Lagu/Musik Menurut Perspektif Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
Advertisements

Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
Khazanah C.i.n.t.a Yang Sebenarnya
Spionase dalam Tinjauan Dalam
Amanah dalam Perspektif Sunnah
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN
Kedudukan Laki-Laki Dalam Islam Antara Hak dan Kewajiban.
SENI DALAM PANDANGAN ISLAM
BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 9/13
Adapun Hak Allah atas hambanya ialah agar mereka menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
HADITS KEtigapuluh sembilan
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Bersumber dari: l&id_online=928 Microsoft PowerPoint By malcomahsan&JuRaiZ Penulis : Al-Ustadz Abu Karimah.
Zikir, Shalat dan Do'a Ahmad syakirin asmui.
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
BERSAMA TATE QOMARUDDIN SUATU IRONI SETIAP ORANG YANG AKAN “MEMASUKI DUNIA BARU” SELALU MENDAPAT PELATIHAN BAGAIMANA DENGAN ORANG YANG MAU MEMASUKI (DUNIA.
Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam
TALAK DALAM KEADAAN EMOSI
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
DIPLOMA PENGAJIAN AL-QURAN & SUNNAH
MINGGU KETUJUH : PROSEDUR KEHAKIMAN DAN KESELAMATAN
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
TAQWA KEPADA ALLAH Hai jiwa yang tenang, Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya, Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku,
Larangan Pergaulan Bebas dan Perzinaan
PARTISIPASI USTAZD/KHOTIB DALAM MENSUKSESKAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI MANDAILING NATAL TAHUN 2015 OLEH : AGUS SALAM NASUTION, S.H.I (KETUA KPU.
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
Tafsir Ayat dan Hadis tentang Mudharabah
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
WALIMATIL URSY’ KELOMPOK ENAM 6 ZIAN LUKMAN WAHDAN MAULIDA FAIZ.
بسم الله الرحمن الرحيم وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
HADITS IJTIMA’I.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
MACAM-MACAM NAJIS Saat ini, banyak ummat Islam yang tidak mengerti dan tidak tahu akan ajaran agamanya. Bayangkan bagaimana jadinya generasi Islam beberapa.
Menghormati ulama dan majelis ilmu
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
Cinta yang membawa ke surga
SERTA ADAB KETIKA MAKAN SESUAI TUNTUNAN RASULULLAH
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
HIDUP TERASA LEBIH INDAH JIKA KITA BERSYUKUR
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Cinta yang membawa ke surga
الفقير إلى الله الراقي عرفان رمضان
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
Cinta yang membawa ke surga
PEMIKIRAN AHLU HADIS (EKSTRIM)
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Makanan Halal يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوخُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
BISMILAHIRAHMINARAHIM TUJUAN PEMBELAJ ARAN Menjelaskan pengertian ijtihad Menjelaskan syarat-syarat ijtihad Menjelaskan pengertian ijma Menjelaskan pengertian.
Transcript presentasi:

Lagu/Musik Menurut Perspektif Islam Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.

Biografi Syekh DR.Yusuf al-Qaradhawi. Lahir : Shaft Turab, Prov. Gharbea, Mesir, 9 September 1926M. Lc 1954, MA 1973. DR (Al-Azhar). Ketua al-Ittihad al-’Alamy li ‘Ulama’ al-Muslimin (Persatuan Ulama Dunia). Tinggal di Qatar. www.qaradawi.net

Islam dan Keindahan. وَلَكُمْ فِيهَا جَمَالٌ حِينَ تُرِيحُونَ وَحِينَ تَسْرَحُونَ “Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan”. (Qs. An-Nahl: 6). وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا “Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai”. (an-Nahl: 14).

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ “Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (Nya),”. (al-Hijr: 16). قَالَ « لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ ». قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قَالَ « إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ ». Rasulullah Saw bersabda: “Tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sombong sebesar biji sawi”. Seseorang berkata: “sesungguhnya ada orang yang suka pakaian yang bagus, sandal yang bagus”. Rasulullah Saw berkata: “Sesungguhnya Allah itu indah dan suka kepada keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain”. (HR. Muslim).

Lagu [ اَلْغِنَا ] Music [الموسيقى] [السماع]

غنت الحمامة وتغنى الطائر Defenisi: الغنا لغة: من الصوت ما طرب به (القاموس). Suara yang diiramakan. رفع الصوت وموالاته (النهاية). Mengeraskan suara, bersambung. أبو سليمان الخطابي: كل من رفع صوته بشيء ووالى به مرة بعد أخرى فهو غناء عند العرب. غنت الحمامة وتغنى الطائر Burung itu bernyanyi

Hukum BIMBANG HALAL HARAM

ومن الناس من يشري لهو الحديث (لقمان: 6). Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Ibnu Umar: Lagu. Ibnu Hazm: Tidak ada yang dapat dijadikan hujjah selain sabda Rasulullah Saw. Ada sahabat dan tabi’in lain yang memberikan pendapat yang berbeda. Teks ayat membatalkan pernyataan tersebut. Karena yang menjadikan sabilillah sebagai huzuwan hanya orang kafir.

واذا سمعوا اللغو اعرضوا عنه (القصص: 55). Lagu termasuk makna al-Laghw Yang dimaksud dengan al-Laghw adalah kata-kata tidak baik, seperti cacian dan makian. Ini sesuai dengan redaksi kalimat dalam ayat: لا نبتغي الجاهلين

والذين لا يشهدون الزور (الفرقان: 72). muhammad bin al-Hanafiyyah, al-Hasan, Mujahid: lagu. Ada tafsir lain. Qatadah: bohong. Adh-Dhahhak: syirik. Tafsir lain: hari raya orang musyrik yang mengandung kesesatan, penyimpangan, beribadah kepada berhala dan sejenisnya.

واستفزز من استطعت منهم بصوتك (الاسراء: 63). Mujahid, adh-Dhahhak: lagu, seruling. Ibnu Abbas: Semua seruan yang menyeru kepada perbuatan maksiat kepada Allah Swt.

Ibnu Abbas: lagu (bahasa Himyar). وانتم سامدون (النجم: 61). Ibnu Abbas: lagu (bahasa Himyar). Ibnu ‘Abbas: Melakukan perbuatan sia-sia, menolak, berpaling. Ash-Shihhah: Mengangkat kepala karena sombong.

Tergolong al-Mu’allaqat. Hadits: لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ (البخاري). Tergolong al-Mu’allaqat. Hisyam bin ‘Ammar. Abu Daud berkata: ia meriwayatkan 400 hadits tanpa sanad. Ahmad: Lemah.

وحكى الماوردي اباحة العود عن بعض الشافعية. وحكاه ابو الفضل بن طاهر عن ابي اسحاق الشيرازي Imam al-Mawardi meriwayatkan tentang boleh hukumnya menggunakan ‘Ud (gitar Arab). Pendapat sebagian mazhab Syafi’i.

Al-Mundziri: Hadits Ma’lul. Ibnu al-A’rabi: al-Kaubah = Dadu. أَنَّ نَبِىَّ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَالْكُوبَةِ وَالْغُبَيْرَاءِ (أبو داود). al-Kaubah: gendang. Al-Ghubaira’: gitar arab dan alat-alat musik. Walid bin ‘Abdah. Abu Hatim: Majhul. Al-Mundziri: Hadits Ma’lul. Ibnu al-A’rabi: al-Kaubah = Dadu. Al-Ghubaira’: minuman khamar dari gandum.

(احمد واصحاب السنن والحاكم). إِنَّ اللَّهَ لَيُدْخِلُ بِالسَّهْمِ الْوَاحِدِ ثَلاَثَةً الْجَنَّةَ صَانِعَهُ يَحْتَسِبُ فِى صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالرَّامِىَ بِهِ وَالْمُمِدَّ بِهِ ». وَقَالَ « ارْمُوا وَارْكَبُوا وَلأَنْ تَرْمُوا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا كُلُّ مَا يَلْهُو بِهِ الرَّجُلُ الْمُسْلِمُ بَاطِلٌ إِلاَّ رَمْيَهُ بِقَوْسِهِ وَتَأْدِيبَهُ فَرَسَهُ وَمُلاَعَبَتَهُ أَهْلَهُ فَإِنَّهُنَّ مِنَ الْحَقِّ (احمد واصحاب السنن والحاكم). Al-’Iraqi,, al-Munawi, al-Albani: Dha’if. Al-Ghazali: kata batil tidak menunjukkan makna haram, tapi tidak bermanfaat.

Hadits Haram Lagu: القاضي ابو بكر العربي: لم يصح في التحريم شيء. Al-Qadhi Abu Bakar al-’Arabi: Tidak ada hadits yang shahih tentang pengharaman lagu. ابن طاهر: لم يصح منها حرف واحد. ابن حزم: ولا يصح في هذا الباب شيء، وكل ما فيه فموضوع.

Ijma’: الشوكاني: ابطال دعوى الاجماع على تحريم مطلق السماع. الماوردي: لم يزل اهل الحجاز يرخصون به في افضل ايام السنة المامور فيها بالعبادة والذكر.

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ (الاعراف: 157). ابن عبد السلام في دلائل الاحكام: المستلذات Dihalalkan bagi kamu yang baik-baik. Artinya: yang menyenangkan.

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا (الجمعة: 11) وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا (الجمعة: 11). الحافظ ابن طاهر: المعطوف ياخذ حكم المعطوف عليه. يَا عَائِشَةُ مَا كَانَ مَعَكُمْ لَهْوٌ فَإِنَّ الأَنْصَارَ يُعْجِبُهُمُ اللَّهْوُ (البخاري).

إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ (لقمان: 19) الغزالي: يدل بمفهومه على مدح الصوت الحسن.

Hadits: عَنْ عَائِشَةَ - رضى الله عنها - دَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَعِنْدِى جَارِيَتَانِ تُغَنِّيَانِ بِغِنَاءِ بُعَاثَ ، فَاضْطَجَعَ عَلَى الْفِرَاشِ وَحَوَّلَ وَجْهَهُ ، فَدَخَلَ أَبُو بَكْرٍ فَانْتَهَرَنِى وَقَالَ مِزْمَارَةُ الشَّيْطَانِ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - . فَأَقْبَلَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فَقَالَ « دَعْهُمَا » . فَلَمَّا غَفَلَ غَمَزْتُهُمَا فَخَرَجَتَا . (البخاري).

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا زَفَّتِ امْرَأَةً إِلَى رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ فَقَالَ نَبِىُّ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « يَا عَائِشَةُ مَا كَانَ مَعَكُمْ لَهْوٌ فَإِنَّ الأَنْصَارَ يُعْجِبُهُمُ اللَّهْوُ » . (البخاري).

عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى قَرَظَةَ بْنِ كَعْبٍ وَأَبِى مَسْعُودٍ الأَنْصَارِىِّ فِى عُرْسٍ وَإِذَا جَوَارٍ يُغَنِّينَ فَقُلْتُ أَنْتُمَا صَاحِبَا رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَمِنْ أَهْلِ بَدْرٍ يُفْعَلُ هَذَا عِنْدَكُمْ. فَقَالاَ اجْلِسْ إِنْ شِئْتَ فَاسْمَعْ مَعَنَا وَإِنْ شِئْتَ اذْهَبْ قَدْ رُخِّصَ لَنَا فِى اللَّهْوِ عِنْدَ الْعُرْسِ. (النسائي).

فَصْلُ مَا بَيْنَ الْحَلاَلِ وَالْحَرَامِ الدُّفُّ وَالصَّوْتُ فِى النِّكَاحِ (النسائي وابن ماجه).

Boleh, Tapi … 1. Tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan syariat Islam.

Bertentangan Dengan Keagungan Allah Swt dan Malaikat. Hai Tuhan…. Apakah kau murung? Melihat beribu wajah berkabung Di tengah debu Galunggung ………… Mengapa Galunggung tak kau pindahkan ke kota Tempat segala macam dosa By: Iwan Fals Kirim aku malaikatmu Agar ku tak merasa sepi Di sini sendiri By: BCL

Takdir: Qadariyah dan Jabariyah Takdir memang kejam Tak mengenal perasaan By: Deasy Ratnasari Garis tangan tergambar Tak sanggup aku melawan By: Melly Goeslaw

Mengajak Bunuh Diri Sunday is gloomy With shadows I spend it all My heart and I have decided To end it all Soon there'll be flowers and prayers That are said I know But let them not weep Let them know That I'm glad to go Death is no dream For in death I'm caressing you With the last breath of my soul I'll be blessing you Gloomy Sunday Minggu itu suram Dengan bayangan saya menghabiskan semuanya Hati saya dan saya telah memutuskan Untuk mengakhiri semuanya Segera akan ada bunga dan doa Yang mengatakan saya tahu Tapi membiarkan mereka tidak menangis Biarkan mereka tahu Bahwa aku senang pergi Kematian adalah mimpi Untuk kematian aku membelai Anda Dengan napas terakhir dari jiwaku Aku akan memberkati Anda suram Minggu

2. Cara penyajian sesuai syar’i. 3. Tidak diiringi perkara haram. 4. Tidak berlebihan. 5. Pendengar dalam kondisi normal.