Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTASI AWAN. Tujuan mengetahui dan memahami sejarah perkembangan komputasi awan, kelebihan dan kekurangan komputasi awan, jenis dan model komputasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTASI AWAN. Tujuan mengetahui dan memahami sejarah perkembangan komputasi awan, kelebihan dan kekurangan komputasi awan, jenis dan model komputasi."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTASI AWAN

2 Tujuan mengetahui dan memahami sejarah perkembangan komputasi awan, kelebihan dan kekurangan komputasi awan, jenis dan model komputasi awan disertai arsitektur cloud computing. mengetahui dan memahami bagaimana virtualisasi dapat digunakan dengan untuk mempermudah implementasi dan manajemen sebuah fasilitas cloud computing. mengetahui dan memahami jenis-jenis dan fungsi-fungsi perangkat-perangakt pendukung cloud computing. lebih memahami komponen-komponen pembentuk sebuah arsitektur cloud computing dan menjelaskan fungsi dan tujuan dari masing-masing komponen tersebut.

3 Indikator Penilaian Dasar – Menyebutkan definisi, sejarah, jenis dan model cloud computing. Menengah – Menjelaskan definisi, sejarah, jenis dan model cloud computing disertai dengan arsitekturnya dan fungsi perangkatnya. Mahir – Menjelaskan komponen-komponen pembentuk sebuah arsitektur cloud computing beserta fungsi dan tujuan dari masing-masing komponen tersebut.

4 DEFINISI

5 Komputasi awan merupakan sebuah model penyediaan layanan komputasi di mana layanan sumber daya komputasi disediakan secara dinamis, scalable, dan divirtualisasi melalui jaringan komputer atau Internet.

6 Pada komputasi awan, detil dari sistem fisik atau teknis layanan merupakan sesuatu yang tidak penting bagi pelanggan. Faktor penting yang diperhatikan adalah tingkat keterjaminan sumber daya komputasi yang disediakan.

7 SEJARAH

8 Pada dasarnya, sejarah komputasi awan sejalan dengan perkembangan jaringan komputer dan internet serta komputer ukuran kecil/portable. Faktor pendukungnya adalah keinginan besar pengguna untuk mendapatkan layanan dengan mudah dan tersedia dimanapun/kapanpun.

9 Detil? Tugas ya…

10 JENIS/MODEL LAYANAN

11 Model Layanan Komputasi awan 3 Model layanan, yaitu: Infrastucture-as-a-Service (IaaS) Platform -as-a-Service (PaaS) Software-as-a-Service (SaaS)

12 Infrastucture-as-a-Service (IaaS) Layanan disediakan hingga tingkat virtualisasi sumberdaya komputasi fisik, seperti sumberdaya komputasi cpu, kapasitas memory, kapasitas penyimpanan dan variabel lainnya yang dianggap penting. Sistem operasi dapat disediakan penyedia atau oleh pelanggan. Model ini mirip dengan model layanan serverhosting dedicated dengan menggunakan mesin virtual dan kalkulasi biaya yangmerujuk pada sumberdaya komputasi yang terpakai.

13 Platform -as-a-Service (PaaS) Layanan disediakan hingga pada tingkatan platform. Pada model ini, penyedia layanan menyediakan set pustaka pemograman, antar muka pemograman dan metoda akses. Pelanggan memanfaatkan dengan membuat aplikasi merujuk pada sistem tersebut. Biaya dikalkulasi berdasarkan sumber daya komputasi yang digunakan.

14 Software-as-a-Service (SaaS) Layanan disediakan pada tingkatan aplikasi. Pada model ini penyedia menyediakan aplikasi untuk dimanfaatkan langsung oleh pelanggan, misalnya:wordprocessing, online drive, dll. Biaya dikalkulasi berdasarkan besaran sumber daya komputasi yang digunakan.

15

16 MODEL IMPLEMENTASI/DEPLOYMENT

17 4 model implementasi yang umum: Public Cloud Private Cloud Hybrid Cloud Community Cloud

18

19 Public Cloud Model Layanan publick cloud dibangun diatas jaringan komputer publik atau internet. Penyedia layanan membangun dan mengelola sendiri infrastruktur layanan, sementara pelanggan memanfaatkan sesuai dengan sumberdaya komputasi yang disepakati. Pada model public, infrastruktur dapat dimanfaatkan oleh banyak pengguna dengan kepentingan yang berbeda (sharing resources).

20 Private Cloud Pada model private, layanan dibangun diatas jaringan komputer private atau intranet. Sistem komputasi dapat dibangun dan dikelola oleh pihak ketiga atau pemilik infrastuktur sendiri. Penggunaan layanan, diharuskan untuk terkoneksi kelayanan melalui koneksi intranet/VPN, sehingga bersifat lebih eksklusif dan terbatas.

21 Hybrid Cloud Model hibrid merupakan kombinasi dari model cloud private dan publik.

22 Community Cloud Model layanan berdasarkan kepentingan sebuah komunitas terbatas dan dapat dibangun di atas model private, public atau hybrid.

23 ASPEK EKONOMIS DAN TREN

24 Trend cloud computing 2011 (ref: Gartner )

25 TERIMA KASIH

26 Tugas 14a Tugas : Ringkasan sederhana dalam bentuk timeline, tentang sejarah komputasi awan (1 halaman saja). Cari sebuah contoh penerapan komputasi awan/produk dan jelaskan ! Batas waktu : Jum’at, 25 Mei 2012 Keterangan: Dikerjakan Pribadi, tulis tangan; dapat ditambahkan dengan mindmap/gambar (boleh printout), tabel,dll. Tulis referensi


Download ppt "KOMPUTASI AWAN. Tujuan mengetahui dan memahami sejarah perkembangan komputasi awan, kelebihan dan kekurangan komputasi awan, jenis dan model komputasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google