Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISUSUN OLEH: HESTY UTAMI PRATIWI (3333071241 ) ISO 9000: TAHAPAN DALAM TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK PERUSAHAAN KONTRUKSI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISUSUN OLEH: HESTY UTAMI PRATIWI (3333071241 ) ISO 9000: TAHAPAN DALAM TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK PERUSAHAAN KONTRUKSI."— Transcript presentasi:

1 DISUSUN OLEH: HESTY UTAMI PRATIWI ( ) ISO 9000: TAHAPAN DALAM TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK PERUSAHAAN KONTRUKSI

2 Pendahuluan ISO 1900 merupakan serangkaian standar manajemen mutu internasional yang terkait dengan pengelaolaan jaminan kualitas dan kontrol untuk perusahaan dan lembaga. ISO 9001 telah berkembang selama dua dekade terakhir yang diterapkan perusahaan untuk memperoleh peningkatan kualitas prosedur dan produk. ISO 9001 adalah revisi dari ISO yang lebih menekankan pada kebutuhan dan harapan pelanggan serta peningkatan kinerja bisnis. Dalam bidang kontruksi, sertifikat ISO 9001 setifikat ISO 9000 telah diterima secara luas di banyak negara karena memiliki banyak keuntungan.

3 Latar Belakang ISO 9001 merupakan perkembangan dari ISO 9001:2000, diaman kunci perubahan revisi ISO 9001: 2000 dokumen dibandingkan dengan versi sebelumnya dari standar ISO diringkas di bawah ini. Perubahan ini menyoroti bergerak ISO dalam mengimplementasikan TQM. Jumlah standar dikurangi dan disederhanakan. Direstrukturisasi pada model proses bisnis yang selaras dengan cara organisasi benar-benar bekerja. Sekarang mengukur kepuasan pelanggan. Memperluas dan memperkuat tanggung jawab manajemen dan keterampilan komunikasi.

4 Membantu perusahaan melakukan perbaikan terus-menerus eksplisit. Bahasa manufaktur kurang berorientasi dan lebih user-friendly. Mengurangi kebutuhan untuk prosedur terdokumentasi, dengan penekanan pada pelatihan dan peningkatan kompetensi. Membutuhkan keterlibatan seluruh organisasi - kualitas pengelolaan dan manajemen mutu. Sebelum dikembangkannya ISO ,terdapat beberapa standar manajemen dalam peningkatan kualitas seperti ISO Namun ISO 9000 sekarang ini sangat berbeda,baik dari ISO maupun

5 Keberhasilan ISO 9000 masih terus berkembang di beberapa negara. Lebih dari perusahaan di 158 negara telah mengidentifikasi ISO 9000 standar sebagai alat manjemen strategis penting untuk kontrol yang efektif dan praktek bisnis terbaik dengan menetapkan enam dokumen wajib: Kontrol Dokumen Kontrol Records Internal Audit Kontrol tidak sesuai Produk / Layanan Tindakan Perbaikan Pencegahan Aksi

6 Pengendalian Mutu dalam Industri Kontruksi Kualitas merupakan salah satu senjata yang paling penting dalam persaingan saat ini tidak terduga dan kompetitif pasar. Kualitas merupakan alat yang sulit dipahami dan tidak jelas, namun walaupun banyak yang mendefinisikanny namun definisi kualitas berbeda sesuai situasi bisnis tertentu, organisasi, atau pelanggan. Namun, definisi kualitas dalam konstruksi sangat sulit ditentukan karena terdapat keunikan metode konstruksi, produk dan tenaga kerja yang dapat terlibat dalam sebuah proyek tunggal. Tidak seperti produk normal, yang dapat dibawa kembali ke line produksi jika tidak memenuhi persyaratan, produk konstruksi biasanya dalam bentuk proyek yang setelah dibangun,tidak dapat diubah. Ini merupakan salah satu keunikannya, adapun kendala lain adalah masalah waktu pertemuan, biaya dan kinerja. Dalam bidang kontruksi yang menghabiskan waktu yang lama akan sulit mengidentifikasi sumber masalah. Kualitas dalam bidang kontruksi sangat penting umtuk mengahdapi kompetisi internasional.

7 Manfaat ISO 9000 untuk Perusahaan Kontruksi Sertifikasi ISO 9000 akan mendorong perbaikan berkesinambungan dan berkontribusi ke: Perbaikan dalam "bottom line" keuntungan melalui: o Lebih baik efisiensi o peningkatan terus-menerus o Pengurangan Limbah Konsisten dan pengawasan efektif atas proses kunci dan manajemen proyek Promosi dan standarisasi praktek kerja yang baik Penyediaan kendaraan untuk pelatihan karyawan baru Manajemen yang efektif dan mengurangi risiko krisis manajemen

8 lanjutan Lebih efektif analisis data, generasi metrik kinerja kunci dan peningkatan terus-menerus tujuan Penekanan yang lebih besar pada komunikasi, kepemimpinan, perubahan manajemen dan kecukupan pelatihan Sebuah perencanaan dan proses peninjauan yang akan memastikan bahwa sistem di tempat tetap sesuai, efektif dan mampu mengidentifikasi peluang-peluang baru Efektif situs remote manajemen, akuntabilitas dan kontrol kontrak Mempromosikan kontrol pemasok dan subkontraktor dan pengembangan rantai pasokan yang efektif pengelolaan pengakuan seluruh dunia

9 Penerapan ISO 9000 di Perusahaan Konstruksi Banyak penelitian dilakukan berkaitan dengan penerapan TQM dan itu adalah keyakinan bahwa manfaat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, kualitas produk lebih baik, dan pangsa pasar yang lebih tinggi sering diperoleh setelah penerapan TQM oleh perusahaan konstruksi. Hal ini diyakini bahwa yang paling penting penentu keberhasilan suatu organisasi dalam menerapkan TQM adalah kemampuan untuk menerjemahkan, mengintegrasikan, dan akhirnya melembagakan perilaku TQM ke dalam praktek sehari-hari pada pekerjaan. TQM adalah cara berpikir tentang tujuan, organisasi, proses, dan orang-orang untuk memastikan bahwa hal yang benar dilakukan dengan benar pada kali pertama. Ini adalah utama perubahan organisasi yang memerlukan transformasi dalam budaya, proses, prioritas strategis, keyakinan, dll dari organisasi.

10 lanjutan Dalam memulai penerapan kualitas dalm perusahaan kontruksi adalahm dengan melaksanakan kualitas proses.. Dalam mengembangkan budaya kualitas total dalam konstruksi, satu langkah penting adalah untuk mengembangkan tim konstruksi dari kontraktor utama dan subkontraktor yang akan berkomitmen untuk proses kualitas dan mengembangkan sikap benar berkualitas. Dengan demikian, kontraktor utama hanya harus memilih subkontraktor yang telah menunjukkan kualitas sikap dan kinerja yang baik. Reputasi kecil dan menengah pengadaan konstruksi perusahaan menciptakan suatu lingkungan yang mengalihkan upaya dari mengejar kualitas ke pertahanan inefisiensi, kesalahan dan limbah. Oleh karena itu, sistem kualitas formal seperti ISO 9001:2000 adalah cara meningkatkan kepercayaan nasabah bahwa bahan, produk atau jasa akan sesuai dengan yang ditetapkan.

11 Kesimpulan Berdasarkan uraian, jelas bahwa ISO 9000 dapat membuktikan menjadi metode besar membangun kualitas bahkan di lingkungan konstruksi yang paling kompetitif. Hal ini memungkinkan semua jenis konstruksi profesional - dari arsitek dan insinyur untuk kontraktor dan pemasok - untuk mengembangkan standar kualitas dan prosedur yang tepat sesuai dengan kebutuhan khusus mereka dan tanggung jawab. Ini menawarkan instruksi langkah-demi-langkah pada pelaksanaan dan pengelolaan sistem jaminan mutu ISO 9000 dan menunjukkan bagaimana sistem menempatkan proses manajemen kualitas berlaku sebelum pekerjaan dimulai dan mendeteksi dan memperbaiki masalah sebelum mencapai proporsi bencana.

12 lanjutan Daftar di bawah ini menunjukkan bagaimana sertifikasi ISO 9000 akan mendorong perbaikan berkesinambungan dan berkontribusi perbaikan "bottom line" keuntungan: Lebih efisiens Perbaikan terus-menerus Pengurangan Limbah Konsisten dan pengawasan efektif atas proses kunci dan manajemen proyek Promosi dan standarisasi praktek kerja yang baik Penyediaan kendaraan untuk pelatihan karyawan baru Manajemen efektif dan mengurangi risiko krisis manajemen Lebih efektif analisis data, generasi metrik kinerja kunci dan peningkatan terus- menerus tujuan

13 lanjutan Penekanan yang lebih besar pada komunikasi, kepemimpinan, perubahan manajemen dan kecukupan pelatihan Sebuah perencanaan dan proses peninjauan yang akan memastikan bahwa sistem di tempat tetap sesuai, efektif dan mampu mengidentifikasi peluang-peluang baru f Efektif situs remote manajemen, akuntabilitas dan kontrol kontrak Mempromosikan kontrol pemasok dan subkontraktor dan pengembangan rantai pasokan yang efektif dalam pengelolaan pengakuan seluruh dunia

14 SELESAI


Download ppt "DISUSUN OLEH: HESTY UTAMI PRATIWI (3333071241 ) ISO 9000: TAHAPAN DALAM TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK PERUSAHAAN KONTRUKSI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google