PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

ADD-ON Dasar HTML.
Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 4 Presented by Mulyono
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pengelolaan Database Lanjutan
Pemrograman Mobile Android # 5
Content Provider pada Android
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Mekanisme penyimpan data pada Android
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
An’ Anqinudin Lahitama, S.Kom
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D

ANGGOTA : ANA ROFIQOH 15.11.0203 PROBOWATI SETYO RINI 15.11.0220 GIAT RIYADI 15.11.0286 RANDI OCTAVIAN ANDRIYONO 15.11.0273 FANDY YUNIAWAN 15.11.0287 GINANJAR TRI OKTAVIANTO 15.11.0309

BAHAN DISKUSI PERTEMUAN 3 Komponen Aplikasi Android Hyrarchy Of Screen Elements Proses Thread Siklus Hidup Activity Project Structure Struktur Xml Jenis-Jenis Layout Mendesain User Interface / Layout Android UI Control (Textview, Edittext, Button, Spinner, Checkbox, Radio Button) Contoh Program UI Control Dalam Aplikasi

A. KOMPONEN APLIKASI ANDROID Komponen Utama Komponen Deskripsi Activities Suatu komponen yang mengendalikan User Interface dan menangani interaksi pengguna ke layar smart phone. Services Suatu komponen yang menangani proses di background yang terhubung dengan aplikasi. Broadcast Receivers Suatu komponen yang menangani komunikasi antara Sistem Operasi Android dengan aplikasi. Content Providers Suatu komponen yang menangani data dan masalah manajemen basis data.

Komponen Tambahan Komponen Deskripsi Fragments Merepresentasikan sebuah porsi dari User Interface dalam sebuah Activity. Views Elemen User Interface yang digambar pada layar seperti tombol, list, formulir, dan lain lain. Layouts Hierarki dari view yang mengontrol format layar dan tampilan dari view. Intents Objek pesan yang dapat digunakan untuk meminta aksi dari komponen aplikasi lain. Resources Elemen eksternal, seperti: string, konstanta dan gambar. Manifest File Konfigurasi untuk aplikasi. Sumber : http://www.insinyoer.com/komponen-aplikasi-android/

B. HYRARCHY OF SCREEN ELEMENTS Sumber : Sumber : https://www.slideshare.net/guest213e237/mobile-application-development-with-android

C. PROSES THREAD Proses Beberapa tipe proses berdasarkan urutan prioritas (proses pertama adalah yang terpenting dan dimatikan terakhir) : Proses latar depan Proses yang terlihat Proses layanan Proses latar belakang Proses kosong

Thread Thread ini sangat penting karena bertugas mengirim kejadian ke widget antarmuka pengguna yang sesuai, termasuk kejadian menggambar. Ini juga merupakan thread yang membuat aplikasi berinteraksi dengan komponen dari toolkit Android UI (komponen dari paket android.widget dan android.view). Karena itu, thread 'main' juga terkadang disebut thread UI. Sumber : https://developer.android.com/guide/components/processes-and-threads.html?hl=id

D. SIKLUS HIDUP ACTIVITY Flowchart siklus tersebut:

Activity adalah suatu kelas yang disediakan oleh Android guna mengimplementasikan siklus hidup suatu kelas-kelas pada suatu aplikasi. Berikut ilustrasi di dalam kode pemograman. Nama kelas yang kita inisiasi adalah StartingPoint yang berada dalam package bernama com.thenewboston.travis. Package adalah suatu pembungkus atau suatu kemasan yang berisi banyak kelas-kelas. Setelah Activity menurunkan sifat-sifatnya atau dengan kata lain setelah StartingPoint melakukan extends kepada kelas Activity, maka siklus di atas berlaku pula pada kelas StartingPoint. Siklus sesungguhnya berisi dengan masing-masing state yang sebenarnya adalah suatu method yang dimiliki kelas activity . Sumber : https://awesomedit.wordpress.com/2013/04/22/siklus-hidup-activity-android/

D. PROJECT STRUCTURE Berikut ini adalah contoh sebuah struktur dokumen XML: Standard Header   <?xml version="1.0" encoding="ISO-8859-1"?>   Elemen root <email> <to>Andi </to> Elemen child <from>Yadi Utama</from> <subject>Hallo</subject> <message>Selamat Pagi…</message> </email>

Berikut ini adalah contoh penulisan dokumen XML yang tidak benar: “<email>….</Email>” “<email>….</EMAIL>” “<Email>….</email>” Berikut ini adalah contoh penulisan dokumen XML yang benar: “<email>….</email>” “<EMAIL>….</EMAIL>” “<Email>….</Email>”

F. STRUKTUR XML

F. JENIS-JENIS LAYOUT Linear Layout Linear Layout adalah layout yang menampilkan elemen-elemen view dengan arah linear, vertikal ataupun horizontal. .

Relative Layout RelativeLayout adalah layout yang menampilkan elemen-elemen view dalam posisi yang relatif.

Table Layout Table Layout adalah layout yang menampilkan elemen view berdasarkan baris dan kolom.

Grid View  Grid Viewadalah layout grid yang biasa digunakan untuk membuat galeri foto.

H. MENDESAIN USER INTERFACE / LAYOUT Ada beberapa cara untuk mendesain user interface / layout Penggunaan Relative Layout Button Parent Top

Button Below Objek

2. Penggunaan Linear Layout Linear Layout Android Sumber : https://mkhuda.com/android/teknik-layouting-user-interface-aplikasi-android/

I. Android UI Control (Textview, Edittext, Button, Spinner, Checkbox, Radio Button)   Komponen TextView ini dapat menampilkan tulisan di layar tetapi pengguna tidak dapat mengubah tulisan tersebut. TextView juga dapat membuat autoLink terhadap URL. Jadi apabila pengguna menekan TextView, maka sistem akan merujuk pada halaman web dari URL tersebut dengan menggunakan class android.text.util.Linkfy. Edit Text EditText merupakan subclass dari TextView. EditText dapat digunakan untuk mengubah teks dan juga dapat digunakan untuk memasukkan input berupa angka saja atau membuat kata kunci.

Spinner merupakan sebuah widget yang mirip dengan drop-downlist. Button Jenis-jenis buton yaitu : Basic Button, Image Button,Toggle Button dan Custom Button. Spinner Spinner merupakan sebuah widget yang mirip dengan drop-downlist. CheckBok CheckBox memiliki dua keadaan yaitu On dan Offsama seperti ToggleButton. Dalam pembuatannya di Android, dapat menggunakan class android.widget.CheckBox RadioButton RadioButton memberikan pilihan kepada pengguna, namun pengguna hanya dapat memilih satu item saja. Untuk membuat group dari RadioButton, pertama buat RadioGroup kemudian tambahkan RadioButton ke dalam group. . Sumber : https://adityaronisn.files.wordpress.com

J. Contoh Program UI Control Dalam Aplikasi Program yang akan kita buat yaitu membuat widget Switch Button dan TextView yang akan kita masukan ke file layout activity_main.xml.  activity_main.xml. <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"     android:layout_width="match_parent"     android:layout_height="match_parent"     android:layout_margin="16dp"     android:gravity="center_horizontal"     android:orientation="vertical">  

<TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="Contoh Switch Button Android" /> <Switch android:id="@+id/switchButton" android:layout_marginTop="50dp" android:text="Android Switch Button 1" /> android:id="@+id/textView" android:text="Android Switch Button" />

<Switch android:id="@+id/switchButton2" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_marginTop="30dp" android:text="Android Switch Button 2" /> <TextView android:id="@+id/textView2" android:text="Android Switch Button" /> <TextView android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" android:gravity="center|bottom" android:text="okedroid.com" android:textSize="24sp" android:textStyle="bold" /> </LinearLayout>

File java MainActivity.java   package com.okedroid.myapplication; import android.os.Bundle; import android.support.v7.app.AppCompatActivity; import android.widget.CompoundButton; import android.widget.Switch; import android.widget.TextView; public class MainActivity extends AppCompatActivity { Switch switchButton, switchButton2; TextView textView, textView2; String switchOn = "Switch is ON"; String switchOff = "Switch is OFF";

@Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); // For first switch button switchButton = (Switch) findViewById(R.id.switchButton); textView = (TextView) findViewById(R.id.textView); switchButton.setChecked(true); switchButton.setOnCheckedChangeListener(newCompoundButton.OnCheckedChangeListener() { public void onCheckedChanged(CompoundButton compoundButton, booleanbChecked) { if (bChecked) { textView.setText(switchOn); } else { textView.setText(switchOff); } }); if (switchButton.isChecked()) {

// for second switch button switchButton2 = (Switch) findViewById(R.id.switchButton2); textView2 = (TextView) findViewById(R.id.textView2); switchButton2.setChecked(false); switchButton2.setOnCheckedChangeListener(newCompoundButton.OnCheckedChangeListener() { @Override public void onCheckedChanged(CompoundButton compoundButton, booleanbChecked) { if (bChecked) { textView2.setText(switchOn); } else { textView2.setText(switchOff); } }); if (switchButton2.isChecked()) {

Hasil Contoh Widget SwitchButton Android Sumber : http://www.okedroid.com/2016/01/cara-menerapkan-contoh-widget-switch-button-android.html

SELESAI