ACTION SCRIPT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 8. 2  JavaScript dikembangkan pertama kali pada tahun 1995 di Netscape Communications dgn nama LiveScript.  Hasil kolaborasi antara Netscape.
Advertisements

Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Dasar Penggunaan Flash Macromedia
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
M.K. Pemrograman Web (AK )
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Metode Animasi & Action Script
Pengenalan Program Macromedia Flash
DISAJIKAN OLEH : Kelompok : Dini Purwanti Gina Purnama Rachmah Atiah
Team Pemrograman I AMIK MBP
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL)
MATA KULIAH :DESAIN WEB
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
MICROSOFT OFFICE EXCEL
POSISI DI DEPAN KOMPUTER
Pemograman 1 Pertemuan 14.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Keyboard Cara memasang keyboard:
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
SISTEM OPERASI WINDOWS
POWER POINT.
Fransiska Prihatini Sihotang, S. SI
Pengenalan Powerpoint
Tutorial Power Point 2007 Ketik_nama_anda HAL 1 HAL 2 HAL 3 HAL 4
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
Pertemuan 7 P ENGENALAN P OWERPOINT. M ENEMPATKAN O BJEK G AMBAR ATAU F OTO DENGAN P ERINTAH I NSERT P ICTURE 1. Tempatkan titik sisip atau penunjuk sel.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
PEMOGRAMAN 1 Pertemuan 2. TOOLBOX Toolbox adalah sebuah “kotak peranti” yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu.
PENGENALAN MACRO Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang dilakukan pada program.
Area Kerja Macromedia Flash 8
Sekilas Impress Open Office.org.
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
FLASH DAN ACTION SCRIPT Ricky Perdana Riyanto. Action Script  Action Script adalah bahasa pemrograman yang di pakai oleh software Flash untuk mengendalikan.
MENGOLAH SEL, KOLOM DAN BARIS
PROPERTY, METHOD DAN EVENT
Animasi Banner dengan Flash
Produksi 3D untuk Desainer
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
KONSEP DASAR ANIMASI Persiapan Perancangan
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2009
Hyperlink & Form Pertemuan 11
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
GUI Event Handling Sussi.
Hyperlink and Form Session 10 & 11
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
KEYBOARD.
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
BEKERJA DENGAN EXCELL.
Fungsi CTRL Microsoft Word
Animasi Banner dengan Flash
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) pertemuan 11 Oleh : L1153 Halim Agung,S.Kom Thursday, January 03, 2019.
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

ACTION SCRIPT

Action Script Kelebihan dari flash adalah interaktivitas terhadap suatu objek. Dalam membangun interaktivitas tersebut digunakan perintah- perintah maupun program yang disebut Action Script. Tiga komponen penting dalam actionscript: Event (Kejadian) : merupakan peristiwa yang terjadi untuk memicu sebuah aksi pada objek. Action : merupakan Aksi yang diberikan pada suatu objek. Target : merupakan objek yang dikenai oleh aksi.

1. Event Mouse Event Keyboard Event Frame event Movie Clip Event

a. Mouse Event/ Button Actions On (press) : Keadaan yang terjadi ketika user meletakkan pointer pada tombol dan menekan tombol mouse. On (release) : Ketika user meletakkan pointer pada tombol, menekan tombol dan melepaskannya. On (releaseOutside) : Ketika menekan tombol dan melepaskannya diluar area tombol. on (rollOver) : Ketika user menggerakkan pointer ke area tombol On (rollOut) : Ketika user menggerakan pointer ke area tombol dan kemudian bergerak keluar area tombol On (dragOver) : ketika user menekan tombol kemudian mendrag keluar dan memasukkan kembali ke area tombol. On (dragOut) : Ketika user menekan tombol dan mendrag keluar area tombol.

b. Keyboard Event Keyboard Event akan terjadi ketika user menekan sebuah tombol karakter, angka,tombol fungsi (F1-F12), simbol (#,$,&, dll), tombol panah dan tombol lainnya (Insert, home, PgDown, dll). Dalam keyboard Event ini berlaku Case Sensitive, yaitu membedakan huruf besar dan huruf kecil.

c. Frame Event Frame event merupakan event yang diletakkan pada keyframe. Kegunaan dari event ini adalah bahwa action yang diberikan didasarkan atas satuan waktu. Misalnya suatu movie clip akan diberi action stop setelah 2 detik, maka diberikan action stop pada frame ke-24 (secara standar, 1 detik ditandai dengan 12 frame).

d. Movie Clip Event Movie clip event merupakan event yang disertakan pada suatu movie clip atau instan movie clip yang akan terjadi ketika sesuatu relasi terjadi pada movie clip. Jenis movie clip event : onClipEvent(load): terjadi pada saat tampilan pertama kali sebuah instan movie clip. onClipEvent(enterFrame) : terjadi setiap waktu pada saat timeline movie clip memasuki sebuah frame baru. onClipEvent(unLoad) : terjadi ketika timeline mencapai frame kosong pertama dalam instan movie clip.

onClipEvent(mouseDown): terjadi ketika tombol mouse kiri ditekan pada jendela movie selama sebuah movie clip yang mengandung event tersebut dijalankan. onClipEvent(mouseUp): terjadi ketika user melepaskan tombol mouse disembarang tempat dalam jendela movie sewaktu movie clip yang diberi action dijalankan. onClipEvent(mouseMove) : event ini setiap kali melalui pixel-pixel dalam jendela movie yang disebabkan pergerakan mouse sewaktu movie clip yang diberi event ini dijalankan. onClipEvent(keyDown) : terjadi ketika user menekan sembarang tombol pada keyboard sewaktu movie clip yang diberi event ini berjalan dalam jendela flash. onClipEvent(keyUp) : terjadi ketika user melepaskan suatu tombol pada keyboard sewaktu movie clip yang diberi event ini berjalan dalam jendela movie.

2. TARGET Event akan mengontrol tiga target/objek utama : Movie yang sedang aktif (current movie) Movie lain seperti instan movie clip Aplikasi luar seperti browser

3. ACTION Pemberian Action adalah langkah yang terakhir dalam membuat interaktivitas. Contoh beberapa actio dasar : GoTo : menyebabkan sebuah movie menjalankan frame tertentu atau scene tertentu. Action ini biasanya digunakan untuk navigasi atau hyperlink. Play : menyebabkan sebuah movie mulai dijalankan pada posisi yang ditentukan pada timeline. Stop : menyebabkan sebuah movie berhenti. Stop All Sound : menyebabkan semua sound yang djalankan pada timeline berhenti. Get URL : menyebabkan terbukanya jendela browser dengan memaanggil alamat URLnya.

7. FS Command : menyebabkan pengiriman data ke aplikasi pada movie flash seperti browser, proyektor dll. 8. Load Movie : digunakan untuk membuka/mengaktifkan sebuah movie flash pda sebuah alamat URL yang ditentukn dalam movie flash yang lain. 9. Unload Movie : digunakan untuk menonaktifkan movie yang sedang aktif sebelumnya. 10. Tell Target : digunakan untuk mengontrol sebuah movie clip yang berada diluar movie utama. 11. onMouse Event : digunakan untuk memberi event mouse pada suatu target sehingga ketika terpicu maka suatu action akan dijalankan.