DIALOG Android Oleh Yanuangga.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Komponen Antarmuka Grafis
Amy Cintya Fitri Pendidikan B. Jepang 2 A
Header Footer Header adalah teks yang muncul pada halaman atas
Instalasi dan pengenalan visual basic 6
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
METODE MENGGAMBAR PERSPEKTIF
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
MODUL 6 : MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
PARAGRAF, GAMBAR DAN BINGKAI
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
SISTEM OPERASI WINDOWS
P E N D A H U L U A N Word Processing
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
Komponen Antarmuka Grafis
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
Komponen Antarmuka Grafis
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
MENGATUR FORMAT PRESENTASI
Ega puspitriani Pendidikan B. Jepang 2 A
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
REPORT Bentuk Laporan Untuk memahami cara membuat laporan (report) di Visual Foxpro, kita harus memahami bentuk laporan (layout), yaitu sebagi berikut.
ADD-ON Dasar HTML.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
Selamat Mengikuti Pelatihan Multimedia.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
Pengenalan Visual Basic
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Lutfi Budi Ilmawan Univ. Muslim Indonesia
Konsep sistem informasi a
Constructor dan Overloading
Menu utama kompetensi materi latihan referensi tik.
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
Microsoft Power Point.
Pemrograman Mobile Android # 5
Struktur Class Java Android
Menu pada Android Oleh Yanuangga G.H.L.
1.
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Komputer Grafis by Muhammad R Babo
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Assalammualaikum wr. wb
Struktur Aplikasi Android
SISTEM PERIPHERAL PADA SISTEM OPERASI WINDOWS
Mencetak Dokumen Buka Menu File
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Notification dialog intent
Dialog Intent & Notification
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
Komponen Aplikasi Android
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Mengatur ukuran kertas.
STIE YPP MUJAHIDIN TOLITOLI
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
Transcript presentasi:

DIALOG Android Oleh Yanuangga

Kotak Dialog Android secara primitif memiliki 2 bentuk dialog. 1. AlertDialog, dan 2. Toast Sebuah AlertDialog menampilkan layar dialog dalam bentuk floating(mengambang) dan menunggu pengguna untuk menekan tombol untuk ditutup/diberhentikan. Sebuah Toast menampilkan pesan dialog dalam bentuk flash dan akan hilang dalam waktu kurang lebih 4 detik.

Kotak Peringatan(Alert) AlertDialog biasanya merupakan layar yang tampil menonjol(modal window) yang 1. Menyajikan pesan singkat ke pengguna, biasanya ditampilkan dengan cara sebuah layar kecil yang muncul dengan mengaburkan tampilan dibelakangnya. Dan, 2. Mengumpulkan jawaban sederhana (biasanya dengan menekan tombol yang harus dipilih) Catatan : Tampilan modal akan menunggu input dari pengguna. Cara ini bisa dihentikan dengan cara menekan tombol yang harus dipilih oleh pengguna

Kotak Peringatan(Alert)

Kotak Peringatan(Alert)

Kotak Peringatan(Alert)

Kotak Peringatan(Alert)

Kotak Peringatan(Alert)

Kotak Peringatan(Alert)

Kotak Peringatan(Alert)

Toast Toast adalah pesan singkat yang berisi pesan sederhana yang disampaikan kepada user. Kemunculannya dalam waktu singkat(3-4 detik) dan tidak memiliki fokus objek seperti halnya Alert Dialog

Toast Parameter pemanggilan Toast : Toast.makeText(context, message, duration).show() Context : Sebuah referensi untuk melihat activity sedang aktif pada saat ini Message : Pesan yang akan disampaikan pada Toast Duration : Waktu yang akan digunakan untuk menampilkan pesan, LENGTH.SHORT dan LENGTH.LONG

Toast

Toast Context : Pada android, context biasanya digunakan untuk menampilkan atau memuat resource. Semua widget menerima parameter context pada konstruktornya. Dalam aplikasi Android pada umumnya, kita biasanya menggunakan dua macam context, Activity dan Aplikasi. Pertama biasanya dilewatkan ke kelas dan metode yang kita inginkan pada context. View memiliki referensi ke seluruh aktivitas dan oleh karena itu semua activity akan ditangani, biasanya seluruh hirarki dan semua resource ada pada view

Toast Mengubah posisi tampilan Toast : secara default Toast ditampilkan pada posisi bawah tengah pada layar. Tetapi kita bisa mengubah penempatan posisi dari Toast dengan beberapa metode, seperti dibawah ini: void setGravity(int gravity, int xOffset, int yOffset) mengatur lokasi dimana pemberitahuan akan ditampilkan pada layar. void setMargin(float horizontalMargin, float verticalMargin) mengatur tepi dari pesan.

Toast Mengubah posisi tampilan Toast : 320 px 480 px Mengubah posisi tampilan Toast : Metode berikut menggunakan nilai offset berdasarkan resolusi pixel pada layar device. Misalnya, pada layar device dengan resolusi 320x480 pixel void setGravity(int gravity, int xOffset, int yOffset) Gravity : penempatan secara keseluruhan. Biasanya nilainya berisi: Gravity.CENTER. Gravity.TOP, Gravity.BOTTOM, ... xOffset : diasumsikan, nilai penempatan Gravity.CENTER pada layar resolusi 320x480, maka jangkauan xOffset adalah -160,...,0,...,160(kiri, tengah, kanan) yOffset : jangkauannya meliputi -240,...,0,...,240(atas, tengah,bawah)

Toast Mengubah posisi tampilan Toast : Metode kedua untuk menempatkan Toast adalah setMargin. Layar dianggap memiliki titik pusat/tengah dimana pusat garis horisontal dan vertikal bertemu. Ada 50% dari layar untuk setiap sisi dari titik pusat (atas,bawah,kiri,kanan). Margin dinyatakan sebagai nilai antara : -50,...,0,...,50 void setMargin(float horizontalMargin, float verticalMargin) catatan : Pasangan margin(-50, -50) mewakili sudut kiri atas dari layar, (0,0) adalah pusat dan (50,50) adalah pojok kanan bawah

Toast Contoh Mengubah posisi tampilan Toast : Dengan menggunakan metode setGravity(...) Gravity.CENTER dan x serta y offset dari : 0,0 (tengah) -160, -240 (kiri-atas) 160, 240 (kanan-bawah)

Toast Contoh Mengubah posisi tampilan Toast :

Toast Contoh Mengubah posisi tampilan Toast :

Toast Contoh Mengubah posisi tampilan Toast :

Toast Toast dapat dimodifikasi untuk menampilkan kombinasi dari warna/bentuk/isi/latar belakang. Hanya dengan beberapa langkah, yaitu : 1. Definisi layout XML dari custom view 2. Pastikan terdapat TextView dengan atribut: text 3. Selain itu kita bisa memasang atribut android:backgroud pada TextView 4. Latar belakang bisa dari file gambar (Seperti file png, jpeg) atau didefinisikan dari file XML (lihat contoh berikutnya)

Toast Contoh menampilkan custom Toast Membuat layout XML

Toast Contoh menampilkan custom Toast Lalu buat layout custom Toast(contoh my_toast_layout.xml. Harus memiliki TextView dan atribut text)

Toast Contoh menampilkan custom Toast Akhirnya kita buat element opsional background (my_border.xml). Pada contoh ini, didefinisikan sebuah <shape> (dapat diambil dari file gambar .png, .jpeg). file XML(atau gambar) disimpan pada folder : /res/drawable

Toast Contoh menampilkan custom Toast

Toast Contoh menampilkan custom Toast

Toast Contoh menampilkan custom Toast

Terima Kasih