Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cloud Computing Going to Cyber Campus An Opportunity Ikbal Jamaludin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cloud Computing Going to Cyber Campus An Opportunity Ikbal Jamaludin."— Transcript presentasi:

1 Cloud Computing Going to Cyber Campus An Opportunity Ikbal Jamaludin

2 Kenapa Harus Cloud ? Peningkatan jumlah pengguna internet di dunia sangat drastis, setidaknya pada 9 bulan terakhir dari 2,40 miliar (Juni 2012) menjadi 2,75 miliar pengguna (Maret 2013) {meningkat 15%}. Sementara Indonesia pada tahun 2012 memiliki pengguna internet mencapai sekitar 55 juta pengguna dari jumlah penduduk sekitar 249 juta. Sekitar 22,1 % (1 dari 5 orang) penduduk Indonesia adalah pengguna Internet, dan 51 juta adalah pengguna facebook (92 % pengguna internet).

3 begitu besarnya jumlah pengguna internet di dunia dan juga di Indonesia, bahkan sampai sekitar 92% adalah pengguna facebook. Facebook ini adalah salah satu aplikasi yang dijalankan melalui jaringan internet sebagai sebuah service yang diakses melalui jaringan internet dengan menggunakan berbagai macam perangkat sebagai kliennya, atau dikenal dengan istilah Software-as-a-Service (SaaS). SaaS menyediakan akses ke software (aplikasi) dan database yang terinstal di sebuah server, sementara kliennya hanya cukup mengakses tanpa harus memikirkan penginstalan dan konfigurasi yang sulit pada perangkatnya.

4 Apa Itu SaaS ? ? ? SaaS adalah salah satu fondasi dari teknologi yang sekarang berkembang dengan pesat pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang disebut dengan Cloud computing. Selain Facebook, banyak sekali contoh aplikasi cloud computing yang dapat diakses oleh masyarakat umum, seperti: Google Apps, Microsoft Office 365, Web-mail service, dan lainnya.

5 Ada yang masih bingung dengan CC ?? Cloud computing adalah sebuah teknologi yang menggunakan internet dan beberapa server yang terintegrasi untuk memelihara aplikasi dan data. Cluod computing memungkinkan pengguna (perorangan ataupun bisnis) menggunakan aplikasi yang tersedia tanpa harus menginstal aplikasi tersebut serta dapat mengakses data-data pribadinya dengan menggunakan berbagai jenis perangkat apapun yang dapat terhubung dengan internet.

6 Cloud Computing CC merupakan teknologi komputasi yang efisien dengan memusatkan penyimpanan data, pemrosesan data, dan komunikasi data

7 model fundamental dari cloud computing 3 model fundamental dari cloud computing mulai dari : 1.IaaS (Infrastruktur-as-a-Service), 2.PaaS (Platform-as-a-Service), 3.SaaS (Software-as-a-Service)

8 Perbedaan Aplikasi Cloud dengan Aplikasi Lokal ? Perbadaan dasar aplikasi cloud dengan aplikasi lokal adalah dalam hal distribusinya. Dimana aplikasi cloud tidak didistribusikan secara fisik kepada para penggunanya melainkan didistribusikan pada server-servernya.

9 Aplikasi Cloud sangat mementingkan scalabilitas (mampu menyesuaikan dengan kebutuhan). 1.teknik virtualization. dimana aplikasi cloud melakukan penggandaan (kloning) pekerjaan-pekerjaan dan mendistribusikannya ke beberapa mesin-mesin virtual pada saat dijalankan menyesuaikan dengan kebutuhan dari permintaan pengguna. 2.multi-tenant. Dimana aplikasi diinstal pada sebuah server, pada sebuah sistem operasi, dengan mengakses sebuah tempat penyimpanan yang sama tetapi dapat diakses oleh beberapa pengguna “tenant”. Pengaturan akses dan data tiap-tiap pengguna diatur pada saat proses disain aplikasinya.

10 Keuntungan Teknologi CC bagi penyedia dan pengguna Untuk penyedia jasa ada beberapa keuntungan seperti: 1.Mudah pendistribusian aplikasi 2.Jangkauan penggunaan aplikasi sangat luas (World-wide) 3.Mudah pemeliharaan aplikasi dan penyediaan layanan dukungan aplikasi 4.Memaksimalkan utilisasi dan efektifitas sumber daya 5.Lebih ekonomis dari segi investasi

11 Keuntungan sisi Pengguna 1.Kemudahan akses di mana-saja, kapan saja, dan menggunakan perangkat yang bervariasi. 2.Mengurangi investasi Bidang Informasi Teknologi yang cukup efektif, hanya membeli pelayanan yang digunakan. 3.Dapat menghilangkan biaya infrastruktur IT, sehingga dapat memfokuskan pada keperluan bisnis utamanya.

12 Infrastruktur Infrastruktur umum dari cloud computing pada sisi penyedia layanan memiliki beberapa bagian utama seperti : • jaringan komputer penyedia layanan, • server tempat penyimpanan data dan database, • server-server aplikasi, dan unit pengendali permintaan dari klien yang juga sekaligus sebagai unit distribusi tugas-tugas yang dapat dibagi secara merata (load balancing).

13 Hardware dan Software Pendukung Perangkat pendukung utama pada penyedia layanan cloud computing adalah : 1.server aplikasi, di mana aplikasi (atau software) diinstal dan dikonfigurasi yang selanjutnya didistribusikan kepada klien-klien (atau pengguna-pengguna). 2.server database, di mana data-data yang dimiliki oleh para pengguna dan oleh penyedia jasa dikelola oleh database server ini. Komunikasi berupa transfer (mengirim dan menerima data) antar server database dan server aplikasi dikonfigurasi pada aplikasi cloud sehingga transparan bagi pengguna.

14 1. Server Aplikasi Pada prinsipnya konfigurasi dan spesifikasi hampir sama dengan server umumnya, yang membedakan adalah topologi yang menunjang pendistribusian aplikasi SaaS nya. Untuk teknik virtualization, sebuah server dibagi menjadi beberapa “virtual” server dan masing-masing diinstal dan dikonfigurasi untuk dapat menerima task (tugas) dari unit pengendali. Sementara utuk teknik multi-tenant, kapasitas server lebih besar karena proses dan data berada pada satu server tersebut.

15 Intinya baik teknik virtualization maupun multi tenant, “Software utama pendukung kinerja server di atas adalah sistem operasi (SO)”.

16 2. Server Database Penunjang utama dari Database Server adalah software Database Management System (DBMS). Beberapa DBMS modern saat ini seperti Oracle dan MySQL sudah menunjang cloud computing dalam menunjang pendistribusian aplikasi dan data ke masing-masing klien dan/atau pengguna.

17 Hardware dan software penunjang pada klien (atau pengguna) adalah sangat-sangat sederhana seperti perangkat-perangkat netbook, komputer, notebook, tablet, bahkan PDA (atau smartphone) yang dilengkapi dengan sistem operasi umum dan web-browser.

18 Googling penyedia layanan cloud computing (yang berbayar ataupun free ataupun trial) Buat Makalah yang berisi : 1.Informasi detail perusahaan penyedia layanan 2.Jenis layanan yang diberikan 3.Cara menggunakan layanan yang disediakan. -Makalah ditulis dengan huruf times new roman 12, spasi 2, justify. -Sertakan daftar pustaka yang lengkap dalam setiap makalah. -Makalah yang isinya sama persis atau lebih dari 80% isi content sama, default kosong. -Makalah di bendel / 10 Mahasiswa ( 10 Penyedia Cloud ) -Dibuat daftar Isi dan Sampul. Pengumpulan makalah paling lambat tanggal 3 November 2013.


Download ppt "Cloud Computing Going to Cyber Campus An Opportunity Ikbal Jamaludin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google