Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Side-Angle-Side (S.A.S) Side-Side-Side (S.S.S) Angle-Side-Angle (A.S.A) KONGRUENSI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Side-Angle-Side (S.A.S) Side-Side-Side (S.S.S) Angle-Side-Angle (A.S.A) KONGRUENSI."— Transcript presentasi:

1 Side-Angle-Side (S.A.S) Side-Side-Side (S.S.S) Angle-Side-Angle (A.S.A) KONGRUENSI

2  Bentuk-bentuk kongruen adalah bentuk- bentuk yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama.  Lingkaran dengan jari-jari sama adalah lingkaran-lingkaran yang kongruen.  Segitiga-segitiga kongruen adalah segitiga- segitiga yang ukuran dan bentuknya sama.

3 Segitiga Kongruen  Jika kita dpat menunjukkan bahwa 2 segitiga kongruen maka kita dapat mengetahui : 1. Sisi yang bersesuaian sama 2. Sudut yang bersesuaian sama 3. Luas keduanya sama Panjang (sisi), Sudut, Luas adalah 3 besaran pada Geometri Bidang. Kongruensi adalah langkah pertama kta mengetahui bahwa besaran yang sejenis sama.

4 Dalil (S.A.S)  Jika dua sisi dan sudut yang dibentuknya pada suatu segitiga kongruen dengan bagian-bagian yang bersesuaian pada segitiga yang lain, maka segitiga-segitiga tersebut kongruen.

5  Misalkan segitiga ABC, DEF memiliki dua sisi AB, BC sama dengan sisi DE, EF berurutan;  Dan misalkan sudut B sama dengan sudut E;  Maka sisi AC akan sama dengan sisi DF,  Kedua segitiga tersebut memiliki luas yang sama,  Dan sudut A, berlawanan sisi BC, akan sama dengan sudut D, berlawanan dengan sisi EF,  Dan sudut C, berlawanan sisi AB, akan sama dengan sudut F, berlawanan dengan sisi DE.

6 Example 1 Misal ABC, CDE adalah segitiga dengan AC sama dengan CE, DC sama dengan CB, dan sudut sama dengan sudut DCE. Sudut manakah yang sama? buktikan

7 Example 2  Pada gambar dibawah, AB sama dengan AC, dan AE sama dengan AD. Buktikan bahwa BE sama dengan DC !

8 Dalil (S.S.S)  Jika tiga sisi pada suatu segitiga kongruen dengan tiga sisi pada segitiga yang lain, maka segitiga-segitiga tersebut kongruen.

9  Misal segitiga ABC, DEF adalah dua segitiga, dengan dua sisi AB, AC sama dengan sisi DE, DF berurutan;  Dan alas BC sama dengan alas EF;  Maka sudut BAC akan sama dengan sudut EDF.

10 Example 3  Pada gambar dibawah ini, AB sama dengan DC, dan AC sama dengan DB. Buktikan bahwa sudut BAC sama dengan sudut CDB, dan sudut ABC sama dengan sudut DCB.

11 Example 4  Titik sudut segitiga ABC terletak pada keliling sebuah lingkaran dengan pusat D dan sudut ABC sama dengan sudut ACB. Buktikan bahwa sudut ADB sama dengan sudut ADC

12 Dalil (A.S.A)  Jika dua sudut dan sisi diantaranya pada sutu segitiga dengan bagian-bagian yang bersesuaian pada segitiga yang lain, maka segitiga-segitiga tersebut kongruen.

13 Dalil (S.A.A)

14 Example 5  Garis lurus CD memotong garis lurus AB di titik E. Sudut B sama dengan sudut A. Buktikan bahwa sudut C sama dengan sudut D.

15 Example 6  AB dan CD adalah garis lurus yang berpotongan di E; CE sama dengan EB, dan sudut CFA sama dengan sudut BGD.  Buktikan bahwa CF sama dengan BG.

16 Example 7  Pada Jajargenjang ABCD, sudut CDB, DBA sama, dan sudut ADB, DBC sama. Buktikan bahwa AD sama dengan BC.

17 Example 8  Pada persegi panjang ABCD, sudut ABD sama dengan sudut BDC. Buktikan bahwa sudut ADB sama dengan sudut DBC.

18 Example 9  Pada Gbr dibawah, Sudut B and C adalah sudut siku-siku, garis lurus BC dibagi dua pada D, dan ADE adalah sebuah garis lurus. Buktikan bahwa AB sama dengan CE.

19 Example 10  Pada layang-layang ABCD, garis lurus AC tegak lurus dan membagi dua garis BD di titik E. Buktikan bahwa sudut ABC sama dengan sudut ADC.

20 Tugas 1  BDEC adalah sebuah garis lurus, AB sama dengan AC, dan AD sama dengan AE. Buktikan bahwa BD sama dengan EC.

21 Tugas 2  Sudut EBA dan CBD adalah sudut siku- siku. EB sama dengan BA, dan DB sama dengan BC. Buktikan bahwa segitiga EBC, ABD kongruen.


Download ppt "Side-Angle-Side (S.A.S) Side-Side-Side (S.S.S) Angle-Side-Angle (A.S.A) KONGRUENSI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google