Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VALUE CHAIN Materi Pertemuan Ke-8. Konsep Value Chain Value Chain atau Rantai Nilai adalah pendekatan sistematik untuk mengembangkan keunggulan kompetitif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VALUE CHAIN Materi Pertemuan Ke-8. Konsep Value Chain Value Chain atau Rantai Nilai adalah pendekatan sistematik untuk mengembangkan keunggulan kompetitif."— Transcript presentasi:

1 VALUE CHAIN Materi Pertemuan Ke-8

2 Konsep Value Chain Value Chain atau Rantai Nilai adalah pendekatan sistematik untuk mengembangkan keunggulan kompetitif sebuah perusahaan Pendekatan ini diciptakan oleh Michael E. Porter yang berisi sekumpulan aktivitas yang membuat dan membangun nilai marjin atau nilai tambah (added value) Aktivitas tersebut dibagi menjadi Aktivitas Utama (Primary Activity) dan Aktivitas Pendukung (Support Activity)

3 Keunggulan Kompetitif  Penggunaan informasi u/ mendapatkan pengaruh di pasar  Sumber daya konseptual sama pentingnya dengan sumber daya fisik

4 Keunggulan kompetitif diperoleh dengan cara : Menyediakan brg & jasa dgn harga murah Lebih baik dari pesaing Memenuhi kebutuhan khusus segmen pasar tertentu

5 Rantai Nilai Porter Pusat dari teori Michael E. Porter adalah marjin Marjin = nilai produk dan jasa – biaya Perusahaan menciptakan nilai dengan melaksanakan aktivitas, yang disebut Porter dgn Aktivitas Nilai (value activity)

6 Value Chain

7 Rantai Nilai Porter Marjin = (nilai produk+jasa) – biaya Perusahaan menciptakan nilai melalui aktivitas

8 contoh Sebuah perusahaan memproduksi notebook dengan biaya Rp Kemudian notebook tersebut dipasarkan dengan harga jual Rp /unit. Biaya untuk perbaikan / garansi adalah Rp Berapakah besar marjin apabila tidak terjadi komplain dari pelanggan?

9 Primary Activities Atau disebut dengan Aktivitas Utama (Primary Activity) merupakan kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk memberi nilai tambah. Berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar daripada pesaing kepada pelanggan. Yang termasuk aktivitas-aktivitas utama adalah: –Inbound Logistics –Operations –Outboud Logistics –Marketing and sales –Service

10 Primary Activities 1.Inbound Logistics (Logistik Utama) Hal-hal yang berhubungan dengan bahan baku/input material, termasuk kontrol penerimaan, pergudangan, dan persediaan. 2.Operations (Operasi) Merupakan kegiatan penciptaan nilai yang mengubah input menjadi produk akhir. 3.Outboud Logistics (Logistik Keluar) Adalah kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menyampaikan produk yang telah selesai kepada konsumen, termasuk pergudangan, pemenuhan pesanan, dll.

11 Primary Activities 4.Marketing and sales (Pemasaran dan Penjualan) Merupakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan mendapatkan pembeli untuk membeli produk, termasuk pemilihan jalur, periklanan, penetapan harga, dll. 5.Service (Pelayanan) Adalah kegiatan-kegiatan yang menjaga dan meningkatkan nilai dari produk, termasuk customer support, servis perbaikan, dll.

12 Primary Activities Setiap atau semua kegiatan utama ini dapat menjadi sangat penting dalam pengembangan keunggulan kompetitif. Sebagai contoh, kegiatan Logistik sangat kritis bagi penyedia jasa distribusi, dan kegiatan servis dapat menjadi kunci fokus utama bagi sebuah perusahaan yang menawarkan jasa melalui situs. Kelima kategori ini adalah umum (generic) dan Any or all of these primary activities may be vital in developing a competitive advantage. For example, logistics activities are critical for a provider of distribution services, and service activities may be the key focus for a firm offering on-site maintenance contracts for office equipment. These five categories are generic and portrayed here in a general manner. Each generic activity includes specific activities that vary by industry.

13 Support Activities Atau disebut dengan Aktivitas Pendukung (Support Activity) merupakan kegiatan-kegiatan mendukung aktivitas utama dan memungkinkan aktivitas utama berlangsung Yang termasuk aktivitas-aktivitas pendukung adalah: –Firm Infrastructure (Infrastruktur perusahaan) –Human Resource Management ( Manajemen Sumber Daya Manusia) –Technology Development (Pengembangan Teknologi) –Procurement (Perolehan)


Download ppt "VALUE CHAIN Materi Pertemuan Ke-8. Konsep Value Chain Value Chain atau Rantai Nilai adalah pendekatan sistematik untuk mengembangkan keunggulan kompetitif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google