Workshop Developing Android Apps

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Android simulator tutorial.
•cout
PERTEMUAN 2 PEMROGRAMAN API Pengenalan API mudafiqriyan.com.
Mengenal Google Analytics
SISTEM OPERASI Pertemuan II.
Lebar Layar Dinamis 1 HTML
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
Pemrograman Aplikasi Bergerak
- PERTEMUAN 1 - PENGANTAR DAN INSTALASI JAVA BAHASA PEMROGRAMAN.
Instalasi Android Mobil Computing Android Esa Unggul.
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
MENANGANI aplikasi perangkat lunak
Instalasi Windows 7 menggunakan Virtual Box
Enumerasi, Images & Table
Pengenalan Java.
KKPI KELAS X SEMESTER 1 Standar Kompetensi : Mengoperasikan Sistem Operasi Software Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software pengolah kata.
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 4 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 2 Presented by Mulyono
Instroduksi Pemrograman Android
Mobile Programming Intro Android.
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Pemrograman Perangkat Mobile
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Slide 4 – Mobile Technology
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Pemrograman Mobile Android # 3
Struktur Class Java Android
Materi Agung Brastama Putra.
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Pengenalan Android As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
BLUESTACKS.
ANDROID ACTIVITY.
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Menggunakan parameter pada ireport
MANAJEMEN FILE.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
laporan dengan ireport 3.5.2
Kelompok 4 m.hakim.ch Windu aji Indra wijaya
Pemrograman Perangkat Mobile
Slide 4 – Mobile Technology
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
INSTALASI UBUNTU (DAD)
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Pembahasan Android Framework.
FRAME Pada HTML STMIK – AMIK Jayanusa. A. Frameset dan Frame Frameset adalah sebuah tag untuk pendefenisan pembuatan frame ( ) Frame adalah teknik yang.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Blackberry, Windows Phone, Ios , android
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Workshop Developing Android Apps Dimas Prasetyo Tegar Asmoro, M.Kom. Project Leader Socialfrontpage Dosen STMIK Swadharma & STMIK Jayakarta Jakarta, 28 September 2013 Lokasi : STMIK Nusa Mandiri SOCIAL FRONTPAGE http://www.socialfrontpage.com

Requirement Hardware ( cek kondisi Processor, RAM dan Hard disk , untuk VGA optional saja) Software : - JDK, Android SDK with Eclipse Brainware : Java Skills, Niat dan Semangat

Download Software & Referensi Java Development Kit ( JDK ) : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloa ds/index.html Android SDK dan Referensi Code :

Start Using Eclipse Copy Folder Android ( pastikan sesuai 64 atau 32 bit OS yang anda gunakan ? ), Paste di C:/. Kemudian, masuk ke folder C:/Android/eclipse buka eclipse Buat Android Virtual Device ( Sesuaikan hardware PC anda )

Fokus Pembelajaran Awal Mengenal Folder Project Android : layout,src, dsb. Mengatur tampilan layout Mengenal Activity Mengenal Intent Untuk Pindah Activity

Folder dan tampilan Taruh kebutuhan image untuk apps di folder res drawable dengan memperhatikan : ukuran dan penamaan.nama tanpa spasi.

Layout Linear : baris satu per satu : orientasi,fill model,gravity dan padding Relative : posisi saling terhubung satu sama lain ataupun dengan parentnya. Table : bentuk baris dan kolom :<table layout><tablerow>

Mengatur Tampilan

Mengenal Activity Active/running  Atas Stack Pause  tidak dipakai pada saat tertentu Stopped  tidak dipakai diganti dengan activity lain Restart  jika stopped/pause kemudian diulang dari awal

Siklus Activity Entire Lifetime : onCreate sampai dengan onDestroy Visible lifetime : onCreate sampai onStop Foreground lifetime : antara onResume sampai onPause.

Siklus Activity

Mengenal Events

Penjelasan Events

Buat Activity Kedua Buat activity baru dengan nama : HalamanKedua

Mengenal Intent Untuk Pindah Activity

Tambah Button di MainActivity Tambahkan button di mainactivity untuk pindah ke halaman kedua

Tambahkan di MainActivity.Java