Dosen: TIM PENGAJAR PTIK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI PROFIL Pendidikan Matematika  Dimas Angga N.S  Nur Indah Sari  Latifatul Karimah  Idza Nudia Linnusky next
Advertisements

SISTEM BILANGAN Pengantar Teknologi Informasi
Pengen. Pengel. Data Elektronik
Selemat Datang Dalam Presentasi kami kelompok II Kelas G tentang Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan dan Gerbang Logika.
PERTEMUAN MINGGU KE-4 REPRESENTASI DATA.
PERTEMUAN MINGGU KE-3 REPRESENTASI DATA.
Pengantar Teknologi Informasi
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Akhmad Arroyan Rasyid.
Sistem Bilangan Digital
Sistem Pengolahan Data Komputer
Bilangan Biner Pecahan dan Operasi Aritmatika
SANDI BINER.
BASIC DATA TYPES, VARIABLES & OPERATORS
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
BAB V b SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER (Representasi Data)
Nama: Winda Fandella NIM: Pembimbing: Ali Subhan Afrizal, ST.
Chayadi Oktomy Noto Susanto, S.T, M.Eng. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Melakukan proses konversi untuk.
KODE_KODE BINER & ALFANUMERIK
Pertemuan 2 Sistem Bilangan
Tipe data. Data adalah fakta atau kenyataan yang tercatat mengenai suatu obyek Fakta merupakan keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau.
SISTEM SANDI (KODE) Pada mesin digital, baik instruksi (perintah) maupun informasi (data) diolah dalam bentuk biner. Karena mesin digital hanya dapat ‘memahami’
1 Pertemuan 2 Sistem Bilangan Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: versi 1.0 / revisi 1.0.
TIU Mahasiswa memahami sistem angka (basis bilangan) yang digunakan dalam sistem komputer. Mahasiswa memahami representasi data dalam sistem komputer.
BAB V b SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER (Representasi Data)
ARCHITECTURE COMPUTER
Pertemuan 3.
Pengantar Teknologi Informasi
Sistem Bilangan.
Pertemuan 1 DATA DAN ALGORITMA.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
PTI Semester Ganjil Lec 2. SISTEM BILANGAN.
SISTEM BILANGAN.
SISTEM BILANGAN.
The file was uploaded to the web
PERTEMUAN 5 PENGKODEAN.
SISTEM BILANGAN & KODE 6 Oleh : Elly Lestari
SISTEM BILANGAN dan BENTUK DATA dalam KOMPUTER
Sistem bilangan komputer #4
Arsitektur Komputer Genap 2004/2005
Komunikasi Data 3. Pengkodean Data
PERTEMUAN MINGGU KE-4 REPRESENTASI DATA.
PERTEMUAN MINGGU KE-3 REPRESENTASI DATA.
BAB V b SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER (Representasi Data)
TEKNIK DIGITAL BAB II Sistem Bilangan dan Sistem Kode Oleh : M
SUPLEMEN MASA DEPAN KULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
(Number Systems & Coding)
Komunikasi Data 3. Pengkodean Data
PERTEMUAN MINGGU KE-3 REPRESENTASI DATA.
Sistem Bilangan.
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
BAB V b SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER (Representasi Data)
Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan, dan Gerbang logika
Dasar Sistem Representasi Bilangan
Kecepatan Akses Komputer & Internet
Tipe data.
Oleh : Devie Rosa Anamisa
Sistem Bilangan Dwi Sudarno Putra
SISTEM BILANGAN DAN KODE
PERTEMUAN MINGGU KE-4 REPRESENTASI DATA OLEH SARI NY.
Sistem Bilangan Mata Kuliah :Sistem Digital Moh. Furqan, S.Kom
SISTEM BILANGAN DAN KODE BILANGAN
SISTEM BILANGAN.
Kuliah 1 : Sistem Bilangan
PERTEMUAN MINGGU KE-3 REPRESENTASI DATA.
BAB V b SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER (Representasi Data)
BILANGAN FLOATING-POINT
Sistem bilangan komputer
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
Pengkodean Data.
Transcript presentasi:

Dosen: TIM PENGAJAR PTIK Data dan Informasi Dosen: TIM PENGAJAR PTIK

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Pengertian Data Data berasal dari kata datum yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan. Menurut Gordon B. Davis data sebagai bahan mentah dari informasi, yang dirumuskan sebagai sekelompok lambang-lambang tidak acak yang menunjukkan jumlah atau tindakan atau hal-hal lain. Data elektronik disusun untuk diolah dalam  bentuk: struktur data, struktur file, dan basis data.

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis informasi adalah  data yang  telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya berupa nilai yang dapat dipahami sebagai bahan pengambilan putusan. (DATA) Input Proses (INFORMASI) Output

Representasi Data pada Komputer Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data pada Komputer Bagaimana data disimpan dan diolah oleh komputer sehingga menghasilkan informasi bagi user melalui alat-alat output yang ada pada komputer?

Representasi Data pada Komputer Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data pada Komputer Data pada komputer digital disimpan pada memori atau register Semua data digital dikodekan dalam bentuk kode biner karena memori/register dibuat dari flip-flop, dan flip-flop merupakan suatu piranti yang hanya menyimpan/tidak menyimpan arus listrik (disimbolkan 0 dan 1) Untuk mengkonversikan data pada bentuk biner diperlukan pemahaman konsep basis pada sistem bilangan

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Sistem Bilangan Sistem bilangan dengan basis atau radix r adalah suatu sistem bilangan yang menggunakan simbol r digit Untuk menentukan bilangan representasi -> dilakukan dengan penjumlahan hasilkali tiap-tiap digit dengan r n

Sistem Bilangan - Desimal Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Sistem Bilangan - Desimal Sistem bilangan desimal yang digunakan sehari-hari --> menggunakan radix 10 Bilangan radix 10 menggunakan simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 Contoh: 724,5 7x102 + 2x101 + 4x100 + 5x10-1 artinya: 7 ratusan, 2 puluhan, 4 satuan dan 5 sepersepuluhan

Sistem Bilangan - Biner Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Sistem Bilangan - Biner Sistem bilangan biner menggunakan radix 2 Menggunakan simbol 0 dan 1 101101 menyatakan 1x25 + 0x24 + 1x23 + 1x22 + 0x21 + 1x20 = 45 sehingga (101101)2 = (45)10

Sistem Bilangan - Oktal dan Heksadesimal Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Sistem Bilangan - Oktal dan Heksadesimal Selain sistem bilangan biner dan desimal, sistem bilangan oktal (radix 8) dan hexadesimal (radix 16) sering digunakan pada sistem komputer digital Sistem bilangan oktal menggunakan simbol: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 Sistem bilangan heksadesimal menggunakan simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F

Sistem Bilangan - Oktal Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Sistem Bilangan - Oktal Konversi ke sistem bilangan desimal dilakukan dengan menjumlahkan bobot-bobot digit Contoh (736,4)8 = 7x82 + 3x81 + 6x80 + 4x8-1 = 7x64 + 3x8 + 6x1 + 4/8 = (478,5)10

Sistem Bilangan - Heksadesimal Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Sistem Bilangan - Heksadesimal Contoh (F3)16 = Fx16 +3 = 15x16 +3 = (243)10 Konversi dari desimal ke sistem radix r --> harus dilakukan pemecahan integer dan pecahannya Konversi integer dilakukan dengan pembagian berulang Konversi pecahan dilakukan dengan perkalian berulang

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Konversi Bilangan Contoh konversi (41,6875)10 ke biner (41,6875)10 = (101001,1011)2

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Konversi Bilangan Konversi antar sistem bilangan biner, oktal dan heksadesimal penting pada komputer digital Satu digit oktal berkorespondensi dengan 3 bit biner, dan 1 digit heksadesimal berkorespondensi dengan 4 bit biner * bit adalah digit biner. Bilangan biner 1011 berarti adalah bilangan biner yang memiliki panjang 4 bit

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Konversi Bilangan Contoh

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Konversi Bilangan Tabel Konversi - Binary Coded Octal

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Konversi Bilangan Tabel Konversi - Binary Coded Hexadecimal

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Satuan Kapasitas Data 1 B (Byte) = 8 bit 1 KB (Kilo Byte) = 210 Byte = 1024 Byte 1 MB (Mega Byte) = 1024 KB 1 GB (Giga Byte) = 1024 MB 1 TB (Tera Byte) = 1024 GB dst.. * dalam penulisan singkatan, b (b kecil) adalah singkatan dari bit, sedangkan B (b kapital) adalah singkatan dari Byte

Representasi Data Numerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data Numerik Data Numerik disimpan dalam memory sesuai tipe datanya. Jenis Tipe data numerik antara lain: integer, unsigned integer, long integer, single, float, double, dll Pemilihan dan penggunaan tipe data sangat penting pada dunia pemrograman dan basis data. Sedangkan pada software aplikasi spreadsheet yang biasa digunakan untuk mengolah data, tipe data tidak perlu didefinisikan karena secara otomatis sudah diatur oleh aplikasi itu sendiri, user tinggal memformatnya

Representasi Data Numerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data Numerik Data Numerik Integer (Bilangan Bulat) Misalnya, tipe data numerik bernama “Byte” pada Ms. Access memiliki kapasitas 1 Byte untuk menyimpan data bilangan bulat positif. Berarti memiliki interval sampai dengan

Representasi Data Numerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data Numerik Pendefinisian Tipe data Pengisian data

Representasi Data Numerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data Numerik Data Numerik Integer Bertanda Misalnya, tipe data numerik bernama “Integer” pada Ms. Access memiliki kapasitas 2 Byte (16 bit) untuk menyimpan data bilangan bulat positif bertanda (mampu menyimpan positif/negatif) Prinsipnya: bit ke-1 digunakan untuk menyatakan tanda (+) atau (-). Misalnya,jika 0 berarti (+), jika 1 berarti (-) 15 bit berikutnya merupakan nilai dari bilangan tersebut

Representasi Data Numerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data Numerik Berarti tipe data tersebut memiliki interval - (215-1) .... 215 -1 atau -32767 .... 32767 Akan tetapi, karena 0 memiliki 2 simbol yaitu (-) 0 dan (+) 0 maka agar efisien yang dipakai untuk menyimpan nilai 0 adalah (+) 0. Sedangkan (-) 0 dilemparkan ke kiri garis bilangan sehingga menjadi wakil untuk nilai – 215. Sehingga interval untuk tipe data ini adalah - 215 .... 215 -1 atau -32768 .... 32767 *silahkan coba di access

Representasi Data Numerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Data Numerik Data Numerik Desimal Misalnya, tipe data numerik bernama “Single” pada Ms. Access memiliki kapasitas 2 Byte (16 bit) untuk menyimpan data bilangan bulat positif desimal Prinsipnya: 8 bit pertama digunakan untuk menyimpan bilangan bulat 8 bit berikutnya digunakan untuk menyimpan bilangan dibelakang koma

Representasi Alfanumerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Alfanumerik Banyak aplikasi komputer tidak hanya memerlukan data bilangan saja, namun juga huruf alfabet dan karakter khusus Karakter alfanumerik adalah set elemen yang termasuk 10 digit desimal, 26 huruf alfabet, dan karakter khusus seperti $, +, dan =. Satu set terdiri dari 32 dan 64 elemen atau 64 dan 128 elemen --> diperlukan pengkodean 6 atau 7 bit

Representasi Alfanumerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Alfanumerik Standard lama yang digunakan untuk konversi alphanumerik adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yang menggunakan 8 bit untuk mengkodekan 256 karakter Standard baru yang digunakan untuk konversi alphanumerik adalah kode Unicode yang menggunakan 16 bit yang berarti mampu mengkodekan 65.536 (216). Unicode memungkinkan pengguna huruf kanji, arab, thai, dll mampu mengetikkan/memproses karakter teks mereka pada komputer

Representasi Alfanumerik Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Alfanumerik Tabel ASCII

Representasi Citra Digital Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Citra Digital Semua gambar yang bisa disimpan/diolah pada komputer/piranti digital disebut dengan citra digital (atau sering disebut citra saja) Citra tersusun dari elemen-elemen terkecil yang disebut Pixel (picture element) Banyaknya pixel pada sebuah citra disebut dengan Resolusi.

Representasi Citra Digital Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Citra Digital Biasanya resolusi dinyatakan dalam 2 cara, yaitu: Dimensi panjang x lebar, misal: 800x600, 1024x768, dll Banyaknya pixel, misal: 2 Mega Pixel, 5 Mega Pixel, dll. Pertanyaan: berapa MP resolusi kamera handphone yang menghasilkan gambar dengan dimensi 2048 x 1536 ?

Representasi Citra Digital Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Citra Digital Penyimpanan citra berwarna dilakukan dengan menyimpan intensitas nilai RGB nya.

Representasi Citra Digital Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Citra Digital Format bmp (bitmap) adalah format citra yang langsung memetakan intensitas RGB ke media penyimpanan dengan rincian setiap pixel: Red (R) : 8 bit Green (G): 8 bit Blue (B): 8 bit Sehingga, 1 pixel citra dengan format bmp memerlukan alokasi sebesar 24 bit (3 Byte).

Representasi Citra Digital Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Citra Digital Pertanyaan: Berapa MB alokasi memori yang dibutuhkan untuk menyimpan gambar dengan resolusi 800 x 600 dengan format bmp? Jawab: Jmlh alokasi = 3 x 800 x 600 Byte Jmlh alokasi = (3x800x600) / (1024x1024) MB Jmlh alokasi = 1,37 MB *bisa didemokan dengan melakukan print Screen desktop beresolusi 800x600 dan di simpan dengan format 24-bit bitmap. Klik kanan dan lihat properti size nya

Representasi Citra Digital Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Representasi Citra Digital Format lain dari citra antara lain: jpg, gif, png, dsb. umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari bmp untuk citra yang sama Hal ini disebabkan format selain bmp merupakan format yang telah mengalami kompresi.

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Tugas Mandiri Bagaimana representasi dari data Audio dan Video? Silakan masing-masing mahasiswa browsing di internet. Bagi 2 mahasiswa yang dapat menjawab dengan singkat dan tepat akan mendapatkan nilai keaktifan minggu depan elearning.if.its.ac.id

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005 Any Questions??