SEDEKAH ATAS HARTA YANG DICINTAI(3:92)
أنتَ للمـــال إذا أمسكته PENDAHULUAN Judul cerdas, sedekah tidak sebatas ibadah tapi obat dan terapi jiwa. Sebab ia telah melibatkan cinta, itulah tabiat manusia (3:14) Cinta melahirkan cara pandang, mindset terhadap harta (hartaku karena ilmuku, hartaku habis karena sedekah, hartaku milikku terserah aku) Islam mengajarkan konsep kepemilikan harta sebagai titipan (istikhlaf). Bukan sebagai kepemilikan mutlak diri kita Kaidah : أنتَ للمـــال إذا أمسكته وإذا أنفقته فالمال لك Dirimu adalah milik hartamu, jika ia engkau tahan Tetapi jika harta engkau berikan , maka sepenuhnya ia jadi milikmu
TADABBUR AYAT Cermati redaksi surat 59:9, dan 64:16 “dan siapa yang dijaga dirinya dari kekirian, mereka itulah orang-orang yang beruntung” Kesimpulan ayat bahwa sifat kikir berangkat dari jiwa Dalam Quran sifat bakhil disandarkan kepada harta, sedangkan sifat kikir kepada jiwa. Kenapa? Terapi total penyembuhan dari sifat kikir dan bakhil Beda bakhil dan kikir : Bakhil artinya menahan dari memberi sesuatu yang wajib . Kikir adalah menahan dari memberi sesuatu yang wajib dan tamak terhadap apa yang menjadi milik orang lain
SHODAQAH ADALAH TERAPI BAGI JIWA DAN KEFAKIRAN Kikir dan bakhil adalah penyakit jiwa Memohon perlindungan Kesadaran bahwa harta punya hak-hak yang harus ditunaikan, sebab bukan sepenuhnya milik kita Hitung , mana yang lebih banyak : belanjanya orang miskin kepada orang kaya, atau orang kaya kepada orang miskin? إنما تنصرون وترزقون إلا بضغفائكم .... Belajar dari KH Ahmad Dahlan (the power of Al Maun) Redaksi hadits tentang shodaqah yang afdhal selalu menyelisihi apa yang diingankan hawa nafsu kita
SEDEKAH SEBAGAI TERAPI MENTAL DAN KEFAKIRAN KAIDAH PERTAMA Shadaqah bukti keimanan (3:92) Mencermati redaksi Quran dan hadits : sedekah paling utama posisinya selalu berada di antara tarikan jiwa Kualitas sedekah berbeda, tergantung kuatnya iman dan tawakkal hamba 1 dirham yang bisa mengalahkan 100.000 dirham Bahkan separuh gigitan kurma itu bisa menyelematkan dari api neraka Rekening abadi Utsman Bin Affan
Shadaqah atas harta yang dicintai (3:92) KAIDAH KEDUA Shadaqah atas harta yang dicintai (3:92) Cinta adalah tarikan jiwa paling kuat Doa salaf terkait harta Jika harta hanya di tangan, melimpahnya takkan berbahaya, Namun jika harta merasuk jiwa, tangan hampa pun bisa jadi marabahaya Cinta berlebih menganggap harta membuatmu kekal Antara Abu Bakar Shiddiq (emir Qathar) dan Bill Gates
KAIDAH KETIGA Shadaqah Sirriyah (3:92) Tarikan jiwa adalah, saat infak menjadi asuransi popularitas, kalau sekarang namanya elektabilitas Istilah amil dalam zakat Menyembunyikan shadaqah adalah seni beramal tingkat tinggi Zaman dulu cari orang miskin susah ‘iffah (kaya peduli, miskin tau diri) Belajar dari Imam Ali Zainal Abidin
Shadaqah antara sehat dan kikir KAIDAH KETIGA Shadaqah antara sehat dan kikir أن تصدق وأنت صحيح شحيح Jebakan sehat dan kikir , menunda banyak kebaikan Sedekahlah sebelum ia hanya sebagai angan Mintalah afiyah dan dan kekayaan
Shadaqah antara takut miskin dan harapan kaya KAIDAH KEEMPAT Shadaqah antara takut miskin dan harapan kaya أن تصدق وأنت تخشى الفقر وتأمل الغنى Rajin pangkal pandai, hemat pangkal… Ditakut-takuti syetan (2:268 ) Antara anak-anak Abdul Malik Bin Marwan dan Umar Bin Abdul Aziz
Shadaqah saat anda butuh KAIDAH KELIMA Shadaqah saat anda butuh مَا أفضل الصدقة : جهد المقـل Sempit bukan alasan tidak sedekah Sedekah itu saat lapang dan sempit Sedekah bukan hanya harta Kisah tukang becak “gratis” di hari jumat
Tidak berkurang harta yang disedekahkan KAIDAH KEENAM Tidak berkurang harta yang disedekahkan مما نقصت مال من صدقة Matematika sedekah dipahami dengan logika iman Tabiat sedekah yang Yurbii (menumbuhkebangkan) Kisah pemilik kebun yang gagal paham matematika sedekah Kisah Imam Ali ra