Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Workshop Developing Android Apps
Package As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Pemrograman Mobile Android # 6
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengenalan Visual Basic
Dasar query basis data dengan SQLite
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Pengelolaan Database Lanjutan
Mengenal IDE Delphi DELPHI II UNSERA 2016.
Content Provider pada Android
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Mekanisme penyimpan data pada Android
ANDROID ACTIVITY.
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Pemrograman Mobile Android Multimedia.
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya Siklus hidup activity pada aplikasi berbasis Android

Capaian Pembelajaran Memahami Folder Resources dan isinya Mampu mengakses Mengenal siklus hidup activity aplikasi berbasis Android. Memahami fungsi state pada siklus hidup activity aplikasi berbasis Android. Membuat aplikasi berbasis Android yang menerapkan pemanfaatan state pada siklus hidup activity aplikasi berbasis Android.

Isi Folder Resources (Res) Directory Deskripsi anim/ Tempat file XML yang berisi definisi property animasi. Lokasi folder: res/anim/ Akses melalui: class R.anim color/ Tempat file XML yang berisi definisi property warna (color). Lokasi folder: res/color/ Akses melalui: class R.color drawable/ Tempat file gambar (.png, .jpg, .gif) atau file XML yang di-compile menjadi bitmap, gambar untuk animasi, dsb. Lokasi folder: res/drawable/ Akses melalui: class R.drawable layout/ Tempat file XML yang berisi definisi layout UI (user Interface) Lokasi folder: res/layout/ Akses melalui: class R.layout menu/ Tempat file XML yang berisi definisi menu aplikasi, seperti, Options Menu, Context Menu, atau Sub Menu. Lokasi folder: res/menu/ Akses melalui : R.menu class

Isi Folder Resources (Res) Directory Deskripsi raw/ Tempat menyimpan sembarang (segala) file dalam bentuk mentah. Untuk membuka file raw: callResources.openRawResource() dengan resource ID: R.raw.namaFile values/ Tempat file XML yang berisi nilai (value), seperti; strings, integers, dan colors. Berikut adalah aturan penamaan file pada directory ini: arrays.xml  resource arrays, diakses melalui: class R.array integers.xml  resource integers, diakses melalui: class R.integer bools.xml  resource boolean, diakses melalui: class R.bool colors.xml  color values, diakses melalui: class R.color dimens.xml  dimension values, diakses melalui: class R.dimen strings.xml  string values, diakses melalui: class R.string styles.xml  styles, diakses melalui: class R.style xml/ Tempat menyimpan berbagai file konfigurasi dala bentuk XML yang dapat dibaca saat runtime. Untuk membaca file XML: Resources.getXML()

Mengakses Resource dari Code Java Saat aplikasi android di-compile, class R akan dibuat, class R ini akan berisi semua ID resource yang ada di dalam directory res/ (termasuk subfoldernya). Dengan demikian kita dapat mengakses resource dengan : Menggunakan class R disertai sub-derectory dan nama resource-nya (nama file maupun name pada tag), contoh: R.drawable.gambarLogo Artinya: mengakses file gambarLogo yang berada pada directory res/drawable/ Menggunakan class R disertai dengan resource ID-nya, contoh: R.id.setinganGambar Artinya: mengakses nilai yang didefinisikan dengan ID setinganGambar pada file yang terdapat di dalam folder res/ atau res/sub-directory/ ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview); imageView.setImageResource(R.drawable.myimage);

Mengakses Resource dari Code Java Contoh: ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview); imageView.setImageResource(R.drawable.myimage); Contoh: Misal suatu file Strings.xml berisi definisi seperti berikut: <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Hello, World!</string> </resources> Mengakses nilai yang ada pada id msg TextView msgTextView = (TextView) findViewById(R.id.msg); msgTextView.setText(R.string.hello); Mengakses nilai pada tag string dengan name:hello

Mengakses Resource dari XML Contoh: Misal suatu file strings.xml; <resources> <string name="pesan">Pesan ini diambil dari di Strings.xml</string> </resources> dan colors.xml : <resources> <color name="colorPrimary">#3F51B5</color> <color name="colorPrimaryDark">#303f9f</color> </resources> Untuk mengakses nilai tsb di atas dari tag TextView pada activity.xml: @string/pesan , artinya: lokasi nilai ada di tag string dengan name: pesan <TextView android:text="@string/pesan" android:textColor="@color/colorPrimaryDark" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_centerVertical="true" android:layout_centerHorizontal="true" android:id="@+id/textView" /> @color/colorPrimaryDark , artinya: lokasi nilai ada di tag color dengan name: colorPrimaryDark

Siklus Hidup Activity

State pada Siklus Hidup Activity Aplikasi android merupakan aplikasi yang siklus hidupnya memiliki beberapa state (kondisi). Berdasarkan diagram siklus hidup aplikasi android di atas diketahui terdapat beberapa method utama terkait state (kondisi) dari activity yang ada pada aplikasi android: onCreate() onStart() onResume() onPause() onStop() onRestart() onDestroy() Berikut adalah state lainnya yang tidak memiliki method: 8. Activity is shutdown 9. Process is killed

Log untuk Debug State Activity Sistem Android menggunakan sistem terpusat untuk setiap log. Log ini juga bisa digunakan untuk mengetahui state suatu activity pada siklus hidup activity. Berikut yang harus dilakukan untuk mengakses log: Import class Log Import android.util.Log; Buat di dalam class field TAG (penanda) agar log mudah dikenali Pivate static final String TAG="Augury"; Pada method state yang ingin dideteksi, tambahkan method Log berikut Log.i(TAG, "tuliskan nama state disini");

Contoh Log untuk Debug State Activity import android.util.Log; public class MainActivity extends Activity { private static final String TAG = "KataAugury"; @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); Log.i(TAG, "Method onCreate Jalan"); } @Override protected void onStart() { super.onStart(); Log.i(TAG, "Method onStart Jalan"); }

Monitor Log di Konsol Untuk memonitor log, gunakan konsol android monitor. Akan tampil Konsol seperti di bawah ini: Click Android Monitor pada tab paling bawah di IDE Click dan pilih Edit Filter Configuration, akan tampil dialog spt pada slide berikut ini. Click dan pilih Info pada Monitors, sesuai method Log yang kita gunakan. Dalam hal ini info, karena kita menggunakan Log.i( )

Monitor Log di Konsol Dialog yang tampil setelah pilih Edit Filter Configuration: Isi dengan String yang kita isi pada field string TAG. Misal data field: private static final String TAG = "KataAugury"; Nama filter yang akan kita buat

Monitor Log di Konsol Dialog yang tampil setelah pilih Edit Filter Configuration: Pilih nama filter yang sebelumnya kita buat Tampilan konsol sesuai filter yang kita tentukan, yaitu; hanya menampilkan info yang mengandung kata: KataAugury

Activity State Monitor saat activity pertama kali jalan: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan Monitor kalau tombol home ditekan, meninggalkan Activity: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onPause Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStop Jalan

Activity State Monitor saat activity dijalankan lagi melalui menu history aplikasi: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onPause Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStop Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onRestart Jalan Monitor kalau tombol back ditekan, keluar dari Activity: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onPause Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStop Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onRestart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onDestroy Jalan

TIPS - Log untuk Debug State Activity Sistem Android menggunakan sistem terpusat untuk setiap log. Log ini juga bisa digunakan untuk mengetahui state suatu activity pada siklus hidup activity. Berikut yang harus dilakukan untuk mengakses log: Import class Log Import android.util.Log; Buat di dalam class field TAG (penanda) agar log mudah dikenali Pivate static final String TAG="Augury"; Pada method state yang ingin dideteksi, tambahkan method Log berikut Log.i(TAG, "tuliskan nama state disini");

Log Method Method yang bisa digunakan pada log: Log.v()  verbose Segala sesuatu hal akan di-log Log.d()  debug Untuk keperluan debug (nilai variable akan di-log) Log.i()  info Untuk me-log informasi yang diperlukan, contoh; menampilkan informasi sukses saat koneksi ke server berhasil. Log.w()  warning Untuk me-log warning Log.e()  error Untuk me-log error Log.wtf()  what a terrible failure Untuk me-log kesalahan yang benar-benar parah

TIPS - Auto Generate Method Alt+Insert Akan tampil menu seperti dibawah, kemudian pilih method yang ingin di auto generate.

Terima Kasih

Referensi Android Tutorial: Simply Easy Learning by tutorialspoint.com TheNewBoston YouTube Playlist: Android App Development for Beginners Playlist. https://www.youtube.com/watch?v=NMDPxN8FgXM&list=PL6gx4Cwl9DGBsvRxJJOzG4r4k_zLKrnxl&index=9