Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 SISTEM POLITIK ISLAM
Advertisements

Hukum Islam. Definisi Hukum Islam: Hukum yang bersumber dan merupakan bagian dari ajaran Islam. Syari’at Fiqh Ditetapkan secara langsung dan tegas oleh.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAM dalam Perspektif Islam
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
SUMBER HUKUM ISLAM Pengertian Hukum dan Sumber Hukum Islam
Hukum Islam.
Disusun Oleh : Kelompok 6
HOME DEMOKRASI DLM ISLAM
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Kelompok 2 Elvrado Wega S Rini Agustin
HUKUM, HAM, dan Demokrasi dalam ISLAM
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PANDANGAN ISLAM TENTANG MAKNA KEHIDUPAN dan HAM
HUKUM ISLAM DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA
HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : DR. AMINUDDIN, M. Ag.dkk UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA2011.
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
BERLAKUNYA HUKUM ISLAM DI INDONESIA
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
NEGARA HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
HUKUM PERORANGAN & KEKELUARGAAN ISLAM
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
Waldi Nopriansyah, S.H.I., M.S.I
HUKUM ISLAM A. Sunnatullah. B. Fiqh. C. Ushul Fiqh.
Sumber hukum islam.
BAB 6 MASYARAKAT MADANI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kerangka Dasar Agama dan Ajaran Islam
Tujuan Instruksional Umum:
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Kedua)
SYARI’AH, HAM DAN DEMOKRASI MENURUT ISLAM
6. Hukum, HAM, dan Demokrasi Dalam Islam
BAB 7 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
SUMBER HUKUM ISLAM.
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
KONTRIBUSI HUKUM ISLAM DI INDONESIA
Etika Pancasila.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
HUKUM ISLAM DI INDONESIA
BERLAKUNYA HUKUM ISLAM DI INDONESIA
SUMBER HUKUM ISLAM.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
Kerangka Dasar Agama dan Ajaran Islam
DASAR FILOSOFIS, KEDUDUKAN HPI DI INDONESIA DAN PERBANDINGAN HPI,HPB DAN HPA Dr. Gemala Dewi, SH, LL.M.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HUKUM ISLAM DALAM TATA HUKUM INDONESIA
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
POLITIK, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Assalamualaikum Wr. Wb. Assalamualaikum Wr. Wb..
BAB 3 SYARIAH DALAM KEHIDUPAN MUSLIM
HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
BAB 5 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
KELOMPOK. Pengertian Hukum Islam. Pengertian Hukum Islam Menurut Ahmad Rofiq, Pengertian Hukum Islam adalah seperangkat kaidah-kaidah hukum yang didasarkan.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
KONSEP HUKUM DAN SUMBER HUKUM ISLAM MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelompok 3/ Kelas 40 Jatmiko Dwi Purnomo ( ) Putri Nurul.
Transcript presentasi:

Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam BY; FIRNAWIDA,M.Pd.I

Konsep hukum dan HAM dalam Islam Hukum Islam (definisi/ruang lingkupnya) HAM menurut Islam Demokrasi dalam Islam Prinsip-prinsip demokrasi dalam Islam Prinsip-prinsip dalam ijma’

Pengertian Hukum Islam Hukum adalah norma, kaidah, ukuran, patokan, atau pedoman yang digunakan untuk menilai tingkah laku atau perbuatan manusia dan benda. Hukum Islam adalah hukum yang bersumber dan menjadi bagian dari ajaran Islam Konsep, dasar, dan kerangka hukum Islam (ajaran Islam) adalah ditetapkan oleh Allah dan dijelaskan oleh RasulNya (disebut juga syariat Islam) Syariat: Wahyu Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah, bersifat fundamental, dan merupakan landasan dalam perumusan fiqih. Fiqih: Pemahaman manusia yang memenuhi syarat tentang syariat yang dituangkan dalam kitab-kitab fiqih.

Menurut Tahir Azhary, ada 3 sifat dari hukum Islam yaitu : Bidimensional : Mengandung segi kemanusiaan dan ketuhanan. Tidak hanya mengatur satu aspek kehidupan saja. Adil : Menjadi tujuan sekaligus sifat yang melekat sejak kaidah-kaidah dalam syariah ditetapkan Individualistik dan kemasyarakatan yang diikat oleh nilai-nilai wahyu Allah yang disampaikan pada Nabi Muhammad

HAM dalam pandangan Islam diakui bersifat teosentris (segala sesuatunya dipusatkan / dikembalikan pada tuhan), Sementara dalam pemikiran Barat manusia dijadikan sebagai pusat/tolok ukur segala sesuatu (antroposentris) HAM dalam Islam dilandasi dengan kewajiban asasi manusia untuk mengabdi kepada Allah. Kewajiban yang dibebankan kepada manusia itu sendiri terbagi dalam dua kategori: huququllah (memenuhi hak-hak Allah), dan huququl ‘ibad (memenuhi hak-hak manusia).

Prinsip-prinsip HAM dalam Al-Qur’an dan Hadits antara lain : Mengakui kemuliaan /ketinggian martabat manusia (dibanding makhluk lain) QS.17:33, 70. QS.5: 32 dll. Mengakui persamaan manusia (hanya taqwa sebagai pembeda di hadapan tuhan) Prinsip kebebasan menyatakan pendapat (mendorong banyak tahu, berfikir, berani menyatakan kebenaran) Prinsip kebebasan beragama Menagakui hak atas jaminan sosial (peduli faqir miskin/mustadh’afin dll.) Hak atas harta benda (kepemilikannya dilindungi)

Prinsip-prinsip demokrasi dalam pandangan Islam antara lain: Tauhid sebagai landasan asasi (prinsip teokrasi/nomokrasi) Kepatuhan pada hukum Allah. Menjunjung tinggi musyawarah Berupaya mencapai kesepakatan/persetujuan (ijma’). Berorientasi menegakkan kebenaran dan keadilan Penafsiran hukum tuhan melalui ijtihad sebagai bentuk penghargaan dan seleksi terhadap manusia. Dilakukan dengan tasamuh dan penuh rasa tanggung jawab.

Adapun prinsip-prinsip dalam ijma’ antara lain: Melibatkan seluruh mujtahid pada suatu masa dari berbagai wilayah/dunia Islam Kesepakatan diambil setelah seluruh mujtahid mengemukakan pandangannya. Hukum/masalah yang disepakati adalah yang bersifat aktual dan tidak ada hukumnya secara rinci/qoth’i dalam Al-Qur’an/Hadits. Sandaran hukumnya haruslah pada Al-Qur’an dan atau Al-Hasits

ولسلام