II Pengertian Al-Qur’an

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Iman Kepada Rasul Allah SWT
Advertisements

AL-QUR’AN : ANTAR YANG AURAL DAN KANONIK PRESENTED : AHMAD HOERUDDIN HAMBYAH FAUZI HASBIALLAH MUHAMMAD DEDES TRIYA ANDANI.
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
II Pengertian Al-Qur’an
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
MU’JIZAT AL-QURAN.
Hatib Rachmawan, S.Pd., S.Th.I.
Mengenal Al-Qur’an Oleh: Team Teaching
BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN 1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS.
ALQUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
1 SISTEM POLITIK ISLAM
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
KITAB ALLAH SWT AL QURAN.
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
AKIDAH.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH
Kepentingan Wahyu Bagi Kehidupan Gereja Wahyu 1:1-3 Oleh :
Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari
Hadits Rasulullah SAW, yaitu:
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH
AL-QUR’AN DAN AL-HADIS SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
AL-QUR`AN.
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
SUMBER HUKUM ISLAM. PENGERTIAN SUMBER: ASAL SESUATU (KAMUS PURWODARMINTO) SUMBER HUKUM ISLAM: TEMPAT ASAL/PENGAMBILAN HUKUM ISLAM.
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
As-Sunah yang memuat Sunnah Rasulullah
IMAN KEPADA RASUL.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Solihat Loading... Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang baik www. Solihat wordpress.com Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Al-Qur’an Kelompok 6.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
SUMBER HUKUM ISLAM OLEH : MISWAN. S.Ag.,S.Kom.
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Assalamu’alaikum wr. Wb SUKABUMI, 30 Mei 2016 Ai Silvi Hilmiani 13.T Loading...
Sumber-sumber Ajaran Islam
W L M E O C E m T O y PRESENTATION.
CREATED BY: MARETTA DANIATY
E-ALQUR’AN HADITS KELAS XI Sulaiman, S.Sos.I
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
MATA KULIAH AGAMA ISLAM
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
SUMBER HUKUM ISLAM YANG DISEPAKATI Kelompok 03: 1.M. Rif’an 2.M. Tajul Asrof 3.Ema Dwi Rohmatul Ummah.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
PRA DIPLOMA PENGAJIAN ISLAM
Pengertian Agama Islam
Mukjizat dan Fungsi Al-quran
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
Nama Kelompok : 1. Abdul Majid Ridwan 2. Kusnadi.
AL HADIST RAJA BATAR HASIBUAN PMI-B FDK UINSU 2019 DOSEN: H. MOHD IQBAL A. MUIN, LC,MA.
Transcript presentasi:

II Pengertian Al-Qur’an 1. Etimologis Allah Swt memilih beberapa nama bagi wahyu-Nya, yang berbeda sekali dari bahasa yang biasa digunakan masyarakat Arab untuk penamaan sesuatu, Nama-nama itu mengandung makna yang berbias dan memiliki akar kata. Di antara beberapa nama itu yang paling terkenal ialah al-Kitab dan al-Qur'an, al-Furqan, adz-dzikr, at-tanzil. Adapun penamaan wahyu itu dengan Al-qur'an memberikan pengertian bahwa wahyu itu tersimpan di dalam dada manusia mengingat nama al-Qur'an sendiri berasal dari kata Qara'a , yaqra'u , qira'atan yang artinya adalah bacaan atau yang dibaca.dan didalam kata qira'ah terkandung makna : agar selalu di ingat.

2.Terminologis Para ulama dalam memberikan definisi Al-Qur'an sangatlah beragam sesuai sudut pandang yang masing masing diantaranya : Manna' Al-qaththan: “ Kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan orang yang membacanya akan memperoleh pahala “ Al-Jurjani “ Yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, ditulis dalam mushaf, dan diriwayatkan secara mutawatir tanpa keraguan “. Abu Syahbah “ Kitab Allah yang diturunkan baik lafadz maupun maknanya kepada Nabi terakhir, Muhammad SAW, diriwayatkan secara mutawatir, yakni dengan penuh kepastian dan keyakinan, serta ditulis pada mushaf, mulai dari awal surat Al-Fatihah sampai akhir surat an-Nas. Ulama usul Fiqih dan Fiqih. “ Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, lafadz-lafadznya mengandung mukjizat, membacanya mempunyai nilai ibadah, diturunkan secara mutawatir, dan ditulis pada mushaf, mulai dari al-Fatihah sampai an-Nas.

B. Nama-nama al-Qur'an Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., tidak hanya dinamakan al-Qur'an, tetapi juga memiliki beberapa nama: 1. Al-Qur'an:QS ( disebut dalam al-Qur'an 58 kali ). Al-Isra.9 Dinamai al-Qur'an karena ia dibaca. 2. Al-Kitab ( disebut dalam al-Qur'an 261 kali ): Al-Anbiya.10 Dinamai dengan al-kitab karena ia ditulis 3. Al-Furqan ( disebut dalam al-Qur'an 7 kali ): Al-Furqan.1 Dinamai dengan al-Furqan karena ia membedakan antara yang hak dengan yang bathil. 4. Adz-Dzikr ( disebut dalam al-Qur'an 24 kali ): Al-Hijr.9 Dinamai dengan adz-Dzikr karena ia adalah suatu peringatan dari Allah yang diturunkan kepada manusia.

SIFAT-SIFAT AL-QUR’AN Nur ( Cahaya ). Firman Allah surat an-Nisa 174 : Hudan (petunjuk), Syifa (obat), Rahmat, Mau’idhoh. Yunus 57: Mubarak (yang diberkati). Firman Allah surat Al-An’am 92: Mubin (yang menerangkan). Firman Allah surat Al-Maidah ayat 15: Busyro (khabar gembira). Firman Allah surat Al-Baqarah ayat 97 Aziz (yang mulia). Firman Allah surat Fushshilat ayat 41 Majid (yang dihormati). Firman Allah surat Al-Buruuj ayat 19-20 Basyir (pembawa khabar gembira ) dan Nadzir (pemebawa peringatan). Firman Allah surat Fushshilat ayat 3-4

C. Perbedaan antara al-Qur'an dengan hadis qudsi. Hadis Qudsi adalah kalam Allah yang diriwayatkan oleh Nabi, hanya saja redaksinya disusun sendiri oleh Nabi sedangkan maknanya datang dari Allah. Misalnya: " Rasulullah s.a.w. mengatakan mengenai apa yang diriwayatkannya dari tuhan-Nya" " Rasulullah s.a.w. mengatakan : Allah Ta'ala telah berfirman atau berfirman allah Ta'ala " Ada beberapa perbedaan antara al-Qur'an dengan hadis qudsi: 1. Al-Qur'an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi saw., yang mengandung tantangan dan sebagai mukjizat, sedangkan hadis qudsi tidak mengandung tantangan dan i'jaz. 2. Al-qur'an dinukilkan/diriwayatkan secara mutawatir. Sedangkan hadis qudsi, sebagaimana hadis pada umunya, ada yang mutawatir dan kebanyakan diriwayatkan secara ahad/ghairu mutawatir. Karena itu, secara kualitas, hadis qudsi bisa saja sahih, hasan atau dla'if. 3. Al-Qur'an, baik redaksi maupun maknanya, datang dari Allah, sedangkan hadis qudsi, redaksinya datang dari Nabi dan maknanya datang dari Allah. 4. Membaca al-Qur'an, secara eksplisit, dinilai sebagai ibadah dan berpahala. Sedangkan membaca hadis qudsi hanya dianggap sebagai ibadah secara umum.

Secara bahasa, wahyu memiliki beberapa arti: Pengertian Wahyu Secara bahasa, wahyu memiliki beberapa arti: 1. Ilham gharizi atau instink (naluri) yang terdapat pada binatang, seperti wahyu pada lebah.QS.An-Nahl.68. 2. Ilham fitri atau firasat yang ada pada manusia, seperti wahyu terhadap Ibu Nabi Musa.QS.Al-Qosos.7. 3. Tipu daya dan bisikan setan untuk menjadikan yang buruk kelihatan indah dalam diri manusia.QS.Al-An’am.121. 4. Isyarat yang cepat secara rahasia yang hanya tertuju kepada Nabi atau Rasul saja.QS.n-Nisa’.163. 5. Apa yang disampaikan Allah kepada para malaikatnya berupa suatu perintah untuk dikerjakan.QS.Al-Qnfal : 12.

E. Cara-cara turunnya wahyu. Dalam surat asy-Syura ayat 51, Allah berfirman: Berdasarkan ayat tersebut, dapatlah diketahui bahwa cara-cara turunnya wahyu, termasuk cara turunnya al-Qur'an, adalah sebagai berikut: Tanpa melalui perantaraan. Mimpi yang benar di dalam tidur. عن عائشة رضي الله عنها قالت اْول مابدئ به النبي صلى الله عليه وسلم الراْيا الصالحة فى النوم فكان لا يرى رؤيا الا جائت مثل فلق الصبح. متفق عليه . Kalam Allah dari balik tabir. Seperti yang terjadi pada nabi Musa. ولما جاء موسى لميقاتنا وكلمه ربه قال رب اْرني اْنظر اليك. الاعراف : 143 وكلم الله موسى تكليما. النساء : 164 Melalui perantaraan Malaikat Jibril. Datang kepadanya suara seperti dencingan lonceng dan suara yang amat kuat yang mempengaruhi factor-faktor kesadaran, sehingga ia dengan segala kekuatannya siap menerima pengaruh itu. Cara ini yang paling berat pada rasul. اذا قضى الله لاْمر فى السماء ضربت الملائكة باْجنحتها خضعانا لقوله كالسلسة على صفوان. رواه البخارى. b. Malaikat menjelma kepada Rasul sebagai seorang laki-laki dalam bentuk manusia. Cara ini yang lebih ringan dirasakan rasul, karena adanya kesesuaian antara pembicara dengan pendengar.

Dengan cara pemberitahuan secara langsung kepada Nabi Dengan cara pemberitahuan secara langsung kepada Nabi. Cara ini sering disebut ar-ra'yu ash-shalihah atau impian nyata. Contohnya impian Nabi Ibrahim as. Dengan cara penyampaian dari balik tabir, yakni bisikan wahyu yang disampaikan kepada Nabi saw., dari celah-celah gemerincingnya suara lonceng. Termasuk cara ini adalah pembicaraan Allah dengan Nabi Musa di bukit Thursina dan pembicaraan Allah dengan Nabi Muhammad saw., di waktu peristiwa Isra dan Mi'raj. Dengan cara melalui perantaraan malaikat Jibril, baik dengan cara Nabi masuk ke alam malakut dan ini terasa sangat berat bagi Nabi atau malaikat Jibril yang menjelma menjadi manusia.

عن عائشة .......... احيانا ياْتينى مثل صلصلة الجرس. وهو اشده على فيفصم عنى وقد وعيت عنه ماقال. واحيانا يتمثل لى الملك رجلا فيكلمنى فاعى مايقول.

التكاثر