Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ayumi Naliksama Dienillah Nadhira Rakhmi Yusuf Nastiti Oetari Dewi Tria Oktyana Tantri Wulandari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ayumi Naliksama Dienillah Nadhira Rakhmi Yusuf Nastiti Oetari Dewi Tria Oktyana Tantri Wulandari."— Transcript presentasi:

1 Ayumi Naliksama Dienillah Nadhira Rakhmi Yusuf Nastiti Oetari Dewi Tria Oktyana Tantri Wulandari

2 CLOUD COMPUTING

3 PENGERTIAN gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan).

4 KEUNTUNGAN Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping. Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.

5 KEKURANGAN Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

6 SISTEM DAN KONSEP SERUPA Teknologi yang memungkinkan untuk cloud computing adalah virtualisasi. Virtualisasi abstrak infrastruktur fisik, yang merupakan komponen paling kaku & membuatnya tersedia sebagai komponen lunak yang mudah digunakan & dikelola Cloud computing mengadopsi konsep dari Arsitektur berorientasi layanan ( SOA ) yang dapat membantu pengguna memecahkan masalah menjadi layanan yang dapat diintegrasikan untuk memberikan solusi. Cloud computing juga memanfaatkan konsep- konsep dari komputasi utilitas untuk menyediakan metrik untuk layanan yang digunakan. Metrik tersebut adalah inti dari awan bayar per-gunakan model umum

7 SEJARAH Tahun 1950-an Tahun 2000-an Tahun 1960-an sampai Tahun 1990-an

8 KARAKTERISTIK Perangkat dan independensi lokasi memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem menggunakan browser web terlepas dari lokasi mereka atau apa perangkat yang mereka gunakan ( misalnya, PC, telepon selular ) Teknologi virtualisasi memungkinkan berbagi server dan perangkat penyimpanan dan peningkatan utilisasi Multitenancy memungkinkan berbagi sumber daya dan biaya di kolam besar pengguna sehingga memungkinkan untuk sentralisasi infrastruktur di lokasi dengan biaya yang lebih rendah Keamanan dapat meningkatkan karena sentralisasi data, meningkatkan fokus pada keamanan sumber daya, dll

9 KARAKTERISTIK Pemeliharaan aplikasi komputasi awan lebih mudah, tidak perlu diinstal pada setiap komputer pengguna dan dapat diakses dari tempat yang berbeda On Demand Self Service. Konsumen dapat secara sepihak melakukan komputasi, seperti waktu server dan penyimpanan jaringan, secara otomatis tanpa memerlukan interaksi manusia dengan masing-masing penyedia layanan. Akses jaringan yang luas. Kemampuan yang tersedia melalui jaringan dan diakses melalui mekanisme standar yang mempromosikan penggunaan oleh platform klien heterogen tipis atau tebal Sistem Cloud mengontrol dan mengoptimalkan penggunaan dengan memanfaatkan kemampuan metering pada beberapa tingkat abstraksi yang sesuai dengan jenis layanan ( misalnya, penyimpanan, pengolahan, bandwidth, dan account pengguna aktif). Penggunaan dapat dipantau, dikendalikan, dan dilaporkan, memberikan transparansi bagi penyedia dan konsumen dari layanan yang digunakan.

10 ON DEMAND SELF SERVICE Memungkinkan pengguna untuk mendapatkan, mengkonfigurasi dan menggunakan layanan awan sendiri menggunakan katalog layanan awan, tanpa memerlukan bantuan TI Persyaratan self-service komputasi awan meminta vendor infrastruktur untuk membuat template komputasi awan, yang diperoleh dari katalog layanan awan. Produsen template atau cetak biru tersebut termasuk BMC Software ( BMC ), dengan Layanan Blueprints sebagai bagian dari platform manajemen cloud mereka Template berisi konfigurasi standar yang digunakan oleh konsumen untuk membuat layanan awan. Template atau cetak biru memberikan informasi teknis yang diperlukan untuk membangun siap digunakan awan.

11 KLIEN CLOUD Komputer Desktop TabletLaptopSmartphone

12 LAYANAN HOSTED Infrastructure as service (IaaS) Platform as a service (PaaS) Software as a service (SaaS) Network as a service (NaaS)

13 PENGEMBANGAN MODEL Private Cloud Public Cloud Hybrid Cloud Distributed Cloud Comunitty Cloud

14 Public cloud Private cloud Initial costTypically zeroTypically high Running costUnpredictable CustomizationImpossiblePossible Privacy No (Host has access to the data) Yes Single sign-onImpossiblePossible Scaling up Easy while within defined limits Laborious but no limits

15

16 MANAGEMAN CLOUD Manageman Cloud Strategi Manageman Cloud Aspek Manageman Cloud

17 THANK YOU.


Download ppt "Ayumi Naliksama Dienillah Nadhira Rakhmi Yusuf Nastiti Oetari Dewi Tria Oktyana Tantri Wulandari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google