PRINSIP PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Belajar Dengan Cara Bekerja Sama (Collaborative Learning)
Advertisements

MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
DASAR-DASAR KOMUNIKASI
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Format Penilaian Peerteaching
Keterampilan Dasar Mengajar
OLEH DRS.AGUS WASISTO DDW,MPd
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Ftk UIN Sunan Ampel Surabaya
UPACARA PENGANTIN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR OLEH `
KETERAMPILAN MENJELASKAN
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
STKIP-PGRI Banjarmasin
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
Model pembelajaran aktif
Model problem based learning
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
RENCANA PEMBELAJARAN SD Dr. RATNAWATI SUSANTO., M.M., M.Pd
METODE PEMBELAJARAN Bila kita bicara pembelajaran, ada beberapa hal yang selalu disinggung:prinsip, pendekat an, strategi, metode, teknik, dan model.
Penerapan model pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN MIKRO
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar Matematika
Dr. RATNAWATI SUSANTO, M.M.,M.Pd.
Workshop Pembuatan RPP
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM.
Pemilihan Metode Mengajar
PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si.
PTK KELOMPOK 3 6F PGSD Nama kelompok: Marisa Ulfa R ( )
Modul 9 : Mengaplikasikan Lembar Kerja Modul 10 : Mengembangkan Pendekatan Abad 21 Modul 11 : Merencanakan dan Melaksanakan Rencana Kerja Anda.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
PENULISAN MODUL.
PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Keterampilan Dasar Mengajar
PRAKTIK MENGAJAR MIKRO
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Apa itu PAKEM?.
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Keterampilan Dasar Mengajar
Oleh: Dra. Sri Wahyuni, M.Pd
Model problem based learning
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Pembelajaran AKTIF dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan,
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
‘.
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
PENGEMBANGAN SILABUS dan RPP dalam Implementasi KTSP
NAMA ANGGOTA : 1.ARSI PURNAMA DEWI ( ) 2.FRISCA TAMARA IKA PRATIWI ( ) 3B PENDIDIKA N BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR. HAMKA.
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
Model Pembelajaran” adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang terorganisir secara sistemik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar.
TELA’AH KURIKULUM. A.Metode Tanya Jawab Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid.
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR Oleh : Marsianus Pendidikan Bahasa dan Sastra STKIP PK.
Transcript presentasi:

PRINSIP PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media Berbasis Manusia Merupakan media tertua yang digunakan utk mengirim dan mengkomunikasikan pesan/informasi. Bagaimana kita dapat menggunakan komunikasi tatap muka antar manusia agar pelaksanaan rencara pembela- jaran berjalan efektif? (Socrates). Media berbasis manusia mengandalkan 2 teknik yang efektif, yaitu: a. Rancangan yang berpusat pada masalah b. Bertanya ala Socrates  Langkah-langkah rancangan pembelajaran ini, meliputi:

Langkah-langkah Rancangan Pembelajaran 1. Merumuskan masalah yang relevan 2. Mengidentifikasi pengetahuan & keterampilan yang terkait dengan pemecahan masalah. 3. Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting & bagaimana pe- ngetahuan itu diterapkan utk pemecahan masalah. 4. Tuntun eksplorasi siswa. a. Eksplorasi siswa tak terhalangi, partisipasi aktif, dan berta- nya. b. Bantu siswa dlm menghubungkan pengetahuan baru dgn yang terdahulu. c. Bantu siswa dlm membentuk dan menginternalisasi repre- sentasi masalah & tugas.

Langkah-langkah Rancangan Pembelajaran (Lanjutan ) d. Membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara masalah baru dan pengalaman yang lalu yang berisi masalah serupa. e. Beri umpan balik yang benar maupun yang salah. f. Gunakan representasi grafik yang dihubungkan dgn uraian verbal. 5. Kembangkan masalah dlm konteks yang beragam dgn tahapan tingkat kerumitan. 6. Nilai pengetahuan siswa dgn memberikan masalah baru untuk dipecahkan.

Langkah-langkah Teknik Pembelajaran Socrates Mengidentifikasi pertanyaan heuristik yg meminta siswa berbagi, menganalisis, mengevaluasi, dan men- sintesis pekerjaan/tugas mereka. Pelajaran mungkin bisa dimulai dgn diskusi dalam ke- lompok besar sebagai eksplorasi. Siswa dikelompokkan dlm kelompok kecil utk menda- lami isu dan gagasan yg muncul dlm kelompok besar. Menentukan apakah siswa harus belajar/bekerja ber- sama dlm kelompok, perorangan, atau bebas.

Langkah-langkah Pembelajaran Interaktif Mengidentifikasi pokok bahasan Mengembangkan sajian pembelajaran yang mencakup se- mua informasi yg diharapkan siswa mengusainya. Mengamati seluruh penyajian, dan menentukan dialog- dialog interaktif mana yang dapat digabung dan disisip- kan. Menetapkan jenis informasi yang diinginkan siswa. Kembangkan pertanyaan dan strategi lainnya yang meli- batkan siswa (analisis, sintesis, evaluasi, dan pembuatan keputusan. Menentukan pesan-pesan yang ingin disampaikan dgn kegiatan interaktif. Menentukan butir-butir diskusi yg penting.

Cara-cara yang dapat Digunakan untuk Menarik Perhatian Memulai pelajaran dgn memusatkan pada aplikasi isi berbagai isu yg relevan dgn siswa --- bagaimana infor- masi baru ini akan digunakan/diterapkan Menginformasikan pada siswa apa yg diharapkan me- reka dapat kerjakan. Mulai dgn mengajukan pertanyaan atau masalah yang memusatkan perhatian thd informasi yang ahrus dipe- lajari oleh siswa.

Implementasi Pembelajaran Interaktif: Pembelajaran Partisipatori Dimulai dengan sesi curah pendapat dari seluruh siswa Guru mengelompokkan, mengevaluasi, dan membahas hasil curah pendapat itu bersama siswa

Implementasi Pembelajaran Interaktif: Pembelajaran Main Peran Dimulai dengan main peran yang diberi ta- hapan, dengan pelaku siswa secara sukarela. Setelah bermain peran, butir-butir informa- si penting dibahas. Buat kesimpulan.

Implementasi Pembelajaran Interaktif: Pembelajaran Kuis Tim Dimulai dengan mengumumkan, bahwa akan ada kuis pada akhir pelajaran. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang bersaing mengumpulkan angka berda- sarkan jawaban yang benar. Meriah, membantu menarik perhatian siswa, sehingga siswa lebih berkonsentrasi karena akan ditanyai, serta akan memberi- kan yang terbaik bagi timnya.

Implementasi Pembelajaran Interaktif: Pembelajaran Kooperatif Menciptakan tim-tim atau kelompok- kelompok yang bertanggung jawab untuk saling mengajar pengetahuan atau keteram- pilan khusus. Secara konseptual, siswa akan belajar lebih baik dan lebih banyak, jika mereka harus bertanggung jawab untuk mengajarkan pesan atau informasi kepada siswa lainnya.

Implementasi Pembelajaran Interaktif: Debat Terstruktur Bermanfaat apabila ada butir-butir informasi penting atau pandangan yang berlawanan. Pertama, isu diuraikan pada siswa. Siswa kemudian ditunjuk (memilih) suatu posisi pada salah satu pandangan/pendapat tertentu, sehingga terbentuk tim-tim. Setiap tim mempersiapkan butir-butir yang mendu- kung pandangan yang dibelanya. Setiap tim bergantian menyajikan posisi dan dukung- an argumentasi timnya. Kegiatan ini diikuti dgn pembahasan oleh guru, me- ngenai isu yg diperdebatkan.

Implementasi Pembelajaran Interaktif: Pembelajaran 99 detik Merupakan rancangan pembelajaran yang membantu siswa memproses informasi, dgn cara meminta siswa utk mengorganisasikan secara singkat informasi ke dalam penyajian dengan waktu tidak lebih dari 99 detik. Organisasi singkat tersebut, memuat butir- butir penting keseluruhan informasi. Next Week