Oleh : KH. M. Shiddiq Al Jawi, S.Si, MSI HUKUM JUAL BELI (2) Oleh : KH. M. Shiddiq Al Jawi, S.Si, MSI STEI HAMFARA Yogyakarta 31 Oktober 2013
POKOK BAHASAN 1. BEBERAPA KAIDAH FIKIH TERKAIT JUAL BELI 2. MACAM-MACAM JUAL BELI 3. JUAL BELI SALAM & ISTISHNA' 4. JUAL BELI BUAH YANG MASIH ADA DI POHON
1. BEBERAPA KAIDAH FIKIH TERKAIT JUAL BELI PENGERTIAN KAIDAH FIKIH : القاعدة الفقهية = اَلْحُكْمُ الشَّرْعِيُّ الْكُلِّيُّ الْمُنْطَبِقُ عَلىَ جُزْئِيَّاتِهِ "Kaidah fikih adalah hukum syar'i yang bersifat menyeluruh (kulliy) yang berlaku untuk bagian-bagiannya (juz`iyat).“ Kaidah fiqih = qaidah syar’iyyah = qaidah kulliyah. Kaidah fiqih beda dgn kaidah ushul fiqih (qawaid ushuliyah).
1. BEBERAPA KAIDAH FIKIH TERKAIT JUAL BELI Kaidah fiqih adalah hukum syara’ Sedang kaidah ushul fiqih (qawaid ushuliyah) bukan hukum syara’, melainkan kaidah bahasa Arab untuk mengistinbath (menyimpulkan) hukum syara’. Contoh kaidah ushul fiqih : الأصل في الكلام الحقيقة “Arti asal dari perkataan adalah makna hakiki (sebenarnya).”
1. BEBERAPA KAIDAH FIKIH TERKAIT JUAL BELI كُلُّ مَا حُرِّمَ عَلىَ الْعِبَادِ فَبَيْعُهُ حَرَامٌ "SETIAP APA YANG DIHARAMKAN ATAS HAMBA, MAKA MENJUALBELIKANNYA HARAM.“ KAIDAH 2 : اَلأصْلُ فِي الشُّرُوْطِ فِي الْمُعَامَلاتِ الإبَاحَة "HUKUM ASAL MEMBUAT SYARAT-SYARAT DALAM MUAMALAH ADALAH BOLEH.“
1. BEBERAPA KAIDAH FIKIH TERKAIT JUAL BELI كُلُّ بَيْعٍ اَعَانَ عَلَى مَعْصِيَةٍ حَرَامٌ “SETIAP JUAL BELI YANG MEMBANTU KEMAKSIATAN, HARAM.“ KAIDAH 4 : مَا لا يَتِمُّ الْوَاجِبُ إلا بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ "JIKA SUATU KEWAJIBAN TIDAK TERLAKSANA KECUALI DENGAN SESUATU, MAKA SESUATU ITU WAJIB PULA HUKUMNYA.“
2. MACAM-MACAM JUAL BELI A. MACAM-MACAM JUAL BELI BERDASARKAN BARANG DAGANGAN (MABII') : => 4 MACAM (1) JUAL BELI MUTLAK (al-bai' al-muthlaq) = pertukaran uang (naqd) dgn barang ('ain) . (2) JUAL BELI SALAM (bai'us salam/ بيع السلم ), disebut juga Salaf = jual beli suatu barang yang diserahkan kemudian, dengan uang (tsaman) yang dibayarkan di depan.
2. MACAM-MACAM JUAL BELI (3) JUAL BELI SHOROF (bai'ush shorof) = pertukaran uang (naqd) dengan uang (naqd), baik yang sejenis (misal rupiah dg rupiah) maupun yang beda jenis (misal rupiah dg dolar AS). NB : jika sejenis, disyaratkan mumatsalah (nilainya sama) dan taqabudh (kontan). Jika beda jenis, syaratnya 1 saja, yaitu taqabudh (kontan). (4) JUAL BELI BARTER (bai'ul muqaayadhah) = pertukaran harta (mal) dengan harta (mal), yang bukan uang.
2. MACAM-MACAM JUAL BELI B. MACAM-MACAM JUAL BELI BERDASARKAN CARA PENENTUAN HARGA => 3 macam : (1) JUAL BELI TAWAR MENAWAR (bai'ul musaawamah) = jual beli tanpa menunjukkan harga pokok (modal). (2) JUAL BELI LELANG (bai'ul muzaayadah) = jual beli dimana penjual menawarkan harga barang di pasar, kemudian para pembeli berlomba menawar dengan harga yang lebih tinggi dari pembeli lainnya, dan penjual menjual kepada pembeli yang menawar dengan harga tertinggi.
2. MACAM-MACAM JUAL BELI (3) JUAL BELI AMANAH (bai'ul amaanah) = jual beli yang harganya sama dengan modal, atau lebih, atau kurang dari modal, ada 3 macam : (3.1) JUAL BELI MURABAHAH = jual beli pada harga modal, dengan tambahan harga tertentu, yang disepakati kedua pihak. (3.2) JUAL BELI TAULIYAH = jual beli dengan harga modal, tidak kurang dan tidak lebih dari itu. (3.3) JUAL BELI WADHI'AH = jual beli dengan harga yang kurang dari modal.
2. MACAM-MACAM JUAL BELI C. MACAM-MACAM JUAL BELI BERDASARKAN CARA PENYERAHAN HARGA (UANG) => 4 macam : (1) JUAL BELI DGN HARGA KONTAN (bai'u munjiz ats-tsaman), disebut juga bai'u an-naqd atau bai'u ats-tsaman al-haal = yaitu jual beli yang mensyaratkan pembayaran harga di depan (kontan). (2) JUAL BELI DGN HARGA BERTEMPO (bai'u mu`ajjal ats-tsaman) (بيع مؤجل الثمن) = jual beli yang mensyaratkan pembayaran harga kemudian (tidak kontan).
2. MACAM-MACAM JUAL BELI (3) JUAL BELI DGN PENYERAHAN BARANG KEMUDIAN (bai'u mu`ajjal al-matsman) (بيع مؤجل المثمن ) = jual beli dengan penyerahan barang kemudian, contohnya : jual beli salam dan istishna‘. (4) JUAL BELI DGN PENYERAHAN HARGA DAN BARANG KEMUDIAN (bai'u mu`ajjal al – 'iwadhoin) (بيع مؤجل العوضين) = jual beli dengan penyerahan barang dan uang kemudian. Yg ini hukumnya haram. (Lihat : Shalah Ash-Shawi & Abdullah Mushlih, Maa Laa Yasa'u At-Tajiru Jahlahu, h. 80-dst; Abdur Rouf Hamzah, Al-Bai' fi Al-Fiqh Al-Islami. 14-dst)
3. JUAL BELI SALAM PENGERTIAN : اَلسَّلَمْ هُوَ بَيْعُ شَيْءٍ مَوْصُوْفٍ فِي الذِّمَّةِ اِلَى اَجَلٍ بِشَيْءٍ مُعَجَّلٍ "SALAM ADALAH MENJUAL SUATU BARANG YANG DIJELASKAN SIFATNYA DALAM TANGGUNGAN (TIDAK HADIR) HINGGA TEMPO TERTENTU DENGAN HARGA YANG DIBAYARKAN DI DEPAN.“ SALAM HUKUMNYA BOLEH. MERUPAKAN PERKECUALIAN (ISTITSNA`) DARI MENJUAL SESUATU YANG TIDAK DIMILIKI YG DILARANG BERDASARKAN HADIS : لا تبع ما ليس عندك "JANGANLAH KAMU MENJUAL APA YANG TIDAK ADA DI SISIMU." (HR KHAMSAH, SAHIH)
3. JUAL BELI SALAM DALIL BOLEHNYA SALAM : مَنْ اَسْلَمَ فَلْيُسْلِمْ فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ وَوَزْنٍ مَعْلُوْمٍ اِلَى اَجَلٍ مَعْلُوْمٍ "BARANGSIAPA MELAKUKAN SALAM, HENDAKLAH DIA MELAKUKAN SALAM PADA TAKARAN YANG DIKETAHUI DAN TIMBANGAN YANG DIKETAHUI, HINGGA TEMPO YANG DIKETAHUI." (HR BUKHARI)
SYARAT-SYARAT SAH SALAM : 3. JUAL BELI SALAM SYARAT-SYARAT SAH SALAM : SYARAT PADA BARANG OBJEK SALAM (MUSLAM FIIHI) => 3 syarat : 1. BARANG OBJEK SALAM HARUS DIKETAHUI DGN JELAS (MA'LUM) SIFATNYA (TAKARAN ATAU TIMBANGANNYA). MISAL : SATUANNYA HARUS JELAS BERAPA KILOGRAM, ATAU BERAPA TON, DSB. 2. BARANGNYA TERMASUK BARANG YANG DIHITUNG, DITAKAR, DITIMBANG. Contoh : gula, beras, dll. Tidak boleh salam pada br yg tak dihitung, ditakar, ditimbang, mis : tanah, bangunan, mobil, dsb.
3. BARANGNYA DIJUAL SECARA BERTEMPO (ILA AJAL) (DISERAHKAN KEMUDIAN) 3. JUAL BELI SALAM 3. BARANGNYA DIJUAL SECARA BERTEMPO (ILA AJAL) (DISERAHKAN KEMUDIAN) SYARAT2 HARGA (RO`SUL MAL) => 3 syarat : 1. HARGANYA HARUS JELAS DIKETAHUI (MA'LUM) 2. HARGANYA HARUS DISERAHKAN DI DEPAN (DI MAJELIS AKAD) 3. HARGANYA TIDAK MENGALAMI GHABAN FAHISY (JAUH LEBIH TINGGI/RENDAH DARI HARGA PASAR)
3. JUAL BELI ISTISHNA’ PENGERTIAN : الإستصناع هو عقد على مبيع في الذمة شُرِطَ فيه العملُ على وجهٍ مخصوصٍ بثمنٍ معلومٍ 'ISTISHNA' = AKAD ATAS SUATU BARANG DALAM TANGGUNGAN (TIDAK HADIR/TAK ADA) YANG MENSYARATKAN PEKERJAAN [pembuatan barang], MENURUT CARA TERTENTU, DENGAN HARGA TERTENTU.”
3. JUAL BELI ISTISHNA’ DALIL KEMUBAHANNYA : أن النبيَّ صلى الله عليه وسلم طَلَبَ من المرأةِ أَنْ تَأمُرَ غُلامَهَا بِصُنْعِ الْمِنْبَرِ “BHW NABI SAW PERNAH MEMERINTAHKAN SEORANG WANITA, AGAR BUDAK LAKI-LAKINYA MEMBUATKAN MIMBAR BAGI NABI SAW." (HR BUKHARI)
3. JUAL BELI ISTISHNA’ APAKAH ISTISHNA' TERMASUK JUAL BELI ATAU TERMASUK IJARAH ? 1. JIKA BAHANNYA BERASAL DARI SHANI' (PEMBUAT BARANG), MAKA TERMASUK JUAL BELI. 2. JIKA BAHANNYA BERASAL DARI MUSTASHNI' (YANG MINTA DIBUATKAN BARANG), MAKA TERMASUK IJARAH. JIKA TERMASUK JUAL BELI, APAKAH TERMASUK SALAM? 1. MENURUT MAZHAB HANAFI => ISTISHNA' MERUPAKAN AKAD TERSENDIRI. 2. MENURUT MAZHAB JUMHUR (MALIKI, SYAFII, HAMBALI) => ISTISHNA' TERMASUK JUAL BELI SALAM.
3. JUAL BELI ISTISHNA’ Menurut Syaikh Ziyad Ghazal, akad istishna’ tidak termasuk jual beli salam. Tetapi merupakan jual beli tersendiri (mustaqil), seperti halnya jual beli lainnya yang bersifat khusus, misalnya jual beli salam, dan jual beli sharaf. Istishna’ mempunyai hukum-hukum dan syarat-syarat khusus. (Ziyad Ghazal, Masyru’ Qanun Al Buyu’, hlm. 90-91)
3. SYARAT-SYARAT JUAL BELI ISTISHNA’ SYARAT PADA MASHNU’ (BARANG YG DIBUAT) => 3 syarat : (1) harus dijelaskan sifat-sifatnya secara jelas, yang dapat membedakan nilainya dengan nilai barang lainnya. (2) harus termasuk materi yang memungkinkan terjadinya proses shina’ah / istishna’ (pengolahan bahan mentah) (3) bahan mentahnya harus berasal dari pembuat (shaani’) (Ziyad Ghazal, Masyru’ Qanun Al Buyu’, hlm. 91-92)
3. SYARAT-SYARAT JUAL BELI ISTISHNA’ SYARAT PADA HARGA (TSAMAN) Harga harus diketahui secara jelas (ma’luum) Boleh harga dibayar belakangan (mu`ajjal) ( مؤجل). Tidak disyaratkan harga dibayar di depan seperti jual beli salam (bai’us salam) Dalil bolehnya pembayaran di belakang adalah hadits Nabi SAW (hadits taqriiriy) (Ziyad Ghazal, Masyru’ Qanun Al Buyu’, hlm. 93)
4.JUAL BELI BUAH YANG MASIH DI POHON 1. HUKUMNYA HARAM, JIKA BUAH BERASAL DARI POHON YG TERTENTU DAN BUAHNYA BELUM ADA. INI TERMASUK SALAM YANG TIDAK DIBOLEHKAN. DALIL KEHARAMANNYA : و قد نَهَى رسول الله صلى الله عليه و سلم عن السلم في ثمارِ شَجَرٍ مُعَيَّنٍ "Rasulullah SAW telah melarang jual beli salam pada buah dari pohon tertentu." (Lihat An-Nabhani, Syakhshiyah, 2/299).
4.JUAL BELI BUAH YANG MASIH DI POHON 2. HUKUMNYA BOLEH, JIKA TIDAK DITENTUKAN DARI POHON TERTENTU DAN BUAHNYA BELUM ADA. TERMASUK JUAL BELI SALAM YANG DIBOLEHKAN. 3. HUKUMNYA BOLEH, JIKA BUAHNYA DARI POHON TERTENTU ASALKAN BUAHNYA SUDAH MATANG (SUDAH LAYAK DIMAKAN).
4.JUAL BELI BUAH YANG MASIH DI POHON DALILNYA : ان النبي صلى الله عليه وسلم نَهَى عَنْ بيع الثمر حتى يبدو صَلاحُهُ "Sesungguhnya Nabi SAW melarang jual beli buah (yang ada di pohonnya) hingga nampak kematangannya." (HR Bukhari, Muslim, Ahmad) TAMMAT.
INSYA ALLAH WASSALAM