Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan). Pendahuluan Dengan kemajuan dan perkembangan internet, aplikasi desktop atau bahkan device yang biasa kita jalankan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan). Pendahuluan Dengan kemajuan dan perkembangan internet, aplikasi desktop atau bahkan device yang biasa kita jalankan."— Transcript presentasi:

1 CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan)

2 Pendahuluan Dengan kemajuan dan perkembangan internet, aplikasi desktop atau bahkan device yang biasa kita jalankan atau gunakan di komputer rumah, sekarang dapat dijalankan online melalui jaringan internet ( cloud ). seperti sistem operasi, software edit photo, tempat penyimpanan, anti virus, dll. Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi. Cloud computing membantu konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa melakukan instalasi, mengakses file pribadi mereka di komputer manapun dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan efisiensi lebih dengan memusatkan penyimpanan, memory, pemrosesan, dan bandwith

3 Definisi Ada beberapa definisi mengenai cloud computing diantaranya adalah Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing : “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor- sensor, monitor dan lain-lain.” Stevan Greve : “Internet bisa dianggap awan besar. Awan berisi komputer yang semuanya saling tersambung. Dari situlah berasal istilah ‘cloud’. Jadi semuanya disambungkan ke ‘cloud’, atau awan itu. Cloud computing adalah gaya komputasi di mana sumber daya secara dinamis terukur dan seringkali tersedia secara virtual sebagai layanan melalui internet. Pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan, keahlian, atau kontrol atas infrastruktur teknologi di awan yang mendukungnya.

4 Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa : CLOUD : Awan (Internet) dan COMPUTING : Proses komputasi Penggunaan teknologi komputer untuk pengembangan berbasis Internet dengan piranti lunak lengkap dan sistem operasional juga tersedia secara online. Dengan kata lain, internet & semua yg terkait dengannya, menjadi terminal pusat

5 Komponen Cloud Computing Cloud Clients : seperangkat komputer / software yg didesain secara khusus utk penggunaan layanan berbasis cloud computing. Cloud Services : produk, layanan dan solusi yang dipakai dan disampaikan secara real-time melalui media Internet. Contoh yang paling popular adalah web service. Cloud Applications memanfaatkan cloud computing dalam hal arsitektur software. Sehingga user tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi dengan menggunakan komputer. Cloud Platform : merupakan layanan berupa platform komputasi yang berisi hardware dan software2 infrasktruktur. Cloud Storage melibatkan proses penyampaian penyimpanan data sebagai sebuah layanan. Cloud Infrastructure merupakan penyampaian infrastruktur komputasi sebagai sebuah layanan.

6 Implementasi Contoh cloud computing adalah Yahoo atau Gmail. Anda tidak perlu software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen hanya perlu koneksi internet dan mereka dapat mulai mengirimkan . Software manajemen dan server semuanya ada di cloud (internet) dan secara total dikelola oleh provider seperti Yahoo, Google, etc. Konsumen hanya perlu menggunakan software itu sendiri dan menikmati manfaatnya. Analoginya adalah, “Jika and membutuhkan susu, kenapa membeli sapi?” Yang semua pengguna butuhkan adalah manfaat menggunakan software atau hardware seperti mengirim dll. Hanya untuk mendapatkan manfaat ini (susu) mengapa konsumen harus membeli sapi (software/hardware)


Download ppt "CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan). Pendahuluan Dengan kemajuan dan perkembangan internet, aplikasi desktop atau bahkan device yang biasa kita jalankan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google