Metode Animasi & Action Script

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Dasar Penggunaan Flash Macromedia
ACTION SCRIPT.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Penuntun Kelas VIII Semester 2
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
DISAJIKAN OLEH : Kelompok : Dini Purwanti Gina Purnama Rachmah Atiah
Variasi Animasi dalam Flash
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Interaktive Presentation Berbasis Windows Kelompok 6 : Yani Dyah Rachmadyanti Chanya Paripurastu Sasongko Fiska Nurzahra.
Animasi Dasar 2.
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
1. Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) debedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual. a. Jelaskan.
1. Secara garis besar pemrograman dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual Pengertian dari Pemrograman konvensional.
Langkah membuat gerak planet
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Macromedia Flash Pro 8.:: Fundamentals Workshop
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Macromedia Flash.
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
Pengertian PV dan PK Pemrograman konvensional adalah perancangan program dimulai dari perencanaan dan mendefinisikan tujuan program, menuliskan kode,
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
FLASH DAN ACTION SCRIPT Ricky Perdana Riyanto. Action Script  Action Script adalah bahasa pemrograman yang di pakai oleh software Flash untuk mengendalikan.
Animasi Banner dengan Flash
Teknik Informatika - UDINUS
Animasi Banner dengan Flash
Produksi 3D untuk Desainer
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
KONSEP DASAR ANIMASI Persiapan Perancangan
Macromedia Flash.
Algoritma dan Pemrograman 2A
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
Algoritma & Pemrograman 1 (Scratch)
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
startDrag( ) hitTest( )
Pembuatan Animasi 2 Dimensi SMK Negeri 11 Bandung Sutarsa, S.Pd.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Metode Animasi & Action Script

Metode Animasi Motion Tween adalah gerakan dari suatu objek dalam flash dengan mengubah nilai dari property yang sama pada setiap frame Motion Guide adalah metode animasi yang digunakan untuk menggerakkan obyek sesuai dengan jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis sebagai pemandu

Motion shape adalah sebuah animasi atau pergerakan objek dimana bentuk dari objek yang dianimasikan akan berubah dari titik awal menuju titik akhir sesuai dengan yang kita tentukan. Atau Motion Shape adalah metode animasi yang digunakan untuk membuat animasi yang bisa berubah bentuk

Frame by frame adalah animasi yang di buat hanya dengan menggunakan berbagai frame dalam satu layer ataupun antar layer. Atau Frame by frame adalah animasi obyek flash yang dibuat dengan membuat obyek yang berbeda (bentuk, ukuran, warna, letak) pada setiap framenya

Langkah – langkah membuat animasi dengan berbagai metode animasi diatas, sudah ada dalam rangkuman/modul ujian sekolah praktik.

Symbol GRAPHIC Graphic adalah salah satu type symbol yang fungsinya sama dengan movie clip hanya saja graphic tidak bisa dimasuki actionscript. 2. BUTTON Button adalah salah satu type dari symbol yang digunakan untuk membuat tombol di flash. Button juga dapat digunakan untuk animasi tween, masking, guide dan actionscript.

Symbol 3. Movie clip Movie clip adalah salah satu type dari symbol yang digunakan untuk membuat objek agar dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide. selain itu dengan dijadikannya suatu objek menjadi movie clip maka objek tersebut dapat di beri actionscript.

Langkah – langkah membuat animasi dengan simbol sudah ada dalam rangkuman/modul ujian sekolah praktik.

Action Script Action script adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam flash. Dengan action script kita dapat membuat animasi yang interaktif. Jenis berdasarkan letak Script, ActionScript dalam flash dibagi menjadi 3, yaitu: 1. ActionScript pada frame ActionScript pada frame adalah Actionscript yang diletakan pada frame, atau juga sering disebut FrameScript. FrameScript ini hanya bisa dilakukan pada keyframe atau blankkeyframe.untuk melihat frame yang telah diberikan script terdapat tanda berupahurup 'a' kecil yang menandakan keberadaan sebuah Script.

2. ActionScript pada MovieClip ActionScript yang diletakan pada MovieClip sering disebut MovieScript. yang harus diingat adalah untuk membuat movieScript tentunya harus ada MovieClip tempat kita meletakan ActionScript tersebut. MovieClip memiliki bahasa (syntax) sebagai berikut. onClipEvent (event) { perintah } Arti syntax movieScript diatas adalah : Kata 'onClipEvent' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieCliptempat diletakannya Script. kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada movieClip tersebut.sebenarnya Event di MovieClip ada 9 diantaranya :load, enterFrame, unload, Mouse up, Mouse Down,Key down, Key up, dan data.Namun diantara semua itu yang sering digunakan yaitu load dan enter Frame. Kata 'perintah' menunjukan perintah yang dapat diberikan pada MovieClip.

3. ActionScript pada Button Hal yang perlu diingat yaitu ActionScript pada button tentunya harus ada Button tempat meletakanActionScript tersebut.Secara umum syntax yang digunakan dalam penulisan ActionScript pada Button hampir sama dengan penulisan MovieScript. Perhatikan syntax berikut ini:   on (event) { perintah } Arti syntax movieScript diatas adalah : Kata 'on' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieClip tempat diletakannya scriptdan ini merupakan syarat utama untuk Script yang digunakan pada Button. Kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada Button tersebut. ada 7 event yang terdapat pada buttonyaitu press, release, rollOver, rollOut, dragOver, dragOut, dan keypress. Meski demikian hanya dua event yang sering digunakan yaitu press dan release.

Latihan Action Script Tulis langkah membuat animasi dengan symbol button! Apa kegunaan kode action script “gotoAndPlay(5);” Apa kegunaan kode action script “gotoAndStop(5);”