Teologi Pembebasan ( Hasan Hanafi )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II
Advertisements

DEFENISI SECARA ETIMOLOGI
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
MEMPEROLEH PENGETAHUAN (Lanjutan Metoda Ilmiah)
Materi 14 Penelitian Ilmiah dan Non Ilmiah
Sejarah Perkembangan Ilmu Tauhid
KONSEF KETUHANAN DALAM ISLAM
LOGIKA DAN ARGUMENTASI
Menalar Tuhan Kelompok 1.
KEBENARAN ILMIAH KWALITAS PENGETAHUAN
Hubungan Sains dan Agama
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Pembacaan Al-Qur’an [Pengantar ke Pemikiran Mohammed Arkoun]
Proposisi, Dalil, Teori, dan Fakta
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
Devine Revelation menurut Fazlur Rahman Oleh : zainul adzvar Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja)
Sosiologi Antropologi Pendidikan
KELOMOPOK 1 : 1. Nurul Farida 2. Desi Gita 3. Zainal Arifin 4. Fatkur Rhohman.
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Logika Deduksi-Induksi dalam Pola Berpikir Ilmiah
FILSAFAT – PENGETAHUAN - ILMU
LIBERALISME (MATA KULIAH : TEOLOGIA & MISI KONTEMPORER
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
BAB II IMAN DAN TAQWA.
FILSAFAT ILMU SEJARAH PENGETAHUAN, METODE ILMIAH, STRUKTUR PENGETAHUAN ILMIAH.
Hubungan Ilmu, Penelitian
PENGETAHUAN Pengetahuan yaitu segala sesuatu yang diketahui yang merupakan hasil dari tahu. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
SYARAT DAN TUJUAN PENELITIAN Dwiyati Pujimulyani 2015
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
Pemahaman Agama : Etimologis & Teologis
HOMILETIKA Salah satu Ilmu Teologi Praktika yang mempelajari cara-cara dan metode-metode mempersiapkan isi kotabah dan penyampaiannya dalam pelayanan,
FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
RUANG LINGKUP FILSAFAT
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
Hj. Noneng Masitoh, Ir., M.M Agi Rosyadi, S.E., M.M
FILSAFAT MANUSIA KEHENDAK BUTA.
Budaya Organisasi.
FILSAFAT DAN PARADIGMA ILMU
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM KOMISARIAT IM TELKOM
FILSAFAT ILMU SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN KEBENARAN
Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008
Apakah Filsafat Itu ? Etimologis: Filsafat = philosophia, philos + sophia (cinta kebijaksanaan/pengetahuan) Filsafat merupakan aktivitas yang mengusahakan.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
Dekonstruksi Kebenaran (Pengantar ke Pemikiran Aliya Harb)
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Perkembangan Pola Pikir Manusia
Pertemuan III Filsafat Ilmu Dan Logika
Filsafat Perennial (Sayyed Housein Nasr)
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
KELOMPOK MAYNAR DIAN PRATIWI A WAHYU SETYOPRAMONO A
Beriman dan Beragama.
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
MENGAPA HUKUM ISLAM PERLU DIAJARKAN DI FAKULTAS HUKUM DI INDONESIA?
PERKEMBANGAN PENALARAN DAN FISIK MANUSIA
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
LUSIYANA ANNISA DHITA I.S
NILAI-NILAI AGAMA DAN BUDAYA YANG RELEVAN
Sejarah Empirisme Istilah empirisme diambil dari bahasa Yunani empiria yang berarti coba – coba atau pengalaman. sebagai doktri.. Empirisme adalah lawan.
Aditya Nabil Ihsan Ahmad Irpan Abdul Rojak M.Firli Perdiansyah
BAB I PENDAHULUAN RUMUSAN MASALAH TUJUAN PENULISAN LATAR BELAKANG.
Transcript presentasi:

Teologi Pembebasan ( Hasan Hanafi ) Oleh : Zainul Adzvar

Teologi tradisional punya asal-usul “sejarah”, yaitu Transenden Tuhan. Keimanan adalah gabungan konsep yang menentukan manusia tentang dunia dan memberi dorongan untuk bertindak  ia merupakan “komitmen” Teologi tradisional punya asal-usul “sejarah”, yaitu Transenden Tuhan.

Dialektika dan Pengetahuan transendental Pengetahuan Dialektika dibangun untuk mempertahankan / menyangkal “the other” --- dengan dialektika kata-kata, bukan konsep. Dialektika yang muncul adalah “dialektika politik” - kenyataannya Islam = kalah. Dialektika merupakan kepentingan-kepentingan dari berbagai lini, sehingga rekontruksi teologi harus dilakukan untuk memperoleh kesuksesan di dunia ini. Teologi sebagai “ilmu Pertama”  tindakan ilmu pengetahuan sosial = sejalan.

Ilmu Kalam = Hermeneutika sebab ia adalah ilmu analisis percakapan. “Logos” dan “theos” bukan ilmu Tuhan, tapi ilmu Kalam sebab Tuhan memanifestasikan diri lewat “wahyu” Ilmu Kalam = Hermeneutika sebab ia adalah ilmu analisis percakapan. Wahyu = Firman yang relevan dengan manusia. Teologi = Antropologi, ia tidak sakral  buktinya adanya konflik-konflik.

Pengetahuan yang mendasari ilmu kalam dan teologi. ada 2 (dua): 1. Pengetahuan alam --- melekat sejak lahir, dari panca indera (potensi keimanan). 2. Teori --- pemikiran yang datang dari “pengalaman” panca indra. Tanggapan adalah sumber pengetahuan  ia “menegaskan”

Proyeksi akal merupakan sumber bukti kedua yang mecakup aksioma, dalil-dalil, ide-ide dasar  ia bisa menarik kesimpulan dari keterangan lain melalui “kesimpulan” Daya rasa adalah sumber pengetahuan ketiga, emosi semestinya adalah pengalaman kemanusiaan yang transenden wahyu datang lewat “bentuk” ini.

Teks hanya argumen yang otoritas, bukan argumen untuk beralasan. Misalnya: “Tuhan ber Firman…/ Nabi bersabda….” Firman dan sabda tidak sama dengan berkata-kata, bertutur dll. ---- ini argumen keyakinan (penuh dengan pengertian)

Being –”wujud” Teori pengetahuan menuju pada akal, being tertuju pada alam. :: Dunia mendahului Tuhan, eksistensi Tuhan tidak bisa dibuktikan secara apriori, tapi harus dengan aposteriori, yaitu : Kosmologis  essensi, inti. Obyektif. Ilmiah.

Mengungkapkan keagamaan: akal dan alam Konsep dan realitas kategori dan alam Untuk mempertahankan Transendental

Eskatologi merupakan “Teologi harapan” – ;; sebab ketidakadilan di dunia ini selalu ada Oleh karena itu ketika dunia sudah rusak (kiamat), maka yang berlaku adalah hukum Universal.

Teologi adalah “Pembebasan” Melawan  Islam sebagai reformer. Di dalam  Semua Nabi adalah Islam. Di atas  Islam adalah pokok dari semua agama. Bersama  Prinsip-prinsip universal.