Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Pertemuan 9 Cascading Style Sheet (css)
CSS.
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Lutfi Budi Ilmawan Univ. Muslim Indonesia
Pengelolaan Database Lanjutan
Content Provider pada Android
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Mekanisme penyimpan data pada Android
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD DPH3A4 Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD Hanya untuk kepentingan pengajaran di D3 Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Terapan Semester Gasal 2018-2019

Daftar Materi Resources Navigasi (2x) Activity List Layout Style Alert Navigasi (2x) List Shared Preferences SQLite Jaringan/Akses HTTP

Daftar Penilaian Assessment 1: 30% Assessment 2: 30% Assessment 3: 30% Tugas: 10% Sumber: https://developer.android.com/

Bundle-Onsavedinstancestate Note: Materi ini adalah materi tambahan yang perlu dipahami

Bundle Secara umum, Bundles digunakan untuk mengirimkan data antar activity pada aplikasi Android. Penggunaannya seperti put pada Intent. Bundle juga dapat digunakan untuk me-restore data ketika terjadi perubahan konfigurasi. Contoh: perubahan orientasi layer smartphone.

Contoh Penggunaan (Restore data)

public class MainActivity extends AppCompatActivity { …//declare element @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); …//findViewById } protected void onSaveInstanceState(Bundle outState) { super.onSaveInstanceState(outState); outState.putString("first_name",etFirstName.getText().toString()); outState.putString("last_name",etLastName.getText().toString()); outState.putString("email",etEmail.getText().toString()); outState.putString("comment",etComment.getText().toString()); protected void onRestoreInstanceState(Bundle savedInstanceState) { super.onRestoreInstanceState(savedInstanceState); etFirstName.setText(savedInstanceState.getString("first_name")); etLastName.setText(savedInstanceState.getString("last_name")); etEmail.setText(savedInstanceState.getString("email")); etComment.setText(savedInstanceState.getString("comment"));

Latihan Bundle

Latihan: Buatlah sebuah aplikasi dengan tampilan di samping (mengandung 1 activity saja). Pastikan value setiap edit text hilang saat orientasi diubah (secara default, hal ini bias saja tidak terjadi). Setelah memastikan terdapat value yang hilang saat berubah konfigurasi, pastikan nilai tetap tersimpan dengan meng-override onSaveInstanceState & onRestoreInstanceState Note: Tambahkan android:saveEnabled="false“ pada saat membuat edit text Gunakan onPause & onResume untuk menyimpan/mengembalikan persistent state

Minggu 8: Style & Alert Style, Toast, Notification, Dialog Oleh: <pramukoaji@tass.telkomuniversity.ac.id>

Style Padding dan margin, Style, State button

Padding - Margin

Jarak: Margin VS Padding Memberikan jarak antar komponen yang muncul, dapat diatur dengan: Margin Padding Margin  android:layout_margin Padding  android:padding Margin memberikan jarak, dengan acuan pengaturan dari view parent Padding memberikan jarak, dengan acuan pengaturan dari komponen

Jarak: Margin VS Padding

Kode <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout …… > <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="D3MI-40-xx" android:background="@color/colorPrimaryDark" android:padding="16dp" android:textColor="#FFFFFF" /> </LinearLayout> <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout …… > <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="D3MI-40-xx" android:background="@color/colorPrimaryDark" android:layout_margin="16dp" android:textColor="#FFFFFF" /> </LinearLayout>

Style

Style & Theme Memisahkan desain dari konten Style diterapkan pada 1 View Theme berlaku untuk activity atau aplikasi

Style & Theme <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources>     <style name="CodeFont" parent="@android:style/TextAppearance.Medium">         <item name="android:layout_width">fill_parent</item>         <item name="android:layout_height">wrap_content</item>         <item name="android:textColor">#00FF00</item>         <item name="android:typeface">monospace</item>     </style> </resources> <TextView     android:layout_width="match_parent"     android:layout_height="wrap_content"     android:textColor="#00FF00"     android:typeface="monospace"     android:text="@string/hello" /> <TextView     style="@style/CodeFont"     android:text="@string/hello" />

Resource untuk styling XML Bitmap: resource XML yang menunjuk ke satu file bitmap (png, jpg). Lokasi: res/drawable/filename.xml <bitmap     xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"     android:src="@[package:]drawable/drawable_resource"     android:antialias=["true" | "false"]     android:dither=["true" | "false"]     android:filter=["true" | "false"]     android:gravity=["top" | "bottom" | "left" | "right" | "center_vertical" | "fill_vertical" | "center_horizontal" | "fill_horizontal" | "center" | "fill" | "clip_vertical" | "clip_horizontal"]     android:mipMap=["true" | "false"]     android:tileMode=["disabled" | "clamp" | "repeat" | "mirror"] />

Resource untuk styling Nine-patch: file PNG yg diberi tanda tertentu agar dapat dimelarkan jika dimuat dalam View. Biasa digunakan sbg background View yg berdimensi “wrap_content”. Jika View mengembang sesuai isi, nine-patch akan diskalakan agar sesuai ukuran View. Lokasi: res/drawable/filename.9.png <Button     android:layout_height="wrap_content"     android:layout_width="wrap_content"     android:background="@drawable/myninepatch" />

State Button State list drawable: objek drawable dalam XML yg mendefinisikan beberapa gambar berbeda untuk mewakili citra yg sama, tergantung kondisi objek. Contoh: Button memiliki state pressed, focused Lokasi file: res/drawable/filename.xml

<selector xmlns:android="http://schemas. android     android:constantSize=["true" | "false"]     android:dither=["true" | "false"]     android:variablePadding=["true" | "false"] >     <item android:drawable="@[package:]drawable/drawable_resource"         android:state_pressed=["true" | "false"]         android:state_focused=["true" | "false"]         android:state_hovered=["true" | "false"]         android:state_selected=["true" | "false"]         android:state_checkable=["true" | "false"]         android:state_checked=["true" | "false"]         android:state_enabled=["true" | "false"]         android:state_activated=["true" | "false"]         android:state_window_focused=["true" | "false"] /> </selector> <Button     android:layout_height="wrap_content"     android:layout_width="wrap_content"     android:background="@drawable/button" /> <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <selector xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">     <item android:state_pressed="true"           android:drawable="@drawable/button_pressed" /> <!-- pressed -->     <item android:state_focused="true"           android:drawable="@drawable/button_focused" /> <!-- focused -->     <item android:state_hovered="true"           android:drawable="@drawable/button_focused" /> <!-- hovered -->     <item android:drawable="@drawable/button_normal" /> <!-- default --> </selector>

Latihan

Latihan: Buatlah sebuah tampilan aplikasi seperti di samping dengan menggunakan layout. Untuk button, warna background/latar berubah menjadi biru ketika ditekan.

Alert Toast, Notification, & Dialog

Alert Alert menyediakan pesan singkat kepada pengguna di luar UI utama aplikasi. Dapat berupa: jendela overlay (Toast) kotak dialog (AlertDialog) Notifikasi di balok atas layar

Toast

Contoh Toast Toast toast = Toast.makeText(this, R.string.alamat_pt, Toast.LENGTH_LONG); toast.show();

Dialog

Contoh Dialog AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder(this); builder.setMessage("Yakin akan keluar?") .setCancelable(false) .setPositiveButton("Ya", new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog, int id) { MyActivity.this.finish(); } }) .setNegativeButton("Tidak", new DialogInterface.OnClickListener() { dialog.cancel(); }); AlertDialog alert = builder.create();

Latihan

Buatlah sebuah penggunaan dialog melalui button (kiri), Dan custom dialog (kanan)… sesuai dengan yang dicontohkan di kelas.

Notification

Beberapa kode ada yang deprecated. String contentText = "Isi notifikasi"; NotificationCompat.Builder builder = new NotificationCompat.Builder(this) .setSmallIcon(R.mipmap.ic_launcher) .setContentTitle("Contoh notifikasi") .setContentText(contentText); Intent resultIntent = new Intent(this, SecondActivity.class); PendingIntent resultPendingIntent = PendingIntent.getActivity( this, 0, resultIntent, PendingIntent.FLAG_UPDATE_CURRENT ); builder.setContentIntent(resultPendingIntent); NotificationManager mNotifyMgr = (NotificationManager) getSystemService(NOTIFICATION_SERVICE); mNotifyMgr.notify(HELLO_ID, builder.build()); Beberapa kode ada yang deprecated. Perhatikan penjelasan di kelas praktikum Tentang Android O. https://www.kisscc0.com/clipart/computer-icons-symbol-warning-sign-emoticon-downlo-9mc4ku/download-48-48-svg.html

Latihan

Buatlah sebuah activity dengan button, yang mengaktifkan notification seperti yang dicontohkan di kelas.

End of Slide