Welcome in Our Presentation

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah
Advertisements

STATUS ONTOLOGIS OBJEK ILMU
“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
ANTARA AKAL DAN WAHYU.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
PEMBAGIAN AGAMA DI DUNIA
KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Agama Islam Pertemuan ke-3.
AL-KINDI SEBAGAI PELETAK DASAR FILSAFAT ISLAM
PENGANTAR FILSAFAT Topik 12 FILSAFAT ISLAM.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU MISKAWAIH
Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
Devine Revelation menurut Fazlur Rahman Oleh : zainul adzvar Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja)
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
Pemikiran Filsafat Al-Farabi
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
والله أخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا وجعل لكم السمع والأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan.
IBNU BAJJAH AIK – 3 (Kimia dalam Perspektif Islam)
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
SUB TOPIK: KONSEP AKIDAH
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
FILSAFAT ILMU.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
IPTEK DARI SUDUT PANDANG UMAT ISLAM
Tauhid Dzat, Sifat, Rububiyah dan Uluhiyah Pertemuan Ke-4
ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH
SEPUTAR MAULID NABI  MUHAMMAD IDRUS RAMLI.
W L M E O C E m T O y PRESENTATION.
IMUNISASI MR.
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM KOMISARIAT IM TELKOM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
KAEDAH KESHAHIHAN SANAD DAN MATAN HADIS
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
Agama islam Sesi 10 start.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
KONSEP WAHYU DAN NABI DALAM ISLAM
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
MODUL SIRAH NABAWIYAH.
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
BAB 3 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA AGAMA LAIN
Kelompok 8 Ai Marlina Dede Ilmi Deuis Siti Sarah
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
1 Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa By: Hendra Bakti PDM Kota Payakumbuh.
PERKEMBANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKKAH.
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
 Filsafat menurut bahasa ialah Filsafat (dari bahasaYunani φιλοσοφία, philosophia, secara harfiah bermakna "pecinta kebijaksanaan" )adalah kajian masalah.
Transcript presentasi:

Welcome in Our Presentation

Pemikiran Filsafat Ibnu Sina

Biografi Ibnu sina Nama asli Ibnu Sina ialah Abu Ali Husain Bin Abdullah bin Al-Hasan bin Ali bin Sina. Ibnu Sina dilahirkan pada tahun 370 H (980 M) di sebuah kampung yang bernama Afsyinah (negeri kecil dekat Charmitan), suatu tempat dekat Bukhara. Sejak kecil Ibnu Sina telah dikenal sebagai anak yang memiliki ingatan yang sangat kuat dan menakjubkan. Belum sampai sepuluh tahun Ibnu Sina telah menghafal Al-Qur’an seluruhnya. Selain terkenal dengan ilmu perobatan, Ibnu Sina pun dikenal sebagai ahli filsafat Islam yang terkenal.

Pemikiran Filsafat Ibnu Sina Filsafat Jiwa Filsafat Wujud Filsafat al-Faydh (emanasi) Filsafat Wahyu dan Nabi Konsep tentang Tuhan

Filsafat Jiwa Pemikiran filsafat Ibnu Sina dapat diketahui dengan menelusuri konsep kejiwaan yang ia miliki .Ibnu Sina berpendapat bahwa jiwa manusia merupakan satu unit yang tersendiri dan mempunyai wujud terlepas dari badan. Bagi Ibnu Sina sifat wujudlah yang terpenting dan yang mempunyai kedudukan diatas segala sifat lain, walaupun essensi sendiri. Essensi, dalam faham Ibnu Sina terdapat dalam akal, sedang wujud terdapat di luar akal.

Filsafat Wujud

Filsafat al-faydh (emanasi) Sebagaimana al-Farabi, Ibnu Sina juga menganut teori al-Faydh (emanasi). Bagi Ibnu Sina, Tuhan sebagai akal murni memancarkan akal pertama dan dari akal pertama memancar akal kedua dan langit pertama, demikian seterusnya sehingga tercapai akal kesepuluh dan bumi. Dari akal kesepuluh memancar segala apa yang terdapat di bumi yang berada di bawah bulan. Akal pertama adalah Malaikat tertinggi dan akal kesepuluh adalah Jibril.

Konsep Tuhan Ibnu Sina, perihal argumen ketuhanannya menyampaikan sebagaimana berikut, “Sesungguhnya sebab (‘illah) atas tidak ada (‘adam)- nya sesuatu adalah sebab ketiadaan atas ada-(wujud)-nya itu. Sedangkan sebab adanya sesuatu adalah perihal yang mewajibkan daripadanya wujud.” Di sini Ibnu Sina mengawali pendapatnya dengan sebuah kelaziman betapa setiap  wujud wajiblah daripadanya sebab  (‘illah) yang menjadikan wujud itu ‘wujud’ (ada).

Telaah kritis Terhadap Filsafat Ibnu Sina Beberapa alim ulama mengkritisi beberapa pendapat Ibnu Sina, Menurut Al-Ghazali di dalam buku – buku filsafatnya dia menyatakan bahwa manusia mempunyai identitas esensial yang tetap tidak berubah – ubah yaitu al-Nafs­ atau jiwanya. Adapun yang dimaksud tentang al- Nafs adalah “substansi yang berdiri sendiri yang tidak bertempat”.Serta merupakan “tempat bersemayam pengetahuan – pengetahuan intelektual (al-ma’qulat) yang berasal dari alam al-malakut atau al-amr. Hal ini menunjukkan bahwa esensi manusia bukan fisiknya dan bukan fungsi fisiknya.

Al-Ghazali dengan tulisannya Tahafut al Falasifah (kekacauan para Filosof). Ringkasnya, Filsafat Aristoteles seperti yang disebarluaskan oleh penerjemah – penerjemah dan komentator – komentator karyanya (pengikutnya) khususnya al-Farabi dan Ibnu Sina terbagi ke dalam 3 kelompok Filsafat – filsafatnya yang harus dipandang kufur. Filsafat – filsafatnya yang menurut Islam adalah bid’ah. Filsafat – filsafatnya yang sama sekali tak perlu disangkal.

Thanks For Your Attention...!