Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-Business Markets and Models. Market dan Model E-Business • Mempelajari peranan penting e-bisnis dan jenis model bisnis yang dapat dikembangkan untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-Business Markets and Models. Market dan Model E-Business • Mempelajari peranan penting e-bisnis dan jenis model bisnis yang dapat dikembangkan untuk."— Transcript presentasi:

1 E-Business Markets and Models

2 Market dan Model E-Business • Mempelajari peranan penting e-bisnis dan jenis model bisnis yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan peluang bisnis. • Hal ini disebabkan karena perdagangan melalui internet dapat mencapai keunggulan kompetitif dan profitabilitas.

3 Atribut Internet (1) Berikut ini beberapa atribut utama internet yang berguna untuk menghadapi tantangan dan kesempatan di dunia bisnis: a. Pertukaran informasi Biaya pengiriman informasi melalui internet dalam jangkauan global hampir dapat dikatakan tidak ada b. Konektivitas dan Interaktifitas Peningkatan jumlah pengguna internet memperluas jangkauan komunikasi elektronik, sedangkan interaktifitas memungkinkan komunikasi real-time

4 Atribut Internet (2) c. Jaringan skala ekonomi Internet dapat menyediakan layanan produk dan jasa dalam jumlah besar tanpa biaya yang mahal. Sehingga tercapai nilai tambah produk dan servis kepada customer dengan murah, cepat dan efisien. d. Kecepatan Perubahan Internet menyediakan kecepatan proses bertransaksi dan meningkatkan harapan customer. e. Jalur komunikasi, transaksi dan distribusi Internet digunakan sebagai channel karena pembiayaan yang murah, real time dan kecepatan informasi yang disediakan.

5 Framework Market E-Business GovernmentBusinessConsumer Government G2C (Co-ordination) G2B (Information) G2C (Information) Business B2G (Procurement) lpse.surabaya.go.id B2B (e-business) Google.com B2C (e-commerce) bhinneka.com Consumer C2G (Tax compliance) C2B (Compare price) bukukita.com C2C (Auctions) Bekas.com

6 Model E-Business (1)  Direct customer Penjualan melalui hubungan yang terjalin secara langsung antara perusahaan dan pelanggan  Full-service povider Menyediakan berbagai fasilitas dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi bisnisnya  Whole of enterprise Menawarkan fasilitas satu pintu (single point contact) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu dan melibatkan banyak perusahaan  Intermediaries Menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis keperluan (berdasarkan data, informasi, segmen industri, komunitas)

7 Model E-Business (2)  Shared infrastructure Menawarkan penyewaan berbagai infrastruktur trknologi informasi (hardware, software, jaringan)  Virtual community Memanfaatkan komunitas yang ada pada dunia maya untuk berbagai keperluan (penawaran berbagai jasa dan produk secara digital dll)  Value net integrator Mengintegrasikan berbagai entity atau sumber daya yang ada pada internet agar produk/jasa baru yang belum ada dapat ditawarkan kepada pelanggan  Content provider Menawarkan pelayanan pembentukan dan distribusi data, informasi, knowledge yang bernilai tinggi pada konsumer

8 Pertimbangan Dalam Melakukan e-Business  Model e-business yang dipilih sesuai dengan karakteristik dan kekuatan yang dimiliki perusahaan (core competencies)  Apapun tipe model e-business akan mudah ditiru oleh perusahaan lain. Perusahaan harus memiliki competitive advantage  Fokuskan pengembangan e-business pada perolehan pendapatan (revenue stream generator)  Memiliki kunci keberhasilan dari model e-business sehingga alokasi suber daya yang dimiliki dapat dilakukan secara tepat


Download ppt "E-Business Markets and Models. Market dan Model E-Business • Mempelajari peranan penting e-bisnis dan jenis model bisnis yang dapat dikembangkan untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google