PENGANTAR ILMU HADIS Oleh: Syakir Jamaluddin

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
Advertisements

By: Mista Hadi Permana, M.Pd I
Amanah dalam Perspektif Sunnah
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
PENGANTAR ILMU HADIS Oleh: Muhammad Rofiq
PENELITIAN HADIS Oleh: Syakir Jamaluddin, M.A.
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
Adapun Hak Allah atas hambanya ialah agar mereka menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
BAB : 5 ASPEK FIKIH SUMBER HUKUM ISLAM HUKUM TAKLIFI HUKUM WAD’I SK/KD
BEBERAPA PERMASALAHAN FIQIH
HADITS SUMBER KEDUA AJARAN ISLAM
ISNÂD & DOKUMENTASI HADIS
Pengantar Studi Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag.
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
BAB IV SUMBER HUKUM ISLAM.
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Sunnah/Hadith as the Second Source of Islamic Law
Pengertian Syariat (asy Syarîah) Bahasa Sumber air minum (mawrid al mâ` li al istisqâ) atau jalan lurus (at tharîq al mustaqîm.
PENYESUAIAN DAN PEMBINAAN PENDAPAT YANG BERBEDA
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUNNAH, HADIS, ATSAR, KHABAR
By. Agus Syihabudin SOSIO TEKNOLOGI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
SUNNAH By. Fauzul FH UPN JATIM.
TALAK DALAM KEADAAN EMOSI
Pembagian Hadis Dari segi kehujjahannya (diterima-tidaknya sbg dalil syar‘i), hadis dibagi menjadi 2, yaitu: 1. Hadis Maqbûl / مَقْبُوْلٌ : Diterima sbg.
تَعَارُضُ اْلأدِلَّةِ (Pertentangan antar Dalil)
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
AL-QUR`AN.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
PERKAWINAN BEDA AGAMA Oleh: Syakir Jamaluddin Ayat yg dijadikan sbg dalil larangan perkawinan beda agama : وَلاَ تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّى يُؤْمِنَّ
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
ISTILAH-ISTILAH HADITS
HUKUM PERORANGAN & KEKELUARGAAN ISLAM
AL QUR`AN, AS SUNNAH, IJMA’, & QIYAS
SUMBER HUKUM ISLAM DAN HUKUM ISLAM DISUSUN OLEH CHAIRUNNISA
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENGANTAR STUDI HADIS.
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
ULUMUL HADITS Dosen Pengampu : M.Zainul Umam M.Pd.i
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
TUGAS KELOMPOK KELAS : 12.5A.21 AGAMA ISLAM.
Anggota Kelompok 1 Abdul cholid Alfian Nafri Zetriadi M. Abdurrahman
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
TARJIH al ADILLAH Oleh : Asep Suryanto.
PENDAHULUAN TUJUAN SYARI’AT ISLAM
HADITS MARFU’, MAUQUF DAN MAQTHU’
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
BAB 12: AL-QURAN DAN HADIS PANDUAN HIDUP MUKMIN.
INSTITUT PENGAJIAN TINGGI AL-ZUHRI
 Kedudukan sunnah (hadis) dalam Islam sebagai sumber hukum. Para ulama juga telah berkonsensus bahwa dasar hukum Islam adalah Al- Quran dan sunnah (hadis).
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Paham Agama dalam Muhammadiyah Oleh Prof. Dr.H. Yunahar Ilas, Lc., M.Ag.
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
AL HADIST RAJA BATAR HASIBUAN PMI-B FDK UINSU 2019 DOSEN: H. MOHD IQBAL A. MUIN, LC,MA.
Transcript presentasi:

PENGANTAR ILMU HADIS Oleh: Syakir Jamaluddin الْجَدِيدُ (baru) اَلْحَدِيْثُ، لُغَةً الْخَبَرُ (kabar/berita) Hadis scr istilah: مَا أُضِيْفَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَوْلاً أوْ فِعْلاً أو تَقْرِيرًا أوْ صِفةً Segala ssuatu yg disandarkan kpd Nabi saw, baik berupa perkataan, perbuatan, persetujuan, ataupun sifat beliau. Sebgn ulama berpdpt bhw tdk semua hal yg disandarkan pd Nabi saw disebut sbg hadis. Hal ini karena ada istilah: حَدِيْثٌ مَرْفُوعٌ : Hadis yg disandarkan pd Nabi saw حَدِيْثٌ مَوْقُوْفٌ : Hadis yg disandarkan pd Sahabat حَدِيْثٌ مَقْطُوْعٌ : Hadis yg disandarkan pd Tâbi‘în

Sinonim Kata Hadis 1.  السُّنَّةُ(scr bahasa: jalan, tuntunan, kebiasaan, hukum) adalah: sesuatu yg dituntunkan oleh Nabi saw berupa perintah, larangan ataupun anjuran. Dlm pengertian di atas, سُنَّة >< بِدْعَة (scr bhs: mencipta sstu yg baru tanpa contoh sblmnya), yaitu: suatu cara dlm agama yg diciptakan menyerupai agama sbg ibadah pd Allah. Bid‘ah = penyimpangan => SESAT. Ulama berbeda pendpt dlm mendefinisikan al-Sunnah: -Ulama Hadis menyamakan arti al-sunnah dg al-hadîts yaitu: segala hal yg bersumber dr Nabi saw berupa perkataan, perbuatan, persetujuan, bentuk fisik, karakter, perjalanan hidup, baik sblm ataupun stlh kerasulan. -Ulama Ushûl: segala sstu yg bersumber dari Rasulullah saw selain Al-Qur’an yg pantas dijadikan dalil bagi hukum Syara‘. Dgn dmkian sgala sstu dari Nabi saw yg tidak berkenaan dg pembentukan hukum Syara‘ tdk termasuk Sunnah.

-Ulama Fiqh melihatnya sbg salah satu produk hukum Islam yg lima, yakni sesuatu yg apabila dikerjakan lebih baik drpd ditinggalkan. Kalaupun ant Hadis dg Sunnah harus dibedakan maka hadis adlh rwyt ttg segala hal yg disandarkan pd Nabi saw, sdgkan sunnah adlh segala hal yg benar2 diajarkan Nabi saw. Dengan kata lain, hadis adalah media utk memberitakan sunnah Nabi saw. 2.  الخَبَرُ (berita). Sbgn ulama menyamakan arti khabar dg hadis yg juga dpt digunakan utk hadîts marfû‘, mawqûf, & maqthû‘. Tetapi sbgn lagi mengguna-kan khabar utk selain Nabi, dan mengatakan hadis lbh umum drpd khabar shg setiap hadis adlh khabar, namun tdk setiap khabar adlh hadis. 3. الأثَرُ (jejak/bekas/pengaruh). Sbgn ulama menyamakan arti atsar (jejak Nabi saw) dg hadis. Hanya ulama Khurasan yg brpendpt bhw atsar utk hadîts mawqûf, sdg khabar utk hadîts marfû‘.

قَالَ رسول الله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فيما يروي عن ربه: ... Ada istilah selain hadis Nabi (hadis Nabawi) yi: hadis Qudsiy/hds Ilâhiy/Rabbani. Hadîts qudsiy (quds scr bhs: suci/bersih) adalah riwayat yg dinisbatkan kpd Nabi saw kmd diteruskan kpd Allah Yang Maha Suci. Sebagian ulama mendefinisikan hadis Qudsi sbg hadis yg maknanya dari Allah SWT, sdg redaksinya dari Nabi saw. Berbeda dg Al-Qur’an yg sudah pasti kesahihannya, hadis qudsi tidak otomatis berkualitas sahih. Tdk ada jaminan Allah thd keterpeliharaan hadis qudsi. Selain itu karena bukan mu‘jizat shg struktur kalimat hadis qudsi tdk seindah & sehebat Al-Q. Dan, pahala membaca hadis tdk sebesar membaca Al-Q. Contoh awalan matan hadis qudsi: قَالَ رسول الله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الله تعالى: ... قَالَ رسول الله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فيما يروي عن ربه: ...

Kedudukan Hadis Hadis memiliki kedudukan yg sgt penting krn ia sbg sumber hukum ke-2 dlm ajaran Islam. -يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ ... فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ …(النساء: 59) -وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَى رَسُولِنَا الْبَلاغُ الْمُبِينُ (المائدة: 92) -وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (الحشر: 7) - وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلاَّ لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ (4: 64) -مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا (النساء: 80)

FUNGSI HADIS Fungsi utama hadis adalah utk menjelaskan kehendak Allah dlm Al-Qur’an. Hal ini krn tdk semua hal dijelaskan scr rinci dlm Al-Q. Itulah sbbnya Allah SWT mengutus Rasul-Nya utk menjelaskan Al-Q melalui hadis2nya: وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (QS. 16: 44) Fungsi hadis dpt dirinci sebagai berikut: 1. Bayân al-ta’kîd / al-taqrîr: Utk mempertegas apa yg tlh dinyatakan dlm Al-Q. Contoh: Perintah berwudlu, kewajiban shalat, puasa, dll. 2. Bayân al-tafsîr / al-tawdlîh: Utk menjelaskan (merinci, membatasi, mengkhususkan) ayat yg bersifat global, apa adanya & yg umum. a. Hadis yg merinci ayat yg brsft global, spt:صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي (HR. al-Bukhari) merinci QS. 2: 43: وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَءَاتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ.

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا b. Hds yg membatasi ayat yg apa adanya, spt: tgn pencuri yg boleh dipotong sebatas pergelangan tangan (مِن مِفْصَلِ الْكَفِّ . HR. Bhq) membatasi ayat potong tangan pencuri dlm QS. 5: 38: وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا c. Hds yg mengkhususkan ayat yg brsifat umum, spt: pembunuh tdk mewarisi sdikitpun warisn org yg dibunuhnya: لا يَرِثُ الْقَاتِلُ مِنْ الْمَقْتُولِ شَيْئًا (HR. Drm & Ahm, dr Ibn ‘Abbâs), men-takhshîsh keumuman QS. 4: 11: يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلادِكُمْ . 3. Bayân al-tasyrî‘: Membuat hukum baru yg tdk didpti dlm Al-Q, spt: Haramnya emas & sutra bg lk2, haramnya menikahi wanita dg bi2nya skligus, dll. 4. Bayân al-nasakh: Hadis dpt menghapus ketentuan ayat dlm Al-Q.? Fungsi ini DITOLAK, krn mnghapus yg hirarki hukumnya lbh tggi. Tapi contoh yg sering dikemukakan adalah hadis ttg larangan berwasiat pada ahli waris (HR. Ah) menghapus ketentuan S. 2: 180

أَلْفَاظُ الْحَدِيْثِ الَّتِى تَتَقَوَّمُ بِهَا مَعَانِيْهِ UNSUR HADIS terdiri dari 2 bagian: Sanad/ سَنَدٌ scr bahasa: المُعْتَمَد/sandaran / tumpuan / jalan yg menyampaikan pd matan. Sdgkan scr istilah: سِلْسِلَةُ الرُّوَاةِ الَّذِيْنَ نَقَلُوا الْمَتَنَ عَنْ مَصْدَرِهِ اْلأَوَّل: Silsilah pr periwayat yg menukil matan dari sumbernya yg awal.  Sanad => rangkain para periwayat hadis yg dijadikan sandaran matan.   2. Matan/ مَتَنٌ, scr bahasa: permukaan/dataran yg keras, tampak & menonjol. Sdgkan scr istilah: أَلْفَاظُ الْحَدِيْثِ الَّتِى تَتَقَوَّمُ بِهَا مَعَانِيْهِ Lafal hadis yg mengandung makna  Matan => berita ttg hal-ihwal Nabi saw. Matan ini disebut sbg inti hadis.

Contoh: HR. al-Bukhâri (No: 16) ttg Manisnya Iman: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُالْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِي اللَّه عَنْهم عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الْإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ Rangkaian periwayat dari sejak al-Bukhâri hingga Anas bin Malik disebut sanad. Periwayat awal / sanad akhir أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ (و 91 ه) أَبِي قِلاَبَةَ (و 103 ه) أَيُّوبُ (و 131 ه) عَبْدُالْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ (194 ه) مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى (252 ه) Periwayat akhir / sanad awal الْبُخارىّ (256 ه) Adapun lafal ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ hingga فِي النَّارِ adalah matan hadis.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته انتهى والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته