari keempat tombol tersebut.

Tombol “Mulai Rekam” akan memanggil method “startRekam()”, mengganti isi textView menjadi “Sedang Merekam…”, mengaktifkan tombol “Stop Rekam” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startRekam()” berfungsi untuk melakukan proses rekaman. Dangan menggunakan “MediaRecorder”, method ini menggunakan AudioSource yaitu MIC, OutputFormat (format file hasil rekaman) yaitu 3GPP, AudioEncoder yaitu AMR_NB dan OutputFile (tempat hasil rekaman) yaitu sdcard emulator. Tombol “Stop Rekam” akan memanggil method “stopRekam()”, mengganti isi textView menjadi kosong, mengaktifkan tombol “Star Rekam” & “Putar” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startRekam()” berfungsi untuk menghentikan proses rekaman. Tombol “Putar” akan memanggil method “startHasil()”, mengganti isi textView menjadi “Sedang Memutar…”, mengaktifkan tombol “Stop” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startHasil()” berfungsi untuk memutar hasil rekaman dengan menggunakan “MediaPlayer”. Tombol “Stop” akan memanggil method “stopHasil()”, mengganti isi textView menjadi kosong, mengaktifkan tombol “Star Rekam” & “Putar” dan menonaktifkan tombol yang lain. Method “startRekam()” berfungsi untuk menghentikan proses pemutaran hasil rekaman.

“AndroidManifest.xml”

Tampilan jika tombol video di klik Tampilan Home

Tampilan jika tombol kamera Tampilan jika tombol rekaman diklik

Tampilan saat tombol Putar diklik Tampilan saat tombol Stop diklik

TERIMAKASIH