Pengampu : Terry Irenewaty M.hum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta 2011.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
Advertisements

SOSKOTIN V. SOSIOLOGI INDUSTRI Kelahirannya terutama diinspirasi oleh pemikiran2 K. Marx, E. Durkheim, dan M. Weber. Masy Industri berada di suatu wilayah.
ILMU POLITIK ILMU POLITIK SEJARAH & PENDEKATAN LENI ANGGRAENI, S.PD., M.PD.
PENGERTIAN SEJARAH 0leh : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
SEJARAH PERKEMBANGAN, status, dan fungsi BAHASA INDONESIA
SEJARAH SOSIAL TERRY IRENEWATY, M.Hum.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
TIPE-TIPE SEJARAH LOKAL
IDENTITAS NASIONAL.
Pendekatan dalam sastra
IDENTIFIKASI VISI, MISI, TUJUAN ORGANISASI
PERTEMUAN KEEMPAT HISTORIOGRAFI MASA REVOLUSI.
BEBERAPA CONTOH KAJIAN SEJARAH LOKAL
SEJARAH & PENDEKATAN ILMU POLITIK LENI ANGGRAENI, S.PD., M.PD.
SEJARAH HUKUM INTERNASIONAL & PERKEMBANGANNYA
HAKEKAT DAN RUANG LINGKUP SEJARAH
Liberalisme Demokrasi Sosialisme Pan Islamisme
BERPIKIR SEJARAH KEGIATAN FASILITASI WORKSHOP KESEJARAHAN GURU SEJARAH INDONESIA SEPTEMBER 2013 Disajikan oleh Drs. Listiyanto, M.Si.
KONSEP DASAR GEOGRAFI KEBUDAYAAN (SDM) FISIS/ALAM ORGANISASI.
Metodologi Penelitian, Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora
Dilema pendekatan thd perancangan kota
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH
PRINSIP-PRINSIP PENELITIAN SEJARAH
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH
analisis k-13 dalam mata pelajaran sejarah materi wajib dan peminatan
TEORI-TEORI PEMBANGUNAN EKONOMI
Konsep Dasar Sejarah.
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
ANTROPOLOGI Minggu ke 3.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA
SAP 3 TEORI ORGANISASI.
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
MANUSIA DAN BUDAYA Doris Febriyanti, M.Si.
Minggu ke I Lia Aulia Fachrial, S. Psi., M. Si

KEMISKINAN DAN KESENJANGAN PENDAPATAN
Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian Sejarah
D. Hubungan antara Antropologi-Sosial dan Sosiologi
PENGANTAR ANTROPOLOGI
KD Menggunakan prinsip-
C DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH.
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
LATAR BELAKANG LAHIRNYA FILOLOGI
ISD Sebagai salah satu MKDU (MATA KULIAH DASAR UTAMA)
BIMBINGAN KONSELING.
HISTORIOGRAFI.
EKONOMI KOPERASI Koperasi adalah organisasi bisnis yang mempunyai kepentingan yang sama bagi para anggotanya. Dalam melaksanakan usahanya, koperasi terletak.
(IBD) ILMU BUDAYA DASAR Kian Amboro, M.Pd.
ETIKA BERBANGSA Menjelaskan Pemahaman landasan pendidikan Pancasila, demokrasi, hak Asasi manusia, geopolitik dan geostrategi, wawasan nusantara, ketahanan.
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
am/2017/sejarahwajib/x/sem1
Pelaksanaan Politik Etis
SK 1. MEMAHAMI PRINSIP DASAR ILMU SEJARAH
Asal mula Perpustakaan
ANTROPOLOGI BUDAYA (Pertemuan Kedua)
ANTROPOLOGI. BAHAN BACAAN Glinka, Joseph Perkembangan Alam Hidup. Flores, Nusa Indah Glinka, Joseph Sekitar Terjadinya Manusia (Antropogenese).
DASAR HUKUM PENDIDIKAN PANCASILA
Hubungan antara MANUSIA DAN SEJARAH di masa lampau dan masa kini
HUBUNGAN ANTROPOLOGI DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA
BAB I SEJARAH DAN PERKEMBANGAN AKUNTANSI
HISTORIOGRAFI Oleh : I Wayan Sumendra.
Oleh: ACHMAD DARDIRI (FIP UNY)
SEJARAH KOPERASI - KOPERASI MUNCUL PERTAMA KALI PADA AWAL ABAD 19 - PENERAPAN SISTEM KAPITALIS DI EROPA MEMBUAT BURUH MERASA TERTINDAS DAN UNTUK MEMBEBASKAN.
PPKD KABUPATEN TABANAN
KEPENDUDUKAN DAN DEMOGRAFI
Agama Bahá’i.
KEWARGANEGARAAN Ary Handayani 1. Menggali sumber sosiologis & politis tentang pendidikan kewarganegaraan di Indonesia Membangun argumen tentang dinamika.
Transcript presentasi:

Pengampu : Terry Irenewaty M.hum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta 2011

Latar Belakang Munculnya Sejarah Lisan di Indonesia  Adanya penulisan sejarah Indonesia yang masih bersifat “Eropa Sentris” – “Belanda Sentris” ( Seminar Nasional I ‘57).  Keinginan untuk menulis Sejarah Indonesia secara ilmiah (seminar Nasional II th 1970 di Yogya).  Usaha untuk menyelenggarakan program Sejarah lisan yang dikelola oleh ARNAS yang bekerja sama dengan para sejarawan dan PT.

Sejarah Lisan  Tidak diperoleh dg sendirinya, tetapi dicari dengan sengaja. melalui teknik wawancara.  Sejarah lisan telah dimulai pd abad ke-5 SM dg menggunakan: - saksi mata - saksi mata - bertanya secara silang - bertanya secara silang  Sejarah lisan sbg metode dan teknik juga digunakan oleh penulis sejarah pada zaman Romawi, abad pertengahan, dan zaman modern.

Kegunaan Sejarah Lisan a. Sebagai metode tunggal sejarah lisan dapat digunakan untuk mengungkap permasalahan sejarah yg tidak tertangkap dalam dokumen. Mengapa ? Karena dokumen hanya mengungkap/ menjadi saksi dari kejadian penting menurut kepentingan pembuat dokumen dan zamannya. Dokumen tidak melestarikan kejadian individual yang sifatnya unik yg dialami seseorang / golongan.

b. Sebagai Metode Pelengkap terhadap Bahan Dokumenter Metode ini digunakan untuk penulisan biografi / otobiografi. C. Sebagai sumber sejarah Kegiatan sejarah lisan sebagai usaha untuk menyediakan sumber bagi peneliti. Hasil wawancara disediakan dalam bentuk tape / transkrip, contoh : di Amerika pada th 1948 didirikan “ The Oral History Project” di Columbia University yang merupakan pusat koleksi : - sastra- ilmu politik - jurnalistik- hub. Internasional, dll

d. Sejarah lisan dapat menggambarkan substansi penulisan sejarah - dalam sejarah kontemporer dapat mengganti sejarah dari pelaku-pelakunya. - dapat mengubah citra sejarah yg elite kepada citra sejarah yg egalitarian. - memperluas permasalahan sejarah, dari sejarah lokal /daerah ke sejarah kota, sej. pedesaan, sej. pertanian, sej. kebudayaan, sej. sosial, dsb.

A. Hubungan Sejarah Lisan dg Masy. Sejarawan  Sejarawan mempunyai kesempatan thd bahan-bahan dokumenter dan sumber lisan yg diharapkan akan dpt menulis biografi dg corak lain krn perspektif kesejarahaannya akan sanggup menampilkan pelaku- pelaku sejarah di tengah-tengah masyarakat dan zamannya.  Dengan demikian tidak diragukan lagi, sejarawanlah yg paling beruntung dg tersedianya bahan-bahan tsb.

B. Hubungan Sejarah Lisan dgn Masyarakat Umum  Sejarah bukan hanya sekedar fakta, kenyataan- kenyataan gagasan, tetapi juga spirit / semangat dan penerusan kepribadian bangsa, pewarisan kekuatan nilai dan semangat yang diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.  Dari perluasan kawasan subjek penelitian sejarah, tidak hanya bergerak di seputar orang-orang terkemuka, putra terbaik, tanah air, pengubah sejarah, peristiwa spektakuler, tetapi juga untuk memahami - anggota masyarakat yg tdk dikenal. - masyarakat yg mampu mengucap tanpa tahu menulis. - kejadian-kejadian sehari-hari yg kita abaikan.

 Dari wawancara yg dilakukan Oscar Lewis, ahli antropologi dpt diungkap : - pandangan petani Mexico tentang revolusi. - tentang pembangunan - tentang kemiskinan - tentang arti perjuangan  Dapat mengungkap : kesan, pengalaman, pandangan, falsafah hidup, alur tradisional dan modern yg dianut sebagian besar masyarakat.

C. Hubungan Sejarah Lisan dgn Kebudayaan  Sejarah lisan ternyata dapat digunakan untuk menulis sebuah sejarah budaya. Dengan sejarah lisan banyak ditemukan jenis-jenis pekerjaan yg di masa lampau merupakan pekerjaan penting tetapi sekarang hampir sudah punah. contoh : Abdi-abdi dalem kerajaan kejawen - prajurit-prajurit kerajaan - kemit (penjaga lampu istana)

 Mereka masing-masing mempunyai kenangan tentang masa lampau - pekerjaannya - keahliannya - hubungan sosialnya - kehidupan ekonominya - kandungan emosional - pengabdiannya kepada raja