Agama !. Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAB : 7 ASPEK AL QUR’AN Ayat-ayat al qur’an TENTANG DEMOKRASI SK/KD
Advertisements

Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
SEMESTER DUA (GENAP) BAB VII AYAT-AYAT TENTANG DEMOKRASI
Pendidikan Agama Islam
1 SISTEM POLITIK ISLAM
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ETIKA DAKWAH REDAKSI AYAT
Sarnita Purnama Sari ( )
KEKUASAAN ADALAH AMANAH ALLAH S. W
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
PENCIPTAAN MANUSIA MAMAN S.Ag M.M.Pd.
BAB 7 MUSYAWARAH.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Masnur As-Siyasah Masnur
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
Pandangan Ulama Tentang Demokrasi
Sarnita Purnama Sari ( )
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
Pertemuan Ke-15 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
IMAN KEPADA RASUL.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SISTEM POLITIK ISLAM.
GENERASI RABBANI.
Bab 8 SISTEM POLITIK Bab 8 ISLAM Sistem politik Islam.
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
BAB 7 AL- QUR’AN Standar Kompetensi
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
Ayat-ayat musyawarah Rian Hidayat, S.Pd.I Asy-Syura: 38
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
PENGEMBANGAN DINAMIKA KELOMPOK (LANDASAN TEOLOGIS, FILOSOFIS, PSIKOLOGIS, SOSIOLOGIS DARI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN) Oleh : SETIAWATI, S.Pd., M.Pd.
BERMUSYAWARAH DENGAN BAIK
AGAMA ISLAM.
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
KEPEMIMPINAN di MUHAMMADIYAH Oleh: Nur Cholis Huda
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
IMUNISASI MR.
AKHLAQ BERNEGARA.
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
Assalamualaikum.
Kompetensi Dasar Membaca dan memahami ayat-ayat tentang anjuran bertoleransi Membaca dan memahami ayat – ayat tentang Etos Kerja Menu Back Next.
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Kepemimpinan Islam Disusun oleh: Sarnita Purnama Sari( ) Dyah noventy( ) Siti Khalimah( ) Gunarsih Mayasari( )
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Nabi Saw Abu Bakar R.a Umar R.a Ustman R.a Ali R.a (Perspektif Islam Mencari Figur Kepemimpinan Ideal Di Negara Demokrasi)
Kuliah Aqidah-Akhlaq FE-UMY
Perilaku beriman kepada Malaikat
BERSIKAP DEMOKRATIS Q.S. Ali Imran: 159 Rian Hidayat, S.Pd.I.
Khulafa’ al Rasyidin Sirah Modul 3 unit 1 KBK 6.
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ
ETOS KERJA DALAM ISLAM Reni F. Yanti. KERJA Sesuatu yang dikeluarkan oleh seseorang sebagai profesi, sengaja dilakukan untuk mendapatkan penghasilan.
Standar Kompetensi Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah Kompetensi Dasar 1.Membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun:
OPTIMIS OPTIMIS adalah orang yang memiliki harapan positif dalam menghadapi segala hal atau persoalan. Seorang Muslim dan muslimat yang optimis.
Transcript presentasi:

Agama !

Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan. Ia merupakan satu bentuk pemerintahan Islam. Pemimpinya, dinamakan khalifah. bahasa ArabimamahIslamkhalifahbahasa ArabimamahIslamkhalifah Menurut al-Quran segala sesuatu di Bumi ini termasuk daya dan kemampuan yang diperolehi seseorang hanyalah kurnia daripada Allah (swt). Allah telah menjadikan manusia sebagai khalifah atau wakil Allah (Yang Maha Memiliki) supaya mereka dapat menggunakan kurnia tersebut sesuai dengan keridhaan- Nya. al-QuranAllahal-QuranAllah KhalifahKhalifah dianggap sebagai pewaris Nabi Muhammad s.a.w. Nabi Muhammad s.a.w. KhalifahNabi Muhammad s.a.w.

وَ إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّيْ جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيْفَةً قَالُوْا أَتَجْعَلُ فِيْهَا مَن يُفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَ نَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَ نُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّيْ أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُوْنَ [30] Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah. Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Seperti yang Tercantum dalam Q.S.al-Baqarah:30

Namun tidak semua ahli setuju bahwa khilafah itu merupakan konsep yang mempunyai rujukan tekstual dalam Al-Qur’an dan hadis karena khilafah bersifat ijtihadiyyah (pemikiran). Pada QS. Al-Nisa’:58-59 tersirat pengertian bahwa : kewajiban pemimpin adalah melayani rakyat dengan memegang teguh ‘amanah’ yang telah di berikan mereka dan menegakkan ‘keadilan’. Dan kewajiban rakyat adalah menaati Allah dan Rasul-Nya dan pemimpin yang sudah mereka tetapkan sendiri dengan tidak menyimpang dari hukum Allah Sebagaimana dikemukakan yatim (2008:35) menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat islam setelah beliau wafat. Beliau menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum muslimin sendiri untuk menentukannya

Pemilihan pemimpin selayaknya dilakukan dalam prosedur syura (konsensus/musyawarah) yang dilakukan oleh para wakil rakyat dalam satu majlis syura (lembaga legislatif). Seperti dalam QS. Al-Syura:38 dan Ali-Imran:159 Asy-Syura:38 Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

surat al imron ayat 159 فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Berikut beberapa orang yang pernah menjadi khilafah setelah nabi Muhammad SAW wafat : 1.Abu Bakar As-Shidiq 2.Umar bin Khattab 3.Utsman Bin Affan 4.Ali bin Thalib dan Fatimah Orang-orang di atas adalah keturunan nabi karena seorang pemimpin harus mengetahui pengetahuan tentang dunia dan agama yang dalam serta terjaga dari dosa.

Namun, pada masa dinasti Umayyah lembaga khilafah menjadi lembaga yang otoriter, ketika kekuasaan dinasti Abbasyiah konsepsi khilafah berubah menjadi wakil Tuhan di bumi dalam gelar dari penguasa Abasyiah khaliffahtullah, dan muncullah gerakan anti khilafah abasyiah dengan mendirikan amir (kekuasaan di tingkat daerah) yang berarti pemimpin yang menguasai kapasitas militer tanggu seperti umar bin khattab yang bergelar amiirul mukminin. Kemudian sebutan amir berubah menjadi gelar bagi pemimpin negara islam

Berdasarkan pemamaran di atas tampak bahwa tidak ada aturan baku dalam pemilihan pemimpin dalam islam, kecuali aturan musyawarah dan mufakat. Isntitusi politik Islam hendaknya memberikan maslahat kepada semua orang. Setiap gerakan dan perjuangan keIslaman hendaknya diiringi dengan sikap arif agar tidak menimbulkan gejolak/kesalahpahaman