MOTIVASI AL-QUR’AN QS. AL-INSYIRAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kompetisi dalam Kebaikan
Advertisements

KETENTUAN REZEKI DARI ALLAH SWT Oleh: Qosim Abdullah D
BAB IV. PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SALEH
08/11/2013Jangan Pernah Menyerah1 Dr. Ibrahim Hamd Al-qua’yyid.
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
PERINGATAN-PERINGATAN ILAHI (al-Mawa'idz fil Ahadis al-Qudsiyyah)
JUDUL : QS. AL INSYIRAH SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi.
1. Tentu kita tahu bahwa belajar merupakan kewajiban bagi semua orang muslim. Dengan kita mengimani betul terhadap malaikat Allah SWT kita akan selalu.
10 Kunci Sukses mengubah impian menjadi kenyataan dream will be come true Helmi Mubarok.
BAB 4 TAUBAT DAN RAJA’.
BAGAIMANA SORANG PENGAJAR (Galileo Galilei) Anda tidak dapat mengajari orang apapun juga; anda hanya dapat membantu dirinya untuk menemukannya sendiri.
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
Bunuh Diri dan Euthanasia
Akhlaq Kepada Allah.
Akhlak Materi -11.
TAKWA.
Sifat-sifat Terpuji By : Uswatun Hasanah.
Oleh: Muhsin Hariyanto
TAKWA.
Beriman kepada rasul allah
BERIBADAH DENGAN IKHLAS
MOTIVASI AL-QUR’AN QS. AL-INSYIRAH
Menikmati Kehidupan Kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan terletak pada semangat juang masing-masing individu. Hal yang besar bukanlah apa yang terjadi.
ETOS KERJA.
AKHLAK TERPUJI.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
BAB X Salat Jum’at.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Iman Kepada Malaikat Allah
Akhlak Materi -7.
Rahasia besar kehidupan adalah hukum tarik-menarik
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
Menggapai Cinta Allah Dengan Sikap Ikhlas
PERILAKU TERPUJI Kerja Keras, Tekun, Ulet, dan Teliti TUJUAN MATERI
Misi Dakwah Rasulullah Saw
Sayid Sabiq Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo
Azaria Cahyarani Muhammad Dicky Niea Ardella Wahyu Sada
HADITS IJTIMA’I.
Kewajiban Terhadap Allah SWT
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SHALEH
Misi Dakwah Rasulullah Saw
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
2.Akmalda Wisnu Satriaji
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Kompetensi Dasar Membaca dan memahami ayat-ayat tentang anjuran bertoleransi Membaca dan memahami ayat – ayat tentang Etos Kerja Menu Back Next.
BAB IV. PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SALEH
Pendidikan Agama Islam Semester 1, 2 SKS
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
SMPN 4 Mataram QANA’AH DAN TASAMUH Oleh : MAJID SAID, S.Pd.I.
Allah SWT Nabi SAW Muhammad Rasul JasadInsan Sifat Zat SHALAT (QALBU HIDUP) Tuj: Ingat pada Allah dan sampai pd Allah. Tingkat Orang Shalat: MELAKSANAKAN.
Oleh: Muhsin Hariyanto
SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi. Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar Kompetensi Dasar : Menyebutkan ciri-ciri.
(Matematika Al-Quran)
Rahasia besar kehidupan adalah hukum tarik-menarik
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Oleh: Muhsin Hariyanto
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
BAB VII Menjaga Sikap Istiqamah.
10 Kunci Sukses mengubah impian menjadi kenyataan dream will be come true Helmi Mubarok.
AKHLAK TERPUJI: OPTIMIS – IKHTIAR – TAWAKKAL
AL QUR’AN SOLUSI SEMUA PROBLEMA
Surah As-Syarh Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
Modul: Tafsir KBD.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِلِقَاءِ اللَّهِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءَتْهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً قَالُوا يَا حَسْرَتَنَا عَلَىٰ مَا فَرَّطْنَا فِيهَا.
Ketegaran Hidup Sang Raja Koran
ETOS KERJA DALAM ISLAM 1. keutamaan kerja 2. karakter Rasul dalam bekerja 3.syarat-syarat mendapatkan syurga dalam bekerja 4.norma-norma etika dalam bekerja.
Transcript presentasi:

MOTIVASI AL-QUR’AN QS. AL-INSYIRAH Rian Hidayat, S.Pd.I

Surat Al-Insyirah Surat al-Insyirah terdiri dari 8 ayat. Termasuk surat Makkiyah dan diturunkan setelah surat Ad-Duha. Surat ini banyak memiliki nama, antara lain: Al-Insyirah, Alam Nasyrah, Asy-Syarth.

Surat Al-Insyirah 1,2

Terjemah 1. Bukankah kami Telah melapangkan untukmu dadamu?, 2. Dan kami Telah menghilangkan daripadamu bebanmu, 3. Yang memberatkan punggungmu? 4. Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, 5. Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, 6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 7. Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain 8. Dan Hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

dadamu bagimu bukankah Kami telah melapangkan bebanmu Dari (pundak)mu Dan Kami mengangkat

yang punggungmu Telah memberatkan Sebutan kamu untukmu Dan meninggikan

Tetaplah tabah bekerja keras Engkau sudah bebas Maka jika bersama Ada kemudahan Karena sesungguhnya kesulitan

Tujuanmu semata Dan kepada Tuhanmu

Terjemah Ulang 1. Bukankah kami Telah melapangkan untukmu dadamu?, 2. Dan kami Telah menghilangkan daripadamu bebanmu, 3. Yang memberatkan punggungmu? 4. Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, 5. Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, 6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 7. Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain 8. Dan Hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

TAJWID

Tafsir Al-Insyirah

Syaraha berarti 'membukakan, menyingkapkan, menjelaskan, menerangkan atau menampakkan,' dan 'melapangkan'. Syarahajuga berarti 'memotong'. Dalam dunia bedah, kata tasyrih berarti pemotongan. Shadara berarti 'kembali dari pengairan, melanjutkan, memancar, keluar', dan shadr adalah 'dada, atau peti'. Jika seseorang mengatakan ia ingin 'mengambil sesuatu dari dadanya', maka sesuatu ini, tentu saja, bukan obyek fisik. Melainkan, sesuatu yang sudah ia kenakan sendiri pada dirinya, sehingga ia merasa terhimpit atau terbebani, seolah-olah ia tidak bisa lagi bernapas dengan bebas. Dengan melepaskan diri dari beban ini, dengan 'melapangkan' diri, maka yang jauh menjadi dekat dan yang sulit menjadi mudah. Syarh (uraian terperinci, penjelasan) yang utama adalah berupa pengetahuan, penyaksian langsung bahwa yang ada hanyalah Allah. Itulah syarh yang terakhir; tidak ada apa-apa di luar itu. Tidak ada kelegaan di luar penyaksian langsung. Meskipun ayat ini ditujukan kepada Nabi, namun ia berlaku kepada semua orang. Beban kebodohan digantikan dengan beban kenabian, tapi beban tersebut menjadi ringan karena berbagai rahasia alam semesta telah diungkapkan kepadanya.

Wazara, akar dari wizr (beban, muatan berat), adalah 'memikul atau menanggung (suatu beban)'. Maksud ayat ini adalah bahwa kita dibebaskan dari tanggung jawab apa pun selain daripada sebagai hamba Pencipta kita. Jika kita sungguh-sungguh memahami penghambaan, maka kita tidak lagi terbebani seperti sebelumnya tapi kita malah hanya melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban kepada Allah, tanpa menambah beban lagi kepada diri kita.

Ada di antara kita yang nampaknya memikul beban berat, meskipun sebenarnya, tidak ada beban yang bersifat permanen. Jika kita selalu ingat akan Allah (zikrullah), sadar bahwa pada suatu saat napas kita bisa berhenti, dan bahwa kita akan segera kembali menjadi debu, maka kita pun akan sadar bahwa yang dapat kita lakukan saat ini hanyalah menghamba dan berusaha berbuat sebaik-baiknya. Tidak ada yang harus kita lakukan selain dari itu. Secara tidak sengaja mungkin kita telah mengundang kesulitan di dunia ini, namun kesulitan dunia ini tetap akan datang dan menemukan kita.

Ini berkenaan dengan zikir lahiriah Nabi Ini berkenaan dengan zikir lahiriah Nabi. Kita tidak bisa melakukan zikir lahiriah yang lebih tinggi dari Nama Allah. Zikir batiniah Nabi merupakan kesadaran beliau yang tak henti-henti, berkesinambungan, dan tidak terputus terhadap Penciptanya. Zikir Nabi terhadap Penciptanya memiliki kedudukan paling tinggi karena di antara ciptaan Allah beliaulah yang paling dekat kepada-Nya. Ketika Nabi berzikir, zikimya diangkat lebih tinggi sehingga zikir Nabi berada di urutan paling tinggi; kehidupannya sendiri merupakan zikrullah.

Dua ayat ini memberikan penjelasan khusus mengenai 'sang' kesulitan, yakni 'bersama kesulitan ada kemudahan', yang menunjukkan bahwa hanya ada satu kesulitan. Ini berarti bahwa pada setiap kesulitan ada dua kemudahan atau solusi. Solusi pertama adalah bahwa kesulitan akan berlalu: ia tidak bisa berlalu dengan sendirinya, tapi akhirnya ia akan berlalu karena lambat laun kita pergi darinya melalui kematian. Solusi kedua adalah bagi pencari sejati; solusinya terletak dalam pengetahuan tentang proses awal terjadinya kesulitan kemudian melihat kesempumaan di dalamnya.

Makna syari’ (lahiriah) dari ayat ini adalah bahwa begitu kita selesai berurusan dengan dunia dan dengan segala tanggung jawab kita di dalamnya, hendaknya kita bersiap-siap untuk mencari pengetahuan langsung tentang Realitas Ilahi. Bila kita sudah menyelesaikan segala kewajiban kita terhadap penciptaan dan terhadap Pencipta kita, maka hendaknya kita berbuat lebih, dan mencurahkan diri kita sepenuhnya.

Ketika kita mempraktikkan hasrat keingintahuan kita, bila kita menginginkan pengetahuan, maka kita akan menjadi pengetahuan, persis sebagaimana kita mempraktikkan kemarahan, maka kita pun akan menjadi kemarahan. Begitu kita meletakkan dasar-dasar yang perlu untuk menunaikan segala kewajiban kita, maka kita pun sah untuk menjadikan Allah sebagai satu-satunya tujuan kita. Bagaimana pun, menunaikan kewajiban kita terlebih dahulu adalah penting, karena, kalau tidak kita akan melaksanakan keinginan untuk melarikan diri.

Jangan Menyerah D’Masiv Menyanyi Bersama Jangan Menyerah D’Masiv 3

Video Motivasi Islami Bangkit

Isi kandungan Penegasan nikmat-nikmat Allah SWT yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Pernyataan Allah Swt, bahwa disamping ada kesulitan ada kemudahan, oleh karenanya supaya tetap melakukan amalan saleh dan bertawakal kepada Allah. Memberi kelapangan dada kepada Nabi Muhammad SAW berupa kekuatan menemukan kebenaran dan kearifan. 6

Kelapangan hati untuk memaafkan kesalahan orang yang berbuat zalim kepadanya serta kekuatan dalam menghadapi gangguan orang lain. Selalu bekerja keras dan berdo’a jika ingin meraih kesuksesan. Maka harus pasrah kepada Allah setelah berusaha. Jika berhasil itu karunia dari Allah, jika gagal pasti ada hikmah dibalik kegagalan maka harus ikhlas menghadapinya. Tidak boleh malas, karena zaman selalu berkembang dan berubah sangat cepat. Kemajuan zaman berkat teknologi akan membawa dampak positif dan negatif. Maka harus bisa menghadapi tantangan ini.

Apabila berhasil dalam menghadapi tantangan maka akan bisa mempengaruhi perubahan tersebut, mulailah sekarang juga dari hal-hal yang kecil. Kalau gagal menghadapi tantangan makan akan hanyut dalam kesulitan, dan kesengsaraan. Allah memberikan banyak nikmat untuk meraih keberhasilan tidak terhitung jumlahnya. Untuk menjadi berhasil biasanya dihadapkan dengan beberapa kesulitan, jangan berputus asa. Pasti ada jalan keuarnya. Jadilah manusia yang dinamis, kreatif, inovatif dan memaknai keberadaannya di dunia. Kalau diam saja maka akan ketinggalan, yang berati kegagalan dalam hidup. Kalau aktif, kreatif, inovatif akan sukses.

7 Yuk Mengaji