Abdul PPL IAIN Surakarta 2013

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEOLOGI ISLAM.
Advertisements

Iman Kepada Rasul Allah SWT
DEFENISI SECARA ETIMOLOGI
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
AKIDAH.
Sejarah Perkembangan Ilmu Tauhid
KEIMANAN DAN KETAQWAAN
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Agama Islam Pertemuan ke-3.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
IMAN SEBAGAI DASAR AKIDAH
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Pertemuan Ke-9.
RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM AKIDAH (TAUHID)
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB II IMAN DAN TAQWA.
KEIMANAN DAN KETAKWAAN
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
IMAN SEBAGAI DASAR AKIDAH
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
Pertemuan ke 7 Tauhid dan Urgensinya bagi Kehidupan Muslim
ILMU KALAM KELOMPOK 1 Syawal Ade Saputra Uluhiyah Mahmudah Aaaaaaaaaa
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sayid Sabiq Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
TUHAN YANG MAHA ESA dan KETUHANAN
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Memahami Ilmu Kalam Oleh Achmat Munjamil.
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Pengertian Ilmu Tauhid
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
Kesempurnaan Islam.
AQIDAH AGAMA ISLAM Disusun oleh: Ade Wahyu S
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AQIDAH (Implementasi Nilai-nilai Aqidah dalam Kehidupan)
DASAR – DASAR AQIDAH ISLAM
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
Aqidah sebagai pondasi islam Kajian Rutin LDK IMMNI 2014/2015
IMAN SEBAGAI DASAR AKIDAH
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
AKIDAH DAN APLIKASINYA Oleh: Tia Agusta Wira Mahardika Wicaksana Herdin Yosha Mauser Mahedra
1 IMAN SEBAGAI DASAR AKIDAH. 2 1.Pengertian 2.Ruang Lingkup 3.Faktor Pembinaan Iman 4.Kompetensi Iman yang Sempurna 5.Iman dalam Kehidupan IMAN SEBAGAI.
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
KELOMPOK 1 : Salman Alfarizi Azqia Alip Rahman Elvira Cyntia Irianty
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
KONSEP AKIDAH DALAM ISLAM KELOMPOK 3 1. CEP MUHAMAD NURUL FALAH 2. RAHMA MARYAM SHALIHAH 3. ULFA NURAJIJAH 4. MELYANA.
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Transcript presentasi:

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 Pengantar ilmu kalam Oleh: Abdul Ghofur NIM. 261031001 Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 PENGERTIAN ILMU KALAM Secara Etimologis, kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan menggunakan logika. Secara Terminologi, ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang adanya Allah SWT dan alasan-alasan untuk mempertahankan keyakinan iman dengan menggunakan dalil-dalil pikiran untuk mempertahankan Islam dan tradisi keislaman dari ancaman maupun tantangan dari luar dan dari orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunnah. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

PENGERTIAN ILMU KALAM MENURUT TOKOH Ibnu Khaldun: Ilmu kalam adalah ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan iman dengan menggunakan dalil-dalil pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahlus sunah. Al-Farabi: ilmu kalam adalah ilmu yang membahas dzat dan sifat Allah beserta eksistensi semua yang mungkin, mulai yang berkenaan dengan masalah dunia sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrin Islam. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 LANJUTAN ... Muhammad Abduh: ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya. Selain itu juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang dihubungkan kepada diri mereka. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 NAMA LAIN ILMU KALAM Ilmu usuluddin, membahas tentang ajaran-ajaran dasar asal-usul agama. Ilmu aqaid, membahas tentang keyakinan-keyakinan. Ilmu tauhid, membahas tentang keesaan Tuhan. Ilmu makrifah, membahas tentang pengenalan atau dalam hal mengenal Allah. Teologi Islam (theos = Tuhan, logos = ilmu), membahas ilmu tentang ketuhanan dalam Islam. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 FUNGSI ILMU KALAM Untuk mengetahui persoalan-persoalan hakikat aqidah yang fundamental yang dihadapi umat Islam. Untuk menyelesaikan problematika umat dalam kontroversi pemikiran dalam aqidah Islam berbagai golongan-golongan Islam. Untuk menjelaskan aqidah atau keimanan dalam Islam secara tepat dan benar. Membeberkan sekuat tenaga aqidah Islamiyah sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan Al-Sunnah. Untuk mengetahui tentang adanya Allah SWT dan kodrat-Nya untuk mengutus para rasul, tentang ilmu-Nya. Untuk mengatasi paham dan pengertian manusia yang berakal dalam golongan-golongan Islam. Untuk menumbuhkan tauhid dengan dihadirkan dalil akal sebagai argumentasi yang mudah dicerna manusia. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

SEJARAH MUNCULNYA ILMU KALAM Persoalan aqidah pada masa Nabi Muhammad SAW bersifat monolitis, yaitu ajaran Islam ditaati tanpa adanya perbedaan dan sanggahan dari para sahabat. Hal ini diperkuat dengan doktrin QS. Al-Anfal (8): 46 untuk mentaati Allah dan Rasul-Nya. Pada masa khalifah Abu Bakar dan Umar persoalan aqidah juga belum muncul, pada masa Usman terjadi perubahan sistem administrasi dan sikap Usman cenderung nepotisme. Sehingga pada masa Ali mencapai klimaksnya, yaitu terjadi perang saudara dan umat Islam terpecah belah. Ilmu kalam sebagai disiplin ilmu, baru muncul setelah Rasulullah SAW wafat, ilmu ini muncul diperkirakan pada zaman khalifah Al-Makmun dari Dinasti Abbasiyah. Banyak sumber menyebutkan ilmu kalam berawal dari persoalan politik, yaitu perang saudara antara kelompok Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan yang dikenal perang Siffin. Dalam peperangan tersebut terjadi tahkim/arbitrase yang curang, sehingga muncul beberapa kelompok golongan. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 FAKTOR INTERNAL Al-Qur’an di samping mengajak mengesakan Allah dan mempercayai Nabi, juga membahas golongan-golongan dan agama-agama yang ada pada masa Nabi Muhammad yang tidak benar. Ketika umat Muslim selesai menaklukan negeri baru, mereka tenteram dan tenang pikirannya, rezekinya melimpah ruah. Sehingga mulai mengemuka persoalan agama dan berusaha mengkaji nash-nash agama yang menurut mereka bertentangan. Persoalan-persoalan politik. Misalnya tidak adanya konsep pergantian khalifah yang jelas dari Rasulullah, sehingga menimbulkan perang saudara, seperti pada perang Siffin. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 FAKTOR EKSTERNAL Penganut Islam mula-mula beragama Yahudi, Masehi, dll. Setelah mereka tenang dan memegang teguh agama Islam, mereka mengingat-ingat ajarannya yang lama dan memasukkannya ke dalam Islam. Kelompok Islam tertentu (Mu’tazilah) yang rasional, megkonsentrasikan perhatiannya untuk penyiaran Islam dan mengkonter alasan mereka yang benci dan memusuhi Islam. Para ahli ilmu kalam ingin mengimbangi lawan-lawannya yang menggunakan filsafat, maka mereka terpaksa mempelajari logika dan filsafat terutama dari segi ketuhanan. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

RUANG LINGKUP ILMU KALAM Ruang lingkup ilmu kalam dapat mengikuti pembahasan tentang arkanul iman (rukun iman), yaitu: Keimanan kepada Allah SWT Keimanan kepada malaikat (termasuk makhluk rohani lainnya, misalnya jin, iblis, setan, dsb.) Keimanan kepada kitab-kitab samawi Keimanan kepada para Nabi dan Rasul Keimanan kepada kebenaran adanya hari akhir Keimanan kepada qada dan qadar Allah SWT Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

MENURUT HASAN AL-BANNA Menurut Hasan Al-Banna ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa persoalan berikut: Ilahiyat, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah SWT (wujud Allah, nama dan sifat Allah, af’al Allah, dsb). Nubuwwat, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nabi dan Rasul (kitab-kitab Allah, mukjizat, dsb). Ruhaniyat, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisik (malaikat, jin, iblis, setan, dsb). Sam’iyyat, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang hanya bisa diketahui melalui sam’i (dalil naqli Qur’an dan Hadits), seperti alam barzakh, akhirat, azab kubur, surga, neraka, dsb. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

HUBUNGAN ILMU KALAM DENGAN ILMU LAINNYA Filsafat Islam Filsafat Yunani telah menarik perhatian kaum muslimin, terutama sesudah ada terjemahan buku-buku filsafat Yunani ke dalam Bahasa Arab. Penerjemahan itu dilakukan sejak zaman khalifah Al-Mansur (754-775 M) dan mencapai puncaknya pada masa Al-Makmun (813-833 M) dari Bani Abbasiyah. Filsafat Yunani tidak hanya diambil manfaatnya oleh kalangan mutakallimin sebagai alasan untuk memperkuat dalil-dalil kepercayaan Islam, akan tetapi juga diambil manfaatnya dari kalangan ahli filsafat Islam, seperti Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ibnu Sina. Perbedaan ilmu kalam dan filsafat Islam terletak pada pembinaannya. Ilmu kalam timbul secara berangsur-angsur dan awalnya merupakan hal yang terpisah-pisah, misalnya dari masalah akidah ke masalah politik. Sedangkan filsafat Islam muncul dari hasil penerjemahan filsafat Yunani. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 LANJUTAN ... Ilmu Fiqih Objek pembahasan ilmu kalam dengan fiqih sangat berbeda. Ilmu kalam membicarakan tentang akidah, prinsip keyakinan Islam, dan keesaan Allah. Adapun ilmu fiqih membahas hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah, muamalah, perkawinan, pidana, dan waris. Selain itu, ilmu fiqih juga mengatur tentang amaliah pengabdian seorang muslim kepada Allah dan hubungan dengan manusia. Ilmu Tasawuf Dalam membahas masalah-masalah agama, ilmu kalam menggunakan dalil-dalil pikiran yang dimasukkan ke dalam hati nurani untuk membentuk ibadah manusia. Adapun tasawuf dalam membahas masalah ibadah lebih banyak menggunakan perasaan dan latihan kejiwaan karena dengan cara ini dapat memperbanyak amal ibadah. Unsur utama tasawuf adalah penyucian diri dan tujuan akhirnya adalah kebahagiaan dan keselamatan abadi. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

MENERAPKAN ILMU KALAM DALAM MEMPERTAHANKAN AQIDAH Orang-orang Islam pada periode awal sudah percaya dengan adanya Allah SWT dan mereka beriman kepada takdir baik, buruk, nasib untung rugi dan percaya bahwa sesungguhnya manusia diperintah untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan jelek dari ketentuan Allah SWT. Keimanan mereka terhadap hal-hal tersebut adalah iman secara kuat, tanpa membahas secara mendalam dan tanpa memfilsafatkan pikirannya. Sedangkan para ulama kalam (mutakallimin) juga menggunakan akal untuk mencari Tuhan, akan tetapi mereka tidak puas karena ada hal-hal (dogma) yang berada jangkauan akal manusia. Menurut orang-orang Barat, dogma itu berada di bawah akal agar dogma itu tidak dihukumi oleh akal. Apabila dogma itu sudah dihukumi oleh akal, maka rahasia dogma itu terjadi tidak rahasia lagi. Dogma akan menjadi lumpuh karena bertentang dengan akal, kemudian ditolak. Aqidah merupakan aspek fundamental dalam Islam yang berhubungan dengan keimanan dan kepercayaan hal-hal yang ghoib, mengitiqadkan tentang adanya Allah, baik dari segi zat, sifat maupun perbuatan-Nya, sehingga aqidah dan keyakinan tersebut benar-benar terhujam dalam hati sanubari secara kokoh dan kemudian mendasari setiap amal perbuatan atau tingkah laku sehari-hari. Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013

Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013 DAFTAR PUSTAKA Harjan Syuhada, dkk. 2011. Akidah Akhlak. Jakarta: Bumi Aksara. Roli Abdul Rohman & M. Khamzah. 2007. Menjaga Akidah dan Akhlak. Solo: Tiga Serangkai. Handono, dkk. 2011. Mantap Beraqidah & Berakhlak Mulia. Pilar Media: Yogyakarta. LKS Aqidah Akhlaq - HIKMAH Abdul Ghofur @ PPL IAIN Surakarta 2013