MATA KULIAH AGAMA ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA
Advertisements

TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
Ada Apa dengan VALENTINE?
DENGAN MEMBACA BAB KE-2 TENTANG Iman Kepada Allah
SELAMAT DATANG بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الر حمــــن الر حيـــــم Di Bedah Buku Bila Derita Tidak Tunjung Reda “ Kiat Meredam derita Hati ” Bersama.
Kuliah PAI 1 Pertemuan ke V, Oktober 2012
MU’JIZAT AL-QURAN.
Latar Belakang Masalah
KUESIONER, SKENARIO, USE CASE “AL-QURAN ONLINE BERBASIS WEB”
Tanda-tanda Kekuasaan Allah di Ufuk
Matematika Islam N0: 1 (Matematika Al-Quran)
& Yunus Thoriq Rizky.
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU DINAS PENDIDIKAN UPTD PENDIDIKAN LOSARANG SMK NEGERI 1 LOSARANG INDRAMAYU ULANGAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013.
TURUNAN DIFERENSIAL Pertemuan ke
TADABBUR.
Manusia dan Agama.
1 SISTEM POLITIK ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN(PAK) Kelas X Semester Ganjil 2007/2008
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
TAHTA KEALLAHAN, KEEMPAT MAKHLUK, DAN 24 TUA-TUA
Mengenal Sifat Allah Agus Nizami
Tauhid Nama : Dian Ari Wicaksono ( )
AQIDAH Mmtc, ‘ 11.
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Oleh: Muhsin Hariyanto
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
Kasih kristus sebagai motivasi dan inspirasi
BERSIKAP KRITIS TERHADAP NILAI-NILAI UNIVERSAL
Di Forum Pemahaman Makna Al Qur’an dan Al Hadits
TAKWA.
Surat dalam Al-Qur’an QA.Al-Zalzalah (Kegoncangan) Oleh :Febri 5B
OLEH PURNAMA TIMUR MS. ST IKE NILAWATI R. M.Pd
ULANGAN HARIAN BIDANG STUDY : PKn – Perumusan Pancasila KELAS : VI
Menurut Para Ilmuan manusia
TAKWA.
EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
SIFAT WAJIB ALLAH SWT WUJUD / ADA BAQA’ / KEKAL MUQALAFATUL LILHAWADIS/ BERBEDA DENGAN MAKHLUK QIDAM / DAHULU QIYAMUHU BINAFSIHI / BERDIRI SENDIRI.
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Bagaimana Siang dan Malam Berlaku?
PENDAFTARAN TANAH Pendaftaran Tanah (Pasal 1 angka 1 PP No.24 Th 1997)
TAKWA.
IMAN KEPADA ALLAH.
TAFSIR AL FATIHAH Rosaria Indah.
Manusia dan Agama.
Studi Islam 2 Wujudullah Tahun Akademik 2015
PENGERTIAN TAUHID Tauhid adalah meyakinkan (mengitikadkan bahwa Allah adalah satu, tidak ada syarikat bagi-Nya).
MENGENAL ALLAH Melalui asmaul husna
ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
EKSISTENSI ALLAH REDAKSI AYAT
Islam Dan Kerangka Dasarnya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
Mengenal Sifat Allah Agus Nizami
NAMA : KHOLIFATUL HASANAH
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI
Nama : Kholifatul Hasanah
KEMULIAAN AL-QURAN.
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
MAKRIFAT KEPADA ALLAH.
Diploma Pengajian Islam Andalus
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
الله برصفة بصر ALLAH MAHA MELIHAT. الله برصفة بصر ALLAH MAHA MELIHAT.
KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN Pendekatan Matematik: angka 19 CARA MENDAPAT HIDAYAH  Merubah pola pikir  Percaya diri  Membuka hati nurani.
Transcript presentasi:

MATA KULIAH AGAMA ISLAM MODUL MATA KULIAH AGAMA ISLAM DOSEN : APIPUDIN, S.Th.I, MA.Hum

ALLAH, RABB, ILAH, MALIK, RAHMAN, DAN RAHIM TUHAN ALLAH, RABB, ILAH, MALIK, RAHMAN, DAN RAHIM

ISTILAH TUHAN DALAM AL-QUR’A>N TUHAN DALAM ISLAM ISTILAH TUHAN DALAM AL-QUR’A>N ALLAH (الله) di sebutkan 2152 kali pada 1565 ayat RABB (رب) di sebutkan 129 kali pada 125 ayat ILAH (اله) disebutkan 44 kali pada 40 ayat Malik (مالك) disebutkan 3 kali pada 3 ayat Rahman (الرحمن) disebutkan 43 kali pada 43 ayat Rahim (الرحيم) disebutkan 34 kali pada 34 ayat

PERHITUNGAN MATEMATIK ALLAH (الله) di sebutkan 2152 kali pada 1565 ayat PERHITUNGAN YANG DISEBUTKAN : 2+1+5+2= 10 PERHITUNGAN JUMLAH AYAT : 1+5+6+5= 17 3+6+11+7=27 2+7= 9 Surat ke 9 adalah surat al-taubah. Satu isyarat Allah merima taubat hambanya selama ruh dikadung badan.

PENGGUNAAN KATA ALLAH DALAM AL-QUR’AN ISYARAT Menerima Taubat Manusia jangan putus asa untuk bertaubat

SIKAP MAKHLUK KEPAD ALLAH الله ALLAH مخلوق (MAKHLUK, ADALAH SELAIN ALLAH) BER-AKAL DAN SyAHWAT BER-AKAL TIDAK BERAKAL MEMILIKI SyAHWAT TIDAK BERAKAL TIDAK MEMILIKI SAHWAT SIKAP MAKHLUK BERSERAH DIRI KPADA SISTEM ALLAH SELAMA HIDUP فَإٍذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ Maka bertawakkallah kepada Allah (Ali Imran ayat 159)

رب RABB Tuhan Pencipta dan Pemelihara, di sebutkan 129 kali pada 125 ayat Jumlah ayat 125 = 1+2+5 = 8 Disebutkan 129 = 1+2+9 = 12 2+4+14=20 2+0= 2 (Angka Isyarat) Angka 2 menunjukan dua tindakan (pencipta dan pemelihara). angka dua juga isyarat waktu, yaitu malam dan siang. Dengan demikian makhluk dipelihara Allah siang dan malam (24 jam)

إله ILAH Kata Ilah dalam al-Qur’an digunakan untuk menunjukan ke-Esaan Tuhan. Kata Ilah dalam al-Qur’an disebutkan sebanyak 44 kali pada 40 ayat. 44= 4+4 = 8 40= 4+ 0 = 4 8+ 4 = 12 Angka 12 ada korelasi dengan jumlah kalimat tauhid (12) Kalimat tauhid (لاإله الاالله) dipecah (ل ا إ ل ه ا ل ا ل ل ل ه ) Angka 12 ada korelasi dengan jumlah bulan dalam setahun (12) 12= 1+2= 3, sifat Allah yang ketiga adalah kekal (baqa). Yakni tidak akan berubah

Seluruh alam dikndalikan oleh Tuhan MALIK (مالك) Dalam al-Qur’an kata Malik sebutkan 3 kali pada tiga ayat, yang semunya bermakna penguasa. Isyarat : Penguasa alam yata (Fisika) Penguasa alam Nasut (Meta fisika) Penguasa alam Lahut (Alam Ke-Tuhanan) Isyarat : Dunia Yata Dunia Maya Dunia Ghaib Seluruh alam dikndalikan oleh Tuhan

AL-RAHMAN (الرحمن) Al-Rahman diartikan maha pengasih. Dalam al-Qur’an kata ini terulang sebanyak 43 pada 43 ayat. 4+3= 7, Dalam seminggu hari berjumlah 7. Jadi Allah mengasihi makhluk-Nya pada setiap hari, tidak ada satharipun yang tidak ada kasih Allah. Dalam berkasih Allah tidak pernah pilih kasih.

AL-RAHIM (الرحيم) Maha Penyayang Dalam al-Qur’an kata ini terulang 34 kali pada 34 ayat. Ini jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan al-Rahman yaitu 43 kali. Ini satu isyarat bahwa tidak semua yang dikasih disayang dalam tujuh hari. Jadi dalam 7 hari ada yang dikasih dan disayang, dan ada yang dikasih tetapi tidak disayang.