MULTI MEDIA PEMBELAJARAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
تلخيص من كتاب عمدة الأحكام. a) Bahasa : الدعاء (Do’a) b) Istilah : “Ibadah tertentu yang memiliki gerakan tertentu, perkataan dan perbuatan tertentu,
Advertisements

BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
HADITS SUMBER KEDUA AJARAN ISLAM
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
BAB IV SUMBER HUKUM ISLAM.
Kelompok 10 Motivasi Belajar dan Mengajarkan al-Qur’an
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
SUNNAH, HADIS, ATSAR, KHABAR
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
M. Nawawi Argumen Pengingkar Sunnah ونزلنا عليك الكتاب تبيانا لكل شيء وهدى ورحمة وبشرى للمسلمين (89 النحل ) وما من دابة في الأرض ولا طائر يطير بجناحيه.
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
Nikah Arti Nikah; Bahasa: الضم و الجمع (bergabung dan berkumpul), terkadang kata-kata ‘Nikah’ sebagai ungkapan berhubungan dan juga kata ini dimaksudkan.
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
USHOLLI DAN QUNUT FATWA TARJIH 05.
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
SUMBER HUKUM ISLAM
METODOLOGI EKONOMI ISLAM
BAB 5 SUMBER HUKUM ISLAM Standar Kompetensi
Assalamu’alaikum wr. Wb MUDAH-MUDAHAN KITA BISA AMBIL PELAJARANNYA SUKABUMI, 5 Juni 2016 Salam Inovasi Ai Mida Usmiati 13.T Loading...
SUMBER AJARAN ISLAM.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
Pendahuluan -Ushul fiqh adalah metodologi mujtahid untuk menggali hukum syara’ dari sumbernya. -sumbernya inilah yang dimaksud dengan dalil syar’I, yaitu.
HIJRAH Dari Kompetensi Ke Kontribusi
SYARA’ MAN QABLANA & MAZHAB SHAHABAT
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
SUMBER HUKUM ISLAM DAN HUKUM ISLAM DISUSUN OLEH CHAIRUNNISA
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH
BAB II HORMAT KEPADA ORANG TUA DAN GURU
علم أصول الفقه (IAI Darul Ulum) Presentasi Oleh:
PENGANTAR STUDI HADIS.
Amalan Setelah Melahirkan
MULTI MEDIA PEMBELAJARAN
MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM STEP – 2 IDB JOMBANG JAWA TIMUR
Pendahuluan -Ushul fiqh adalah metodologi mujtahid untuk menggali hukum syara’ dari sumbernya. -sumbernya inilah yang dimaksud dengan dalil syar’I, yaitu.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Sumber Hukum Islam.
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
ASSALAMUALAIKUM.
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
IBADAH PUASA Masuk.
Hadis dari Segi Kuantitas Sanad : Mutawatir & Ahad
SUMBER HUKUM ISLAM.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
PENDIDIKAN ISLAM HADITH RASULULLAH S.A.W. TINGKATAN SATU.
Masilul khamsah.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
FAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH 6 Rabiul Awal 1433 H (31 JANUARI 2012)
MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM STEP – 2 IDB JOMBANG JAWA TIMUR
القياس.
BAB 9: WUKUF, BERMALAM DI MUZDALIFAH DAN MELONTAR JAMRAH
الملف: القيم الإيمانية و التعبدية
MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM STEP – 2 IDB JOMBANG JAWA TIMUR
IMAM FASIH FATWA TARJIH 2004.
H.M. Shiddiq Al-Jawi, S.Si, MSI
Bersama Ahmad Hermawan, Lc, M.A PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA bersama Ahmad Hermawan, Lc, M.A PROGRAM.
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
BISMILAHIRAHMINARAHIM TUJUAN PEMBELAJ ARAN Menjelaskan pengertian ijtihad Menjelaskan syarat-syarat ijtihad Menjelaskan pengertian ijma Menjelaskan pengertian.
presentasi hadits Tentang Iman
Transcript presentasi:

MULTI MEDIA PEMBELAJARAN MA Unggulan Darul Ulum M. Miftahul Huda, M.PdI.

HOME OFFICE MATERI ABOUT EVALUASI REFERENSI SIMPULAN Menyajikan Materi

MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM STEP – 2 IDB JOMBANG JAWA TIMUR HOME OFFICE MATERI ABOUT EVALUASI REFERENSI SIMPULAN علم أصول الفقه Ilmu Ushul Fiqh (IAI Darul Ulum) MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM STEP – 2 IDB JOMBANG JAWA TIMUR www.maudarululum.com

Dalil Syar’I : As Sunnah HOME OFFICE MATERI ABOUT EVALUASI REFERENSI SIMPULAN المحاضرة الرابعة Pertemuan Ke Empat دليل الشرعى: السنة Dalil Syar’I : As Sunnah LET BEGIN…..!

Content Materi : تعريفها حجيتها. نسبتها إلى القرآن. Pengertian Kekuatan Sebagai Hujjah Hubungan terhadap Al-Quran Pembagiannya berdasarkan sanad Petunjuk Pasti atau dugaan تعريفها حجيتها. نسبتها إلى القرآن. أقسامها باعتبار سندها قطعيها وظنيها. Indonesia عربية

Pengertian Sunnah السنة لغة : هي الطريقة و السيرة , سواء كان محمودة أو مذمومة. و الجمع : السنن. قوله تعالى : سُنَّةَ مَنْ قَدْ أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ مِنْ رُسُلِنَا وَلَا تَجِدُ لِسُنَّتِنَا تَحْوِيلًا ( الإسراء : 77) السنة في الاصطلاح الشرعي: هي ما صدر عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - من قول، أو فعل، أو تقرير. Sunnah scr bahasa : jalan dan perjalanan, baik atau buruk. Allah berfirman: “(Kami menetapkan yang demikian) sebagai suatu ketetapan terhadap rasul-rasul kami yang kami utus sebelum kamu dan tidak akan kamu dapati perubahan bagi ketetapan kami itu”. Istilah : Apa yang bersumber dari Rasulullah SAW berupa perkataan , perbuatan maupun ketetapan

Penjelasan Ragam Sunnah Qouliyah : Yang berupa Perkataan Nabi yang disabdakan sesuai dengan tujuan dan kondisi. Misalnya; “tidak boleh berbuat sesuatu yang membahayakan dan tidak boleh membalas dengan kejahatan”. Fi’liyah : Yang berupa Perbuatan Nabi seperti sholat 5 waktu dengan cara dan rukunnya Taqririyah : Yang berupa penetapan Rasulullah atas ucapan atau perbuatan yang dilakukan oleh sahabat dg diam atau tidak ada penolakan, persetujuan, atau anggapan baik beliau. فالسنن القولية: هي أحاديثه - صلى الله عليه وسلم - التي قالها في مختلف الأغراض والمناسبات, مثل قوله - صلى الله عليه وسلم - : "لا ضرر ولا ضرار" والسنن الفعلية: هي أفعاله - صلى الله عليه وسلم - مثل أدائه الصلوات الخمس بهيئاتها وأركانها، وأدائه مناسك الحج، والسنن التقريرية: هي ما أقرّه الرسول - صلى الله عليه وسلم - مما صدر عن بعض أصحابه من أقوال وأفعال بسكوته وعدم إنكاره، أو بموافقته وإظهار استحسانه. مثل ما روي أن صحابيّين خرجا في سفر فحضرتهما الصلاة ولم يجدا ماء فتيمما وصليا، ثم وجدا الماء في الوقت فأعاد أحدهما ولم يعد الآخر، فلما قصّا أمرهما على الرسول أقرّ كلاَ منهما على ما فعل فقال للذي لم يعد : "أصبت السنة، وأجزأتك صلاتك" ، وقال للذي أعاد: "لك الأجر مرتين"

Dalil Legalitas Sunnah Sebagai Hujjah Pertama : (نصوص القرآن) Dari banyak Ayat Al-Quran وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْراً أَن يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ } [الأحزاب (36]، Artinya: “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan rasul-Nya Telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan barangsiapa mendurhakai Allah dan rasul- Nya Maka sungguhlah dia Telah sesat, sesat yang nyata.” وقال: { وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا } [الحشر: 7] Artinya: “Apa yang diberikan rasul kepadamu, maka terimalah, dan apa yang dilarang bagimu, maka tinggalkanlah”. Kedua : (إجماع الصحابة) Ijma’ Shohabah ra Ketiga : Banyaknya ayat Al-Quran yang bersifat general , yang tdak mungkin bisa diamalkan tanpa perincian lebih lanjut. فقال تعالى : " أقيموا الصلاة وآتوا الزكاة "

نسبة السنة الى القرآن Hubungan Sunnah thd Quran : Sunnah sebagai penguat hukum yg ada dalam Quran Sunnah sebagai perinci dan penjelas keglobalan hukum hukum yang ada dalam Quran. “Dan Kami turunkan kepadamu al-Qur’an agar kamu menerangkan kepada ummat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka”. Sunnah menetapkan hukum baru yang belum disebutkan dalam Quran. “Apa yang haram sebab nasab juga haram sebab persusuan”. سنة مقررة ومؤكدة حكما جاء في القرآن تكون سنة مفصلِّة ومفسِّرة لما جاء في القرآن مجملا،) وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ } (النحل (44]، وإما أن تكون سنة مثبِتَة ومنشِئَة حُكما سكت عنه القرآن، فيكون هذا الحكم ثابتا بالنسبة ولا يدل عليه نص في القرآن وما جاء في الحديث: "يحرمُ من الرضاع ما يحرُم بالنسب"

Pembagian Sunnah scr Riwayat السنة المتواترة هي ما رواها عن رسول الله جمع يمتنع عادة أن يتواطأ أفراده على كذب، لكثرتهم وأمانته واختلاف وجهاتهم وبيئاتهم السنة المشهورة هي ما رواها عن رسول الله صحابي أو اثنان أو جمع لم يبلغ حد جمع التواتر. مثل حديث: "إنما الأعمال بالنيات"، وحديث: "بُنِيَ الإسلام على خميس" وحديث "لا ضرر ولا ضرار". سنة الآحاد: هي ما رواها عن الرسول آحاد لم تبلغ جموع التواتر بأن رواها عن الرسول واحد أو اثنان أو جمع لم يبلغ حد التواتر، ورواها عن هذا الراوي مثله وهكذا حتى وصلت إلينا Sunnah Mutawatir : diriwayatkan dari Rasulullah oleh sekelompok perawi yang menurut kebiasaan masing2 tidak mungkin sepakat untuk berbohong, karena jumlah mereka yang banyak, kejujuran, serta perbedaan pandangan dan lingkungan. Contoh, pelaksanaan haji, sholat dll. Sunah Masyhuroh : Sunnah yang diriwayatkan oleh seorang sahabat, dua orang atau banyak yang tidak sampai hitungan mutawatir. (Misalnya: yang diriwayatkan Umar bin Khattab, Abdullah bin Mas’ud, Abu Bakar Siddiq). Sunnah Ahad : Sunnah yang diriwayatkan oleh rawi yang sepadan (perorangan) yang tidak sampai pada hitungan mutawatir.

Kekuatan Dalil Sunnah (Sanad) فالسنة المتواترة: قطعية الورود عن الرسول، لأن تواتر النقل يفيد الجزم والقطع بصحة الخبرة والسنة المشهورة قطعية الورود عن الصحابي أو الصحابة الذين تلقوها عن الرسول لتواتر النقل عنهم، ولكنها ليست قطعية الورود عن الرسول ، لأن أول من تلقى عنه ليس جمع التواتر، ولهذا جعلها فقهاء الحنفية في حكم السنة المتواترة، فيخصص بها عام القرآن ويقيد بها مطلقه لأنها مقطوع ورودها عن الصحابي، والصحابي حجة وثقة في نقلة عن الرسول، فمن أجل هذا كانت مرتبتها في مذهبهم بين المتواتر وخبر الواحد. وسنة الآحاد ظنية الورود عن الرسول، لأن سندها لا يفيد القطع. Mutawatir : Kekuatan Riwayatnya Pasti (Kuat) dari Rasul, karena banyaknya periwayat memberi ketetapan dan kepastian kebenaran berita. Masyhur : Kekuatan Riwayatnya Pasti (kuat) dari Shohabat (hampir setara mutawatir) yang meriwayatkan dari rasul. Ahad : kekuatannya dhonny (dugaan) dari Rasul, karena sanadnya tidak memberi kepastian.

Kekuatan Dalil Sunnah (Matan) وأما من جهة الدلالة فكل سنة من هذه الأقسام الثلاثة قد تكون قطعية الدلالة، إذا كان نصها لا يحتمل تأويلا، وقد تكون ظنية الدلالة إذا كان نصها يحتمل التأويل. وكل سنة من أقسام السنن الثلاثة المتواترة والمشهورة وسنن الآحاد؛ حجة واجب اتّباعها والعمل بها، أما المتواترة فلأنها مقطوع بصدورها وورودها عن رسول الله، وأما المشهورة أو سنة الآحاد فلأنها وإن كانت ظنية الورود عن رسول الله إلا أن هذا الظن ترجح بما توافر في الرواة من العدالة وتمام الضبط والإتقان، ورجحان الظن كافٍ في وجوب العمل Dari sisi kekuatan dilalah (penunjukan makna), ketiga sunnah diatas adalah pasti jika nashnya tidak memerlukan takwil dan dugaan jika nash tersebut memerlukan takwil. Semua jenis sunnah tsbt bisa menjadi hujjah yang wajib diikuti dan diamalkan contentnya, sekalipun ahad bersifat dhonny

Perbuatan Rasul yg bukan Tasyri’ فما صدر عنه بمقتضى طبيعته الإنسانية من قيام، وقعود ومشي، ، لكن إذا صدر منه فعل إنساني، ودلّ دليل على أن المقصود من فعله الإقتداء به، كان تشريعا بهذا الدليل. وما صدر عنه بمقتضى الخبرة الإنسانية والحذق والتجارب في الشئون الدنيوية. ولما رأى الرسول أهل المدينة يؤبِّرون النخل، أشار عليهم أن لا يؤبِّروا، فتركوا التأبير و تلف الثمر، فقال لهم : "أبّروا .. أنتم أعلم بأمور دنياكم". وما صدر عن رسول الله ودلّ الدليل الشرعي على أنه خاص به، وأنه ليس أسوة فليس تشريعاً عاماً : كتزوجه بأكثر من أربع زوجات، Yang keluar dari rasul sesuai watak manusiawi, seperti berdiri, duduk, berjalan, tidur, makan minum adalah bukan syara’. Jika perbuatan tersebut memeiliki dalil bahwa tujuannya sebagai tuntunan, maka dengan dalil tersebut, perbuatan itu termasuk sunnah. Hal yang keluar dari rasul sesuai pengetahuan manusia, kecerdasan dan pengalaman dalam kehidupan duniawi. Contoh, pertanian, mengatur pasukan dll. “Kawinkanlah (kurma itu), kamu lebih tahu tentang masalah duniawimu.” Yang menunjukkan kekhususan bagi beliau SAW

E-mail/FB: pak_salam@yahoo.co.id مع النجاح www.paksalam.wordpress.com E-mail/FB: pak_salam@yahoo.co.id 0321-7191785 / 085649117381