Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEPEMILIKAN MATERI SYARI’AH 13 OLEH: H. DWI CONDRO TRIONO, Ph.D
Advertisements

AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
Spionase dalam Tinjauan Dalam
Amanah dalam Perspektif Sunnah
EKONOMI SYARIAH SKS (2-0)
Biografi IMAM AT - TIRMIDZI
POLITIK PERTANIAN DALAM SISTEM EKONOMI ISLAM
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
PERTEMUAN KE-3 EKONOMI SYARIAH
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
BAB XI SIROH SAHABAT.
BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM
BEBERAPA PERMASALAHAN FIQIH
HADITS KEDUAPULUH DUA.
HADITS KEtigapuluh satu
QS AL HUMADZAH 1-9.  Al Humadzah : Golongan manusia yang senantiasa menyebutkan aib orang lain dengan lisannnya.  Al Lumadzah : Golongan manusia yang.
Shalat Subuh dan Keutamaannya
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Wirausaha Islami 1. Surya Rahmandanu ( )
HADITS KEdua belas.
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
MEMBANGUN BISNIS SYARI’AH
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
Heraclius Kaisar Romawi Timur
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
Pengantar Ekonomi Islam
BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
PERDAGANGAN RASULLAH SAW
KEPEMILIKAN (AL-MILKIYAH) Bab 16, hlm.317
HADITS KEDUAPULUH SATU
KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PANDANGAN ISLAM.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
Bab 8 SISTEM POLITIK Bab 8 ISLAM Sistem politik Islam.
HUKUM WAKAF.
LAUT DAN PRINSIP PENGELOLAANNYA PERSPEKTIF ISLAM
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
AGAMA ISLAM.
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
Spiritualitas Islam dalam Ekonomi & Harta

BERBISNIS SECARA SYAR’I…
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
HADITS IJTIMA’I.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
Menghormati ulama dan majelis ilmu
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PANDANGAN ISLAM.
Cinta yang membawa ke surga
PILAR-PILAR EKONOMI ISLAM
KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PANDANGAN ISLAM.
Assalammuallaikum Wr. Wb.
DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 1.PRI HANTANTI MEILI YANA EKONOMI ISLAM.
Cinta yang membawa ke surga
KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PANDANGAN ISLAM.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
MEMBUAT PILIHAN (KHIYAR) DALAM JUAL BELI
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
HUKUM WAKAF.
Hadits-hadits ttg Dajjal
Cinta yang membawa ke surga
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
  Nikmat Allah  “Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir?” (Q.s. 90: 8-9)  Sarana.
ZAKAT PERDAGANGAN, ZAKAT UTANG, DAN ZAKAT PIUTANG
Zoel Creative AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID Disarikan dari buku: MISTERI SHALAT SUBUH Karya Dr. Raghib As-Sirjani.
Transcript presentasi:

Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam

Sebagai sebuah ideologi, Islam memiliki sistem ekonomi yang khas. Di dalamnya ada konsep bagaimana mengelola sumber daya alam.

Menurut pandangan Islam, hutan, air, dan energi adalah milik umum. hadits Rasulullah SAW: ‘‘Kaum muslimin berserikat dalam tiga hal: air, padang rumput dan api“ (HR Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah) (Imam Asy Sayukani, Nayl al Authar, halaman 1140) Maka, pengelolaannya tidak boleh diserahkan kepada swasta (corporate based management) tapi harus dikelola sepenuhnya oleh negara (state based management) dan hasilnya harus dikembalikan kepada rakyat dalam berbagai bentuk.

Untuk pengelolaan barang tambang dijelaskan oleh hadits riwayat Imam At-Tirmidzi dari Abyadh bin Hamal yang menceritakan, saat itu Abyad meminta kepada Rasul SAW untuk dapat mengelola sebuah tambang garam. Rasul meluluskan permintaan itu, tapi segera diingatkan oleh seorang sahabat. “Wahai Rasulullah, tahukah engkau, apa yang engkau berikan kepadanya? Sesungguhnya engkau telah memberikan (bagaikan) air mengalir (ma’u al-‘idda)” Berkata (perawi), “kemudian Beliau SAW menarik kembali tambang tersebut darinya”. أَنَّهُ وَفَدَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَقْطَعَهُ الْمِلْحَ قَالَ ابْنُ الْمُتَوَكِّلِ الَّذِي بِمَأْرِبَ فَقَطَعَهُ لَهُ فَلَمَّا أَنْ وَلَّى قَالَ رَجُلٌ مِنْ الْمَجْلِسِ أَتَدْرِي مَا قَطَعْتَ لَهُ إِنَّمَا قَطَعْتَ لَهُ الْمَاءَ الْعِدَّ قَالَ فَانْتَزَعَ مِنْهُ

Pengelolaan negara terhadap sumber daya alam ini menghasilkan dua keuntungan Hasil pengelolaannya menjadi sumber pemasukan yang cukup besar untuk menyejahterakan rakyat. Negara bisa melepaskan diri dari ketergantungan terhadap utang.

Pengeluaran Pengeluaran negara dari sumber daya alam ini bisa dialokasikan untuk berbagai kebutuhan. Antara lain: Biaya eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, mulai dari biaya tenaga kerja, pembangunan infrastruktur, penyediaan perlengkapan, dan segala hal yang berhubungan dengan dua kegiatan pengelolaan sumber daya alam di atas. Dikembalikan hasilnya kepada rakyat sebagai pemilik sumber daya alam itu. Khalifah boleh dan bisa membagikannya secara langsung dalam bentuk benda yang memang diperlukan atau dalam wujud layanan kebutuhan dasar seperti pendidikan dan kesehatan murah juga infrastuktur lainnya. Dialokasikan untuk biaya dakwah dan jihad.

Konsep Islam dalam pengelolaan sumber daya alam ini memastikan hasil kekayaan alam Indonesia kembali kepada rakyat. Walhasil, rakyat akan merasakan kemakmuran dalam arti sebenarnya.