PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSETRASI JURNALISTIK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INSTRUMEN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Advertisements

MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
MAKALAH Neneng Sri Wulan.
KESADARAN PENDIDIKAN SUKU ASLI DI KECAMATAN BANTAN (Studi kasus Keterbelakangan Tingkat pendidikan suku asli di Desa Bantan Tengah, Desa Bantan Air dan.
Berasal dari Kerajaan Pajajaran/Bogor.
Penelitian Kualitatif
KOMUNIKASI DALAM KERAGAMAN SOSIAL, BUDAYA DAN KEYAKINAN
Pembuatan Website Informasi Suku Baduy Menggunakan Dreamweaver 8, Ario Eko Widodo for further detail, please visit
Analisis Teks Wacana Fan Fiction “Asystole” di Forum SNSD Indonesia
Adri Setiadi Unikom Bandung
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
MENGENAL SUKU BADUY DARI BANTEN
Metode Penelitian Kualitatif
Teknik Penelitian Kualitatif
Tradisi Penelitian Kualitatif
PELAPORAN DAN PENILAIAN KKN-PPM 2016
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH STANDAR NASIONAL (STUDI SITUS DI SMP NEGERI 1 NGRAMPAL SRAGEN) HERWIYATI SATITI P Q
PENDEKATAN PENELITIAN KUALITATIF
Peta Literatur dan Posisi Teori dalam Penelitian Kualitatif
PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF
LAPORAN DALAM PENELITIAN KUANTITATIF Dr. RATNAWATI SUSANTO, M.M., M.Pd
DESAIN PENELITIAN (RANCANGAN PENELITIAN)
PENGANTAR SEMINAR.
BAB I : Pondasi Penelitian Kualitatif
STUDI KUALITATIF.
Latar Belakang Permasalahan Tujuan Penelitian Manfaat
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
PENDEKATAN PENELITIAN (Strategi Penelitian) KUALITATIF
By Desayu Eka surya, s.Sos.,M.si
“Strategi Pemilihan Tema Berita Dalam Program Berita “Suara Anda” Metro TV?” Andi Ahmad M 2008 –
Merancang Penelitian Sesi – 1 Seminar Komunikasi
PENELITIAN KUALITATIF
PERGESERAN MAKNA SENI TARI PRAJURITAN DESA TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO Dwiyan Novriawan Drs. Tri Widiarto, M.Pd.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI JURUSAN TATA BUSANA DI SMKN 6 SURAKARTA
Penelitian Kualitatif
Pendidikan Sejarah Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
PROPOSAL TESIS oleh : warsiyanto nim : q
METODOLOGI PENELITIAN- PERTEMUAN 1
Kiat Menulis Karya Ilmiah (Tesis)
Review Pertemuan I Ciri metode penelitian kualitatif
KONSEPTUALISASI PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN
MAKALAH Disampaikan dalam diklat Penulisan Makalah Mahasiswa
Etnografi.
Sistematika Penulisan Karya Ilmiah
HAKIKAT MAKALAH Kelompok 3: DEVRIE ADITYA PURNAMA GINA ARTHA
PENELITIAN KUALITATIF
Metode dan Strategi Penelitian Kualitatif
PEMOLAAN KOMUNIKASI UPACARA ADAT PERNIKAHAN SUKU MELAYU
AKTIVITAS KOMUNIKASI TERAPIS ANAK AUTIS DALAM PROSES MEMUDAHKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI DENGAN LINGKUNGAN (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas.
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
REPRESENTASI RASISME DALAM FILM “THIS IS ENGLAND” (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES MENGENAI RASISME DALAM FILM “THIS IS ENGLAND”) Oleh : EKO NUGROHO.
KONSEP DIRI KOMUNITAS ANAK PUNK DI KOTA BANDUNG
Oleh : Devita Futriana NIM
disusun oleh: Nona Liviana
Konstruksi Makna Sosialita Bagi Kalangan Sosialita Di Kota Bandung
REPRESENTASI MAKNA GALAU DALAM FILM RADIO GALAU FM
SKRIPSI FAJAR MUTAQIN NIM PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN
Daya Tarik Isi Pesan www. coca-colamatil. co. id oleh Humas PT
REPRESENTASI EKSPLOITASI PEREMPUAN INDONESIA DALAM IKLAN PONDS WHITE BEAUTY “PEREMPUAN SELALU INGIN YANG TERBAIK” (ANALISIS WACANA SARA MILLS TENTANG.
KONSEP DIRI HIJABERS DI KAMPUS NON MUSLIM DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Tentang Hijabers dalam Menjalin Interaksi di Lingkungan Kampus Non Muslim)
FORMAT MAKALAH ILMIAH Siti zulzilah.
Pola komunikasi organisasi Komunitas the panasdalam (Studi deskriptif mengenai pola komunikasi organisasi the panasdlam melalui program trembesi dalam.
DAYA TARIK ISI PESAN MAJALAH REL RUBRIK “MELANCONG”
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI HUMAS
STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MELALUI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PEDESAAN PERKOTAAN (PBBP2) DI DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA)
PENGELOLAAN KESAN PENGAMEN TOPENG DI KOTA BANDUNG
OSA M ISMAIL MAKNA DALAM KESENIAN SISINGAAN DI DESA SUKAJAYA KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT (Studi Etnografi Komunikasi Dalam Kesenian.
KONSEP DASAR PENELITIAN KUALITATIF
Marsono Kedudukan Hakiki Perempuan dalam Serat Wasita Dyah Utama.
Transcript presentasi:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSETRASI JURNALISTIK KOMUNIKASI RITUAL SEBA MASYARAKAT BADUY LUAR (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI RITUAL ADAT SEBA MASYARAKAT BADUY LUAR DESA KANEKES KECAMATAN LEUWI DAMAR KABUPATEN LEBAK) Diajukan Untuk Mengikuti Seminar Usulan Penelitian Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Ilmu Jurnalistik   AL MUSHOWWIR 41809202 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSETRASI JURNALISTIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2013

LATAR BELAKANG MASALAH Baduy adalah sebutan yang melekat pada orang-orang yang tinggal di sekitar kaki pegunungan Kendeng di desa kanekes, Kecamatan Leuwidamar,Kabupaten Lebak,Provinsi Banten dengan kepercayaanya sunda wiwitan. Sebuah suku yang sengaja mengasingkan diri bukan masyarakat yang terasingkan Meskipun mangasingkan diri Suku baduy memiliki loyalitas tinggi terhadap pemerintah banten khususnya dan negara.salah satu contoh dalam ritual seba yakni ungkapan kesetiaan terhadap Pemerintah Republik Indonesia(Gubernur Banten dan bupati lebak) dengan memberikan hasil panen bertujuan untuk mempererat silatuhrahmi, menyampaikan aspirasi dan harapan sehingga terjalin kerjasama,serta saling mendoakan dan salin Kegiatan ritual seba pun sebagai simbol. Masyarakat baduy merupakan masyarakat yang tertutup tetapi terbuka,kaku tetapi fleksibel.

1.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah makro Rumusan Masalah Mikro Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka peneliti mengemukakan fokus permasalahan sebagai berikut : Bagaimana Komunikasi Ritual Seba Masyarakat Baduy Luar(Studi Etnografi Komunikasi Ritual seba Masyarakat Baduy Luar Desa Kanekes Kecamatan Leuwi Damar Kabupaten Lebak) Rumusan masalah makro Bagaimana Situasi Komunikasi Ritual Adat seba? Bagaimana Peristiwa Komunikasi Ritual adat seba yang Terjadi secara berulang – ulang? Bagaimana Tindak Komunikasi yang Terjadi pada Ritual Adat seba? Rumusan Masalah Mikro

1.3 Maksud dan Tujuan penelitian Maksud diadakanya penelitian ini adalah untuk menjawab, mendeskripsikan, menganalisa, mencertiakan dan menjelaskan tentang bagaimana Komunikasi Ritual Adat Seba Masyarakat Baduy Luar Desa Kanekes Kecamatan Leuwi Damar Kabupaten Lebak Provinsi Banten Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan, maka penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: Untuk mengetahui situasi komunikasi ritual adat seba masyarakat baduy luar Untuk mengetahui peristiwa komunikasi pada ritual adat seba masyarakat baduy luar Untuk mengetahui tindak komunikasi ritual adat seba masyarakat baduy luar

1.4 Kegunaan Penelitian Kegunaan Teoritis Kegunaan Praktis Hasil penelitian ini diharapkan memiliki kegunaan sebagai berikut: kegunaan Teoritis Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan ilmu pengetahuan secara teoritis bagi penelitian – penelitian selanjutnya sehingga mampu menunjang perkembangan dalam bidang ilmu komunikasi secara umum dan menambah wawasan serta referensi pengetahuan tentang Komunikasi Ritual Adat seba Masyarakat Baduy Luar Kegunaan Praktis  Bagi Peneliti Melalui penelitian ini, diharapkan peneliti dapat menjadi orang yang mengerti mengenai kebudayaan dan dapat mengaplikasikan ilmu yaitu tentang ilmu komunikasi secara umum dan etnografi komunikasi secara khusus Bagi akademik melalui penelitian ini, diharapkan dapat menjadi literatur dalam menambah wawasan bagi mahasiswa ilmu komunikasi secara khusus,terutama bagi para peneliti yang nantinya akan meneliti masyarakat baduy Bagi masyarakat melalui penelitian ini, diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah di provinsi Banten pada khususnya dan masyarakat luas yang ingin mencari informasi dan menambah pengetahuan tentang kebudayaan masyarakaat baduy terutam pada ritual seba

KERANGKA PEMIKIRAN

Kerangka teoritis Pada dasarnya penelitian ini menggunakan studi etnografi komunikasi yang di terapkan untuk melihat pola-pola komunikasi kelompok sosial. Etnografi komunikasi menurut Spradley yang dikutip oleh Kuswarno, adalah perilaku komunikasi dalam tema kebudayaan tertentu, jadi bukan keseluruhan perilaku seperti etnografi. Etnografi komunikasi memfokuskan kajianya pada perilaku – perilaku yang di dalamnya melibatkan komunikasi, bahasa , budaya Penelitian yang peneliti lakukan merupakan salah satu penelitian dalam ruang lingkup konteks komunikasi antar budaya pada acara ritual seba masyarakt baduy luar . Menurut Guo – Ming Chen dan Wiliam J. Sartosa mengatakan bahwa komunikasi antarbudaya adalah prose negosiasi atau pertukaran seistem simbolik yang membimbing perilaku manusia dan membatasi mereka dalan menjalankan fungsinya sebagai kelompok.

Kerangka Pemikiran Konseptual Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahuai komuniaksi ritual adat seba yang dilakukan masyarakat baduy luar kepada pemerintah yang didalamnya terdapat unsur – unsur yaitu adanya sebuah kegiatan komunikasi , adanya sasaran atau tujuan yang ingin dicapai dalam berkomunikasi sebagai penilaian atas berhasil atau tidakanya kegiatan komunikasi yang telah dilakukan seperti menimbulkan kembali kepercayaan- kepercayaan bersama dalam sebuah upacara ritual Yang menjadi subfokus peneliti sebagai berikut : Situasi komunikasi Peristiwa komunikasi Tindak komunikasi

Menghadirkan kembali kepercayaan- kepercayaan bersama Model Alur pemikiran Komunikasi Kelompok Budaya Masyarakat baduy Luar Ritual Seba Menghadirkan kembali kepercayaan- kepercayaan bersama Media Tradisional Komunikasi Ritual Komunikasi Antarbudaya Etnografi Komunikasi Situasi Peristiwa Tindakan

Metode dan Desaign penelitian Metode Kualitatif paradigma kontruktivis Peneliti ingin mendapatkan pengembagnan pemahaman yang membantu proses intepretasi suatu peristiwa Asumsinya adalah realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, tetapi terbentuk dari hasil konstruksi. Kualitatif mengasumsikan bahwa perilaku dan makna yang dianut sekelompok manusia hanya dapat dipahami melalui analisis atas lingkungan alamiah (natural setting ) mereka

Teknik pengumpulan data Studi pustaka STUDI PUSTAKA INTERNET SEARCHING Studi lapangan wawancara Observasi Partisipasi Dokumentasi FGD

Teknik Penentuan Informan PURPOSIVE SAMPLING INFORMAN PENDUKUNG No Nama JABATAN 1 Kang Arwan Peserta ritual seba dari baduy luar 2 Hj Ratu Atut Chosyah Gubernur Banten INFORMAN KUNCI No Nama Jabatan 1 Jaro Dainah Pemimpin adat bagian pemerintahan 2 Ayah Mursid Jaro Tangtu (wakil puun

TEKNIK ANALISIS DATA Berikut teknik analisi data dalam penelitian etnografi yang di kemukakan oleh Craswell dalam buku etnografi komunikasi engkus Kuswarno 2008 : Deskripsi Analisis Interpretasi UJI KEABSAHAN DATA Tringaulasi

1.8 Lokasi Dan Waktu Penelitian Februari hingga Juli 2013 DESA KANEKES KECAMATAN LEUWI DAMAR KABUPATEN LEBAK PROVISI BANTEN

HASIL DAN PEMBAHASAN Situasi Komunikatif Peritiwa Komunikatif Tindak Komunikatif Vebal(intruksi dan aturan lembaga adat) Non verbal(ritual makan sirih, Laksa, mandi di sungai cibanten) Peritiwa Komunikatif Pendopo Bupati Lebak Gubernur Banten Situasi Komunikatif persiapan Prosesi

Kesimpulan dan saran Situasi Komunikatif yang terjadi saat upacara Ritual Adat Seba berlangsung terasa sangat sakral, dimana dalam setiap tahap pelaksanaannya para peserta menjalaninya dengan khidmat dan sesuai apa yang telah diamanatkan oleh nenek moyang mereka dan berdasarkan ketentuan lembaga adat . Tempat-tempat yang biasa diadikan prosesi upacara Ritual Adat Seba yaitu di kantor Bupati Kabupaten Lebak dan Kantor Gubernur /keresidenan Banten.. Peristiwa Komunikatif Upacara Ritual Adat Seba merupakan salah satu tradisi adat yang harus dilakukan setiap tahunnya bagi masyarakat sebagai wujud nyata kesetiaan dan ketaatan masyarakat baduy kepada pemerintah dan menghormati para leluhurnya, Tindakan Komunikatif merupakan bentuk perintah, pernyataan, permohonan dan perilaku nonverbal, bentuk perintah dan pernyataan yang ada bahwa upacara Ritual Adat Seba harus selalu dilaksanakan oleh seluruh keturunan masyarakat baduy secara keseluruhan apabila tidak dilaksanakan, akan mendapatkan malapetaka berupa bencana dan bisa kuawalat maka dari itu masyarakat baduy selalu taat pada aturan adat dan kebiasaan hidup nenek moyang yang diwariskan kepada mereka secara turun temurun. Makna simbolik yang terdapat pada Upacara Seba adalah makna yang ada di balik benda atau atribut yang dipakai dalam suatu ritual adat. Adapun makna yang terkandung di dalam Upacara Seba terdapat pada pakaian, perlengkapan, atribut yang dipakai serta hasil panen yang dipersembahkan.

SARAN Saran Bagi Masyarakat Baduy Luar Untuk seluruh keturunan warga baduy , supaya tetap menjalankan tradisi nenek moyang yang sudah dijalankan sebelumnya, sehingga dapat mempererat tali silaturahmi yang lebih erat sesama keturunan masyarakat baduy dan masyarakat luar baduy dan juga dengan pemerintah yang menjaga wilayah baduy. Bagi masyarakat Baduy Luar diharapkan harus tetap konsisten dalam menjalankan amanat apa yang diwariskan oleh nenek moyang khususnya upacara Ritual Adat Seba ini, jangan sampai tergerus oleh era modern, karena upacara Ritual Adat Seba ini merupakan ciri khas dari budaya kearifan lokal setempat. Saran Bagi Peneliti Selanjutnya Peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih memfokuskan lagi tema apa yang akan diambil dalam suatu penelitian, sehingga hasil yang di dapatkan tidak jauh dari perkiraan penilitian. Studi etnografi komunikasi merupakan hal yang baru dalam penelitian ilmu komunikasi, disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mencari dan membaca bahan referensi lain yang lebih banyak lagi, sehingga dalam hasil penelitian selanjutnya akan lebih baik dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru.

TERIMAKASIH