Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. NOVIA MUNAFI’AH 2. PANDE MADE N.Y 3. PRASETYO NUGRAHA 4. RIAN ANUGRAHWAN 5. RIRIN HUMAIYYAH 6. ROBAI 7. SAJAROH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. NOVIA MUNAFI’AH 2. PANDE MADE N.Y 3. PRASETYO NUGRAHA 4. RIAN ANUGRAHWAN 5. RIRIN HUMAIYYAH 6. ROBAI 7. SAJAROH."— Transcript presentasi:

1 1. NOVIA MUNAFI’AH 2. PANDE MADE N.Y 3. PRASETYO NUGRAHA 4. RIAN ANUGRAHWAN 5. RIRIN HUMAIYYAH 6. ROBAI 7. SAJAROH

2 Cloud Computing Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi. Cloud computing membantu konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa melakukan instalasi, mengakses file pribadi mereka di komputer manapun dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan efisiensi lebih dengan memusatkan penyimpanan, memory, pemrosesan, dan bandwith.

3 Contoh layanan Cloud

4 Google Drive Google Drive adalah sebuah media penyimpanan virtual di internet (bahasa IT-nya : Cloud Storage - Penyimpanan di awan). 5 Gigabyte (5 Gb) Gratis Untuk pemakaian memori, di atas itu, Google menawarkan harga sebesar USD30 per tahun untuk kapasitas 25GB dan USD60 per tahun untuk 100GB. Lebih murah ketimbang tarif yang dipatok Apple untuk layanan iCloud, yaitu USD40 per tahun untuk 20GB dan USD100 per tahun untuk 50GB.

5 Manfaat Cloud Computing 1. Kemudahan akses2. Fleksibilitas 3. Penghematan

6 Kekurangan 1. Koneksi Internet 2. Kerahasiaan dan keamanan 3. Kualitas server komputasi awan

7 Model layanan cloud computing 1. Infrastruktur as a Service (IaaS) layanan yang “menyewakan” sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi server, system operasi, aplikasi, media penyimpanan, virtualisasi platform dan peralatan jaringan serta dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. 2. Platform as a Service (PaaS) layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi, yang tentu saja hanya bisa berjalan diatas platform tersebut. 3. Software as a Service (SaaS) memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan cara berlangganan.

8 Keamanan Cloud computing menawarkan banyak manfaat, tetapi juga rentan terhadap ancaman. Sebagai penggunaan kenaikan komputasi awan, sangat mungkin bahwa penjahat lebih akan mencoba untuk menemukan cara-cara baru untuk mengeksploitasi kerentanan dalam sistem. Ada tantangan yang mendasari banyak dan risiko dalam komputasi awan yang meningkatkan ancaman data yang dikompromikan. Untuk membantu mengurangi ancaman, pemangku kepentingan komputasi awan harus berinvestasi dalam penilaian risiko untuk memastikan bahwa sistem mengenkripsi untuk melindungi data, menetapkan landasan dipercaya untuk mengamankan platform dan infrastruktur, dan membangun jaminan yang lebih tinggi dalam audit untuk memperkuat kepatuhan. Masalah keamanan harus ditujukan untuk membangun kepercayaan dalam teknologi komputasi awan.

9 pelanggaran Seperti dengan hardware pribadi dibeli, pelanggan dapat membeli layanan komputasi awan untuk tujuan jahat. Ini termasuk password cracking dan melancarkan serangan dengan menggunakan jasa yang dibeli. Pada tahun 2009, perbankan trojan ilegal menggunakan layanan Amazon populer sebagai saluran perintah dan kontrol yang mengeluarkan pembaruan perangkat lunak dan instruksi berbahaya untuk PC yang terinfeksi oleh malware.

10 CLOUD COMPUTING DALAM DUNIA PENDIDIKAN Implementasi Cloud Computing Pada Jejaring Pendidikan Nasional

11 Dalam konteks JARDIKNAS idealnya cloud computing dapat implentasikan di tingkat nasional, Artinya cukup satu infrastruktur di pusat, kemudian seluruh workstation akanmengakses Dengan melakukan implementasi infrastruktur diatas diharapkan adanya efisiensi pada sisi pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak dengan tercapainya kondisi berikut: 1. Di setiap titik sekolah, kantor wilayah setingkat kota/kabupaten tidak diperlukan lagi pengadaan server karena seluruh fungsi server telah dijalankan pada cloudcomputing server array yang ada di NOC pusat (NOC: Network Opration Center) 2. Penggunaan Live CD dengan sistem operasi yang berbasis opensource pada PC yang digunakan di setiap titik dapat menghemat biaya lisensi di tiap PC yang digunakan selain itu kondisi ini juga menyababkan tidak diperlukannya pengadaan PC dengan tingkat komputasi tinggi. Karena sebagian besar proses komputasi dilakukan di server, maka fungsi dari PC workstation hanya untuk menjalankan web browser saja sehingga PC standar tanpa hardiskpun dapat digunakan. 3. Di sisi server dapat digunakan aplikasi cloud computing yang berbasis Open Source seperti EyeOS yang sudah cukup matang untuk digunakan secara luas.Penggunaan Sistem Operasi berbasis Open Source pada server yang digunakan untuk melayani cloud computing ini juga sangat dimungkinkan.

12 Daftar Pustaka  memilih-solusi-komputasi-awan-ala-oracle-80.html  computing/    keamanan-cloud_3850.html keamanan-cloud_3850.html  - computing.html - computing.html  computing.html


Download ppt "1. NOVIA MUNAFI’AH 2. PANDE MADE N.Y 3. PRASETYO NUGRAHA 4. RIAN ANUGRAHWAN 5. RIRIN HUMAIYYAH 6. ROBAI 7. SAJAROH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google