BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN 1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
Advertisements

Iman Kepada Rasul Allah SWT
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
AL-QUR’AN : ANTAR YANG AURAL DAN KANONIK PRESENTED : AHMAD HOERUDDIN HAMBYAH FAUZI HASBIALLAH MUHAMMAD DEDES TRIYA ANDANI.
II Pengertian Al-Qur’an
V SEJARAH AL-QUR'AN A. Pemeliharaan al-Qur'an Masa Nabi
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
MU’JIZAT AL-QURAN.
Nuzulul Qur’an dan Qadifikasi Al-Qur’an
ALQUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
Tekan tombol “F5” atau Tombol slide show jika di Microsoft PowerPoint Click to Continue… Firman Allah: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu.
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
Hadits Rasulullah SAW, yaitu:
SERTIFIKASI 1 PENGANTAR AKHLAQ.
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
SUMBER HUKUM ISLAM. PENGERTIAN SUMBER: ASAL SESUATU (KAMUS PURWODARMINTO) SUMBER HUKUM ISLAM: TEMPAT ASAL/PENGAMBILAN HUKUM ISLAM.
As-Sunah yang memuat Sunnah Rasulullah
III TURUNNYA AL-QUR'AN Al-Qur’an diturunkan dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari, yaitu mulai dari malam 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi sampai.
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
BAB II IMAN DAN TAQWA.
AL QUR`AN, AS SUNNAH, IJMA’, & QIYAS
Solihat Loading... Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang baik www. Solihat wordpress.com Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang.
AQIDAH UNIT 5 Kelas Bimbingan Dewasa.
SUMBER HUKUM ISLAM DAN HUKUM ISLAM DISUSUN OLEH CHAIRUNNISA
Sumber hukum islam.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Al-Qur’an Kelompok 6.
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
SUMBER HUKUM ISLAM OLEH : MISWAN. S.Ag.,S.Kom.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
SISTIMATIKA AL-QUR’AN
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
CREATED BY: MARETTA DANIATY
E-ALQUR’AN HADITS KELAS XI Sulaiman, S.Sos.I
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
MATA KULIAH AGAMA ISLAM
Bab III Iman pada kitab Alloh SWT Kompetensi dasar yang harus dikuasai
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
SEJARAH PEMBUKUAN AL-QUR'AN
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
SUMBER HUKUM ISLAM YANG DISEPAKATI Kelompok 03: 1.M. Rif’an 2.M. Tajul Asrof 3.Ema Dwi Rohmatul Ummah.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
PERKEMBANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKKAH.
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
Transcript presentasi:

BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN

1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS KATA JAMID

PENGERTIAN AL- QUR’AN FIRMAN ALLAH YG DITURUNKAN KE DLM HATI SANUBARI NABI MUHAMMAD SAW BERUPA LAFADZ ARAB DAN MAKNANYA, SEBAGAI BUKTI KENABIAN DAN PEGANGAN HIDUP BAGI MANUSIA, SERTA MEMBACANYA BERNILAI IBADAH.SEMUA FIRMAN ITU TERHIMPUN DI DLM MUSHAF YG DIAWALI DG SURAT AL-FATIHAH DAN DITUTUP DG AN-NAS, DIRIWAYATKAN SECARA MUTAWATIR DARI SATU GENERASI KE GENERASI YG LAIN MELALUI TULISAN DAN LISAN (ABDUL WAHAB KHALLAF)

KitabullahAl-FurqanAl-Hikmah Al-HaqAl-BurhanAl-Bayan KalamullahAl-BasyirAt-Tadzkirah An-NurAl-KitabAsy-Syifa Al-HudaAdz-DzikrAl-Mau’idzah

CARA-CARA PEWAHYUAN 1.Malaikat menampakkan diri sbg laki-laki dan mengucapkan lafadz Al-Qur’an 2.Malaikat memasukkan wahyu ke dalam hati Rasulullah. Rasul merasa wahyu sdh berada dlm kalbunya 3.Wahyu datang kepada Nabi seperti gemerincingnya lonceng

CARA-CARA PEWAHYUAN 4.Malaikat menampakkan dirinya kepada Rasulullah dalam wujud aslinya Dan Sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha (An-Najm: 13-14) 5.Allah SWT membisikkan (menanamkan) sesuatu makna ke dalam hati orang yang Dia kehendaki 6.Allah memperdengarkan perkataan-Nya kepada siapa yg Dia kehendaki tanpa perantara dan tdk menampakkan diri.

P EMELIHARAAN AL-QUR`AN AL-JAM’U FI AS-SHUDUR (DIHAFALKAN)AL-JAM’U FI AS-SHUDUR (DIHAFALKAN) AL-JAM’U FI AS-SHUTHUR (DITULIS)AL-JAM’U FI AS-SHUTHUR (DITULIS) SAHABAT PENULIS AYAT BERJUMLAH 43 ORG. DI ANTARANYA: ABDULLAH BIN ABI SARH, KHULAFAUR RASYIDIN, ZUBAIR BIN AWWAM, ABDULLAH BIN RAWAHAH, ZAID BIN TSABIT, UBAY BIN KA’AB, ABDULLAH BIN MAS’UD, ABU DARDA’, MU’ADZ BIN JABAL DSB.SAHABAT PENULIS AYAT BERJUMLAH 43 ORG. DI ANTARANYA: ABDULLAH BIN ABI SARH, KHULAFAUR RASYIDIN, ZUBAIR BIN AWWAM, ABDULLAH BIN RAWAHAH, ZAID BIN TSABIT, UBAY BIN KA’AB, ABDULLAH BIN MAS’UD, ABU DARDA’, MU’ADZ BIN JABAL DSB.

P ENENTUAN LETAK AYAT BERSIFAT TAUQIFI (BIMBINGAN WAHYU) IMAM AHMAD MERIWAYATKAN DR USMAN BIN ABI AL- ’ASH, DIJELASKAN: JIBRIL MENYURUH NABI MELETAKKAN AYAT BERIKUT DI URUTAN 90 SURAT AN- NAHL:

B UKTI LAIN

1. AYAT 52 ADALAH MAKIYYAH 2. AYAT 53, 54, 55 ADALAH MADANIYYAH 3. AYAT 56 ADALAH MAKIYYAH

H ikmah Al-Qur’an diturunkan berangsur-angsur 1. Mudah dihafal, dipahami, dilaksanakan dan diajarkan 2. Turun sesuai peristiwa lebih mengesankan dan berpengaruh thd jiwa 3. Di antara ayat merupakan jawaban atau reaksi dr suatu pertanyaan dan kejadian 4. Sebagai bukti benar-benar kalamullah yg meskipun diturunkan 22 tahun tdk terjadi saling bertentangan 5. Agar perub adat yg sdh mendarah daging bagi masyarakat jahiliyah tdk begitu terjadi secara frontal

L IMA GARIS BESAR KANDUNGAN AL-QUR’AN 1. AQIDAH 2. SYARI’AT (IBADAH DAN MU’AMALAH) 3. AKHLAK 4. KISAH-KISAH 5. BERITA-BERITA TENTANG MASA DEPAN

P ERBEDAAN AL-QUR’AN DG KITAB LAIN 1. KITAB SUCI LAIN TDK DIKETAHUI BENTUK DAN BACAAN ASLINYA 2. KITAB LAIN BERCAMPUR BAUR DG PERKATAAN MANUSIA 3. DLM KITAB LAIN ADA AYAT YG TDK DIKETAHUI DITURUNKAN UTK SIAPA DAN PADA ZAMAN KAPAN

P ERBEDAAN AL-QUR’AN DG KITAB LAIN 4. BAHASA KITAB LAIN SUDAH TDK DIPAKAI LAGI 5. KITAB LAIN HANYA DITURUNKAN UTK UMAT TERTENTU 6. KITAB LAIN TDK SELENGKAP AL- QUR’AN 7. BANYAK HAL-HAL YG TDK SESUAI DG AKAL