Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Grafik 3D.
Advertisements

TRANSFORMASI GEOMETRI
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
Grafika Komputer (TIZ10)
Bab 5 TRANSFORMASI.
Koordinat Silinder dan Koordinat Bola
Transformasi Geometri 2 Dimensi
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Dasar Representasi Titik dan Transformasi
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
TRANSFORMASI.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Imam Cholissodin| 04 |Transformations Imam Cholissodin|
Perspective & Imaging Transformation
Komputer Grafik Rudy Gunawan
RENDERING (Shading & Shadow)
Defiana Arnaldy, M.Si Geometry Fractal Defiana Arnaldy, M.Si
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
QUIZ Diketahui vektor a, b, dan c:
TRANSFORMASI 2D.
Transformasi Geometri Sederhana
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
Transformasi Geometri Sederhana
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
Transformasi 2D Grafika Komputer.
GEOMETRI Probolinggo SMK Negeri 2 SUDUT DAN BIDANG.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Transformasi geometri
dan Transformasi Linear dalam
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
AYO BELAJAR TRANSFORMASI GEOMETRI !!!
TRANSFORMASI GEOMETRI Transformasi Geometri
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
TRANSFORMASI LINIER II
PENERAPAN INTEGRAL LIPAT DUA PELAKSANA MATA KULIAH UMUM (PAMU)
P. XIV RUANG-RUANG VEKTOR EUCLIDEAN
Pertemuan II – Grafika Komputer
RENDERING (Shading & Shadow)
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Transformasi 2D.
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Transformasi (Refleksi).
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
TRANSFORMASI OBJEK (TRANSFORMASI AFFINE 2D DAN 3D)
OPERASI GEOMETRI Yohana Nugraheni.
Transformasi 3 Dimensi Disampaikan oleh: Edy Santoso, S.Si., M.Kom
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Oleh : Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Transformasi 2 Dimensi.
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
Pertemuan 15 Transformasi 3D dan komposisinya
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
Peta Konsep. Peta Konsep C. Penerapan Matriks pada Transformasi.
Transformasi Geometri 2 Dimensi
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
Transformasi Geometri 2 Dimensi
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
Konsep dan Representasi Dimensi 3 (3D)
ULANGAN SELAMAT BEKERJA Mata Pelajaran : Matematika
Peta Konsep. Peta Konsep C. Transformasi Geometris.
Defiana Arnaldy, M.Si Geometry Fractal Defiana Arnaldy, M.Si
Peta Konsep. Peta Konsep A. Komposisi Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
TRANSFORMASI.
Transcript presentasi:

Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si 0818 0296 4763 deff_arnaldy@yahoo.com

Pengenalan Transformasi Dalam ruang dua dimensi, suatu titik (objek) akan berada pada suatu posisi yang dinyatakan oleh dua sumbu, umumnya sumbu-x dan sumbu-y. Sedangkan dalam ruang tiga dimensi, terdapat sumbu ketiga yang biasa disebut sumbu-z. Terdapat dua kaidah dalam merepresentasikan suatu titik : Kaidah Tangan Kanan : Jika sumbu-x positif mengarah ke kanan dan sumbu-y positif mengarah ke atas, maka sumbu-z positif mengarah mendekati kita (pengamat/kamera)

b) Kaidah Tangan Kiri : Jika sumbu-x positif mengarah ke kanan dan sumbu-y positif mengarah ke atas, maka sumbu-z positif mengarah menjauhi kita (pengamat/kamera)

Transformasi di dalam ruang tiga dimensi pada dasarnya sama seperti di dalam ruang dua dimensi, kecuali : Rotasi, kita perlu membedakan rotasi terhadap masing-masing sumbu. Refleksi, dilakukan pada bidang-bidang xy, yz, atau xz. Shear, dilakukan terhadap dua sumbu, misalnya x & z

Matrix yang mentranslasikan titik sejauh (tx, ty, tz)‏ a. Translasi Matrix yang mentranslasikan titik sejauh (tx, ty, tz)‏ glPushMatrix(); glTranslatef( 1.9, -2.3, 0.0 ); glutSolidCube(1.5); glPopMatrix(); b. Skala Matrix skala dengan faktor-faktor skala (sx, sy, sz) adalah : glPushMatrix(); glTranslatef( 1.9, -2.3, 0.0 ); glScalef(2.0, 1.0, 2.5); glutSolidCube(1.5); glPopMatrix();

c. Shear Matrix transformasi shear pada sumbu-sumbu x dan y adalah Shxy(hx, hy) : Catatan : Fungsi shear dalam pemrograman OpenGL yaitu dengan menambahkan nilai-nilai hasil shear pada titik-titik tertentu.

d. Refleksi Matrix refleksi terhadap sumbu-z, sumbu-x, dan sumbu-y adalah sebagai berikut : Tidak berbeda dengan fungsi shear, fungsi refleksi juga tidak terdapat pada pemrograman OpenGL. Karena hasil refleksi merupakan objek itu sendiri dengan koordinat yang berlawanan, maka diperlukan pembuatan algoritma tersendiri dalam merepresentasikannya.

e. Rotasi Matrix rotasi terhadap sumbu-z, sumbu-y dan sumbu-x adalah sebagai berikut : glPushMatrix(); glTranslatef( 1.9, -2.3, 0.0 ); glScalef(2.0, 1.0, 2.5); glRotatef(15.0, 1.0, 0.0, 0.0); // rotasi sumbu-z glRotatef(15.0, 0.0, 1.0, 0.0); // rotasi sumbu-x glRotatef(15.0, 0.0, 0.0, 1.0); // rotasi sumbu-y glutSolidCube(1.5); glPopMatrix();

Selesai...