ILMU ASBABUN NUZUL.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Q.S. At-Tahrim Ayat 8.
Advertisements

PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
Pengertian Macam-macam Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
ASBAB AN-NUZUL Pengertian Asbab An-Nuzul
SENI DALAM PANDANGAN ISLAM
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
Aliran Sesat dan Cara Menghindarinya
SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW
HADITS KEtiga belas.
Pendidikan Agama Islam
1 SISTEM POLITIK ISLAM
HADITS KEtigapuluh sembilan
HUKUM BERWUDHU DAN BILA MENYENTUH WANITA BUKAN MUHRIM Ananda syahdini e.p Dhika rachmaeni Inggi guna istia.
METODOLOGI EKONOMI ISLAM
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
MPK AGAMA ISLAM HOME GROUP A:
Syari’ah Bab 6 Pertemuan ke 9.
BAB III SYARAT DAN RUKUN PERKAWINAN YANG SYAH
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
TAKWA.
PARADIGMA KEPERAWATAN ISLAM Fakultas Ilmu Kesehatan
PENYESUAIAN DAN PEMBINAAN PENDAPAT YANG BERBEDA
Amal Jama’I (Gerakan bersama)
HUKUM MELAKUKAN PERKAWINAN , LARANGAN PERKAWINAN, HUBUNGAN LARANGAN PERKAWINAN DENGAN SISTEM KEKELUARGAAN OLEH TIM PENGAJAR HUKUM PERDATA ISLAM 10 SEPTEMBER.
SEMINAR PRA-NIKAH Bersama : Nur Indah Harahap, Skomp, SSi, SThI
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Ulumul Hadits.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
SEJARAH & PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
LARANGAN PERKAWINAN DALAM ISLAM
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN BERDASARKAN SUMBER
SISTIMATIKA AL-QUR’AN
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
بسم الله الرحمن الرحيم وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا.
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
TEORI SANAD HADIS Pengertian sanad Urgernsi sanad
KONSEP NASAKH DALAM AL-QUR’AN
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Pertanggungjawaban pidana dalam islam
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
Hukum Islam Rabu, 21 Maret 2012 FHUI, Depok
Menemani Rasulullah di Surga
SEJARAH BENDAHARAWAN HADIS MASA SHAHABAT
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Dalam kitab Shahih Bukhori bab Zakat terdapat penuturan hadist sebagai berikut : حدثنا سعيد بن أبي مريم حدثنا عبدالله بن وهب قال أخبرني يونس بن يزيد عن.
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
Aliran Sesat dan Cara Menghindarinya
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
Pengertian Ulumul Quran & Sejarah Perkembangannya
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Sijil Pengajian Al-Quran (SPA) Institut Pengajian Tinggi al-Zuhri
Surah Ad-Dhuha Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw di Mekah
BERSIKAP DEMOKRATIS Q.S. Ali Imran: 159 Rian Hidayat, S.Pd.I.
Transcript presentasi:

ILMU ASBABUN NUZUL

PERTANYAAN: 1. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN ILMU ASBABUN NUZUL ? 2. JELASKAN JENIS ATAU KATEGORI DARI ASBABUN NUZUL ! 3. APAKAH SEMUA AYAT AL-QUR’AN ADA ASBABUN NUZULNYA ? 4. SEBUTKAN SATU CONTOH ASBABUN NUZUL !

ASBABUN NUZUL Pengertian: - suatu ilmu yang membahas tentang sebab-sebab turunnya ayat- ayat al-qur’an untuk menjelaskan hukum (ajaran), baik karena sebuah peristiwa atau pertanyaan. (Manna al-qattan). - Urgensinya. Al-Wahidi menyatakan bahwa: pengetahuan tentang sebab turunnya ayat sangat penting dalam memahami ayat al-Qur’an. Orang yang tidak memahami ilmu ini, dikahawatirkan akan keliru dalam memahaminya. Seperti yang terjadi pada Khalifah Marwan bin hakam, ketika memahami QS. Ali Imran : 188. Dan Amr bin Ma’ad ketika memahami Qs. Al-Maidah: 93. ayatايات.rtf

JENIS-JENIS ASBABUN NUZUL: 1. untuk menjawab suatu pertanyaan, contoh: * Sebab turunnya QS. Al-Baqarah: 222, yang bersumber dari Anas bin Malik. * Sebab turunnya QS. Al-Isra: 85, yang bersumber dari Ibnu Mas’ud. 2. untuk menanggapi suatu peristiwa, contoh: * Sebab turunnya QS. Al-Lahab, yang bersumber dari Ibnu Abbas. * Sebab turunnya QS. Al-Baqarah/2: 221, yang bersumber dari Ibnu Mas’ud. ayatايات.rtf

KATEGORI SEBAB NUZUL: 1. Adakalanya ayat yang turun lebih dari satu ayat, sementara sebabnya hanya satu sebab. Contoh QS. Ali Imran: 195, an-Nisa: 32, al-Ahzab: 35 tentang pertanyaan Ummu Salamah berkaitan dengan wanita. 2. Adakalanya ayat yang turun hanya satu ayat, sedangkan sebabnya lebih dari satu: - Sebab turunnya QS. Dhuha, yang bersumber dari Jundub al-Bajali dan Umi Hafsah. (di ambil riwayat yang shahih) - Sebab turunnya QS. Al-Isra: 85, yang bersumber dari Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas. (di ambil riwayat yang rajih/kuat). - Sebab turunya QS. Nur: 6-9, yang bersumber dari Ibnu Abbas dan Sahal bin Sa’ad. (di kompromikan). - Sebab turunya QS. Taubah: 113, yang bersumber dari al-Musayyab dan Ali bin Abi Thalib ayatايات.rtf

Cara mengetahui sebab nuzul: Wahidi Menyebutkan bahwa pengetahuan tentang sebab-sebab turun ya ayat al-Qur’an bisa sampai kepada generasi seterusnya adalah berdasarkan riwayat. Riwayat yang dimaksudkan di sini adalah riwayat yang bersumber dari sahabat. Bahkan menurut Suyuti, sahabat tersebut harus melihat langsung ayat tersebut turun kepada Nabi. Bukan melalui perantara orang lain. Pernyataan di atas menegaskan bahwa persoalan ini harus bersumber dari sumber yang jelas dan valid. Tidak berlaku sebab nuzul yang dibuat sendiri oleh sebagian ulama, yang tidak jelas sumbernya.

KAIDAH-KAIDAH ASBABUN NUZUL: 1. Al-ibrah bi umum al-lafaz la bi khusus al-sabab. (yang menjadi pertimbangan adalah lafaz yang umum bukan sebab yang khusus). Contoh: QS. Al-Baqarah: 221, tentang larangan menikah dengan wanita musyrik. 2. Al-ibrah bi khusus al sabab la bi umum al-lafaz. (yang menjadi pertimbangan adalah sebab yang khusus bukan lafaz yang umum). Contoh: QS. Al-Maidah: 38, tentang hukuman bagi pencuri. ayatايات.rtf